loading...

Memiliki bibir merah merona yang alami tentu menjadi keinginan setiap orang, terutama kaum hawa. Untuk mencapai tujuan ini hampir seluruh wanita menggunakan lipstick untuk membuat bibir mereka tampak merah dan cerah. Namun, tahukah anda segala efek samping yang mungkin muncul jika kita terlalu sering menggunakan lipstick?

  1. Terlalu sering menggunakan lipstick akan membuat bibir anda lebih cepat kering dan pecah-pecah.
  2. Tidak semua lipstick aman dari bahan kimia. Produk tertentu mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan kanker.
  3. Lipstick hanya memberi warna merah sementara. Setelah produk tersebut dihapus dari bibir, tak jarang bibir malah berubah warna menjadi kusam dan gelap.

Oleh karena itu, lebih baik anda menerapkan cara memerahkan bibir secara alami dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan minim efek samping.

Selain tidak menimbulkan efek samping, memerahkan bibir dengan bahan-bahan alami akan senantiasa menjaga kesehatan bibir anda. Berikut cara memerahkan bibir dengan bahan-bahan alami:

1. Campuran madu dan gula jawa

memerahkan bibir dengan gula jawa dan madu
Image: peterturchin.com

Sebelum anda mengoleskan bahan-bahan alami untuk memerahkan bibir anda, langkah awal yang harus anda lakukan yaitu melakukan scrubbing pada bibir. Hal ini perlu Anda lakukan untuk membuang kulit bibir anda yang kering dan mudah mengelupas.

Setelah sel kulit bibir yang telah mati itu terkelupas, bibir anda akan tampak cerah kembali. Campuran madu dan gula jawa dapat menjadi bahan scrubbing yang baik dan aman untuk bibir anda.

  1. Ambil 1 sendok teh gula jawa / gula merah yang telah diparut halus dan campurkan dengan 1 sendok teh madu.
  2. Gosok-gosokkan campuran tersebut ke bibir secara merata dengan gerakan memutar.
  3. Diamkan sebentar selama kurang lebih 5 menit.
  4. Bilas menggunakan air hangat.
  5. Ulangi langkah ini 2x seminggu sampai bibir anda tampak lebih cerah.

2. Minyak kelapa dan minyak zaitun

Setelah anda melakukan scrubbing pada bibir, langkah berikutnya yang perlu anda lakukan yaitu menjaga kelembaban bibir agar tidak kembali kering dengan menggunakan minyak kelapa dan minyak zaitun. Selain sifatnya yang melembabkan, kedua minyak ini mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

Minyak ini akan membantu regenerasi sel kulit bibir dengan lebih cepat, sehingga terbentuk bibir yang lebih merah dan cerah alami.

  1. Ambil ½ sendok teh minyak kelapa.
  2. Campur dengan ½ sendok teh minyak zaitun.
  3. Oleskan secara merata pada bibir.
  4. Tunggu 10-15 menit sampai minyak tersebut meresap pada bibir.
  5. Bilas minyak tersebut menggunakan air dengan suhu ruangan.
  6. Jangan memakai sabun ketika membilas, karena akan membuat bibir anda kering kembali.
  7. Biarkan sensasi berminyak tetap menempel pada bibir anda.

3. Bunga mawar merah

memerahkan bibir dengan mawar
Image: www.pixelstalk.net

Bunga mawar merah memiliki khasiat dalam mencerahkan bibir anda dan memberikan warna merah natural pada bibir. Selain itu, bunga ini juga memiliki efek menyegarkan dan melembabkan bibir.

  1. Ambil 5 helai mahkota bunga mawar merah.
  2. Campurkan ke dalam 50ml susu murni atau air madu dan biarkan selama 30 menit.
  3. Blender semua bahan tersebut hingga tercampur rata menjadi satu.
  4. Oleskan pada bibir anda 2x sehari dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Buah lemon

Selain dipercaya dan terbukti ampuh mencerahkan wajah, buah lemon juga dapat digunakan untuk memerahkan bibir yang hitam. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan memberikan kulit bibir yang tampak lebih cerah dan menghilangkan warna gelap pada bibir.

Selain itu, buah lemon dapat membantu dalam mengangkat sel-sel kulit bibir yang telah mati dan meregenerasinya dengan sel-sel yang baru.

  1. Ambil 1 buah lemon dan peras sarinya.
  2. Tambahkan 1 sendok teh madu ke dalamnya.
  3. Oleskan campuran sari lemon dan madu pada bibir sesaat sebelum tidur dan biarkan hingga keesokan harinya.

Perlu diingat bahwa lemon memiliki sifat asam dan iritatif. Oleh karena itu, anda sebaiknya tidak memilih cara ini jika terdapat luka pada bibir anda, karena akan terasa sangat perih dan menimbulkan pearadangan pada bibir.

5. Buah delima

buah delima ampuh untuk memerahkan bibir
Image: en.wikipedia.org

Buah delima adalah bahan alami yang dapat menghilangkan warna gelap pada bibir dengan baik. Selain itu, buah delima juga dapat menutrisi dan melembabkan bibir karena kandungan vitamin yang dimilikinya.

  1. Ambil 1 buah delima dan cuci bersih.
  2. Hancurkan buah delima beserta bijinya hingga halus.
  3. Tambahkan 1 sendok makan air mawar atau susu murni.
  4. Oleskan campuran tersebut pada bibir dan gosok-gosokkan secara lembut dan merata selama 3-5 menit.
  5. Setelah selesai, bilas dengan menggunakan air hangat.
  6. Lakukan langkah ini 1x sehari secara rutin.

Selain mencampurnya dengan air mawar atau susu, anda dapat juga mencampurnya dengan buah bit untuk mendapatkan warna merah yang lebih gelap.

6. Strawberry / cherry / tomat

Strawberry, cherry, ataupun tomat dapat memerahkan bibir karena beberapa kandungan positif yang ada di dalamnya. Buah-buahan ini cenderung memberikan warna pink kemerahan alami.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya dapat membantu meremajakan kulit bibir anda sehingga tampak lebih cerah. Cukup hancurkan buahnya hingga alus kemudian oleskan pada bibir secara merata, tunggu 15-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

7. Buah bit

buah bit untuk memerahkan bibir
Image: beatcancer.org

Jika anda menyukai warna bibir dengan nuansa merah gelap, anda dapat menggunakan buah bit. Buah ini memiliki suatu kandungan positif yang membuat bibir anda memiliki warna merah gelap.

  1. Ambil 1 buah bit kemudian cuci sampai bersih.
  2. Hancurkan buah tersebut sampai halus.
  3. Oleskan ke bibir anda sampai merata.
  4. Diamkan 3-5 menit.
  5. Ulangi langkah di atas berulang-ulang sampai anda mendapatkan warna merah bibir yang anda inginkan.

8. Susu

Susu mengandung asam laktat yang efektif untuk mencerahkan kulit termasuk kulit bibir. Anda dapat mengoleskan susu murni pada bibir anda dan membirkannya selama 10-15 menit untuk mencerahkan, melembabkan, dan mengangkat sel kulit mati pada bibir anda.

masker jepang

Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi susu untuk mendapatkan efek mencerahkan kulit bibir dari dalam.

9. Mentimun

memerahkan bibir dengan ketimun
Image: www.sobeys.com

Mentimun dapat menjadi alternatif dalam mencerahkan kulit bibir anda. Selain itu, ketimun juga dapat membuat bibir anda nampak berwarna merah pink natural.

  1. Ambil 1 potong mentimun.
  2. Gosok-gosokkan pada bibir secara lembut selama 3-5 menit.
  3. Ulangi langkah ini setiap hari untuk menghilangkan warna gelap pada bibir anda.

10. Aloe vera (lidah buaya)

Sama seperti mentimun, aloe vera (lidah buaya) juga memiliki manfaat untuk memerahkan bibir dengan menghilangkan warna gelap pada bibir.

Selain mengangkat sel kulit mati penyebab bibir gelap dan kusam, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir yang baik dengan efek dingin yang menyegarkan.

  1. Ambil 1 tangkai lidah buaya.
  2. Potong menjadi 2 bagian dan ambil bagian gel yang terdapat di dalam daging daun.
  3. Oleskan gel lidah buaya pada bibir anda.
  4. Diamkan selama 10-15 menit.
  5. Bilas dengan air bersih.

11. Es batu

es batu untuk memerahkan bibir
Image: bfitter.com

Mungkin anda akan bingung bagaimana es batu dapat memerahkan bibir anda. Es batu memang tidak memiliki warna yang dapat memerahkan bibir anda, tetapi efek dari dinginnya es dapat memicu pembuluh darah berkonstriksi atau menyempit sehingga memberikan tekanan yang lebih besar.

Tekanan ini akan membuat pembuluh darah mengalir dan memberi nutrisi pada bibir dengan lebih baik sehingga bibir menjadi lebih merah.

  1. Ambil 1 buah es batu.
  2. Gosok-gosokkan merata pada bibir secara lembut selama 3-5 menit sambil sesekali lakukan pemijatan pada bibir.
  3. Lakukan langkah ini secara rutin untuk hingga anda mendapatkan efek yang diinginkan.

Namun, dalam melakukan langkah ini, anda perlu memperhatikan sensitifitas bibir anda. Jika bibir Anda terasa kebas, anda dapat mengurangi durasi waktu pemakaian es batu pada bibir anda.

Tips untuk menjaga kesehatan bibir agar tetap cerah

Selain melakukan beberapa cara memerahkan bibir diatas, anda juga perlu untuk menjaga kesehatan bibir anda agar tetap cerah dan tidak kembali berwarna gelap atau kusam. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan bibir anda:

1. Jangan sering menjilat bibir dengan lidah

hindari kebiasaan menjilat bibir
Image: youqueen.com

Sekilas air liur yang menempel pada lidah pada saat anda menjilat bibir Anda akan membuat bibir anda tampak basah, tetapi hal ini hanya bersifat sementara. Jika sudah kering, air liur justru akan membuat bibir anda lebih mudah kering dan pecah-pecah.

2. Hindari merokok

Kandungan zat dalam rokok dapat membuat bibir anda berkerut dan berubah warna menjadi lebih gelap. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak merokok.

3. Jaga bibir anda dari terik matahari

Sinar matahari yang terik dapat membuat bibir anda cepat kering dan kusam. Oleh karena itu, anda dapat memakai lip balm dengan SPF 15 untuk melindungi bibir anda.

Namun, anda perlu cermat dalam membeli produk lip balm. Pastikan bahwa produk tersebut bebas dari bahan kimia berbahaya seperti mercury.

4. Minum air putih dalam jumlah yang cukup

meminum air yang cukup
Image: sdhealthyliving.com

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas atau setara 1.5 liter sehari agar tubuh anda terjaga dari dehidrasi atau kekurangan cairan yang ditandai dengan bibir yang kering.

5. Jangan gunakan lipstick terlalu sering

Untuk kegiatan harian anda, disarankan untuk tidak memakai lipstick terlalu sering dalam jangka waktu yang lama. Anda lebih disarankan untuk menggunakan lip balm.

Namun, apabila pekerjaan dan kondisi menuntut anda untuk memakai lipstick setiap harinya, pilih produk lipstick yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Selain itu, pilih lipstick yang memiliki kandungan air dan kelembaban yang tinggi serta vitamin E yang akan membantu menjaga kesehatan bibir anda.

6. Tingkatkan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Selain mengaplikasikan bahan-bahan alami pada bibir, anda juga tetap harus mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin E untuk menjaga kulit anda termasuk kulit bibir anda agar tetap sehat dan cerah.

7. Jaga bibir anda selalu lembab

jaga bibir anda selalu lembab
Image: www.stylecraze.com

Setelah anda seharian menggunakan lipstick, pastikan anda membersihkannya hingga tidak ada lagi lipstick yang menempel. Setelah itu, oleskan madu atau minyak zaitun untuk menjaga kelembaban bibir anda.

8. Hindari makanan yang terlalu pedas dan asin

Makanan yang terlalu pedas dan asin dapat membuat bibir anda kering, meradang dan mudah pecah-pecah. Oleh karena itu, lebih baik anda memilih makanan yang tidak memiliki tingkat kepedasan dan keasinan yang terlalu ekstrim.

9. Tidak dianjurkan untuk makan dan minum pada suhu yang terlalu panas

Makanan dan minuman yang terlalu panas dapat membakar bibir anda sehingga warna kulit bibir akan berubah menjadi gelap. Oleh karena itu, pastikan makanan atau minuman anda berada pada suhu yang dapat anda nikmati dengan nyaman.

Demikian beberapa cara memerahkan bibir dan tips cara menjaga kesehatannya. Dapatkan bibir cantik yang menawan sesuai yang anda inginkan secara sehat dan alami.

loading...