loading...

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Oleh karena itu, berbagai penelitian terhadap daun sirih telah dilakukan di berbagai negara untuk membuktikan manfaat dan khasiatnya.

Tanaman ini mengandung berbagai macam zat aktif seperti tannin, kavikol, fenil, propana, sineol, dan berbagai minyak esensial yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Anda dapat menggunakan daun sirih sebagai obat luar dengan menempelkan daun sirih ke bagian tertentu tubuh anda atau anda juga dapat mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari dalam tubuh. Beberapa manfaat daun sirih yang telah terbukti secara ilmiah dapat menunjang kesehatan anda, yaitu:

1. Menjaga kesehatan mulut

daun sirih untuk kesehatan mulut
Gambar: www.glassmandentalcare.com

Daun sirih memiliki senyawa antiseptik yang dapat membersihkan kuman dan bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Hal ini sekaligus dapat mencegah timbulnya bau mulut dan munculnya plak serta karang pada gigi akibat kuman yang tertahan di dalam mulut.

  1. Ambil 1 lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih dan kunyah selama 2-3 menit
  2. Sedikit rasa pahit akan anda rasakan, tetapi kesehatan mulut juga akan anda dapatkan

2. Melancarkan pencernaan

Mengunyah daun sirih tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan mulut anda, tetapi juga dapat membantu melancarkan pencernaan anda.

Daun sirih memiliki kemampuan untuk merangsang air liur yang mengandung enzim pencernaan dan juga enzim lipase untuk membantu memecah dan menghancurkan makanan dengan efektif.

Hal ini akan membantu melancarkan pencernaan, karena makanan yang masuk ke dalam lambung dan saluran pencernaan lanjutan sudah berada dalam keadaan yang mudah untuk dicerna, sehingga gejala-gejala gangguan pencernaan seperti perut terasa penuh, kembung, dan peningkatan asam lambung dapat dihindari.

  1. Kunyah 1-2 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih sesaat setelah anda selesai makan
  2. Anda dapat menelan sarinya dan membuang ampas daun sirih yang anda kunyah

3. Membantu pengobatan diabetes

mengobati diabetes
Gambar: msecnd.net

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun sirih dapat membantu dalam pengobatan diabetes. Hal ini telah dibuktikan pada suatu penelitian laboratorium di mana ekstrak daun sirih dapat menurunkan kadar gula darah yang semula normal menjadi rendah.

  1. Jika anda memiliki penyakit diabetes, anda dapat merebus 3 helai daun sirih yang telah dicuci bersih ke dalam 300ml air
  2. Minum air rebusan tersebut 1x sehari secara rutin

Peringatan:
Perlu anda perhatikan apabila anda sedang mengkonsumsi obat diabetes secara rutin, Anda harus mengkonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Hal ini untuk menghindari efek penurunan kadar gula darah di dalam tubuh anda secara drastis yang mengakibatkan tubuh anda kekurangan gula atau berada dalam kondisi hipoglikemia.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Daun sirih memiliki zat aktif dalam mempercepat penyembuhan luka dengan cara menghambat laju peradangan dan menghentikan perdarahan dengan cepat pada area luka.

  1. Cuci area yang terluka hingga bersih
  2. Ambil 3-5 helai daun sirih kemudian cuci bersih
  3. Hancurkan daun sirih hingga halus
  4. Bubuhkan pada area yang terluka
  5. Tutup dengan menggunakan kasa atau perban
  6. Ganti daun sirih dan kasa 2x sehari setelah mandi hingga luka menutup sempurna

Peringatan:

  1. Penyembuhan luka membutuhkan kondisi yang bersih dan steril. Oleh karena itu, pastikan luka sudah bersih dari debu atau kotoran sebelum anda membubuhkan daun sirih. Selain itu, daun sirih yang digunakan juga harus dipastikan dalam kondisi bersih
  2. Meskipun daun sirih dapat menghentikan perdarahan dengan cepat, tidak disarankan untuk memasukkan daun sirih ke dalam hidung pada saat mimisan karena berisiko masuk jauh ke bagian dalam hidung dan akan menimbulkan infeksi

5. Menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah

menjaga kesehatan jantung dengan daun sirih
Gambar: revolutionhealthaz.com

Manfaat menarik lainnya dari daun sirih yaitu, daun sirih dapat menjaga kesehatan jantung. Beberapa senyawa di dalam daun sirih bersifat kardiotonik yang artinya dapat menstimulasi denyut jantung.

Jika digunakan dengan tepat, daun sirih dapat mengontrol denyut jantung yang semula tidak teratur sehingga tekanan darah yang dihasilkan pun lebih terkontrol.

Selain itu, dengan adanya kontrol yang baik pada jantung dan tekanan darah, risiko penyakit jantung pun dapat dihindari dan dicegah. Anda dapat mengunyah 2 helai daun sirih 1x sehari untuk mendapatkan manfaat ini.

Peringatan:
Anda perlu mewaspadai efek samping yang mungkin muncul setelah anda mengkonsumsi seduhan air daun sirih akibat respon tubuh anda yang terlalu sensitif.

Bila anda merasa jantung anda berdetak terlalu cepat, air liur anda terus menerus keluar, dan anda berkeringat banyak, segera hentikan konsumsi daun sirih dan periksakan diri anda ke dokter.

6. Membantu mengeluarkan dahak saat batuk

Daun sirih memiliki efek sebagai agen ekspektoran yang dapat membantu dalam mengeluarkan dahak yang terjebak di dalam saluran pernapasan saat anda batuk.

Selain itu, sifat antiseptik dari daun sirih dapat sekaligus membersihkan saluran nafas anda dari bakteri yang mungkin bersarang di sana.

  1. Rebus 3 helai daun sirih dalam 500ml air hingga medidih
  2. Diamkan sebentar hingga uap tidak begitu terasa panas di wajah
  3. Hirup uap air rebusan daun sirih
  4. Lakukan metode ini 2x sehari hingga dahak di saluran nafas anda dapat keluar dan saluran nafas anda kembali longgar

7. Sebagai agen anti bakteri

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan minyak esensial yang disebut sterol di dalam daun sirih dapat membunuh bakteri secara ampuh. Bakteri tersebut antara lain S. aureus, S. Pyogenes, C. albicans, dan T. mentagrophytes, di mana sebagian besar bakteri tersebut sering menyebabkan infeksi pada kulit dan saluran pernafasan.

Paket Lengkap Pemutih Kulit Fair N Pink Original

Bila anda memiliki penyakit infeksi kulit akibat bakteri atau tergigit serangga yang mengakibatkan rasa gatal dan kemerahan, anda dapat mengoleskan ekstrak minyak daun sirih pada bagian kulit anda yang terkena infeksi.

Bila anda tidak bisa menemukan olahan produk tersebut, anda dapat membuatnya sendiri. Langkah yang harus anda lakukan yaitu:

  1. Ambil 2-3 helai daun sirih dan cuci hingga bersih
  2. Jemur di bawah sinar matahari hingga kering
  3. Tumbuk daun sirih yang telah kering hingga halus
  4. Beri sedikit air agar daun sirih sedikit lembab dan dapat menempel pada permukaan kulit
  5. Tempelkan daun sirih tumbuk ke area kulit yang mengalami infeksi bakteri selama 30-60 menit
  6. Tutup dengan kasa dan plester agar daun sirih tidak jatuh
  7. Setelah selesai, bersihkan area kulit dengan air bersih
  8. Lakukan cara ini 2x sehari hingga infeksi kulit anda sembuh

Sedangkan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pernafasan, anda dapat meminum air rebusan daun sirih yang masih hangat 2x sehari selama 3-5 hari.

8. Membantu membunuh jamur

membasmi jamur
Gambar: rackcdn.com

Selain sebagai agen anti bakteri, minyak esensial yang terkandung pada daun sirih juga dapat berperan sebagai anti jamur. Kandungan minyak esensial ini sering disebut sebagai eugenol. Anda mungkin sering menemui infeksi jamur sebagai panu di kulit atau kurap di kaki.

Anda dapat mengobati infeksi jamur pada kulit anda dengan mengoleskan minyak ekstrak daun sirih atau menempelkan daun sirih tumbuk dengan langkah yang sama seperti pada manfaat daun sirih dalam membunuh infeksi bakteri di kulit.

9. Membantu mengobati penyakit maag dan peradangan lambung

Jika anda memiliki sakit maag atau radang kambung yang bersifat kambuh-kambuhan, anda dapat mempertimbangkan daun sirih sebagai alternatif untuk membantu mengobati penyakit lambung yang anda derita.

Ekstrak daun sirih mengandung senyawa aktif yang dapat melindungi lapisan lambung sehingga luka di lambung akibat asam lambung yang terlalu tinggi dapat diminimalisir.

  1. Sedu daun sirih sebagai teh. Ambil 5 helai daun yang telah dicuci bersih dan rebus dalam 500cc air
  2. Minum air rebusan tersebut ketika masih hangat sebanyak 2x sehari secara rutin

10. Menjaga kesehatan organ hati

menjaga kesehatan organ hati
Gambar: www.health24hours.com

Daun sirih dapat menjaga kesehatan organ hati karena senyawa aktif yang terkandung di dalamnya dapat menjaga fungsi enzim hati dalam kadar normal.

Enzim ini berperan penting dalam menjaga metabolisme di dalam organ hati dan menjaga kelangsungan hidup sel-sel hati.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih dapat melindungi hati dari kerusakan akibat terpapar infeksi atau zat kimia tertentu. Cukup dengan konsumsi daun sirih sebagai teh untuk mendapatkan manfaat ini.

11. Membantu mengobati penyakit autoimun

Penyakit autoimun adalah penyakit di mana sistem imun tubuh salah mengenali antibodi di dalam tubuh sebagai musuh sehingga menimbulkan reaksi perlawanan yang berlebihan. Beberapa penyakit autoimun yang mungkin muncul seperti penyakit lupus, penyakit rematik, psoriasis, dll.

Untuk membantu mengobati penyakit autoimun ini, daun sirih mengandung zat yang dapat meredam sistem imun dalam tubuh sehingga tidak melakukan perlawanan terhadap antibodi tubuh sendiri. Hal ini akan membantu penderita autoimun dari kekambuhan penyakitnya.

  1. Rebus 3 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih hingga mendidih dan minum air rebusannya
  2. Atau anda dapat menyedunya sebagai teh dengan beberapa campuran lain seperti lemon atau madu

12. Mencegah kanker mulut

Manfaat lain dari mengunyah daun sirih yaitu mencegah kanker mulut. Daun sirih mengandung asam askorbat yang merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Mengunyah daun sirih secara rutin setiap hari dapat menurunkan risiko timbulnya kanker mulut.

Selain itu, daun sirih juga dapat meminimalkan risiko munculnya kanker di area tubuh yang lain. Anda dapat meminum air rebusan dan sirih setiap hari secara rutin untuk melindungi diri anda dari penyakit kanker yang membahayakan.

13. Membantu mengobati jerawat

menghilangkan jerawat dengan daun sirih
Gambar: www.acne.com

Manfaat daun sirih dalam mengobati jerawat berhubungan dengan sifat antiseptik dan anti bakteri yang dimilikinya, yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Anda dapat mencuci muka dengan menggunakan air rebusan daun sirih yang telah didinginkan untuk mendapatkan manfaat ini. Selain itu, anda juga dapat mengoleskan langsung ekstrak daun sirih yang telah diproduksi dalam bentuk kemasan di area wajah yang berjerawat.

Peringatan:
Perhatikan sensitifitas kulit wajah anda. Jika kulit wajah anda memerah atau gatal, segera bilas wajah anda dengan sabun cuci muka dan hentikan pemakaian. Hal ini menandakan anda mengalami reaksi alergi terhadap daun sirih.

14. Membersihkan daerah kewanitaan

Manfaat daun sirih dalam membersihkan daerah kewanitaan telah diketahui secara luas oleh masyarakat, bahkan berbagai produk sabun sirih untuk daerah kewanitaan telah banyak dipasarkan dengan berbagai macam merk.

Sifat antiseptik dan anti bakteri dari daun sirih dapat diandalkan dalam membersihkan daerah kewanitaan anda.

Peringatan:
Yang perlu anda perhatikan dalam pemakaian daun sirih sebagai pembersih daerah kewanitaan yaitu metode ini tidak boleh digunakan setiap hari. Dalam keadaan normal, daerah kewanitaan memang terdapat bakteri yang disebut dengan flora normal yang bertugas menjaga daerah tersebut dari infeksi jamur.

Jika area tersebut dibersihkan setiap hari dengan sabun sirih, flora normal tersebut akan ikut mati dan pH di daerah kewanitaan akan ikut berubah. Hal ini akan mengakibatkan infeksi jamur dan kuman lain lebih mudah menyerang.

Oleh karena itu, pemakaian daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaan sebaiknya dibatasi maksimal 2x dalam seminggu.

Beberapa khasiat daun sirih dan bagaimana cara menggunakannya sudah dijelaskan diatas. Semoga anda dapat memanfaatkan daun sirih ini untuk menunjang kesehatan anda lebih baik lagi. 🙂

loading...