loading...

Siapa yang tidak mengenal buah naga? Buah yang satu ini memiliki tampilan yang menarik dengan warna pink merah cerah pada kulit buahnya disertai dengan sisik yang menyerupai daun.

Daging buahnya ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah tergantung jenisnya. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah naga ternyata kaya akan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang menyehatkan tubuh. Berikut kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah naga:

Kandungan nutrisi buah naga
%AKG berdasarkan diet 2000 kalori. Kebutuhan anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Manfaat buah naga yang wajib diketahui

Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, tidak heran jika buah naga mempunyai banyak manfaat. Maka dari itu, diwajibkan bagi anda untuk mengetahui beberapa manfaat buah naga seperti yang dijelaskan dibawah ini :

1. Meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh

khasiat buah naga
Image: physicalculturist.ca

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang memenuhi 34.2% angka kecukupan gizi harian kita. Hal ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh kita dalam melawan berbagai macam infeksi yang menyerang.

2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Buah naga mengandung zat flavonoid dan polifenol yang dapat berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah naga dapat mempercepat pembentukan sel-sel dan jaringan baru pada area tubuh yang mengalami luka.

Hal ini membuat buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pasien pasca operasi untuk mempercepat penyembuhan luka operasi.

3. Membantu mencegah kanker

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga dapat berperan sebagai antioksidan maupun senyawa yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Jika dibiarkan begitu saja di dalam tubuh, radikal bebas akan mendorong pertumbuhan sel-sel kanker di berbagai organ tubuh. Selain itu, kandungan karoten pada buah naga juga memiliki efek anti kanker yang dapat mengurangi jumlah sel tumor pada seseorang yang telah menderita kanker.

Pada suatu penelitian yang telah dirilis dalam Jurnal Asia Pasifik tentang Pencegahan Kanker pada tahun 2011, buah naga juga memiliki zat yang disebut dengan likopene.

Selain memberi warna merah pada buah naga, zat ini terbukti dapat mengurangi risiko terbentuknya kanker terutama pada penderita kanker prostat.

4. Mencegah penuaan dini

anti penuaan dini
Image: authorityremedies.com

Selain sebagai agen anti kanker, kandungan antioksidan di dalam buah naga juga bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Kandungan mineral fosfor juga terdapat dalam buah buah naga, dimana zat ini yang sangat berperan dalam metabolisme sel dalam tubuh.

Baca juga: cara memutihkan wajah

Jika proses metabolisme sel berjalan dengan sehat, proses peremajaan sel dapat berlangsung dengan baik sehingga penuaan dini dapat dicegah.

5. Membantu mengontrol kadar gula darah

Buah naga memiliki kandungan serat yang dapat menstabilkan kadar gula darah penderita diabetes. Serat ini bekerja dengan cara menghambat peningkatan gula dalam darah sesaat setelah seseorang memakan makanan yang mengandung indeks glikemik (kadar gula) yang tinggi.

Selain itu, dalam sebuah penelitian yang dirilis dalam Jurnal Farmakologi, buah naga memiliki kemampuan untuk mencegah komplikasi lanjutan dari penyakit diabetes seperti pengkakuan pembuluh darah dan kerusakan jaringan lainnya

6. Menjaga kesehatan kulit

manfaat buah naga
Image: agingskincareformula.com

Salah satu manfaat buah naga yang tak kalah menakjubkannya adalah menjaga kesehatan kulit tubuh anda. Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dalam buah naga dapat menjaga kulit tampak tetap kencang dan lembut.

Vitamin ini dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit tubuh anda dengan baik. Selain itu, vitamin C pada buah naga juga dapat membuat kulit anda tampak lebih cerah dan bersinar.

7. Membantu melancarkan pencernaan

Buah naga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan seratnya yang tinggi yaitu sebanyak 3g terutama pada biji buahnya memiliki efek yang dapat membantu pergerakan usus dalam mencerna dan mengeluarkan sisa pencernaan makanan dengan lebih baik.

Selain karena kandungan seratnya, biji buah naga juga terdiri dari asam lemak tak jenuh sebagai agen laksatif yang dapat melancarkan pencernaan.

8. Membantu menurunkan kolesterol

Daging buah naga memiliki banyak biji yang tinggi akan asam lemak omega 3 dan omega 6, di mana asam lemak ini sangat berperan dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dari dalam tubuh.

Selain itu, kandungan serat buah naga yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan kadar koleseterol baik (HDL) dalam darah sehingga dapat menekan kolesterol jahat yang lain.

9. Mencegah pengeroposan tulang

manfaat buah naga
Image: tasteforlife.com

Kandungan kalsium dalam buah naga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Konsumsi buah naga secara rutin setiap harinya dapat mencegah pengeroposan tulang dan menjaga kepadatan tulang dengan lebih baik.

10. Menjaga gigi tetap kuat

Selain menjaga tulang tetap kuat dan sehat, kalsium pada buah naga juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kandungan mineral ini akan menjaga gigi tetap kuat dan tidak mudah berlubang.

Namun, tentu saja anda tetap harus menyikat gigi secara teratur minimal 2x sehari untuk mendapatkan gigi yang kuat dan sehat.

11. Mencegah anemia terutama pada ibu hamil

anemia pada ibu hamil
Image: informationexplosion.nl

Buah naga aman dikonsumsi baik bagi ibu hamil maupun ibu menyusui. Buah ini justru memiliki manfaat yang besar ketika dikonsumsi selama masa kehamilan. Kandungan zat besi yang dimiliki buah naga dapat membantu mencegah anemia yang merupakan masalah yang paling sering muncul pada ibu hamil.

Zat besi ini akan membantu pembentukan sel darah merah yang baru sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir lagi akan penyakit anemia atau kekurangan darah selama kehamilannya.

12. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah naga dapat membantu menurunkan kolesterol, dimana hal ini juga dapat membawa efek bagi kesehatan jantung. Ketika kadar kolesterol terkontrol, pembentukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah dapat dicegah.

Selain itu, buah naga juga mengandung zat flavonoid dan kaptin yang secara langsung dapat melindungi jantung dari kerusakan sel-sel yang dapat menyebabkan penurunan fungsi otot jantung.

13. Teman diet yang baik

teman diet yang baik
Image: blog.odxtra.com

Jika anda sedang menjalani program diet, buah naga adalah pilihan terbaik sebagai teman diet anda. Buah naga mengandung karbohidrat sederhana yang lebih mudah dipecah dan digunakan oleh tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B pada buah naga sangat berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat untuk dapat digunakan secara maksimal oleh tubuh.

Jadi anda tidak perlu khawatir akan adanya penumpukan kalori karbohidrat di dalam tubuh anda karena buah naga akan membantu anda dalam mengolahnya.

14. Mencegah peradangan

Buah naga dapat berperan sebagai agen anti radang karena kandungan zat flavonoid yang dimilikinya. Zat ini dapat menghambat sel-sel radang menjalankan aksinya sehingga reaksi peradangan pada tubuh dapat dicegah dan diminimalisir.

Beberapa penyakit peradangan yang dapat dibantu penyembuhannya oleh buah naga yaitu radang tenggorokan, radang sendi, peradangan kulit (dermatitis), serta peradangan pada saluran pernafasan akibat infeksi bakteri atau virus.

15. Menjaga kesehatan mata

menjaga mata
Image: coavision.com

Buah naga mengandung vitamin A dan juga karoten yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Vitamin A dapat meningkatkan ketajaman penglihatan anda dan mencegah mata anda dari berbagai macam penyakit mata, misal glaukoma, katarak, atau kerusakan sel-sel yang ada di dalam mata.

16. Menjadi agen detoksifikasi bagi tubuh

Agen detoksifikasi adalah agen yang dapat membantu membersihkan dan membuang zat-zat berbahaya, zat-zat sisa, dan kandungan logam dari dalam tubuh. Buah naga dapat menjadi agen detoksifikasi yang baik bagi tubuh karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Dengan dibersihkannya zat-zat sisa tersebut, sirkulasi darah anda dapat berjalan dengan lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh anda terasa lebih segar dan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat sisa zat racun yang ada di dalam tubuh.

Tips memilih buah naga yang benar

Berbagai manfaat buah naga telah dipaparkan di atas. Jangan ragu untuk rutin mengkonsumsi buah naga 1 buah per harinya untuk mendapatkan berbagai manfaat positifnya.

Selain itu, anda juga juga perlu tahu bagaimana tips memilih buah naga yang benar. Sekilas memang tampak tidak ada perbedaan antara buah naga yang sudah masak dan yang masih setengah masak. Namun, jika diamati dengan lebih teliti akan ada sedikit perbedaan dalam segi:

1. Warna

Buah naga yang telah masak berwarna pink merah menarik, lebih cerah, dan tampak merata di keseluruhan buah, sedangkan buah naga yang masak dengan dikarbit akan berwarna merah kusam dan tidak merata.

2. Batang

Pada buah naga yang telah masak, sisa bagian batangnya akan terasa lebih empuk ketika ditekan dibandingkan dengan yang belum masak.

3. Daun/ sisik kulit buah naga

Sisik kulit buah naga yang telah masak akan memiliki warna hijau yang cerah di bagian ujungnya. Berbeda dengan buah naga yang belum masak, warna ujung daun/sisiknya cenderung hijau kecoklatan dan layu.

4. Tampilan

Yang dimaksud tampilan di sini adalah pilihlah buah naga yang masih mulus, tidak memiliki bintk-bintik noda, memar, atau bekas sayatan pisau. Hal ini untuk menjamin bahwa buah naga masih segar dan layak dikonsumsi.

5. Tekstur

Ketika anda memegang buah naga, cobalah untuk sedikit menekannya dengan lembut. Jika tekstur buah naga tersebut empuk merata berarti buah naga tersebut telah siap konsumsi, tetapi jika masih ada bagian yang keras, berarti buah naga tersebut belum masak sempurna.

Begitu pula bila buah naga terlalu lembek saat disentuh, buah tersebut sudah terlalu matang dan tidak lagi segar untuk dikonsumsi.

Penutup

Buah naga dapat disimpan di suhu ruangan selama 5-10 hari dan jika anda ingin menyimpannya lebih lama lagi, anda dapat menaruhnya ke dalam kulkas dengan suhu 20°C. Namun, anda tetap perlu memperhatikan tingkat kematangan buah naga tersebut.

Jangan sampai buah naga kalian terlalu matang dan malah menjadi busuk. anda dapat menikmati buah naga dengan berbagai cara mulai dari cara yang paling sederhana yaitu dimakan langsung, dijadikan campuran salad dan sup buah, atau anda juga dapat membuat jus buah naga yang tentu saja akan terasa sangat menyegarkan.

Ingatlah untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentu saja diimbangi dengan olahraga secara teratur untuk mencapai hidup sehat yang lebih baik.

loading...