loading...

Memiliki kantung mata atau yang sering disebut dengan mata panda tentu membuat anda tidak PD.

Banyak orang berpikir bahwa kantung mata hanya akan mucul saat usia menua. Akan tetapi pada kenyataannya, seseorang yang masih muda dapat mengalami masalah ini.

Kantung pada bagian bawah mata biasanya muncul akibat berkurangnya elastisitas kulit pada area tersebut dan disebabkan oleh faktor-faktor lainnya terutama kurangnya waktu istirahat atau tidur yang cukup.

Cara menghilangkan kantung mata secara alami

Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kantung pada area sekitar mata. Simak beberapa cara menghilangkan kantung mata berikut ini dan cobalah untuk mempraktekannya di rumah sekarang juga:

1. Kentang

kentang
Image: www.potatoes.com

Kentang adalah salah satu bahan alami yang tidak hanya biasa dikonsumsi sebagai makanan, melainkan juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pada kulit termasuk menghilangkan kantung mata.

Kentang mengandung enzim katekolase dan antioksidan yang mampu mengembalikan kesegaran kulit serta mencerahkan daerah sekitar mata. Untuk mendapatkan khasiat kentang tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Letakkan dan oleskan potongan kentang yang telah dibersihkan sebelumnya pada area sekitar mata
  2. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian basuh dengan air hangat
  3. Jangan lupa untuk mengulangi perawatan ini setiap hari hingga kantung mata menghilang
  4. Anda juga dapat membuat masker kentang dengan cara memarut kentang dan mencampurnya dengan madu. Oleskan masker tersebut pada daerah mata selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Selain mengoleskan langsung, masker kentang juga dapat digunakan untuk mengompres mata yang lelah dengan meletakkannya pada sehelai kain dan meletakkannya pada daerah sekitar mata.

2. Mentimun

Zat astringent yang terkandung dalam mentimun dapat memberikan efek menyegarkan pada kulit sekaligus menghilangkan kantung di area sekitar mata.

Mentimun juga mengandung asam askorbat dan kafein yang terbukti dapat mencerahkan kulit yang gelap sekaligus melembabkannya. Selain itu mentimun dikenal mampu membantu mengencangkan pori-pori dan merangsang regenerasi pada kulit. Untuk cara menghilangkan kantung mata menggunakan mentimun, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Dinginkan mentimun dalam kulkas selama sepuluh menit atau lebih
  2. Iris mentimun menjadi beberapa bagian
  3. Letakkan potongan atau irisan mentimun tersebut pada mata dan biarkan menempel selama kurang lebih 25 menit
  4. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk melakukan perawatan ini setiap hari.

3. Teh hijau

kantung teh
Image: en.wikipedia.org

Teh hijau memang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau mampu mencegah efek radikal bebas penyebab kulit menjadi kusam dan menyebabkan kantung mata.

Teh hijau juga kaya akan vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit sehingga dapat digunakan untuk merawat dan menghilangkan kantung mata. Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan khasiat teh hijau:

  1. Jangan buang kantung teh hijau yang sudah digunakan
  2. Simpan kantung teh hijau yang telah diseduh didalam kulkas atau pendingin
  3. Kompres mata dengan kantung teh hijau tersebut selama kurang lebih 15 menit
  4. Lakukan perawatan ini setiap hari setelah beraktifitas maupun sebelum tidur.

4. Kompres dengan es batu

Es batu atau air dingin juga bisa meminimalisir mata yang bengkak dan membantu menghilangkan kantung mata.

Hawa dingin dari kompres yang diletakkan pada daerah mata inilah yang berkhasiat mengurangi peradangan. Perawatan ini sangat mudah dan efisien untuk menghilangkan kantung mata.

Caranya cukup dengan merendam kain dalam air dingin atau air es kemudian letakkan kompres pada area kantung mata.

5. Madu

cara menghilangkan mata panda dengan madu
Image: www.fresh-organic-food.com

Madu yang digunakan dalam pengobatan tradisional juga dapat digunakan untuk mengatasi kantung mata.

Senyawa antiinflamasi dalam madu dapat mengurangi peradangan dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata dengan menggunakan madu:

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan madu pada bagian bawah mata dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  2. Buatlah masker madu dengan mencampur madu dengan minyak zaitun atau susu, kemudian oleskan pada kantung mata selama 10 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan perawatan ini setiap hari secara rutin.

6. Air mawar

Air atau sari mawar dapat mengurangi keletihan dan peradangan pada mata yang menyebabkan munculnya kantung mata.

Untuk membantu mengatasi kantung mata, tuangkan air mawar pada kapas dan oleskan pada daerah sekitar mata. Anda dapat melakukan perawatan ini sembari berbaring santai atau sebelum anda pergi tidur.

7. Minyak zaitun

cara menghilangkan mata panda dengan minyak zaitun
Image: cretalicious.gr

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan.

Asam lemak yang terkandung dalam minyak zaitun tersebut mampu mengatasi peradangan pada kantung mata sekaligus melembabkannya. Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan dan vitamin E yang dapat merawat kekencangan kulit sehingga berkhasiat menghambat proses penuaan.

Paket Lengkap Pemutih Kulit Fair N Pink Original

Untuk menghilangkan kantung mata, kompres atau oleskan kapas yang telah dibasahi dengan minyak zaitun sebelum tidur dan dipagi harinya basuhlah wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal dan pastikan minyak zaitun yang anda gunakan adalah minyak zaitun murni.

8. Cuka Sari Apel

Kandungan asam malat dalam cuka sari apel dapat digunakan untuk mengurangi peradangan pada area mata.

Perawatan untuk menghilangkan kantung mata dengan menggunakan cuka sari apel juga sangatlah mudah, cukup dengan mengoleskannya pada daerah sekitar mata dengan menggunakan kapas. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hangat.

9. Yogurt

cara menghilangkan kantung mata
Image: lambshoppe.com

Yogurt adalah produk susu yang sebelumnya telah mengalami proses fermentasi dengan menambahkan bantuan bakteri lactobacillus sp atau streptococcus lactic.

Yogurt memiliki kandungan nutrisi, protein dan vitamin yang dapat mengurangi mata bengkak dan mencegah minculnya kantung mata. Asam laktat yang terkandung dalam yogurt juga berkhasiat mengurangi peradangan dan mengembalikan kekencangan kulit. Untuk menghilangkan kantung mata dengan menggunakan yogurt, ikuti langkah berikut ini:

  1. Campurkan yogurt dengan madu atau perasan lemon secukupnya
  2. Oleskan campuran tersebut pada area sekitar mata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan perawatan ini minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

10. Lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang dikenal memiliki efek mencerahkan kulit. Vitamin C dan asam askorbat yang terkandung dalam sari lemon dapat mengatasi peradangan pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit yang baru terutama pada daerah sekitar kantung mata.

Untuk mendapatkan khasiatnya, cukup oleskan sari lemon pada area sekitar mata dengan menggunakan kapas dan biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Jika anda memiliki kulit yang sensistif sebaiknya hindari menggunakan lemon pada area kulit wajah karena dapat memicu reaksi peradangan dan membuat kulit menjadi merah.

11. Lidah buaya

lidah-buaya
image: www.revalgo.com

Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki efek anti peradangan dan menyejukkan kulit.

Gel lidah buaya mengandung zat aloase yang dapat mengurangi peradangan pada kulit sekaligus mencerahkan kulit pada area kantung mata. Oleskan gel lidah buaya pada daerah sekitas mata dan biarkan mengering selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan perawatan tersebut setiap hari agar kantung mata cepat menghilang.

12. Kulit jeruk

Bubuk kulit jeruk yang kaya vitamin C dan antioksidan dapat digunakan sebagai masker untuk mengurangi peradangan dan kantung yang muncul di area sekitar mata.

Bubuk ini dapat diperoleh dengan cara mengeringkan kulit jeruk dan menghaluskannya dengan food processor atau blender. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan madu atau perasan lemon hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta tersebut pada daerah sekitar mata dan biarkan hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat dan ulangi 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

13. Putih telur

cara menghilangkan kantung mata dengan telur
Image: www.pexels.com

Putih telur mengandung asam amino dan protein serta vitamin dan mineral yang dapat membantu menghilangkan kantung mata sekaligus memicu pergantian sel kulit.

Baerikut ini adalah cara menghilangkan kantung disekitar mata menggunakan putih telur :

  1. Pisahkan putih dengan kuning telur
  2. Kocok putih telur selama 5 menit
  3. Oleskan masker putih telur pada kantung mata dan biarkan hingga mengering
  4. Bilas dengan air hangat

Lakukan perawatan ini setiap hari selama dua minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tips sederhana mencegah kantung mata

Selain menggunakan bahan-bahan alami diatas, ada beberapa tips yang juga dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi kantung mata, diantaranya sebagai berikut :

1. Isitirahat yang cukup

Kurang tidur adalah penyebab utama munculnya kantung mata, jadi jika anda tidak ingin memiiliki kantung mata atau memperparahnya, cukuplah beristirahat.

Tidurlah lebih awal 7 hingga 8 jam setiap malam dan hindari bergadang jika tidak diperlukan.

2. Minumlah banyak air putih

Tubuh yang terhidrasi atau memiliki kadar cairan dalam tubuh yang baik akan tercermin dari kondisi kulitnya. Mengkonsumsi cukup cairan setiap hari dapat mengurangi resiko munculnya kantung pada daerah mata.

Air juga dapat membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya atau racun dalam tubuh yang dapat menimbulkan berbagai masalah khususnya bagi kulit.

3. Kurangi konsumsi garam

Garam yang dikonsumsi berlebihan dapat menahan air dalam tubuh dan membuat kulit menjadi kering.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang cukup tinggi dapat memperburuk kondisi kantung mata. Jika anda mengkonsumsi makanan seperti itu,perbanyaknlah minum air putih karena air dapat membantu tubuh mengeluarkan garam berlebih yang tidak diperlukan dari dalam aliran darah.

4. Seringlah berolahraga

Berolahraga dan beraktifitas dapat membantu menghilangkan kantung mata. Dengan berolahraga, tubuh dapat meningkatkan aliran darah sehingga kulit terutama daerah sekitar mata akan mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi.

Berolahraga juga dapat memicu eksresi atau pengeluaran zat-zat sisa atau racun dalam tubuh melalui pori-pori pada kulit.

5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi. Senyawa yang terkandung dalam buah dan sayur mampu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit serta mencegah efek radikal pada kulit yang menyebabkan munculnya kantung mata.

Meski efek yang ditimbulkan oleh bahan-bahan alami diatas tidaklah singkat, bahan alami tersebut dapat digunakan karena minim efek samping. Coba dan buktikanlah sendiri beberapa cara menghilangkan kantung mata yang telah dijelaskan diatas.

loading...