Inilah 12 Manfaat Semut Jepang yang Tak Terduga Sama Sekali

Manfaat semut jepang dalam dunia medis sudah tidak diragukan lagi. Penggunaaan serangga ini semakin populer saja di Indonesia karena diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti asam urat, diabetes bahkan kanker.

Banyak orang yang menganggap serangga ini termasuk dalam bangsa semut, padahal serangga ini sebenarnya termasuk dalam bangsa kumbang. Semut jepang tidak ada hubungannya dengan semut yang biasa kita temui sehari-hari. Kerabat yang paling dekat dari semut jepang ini adalah Tenebrio molitor atau yang lebih dikenal dengan induk ulat hongkong.

semut jepang vs indukan ulat hongkong

Banyak yang beranggapan bahwa kedua jenis serangga ini sama, padahal ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari kedua serangga ini, seperti :

  • Semut jepang berwarna coklat kehitaman, sedangkan induk ulat hongkong berwarna hitam pekat
  • Semut jepang cenderung lebih lunak dan rapuh ketimbang induk ulat hongkong
  • Semut jepang makan ragi, sedangkan induk ulat hongkong tidak
  • Semut jepang cenderung tidak agresif, sedangkan induk ulat hongkong agresif
  • Semut jepang berukuran kecil dan lonjong, sedangkan induk ulat hongkong berukuran lebih besar dan oval

Kandungan gizi semut jepang

Khasiat semut jepang memang belum banyak diteliti oleh para ilmuwan, akan tetapi beberapa riset telah dilakukan untuk mengetahui kandungan gizi dan aktifitas senyawa yang terkandung dalam tubuh semut jepang ini.

Masyarakat korea telah terbiasa mengkonsumsi semut jepang sebagai bahan makanan karena memang semut ini memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan lain dari semut jepang ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat semut jepang

Saat ini masyarakat mengenal semut jepang sebagai salah satu pengobatan alternatif yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat semut jepang yang bisa anda peroleh :

1. Menstabilkan kadar gula dalam darah

menstabilkan kadar gula dalam darah
Gambar: www.eyeradio.org

Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita orang saat ini. Penyakit diabetes muncul karena gaya hidup seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi gula ataupun karena keturunan, sehingga hormon insulin sebagai pengatur kadar gula darah tidak dapat berfungsi secara optimal.

Semut jepang mengandung serat yang dapat mencegah naiknya kadar gula dalam darah dan membantu fungsi insulin dalam tubuh agar bekerja dengan baik.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa semut jepang mengandung senyawa seperti insulin atau yang disebut insulin-like factor yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu semut jepang sangat baik dikonsumsi oleh pasien penderita diabetes.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah salah satu penyebab gangguan pada sistem peredaran darah manusia. Dalam tubuh manusia dikenal dua macam kolesterol, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik atau dikenal sebagai High Density Lipoprotein (HDL) adalah lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk hormon dan enzim dalam tubuh. Sementara kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) adalah jenis lemak yang dapat mengganggu kerja atau fungsi organ tubuh seperti pembuluh darah dan jantung.

Kolesterol jahat atau LDL yang masuk dalam tubuh akan terakumulasi dalam dinding pembuluh arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang disebut dengan atherosklerosis. Semut jepang mengandung serat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Mengobati penyakit jantung

mengobati penyakit jantung
Gambar: www.healthination.com

Dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah atherosklerosis (penyempitan pembuluh arteri), semut jepang mampu menjaga kesehatan sistem pembuluh darah dan efektif dalam mencegah penyakit jantung.

Selain itu, semut jepang juga mengandung potassium yang merupakan mineral penting dalam menjaga detak jantung dan aliran darah agar berjalan normal.

4. Menurunkan tekanan darah

Pasien hipertensi atau darah tinggi dianjurkan untuk mengkonsumsi 3-5 semut jepang tiga hari dalam seminggu (dua kali dalam sehari) untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa semut jepang mengandung potassium dan tembaga yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mempertahankannya dalam keadaan normal.

5. Menambah vitalitas untuk pria dan wanita

Jika anda memiliki masalah dalam vitalitas seksual maka anda dapat mencoba mengkonsumsi semut jepang secara rutin.

Semut jepang mengandung asam lemak dan asam amino yang dapat meningkatkan kadar hormon seksual dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan vitalitas pria serta menghilangkan frigiditas pada wanita.

6. Mencegah kanker

mencegah kanker
Gambar: legacyeducators.wordpress.com

Semut jepang juga diyakini bisa mencegah penyakit kanker dan meningkatkan kualitas hidup pasien penderita kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh rusaknya gen didalam tubuh sehingga sel tumbuh berkembang diluar kendali.

Sebagian besar penyakit kanker disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, efek radikal bebas serta infeksi bakteri maupun virus. Semut jepang mengandung nutrisi dan senyawa aktif yang dapat membantu tubuh menangkal efek radikal bebas dan mencegah timbulnya penyakit kanker.

7. Mengobati Liver

Penyakit liver adalah penyakit yang timbul akibat kerusakan pada organ hati. Kerusakan organ hati ini bisa dikarenakan beberapa faktor diantaranya infeksi virus, bakteri maupun zat-zat berbahaya seperti logam berat serta efek radikal bebas.

Semut jepang mengandung senyawa yang dapat melindungi organ hati serta asam amino yang dapat merangsang perbaikan sel pada organ hati.

8. Mengatasi penyakit asam urat

mengatasi penyakit asam urat
Gambar: beijing.ufh.com.cn

Penyakit asam urat adalah salah satu masalah kesehatan yang banyak diderita oleh masyarakat. Asam urat adalah derivat atau sisa metabolisme tubuh yang apabila terakumulasi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa sakit khususnya pada persendian.

Semut jepang diyakini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan menghilangkan rasa sakit pada sendi. Jika anda menderita asam urat, anda bisa mengkonsumsi semut jepang dengan dosis yang sudah dianjurkan.

9. Mencegah anemia

Semut jepang mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah dan berperan dalam sistem transportasi oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan kekurangan oksigen.

Penderita anemia akan sering merasa lemas, tidak bertenaga, letih, lesu bahkan dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran.

10. Menjaga kesehatan kulit

merawat kulit
Gambar: www.thearnacoeur.com

Selain mengandung protein dan mineral, semut jepang juga mengandung antioksidan yang dapat merawat kesehatan dan kekencangan kulit.

Antioksidan yang terkandung dalam semut jepang mampu menangkal efek radikal bebas pada kulit yang dapat menyebabkan kerusakan sel kulit dan memicu penuaan.

11. Meningkatkan metabolisme

Semut jepang mengandung asam amino dan mineral yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Mineral yang terkandung dalam semut jepang adalah kofaktor atau bagian penting dari beberapa enzim metabolisme dalam tubuh.

Mengkonsumsi semut jepang secara teratur diyakini bisa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan suplai energi ke seluruh bagian tubuh. Hal ini dapat dirasakan secara langsung setelah konsumsi semut jepang dimana tubuh akan terasa hangat dan berenergi.

12. Meningkat stamina dan kekebalan tubuh

meningkat stamina dan kekebalan tubuh
Gambar: www.myelomacrowd.org

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa semut jepang mampu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan dalam tubuh. Kedua manfaat ini secara tidak langsung berkaitan dengan kondisi atau stamina tubuh seseorang.

Mengkonsumi semut jepang diyakini mampu memberikan stamina pada tubuh dan membuat anda aktif sepanjang hari. Selain itu, kandungan semut jepang juga mampu meningkatkan kekebalan dalam tubuh sehingga anda tidak gampang sakit.

Cara mengkonsumsi semut jepang

Jika anda belum pernah mengkonsumsi semut jepang sebelumnya, anda bisa menyimak cara mengkonsumsi semut jepang dengan dua cara yakni memakannya secara langsung ataupun dengan menggunakan perantara atau media. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini :

1. Mengkonsumsi secara langsung

Semut jepang bisa dikonsumsi secara langsung dengan cara memasukkannya dalam air putih dan dalam keadaan hidup.

Secara ilmiah, saat tubuhnya terancam, dalam hal ini dikarenakan air, maka semut jepang akan mengeluarkan enzim yang kemudian akan larut dalam air. Enzim dan zat nutrisi inilah yang nantinya memberikan efek pada tubuh dalam waktu yang cukup singkat.

Meminum semut jepang secara langsung dengan menggunakan air adalah metode terbaik untuk mengkonsumsi semut jepang karena efeknya akan langsung terasa setelah setengah jam kemudian. Tanda bahwa semut jepang mulai bereaksi setelah dikonsumsi adalah tubuh menjadi terasa hangat. Berikut ini adalah cara mengkonsumsi semut jepang secara langsung ;

  • Sebelum meminum semut jepang secara langsung, sebaiknya minumlah sedikit air hangat terlebih dahulu.
  • Kemudian sediakan 2 gelas air minum, 1 gelas penuh dan 1 gelas setengah penuh. Masukkan semut jepang kedalam gelas yang berisi air penuh kemudian aduk hingga terbentuk pusaran dan semut berada di tengah pusaran tersebut.
  • Minumlah air yang berisi semut tadi dan apabila masih ada semut yang tertinggal dalam mulut anda, dorong dengan air yang ada dalam gelas lainnya.

2. Mengkonsumsi dengan menggunakan media

Cara ini bisa dilakukan bagi anda yang tidak terbiasa atau belum pernah mengkonsumsi semut jepang sebelumnya.

Anda cukup menyiapkan kapsul kosong yang cangkangnya terbuat dari rumput laut (bisa didapat di apotik besar). Matikan semut terlebih dahulu jika anda merasa tidak nyaman mengkonsumsi semut hidup, meskipun efeknya sama saja dan tidak masalah mengkonsumsi semut hidup. Masukkan semut dalam kapsul dan minumlah dua kali sehari atau sesuai dengan dosis yang disarankan.

Selain menggunakan kapsul, semut jepang juga bisa dikonsumsi dengan menggunakan media lainnya seperti makanan contohnya pisang dan roti. Cukup selipkan semut tersebut kedalam pisang atau roti kemudian telanlah bagian roti atau pisang yang didalamnya terdapat semut jepang.

Cara merawat semut jepang

Semut jepang akan memberikan efek jika ia dikonsumsi langsung dalam keadaan hidup maupun dimatikan terlebih dahulu sesaat sebelum dikonsumsi. Untuk itu jika anda ingin mengkonsumsinya secara rutin, anda harus menjaga semut dalam keadaan hidup. Berikut ini adalah cara merawat semut jepang yang dapat anda praktikkan di rumah:

  1. Simpanlah semut jepang pada wadah yang kering, bisa toples atau wadah lain yang dilubangi dan diberi rongga udara. Jangan menyimpan semut dalam wadah atau tempat yang basah karena bisa membuat semut menjadi stres dan kemudian mati.
  2. Simpan semut jepang pada tempat yang aman dan terhindar dari jangkauan serangga lain seperti semut merah.
  3. Masukkan kapas steril dalam wadah tersebut, kapas dapat berfungsi sebagai media merawat semut jepang dan melindunginya dari pengaruh suhu udara yang terlalu dingin atau panas.
  4. Berilah semut makan sekali dalam tiga hari. Makanan semut jepang adalah ragi tape. Satu butir ragi tape cukup untuk memberi makan 100 hingga 200 ekor semut dalam tiga hari tersebut.
  5. Hindarkan semut dari sinar dan panas matahari secara langsung karena dapat meningkatkan agresifitas semut. Hindari juga menyimpan semut baik di atas maupun di dalam kulkas.

Beberapa manfaat semut jepang yang telah dijelaskan diatas sangat berkhasiat bagi tubuh kita, sehingga anda tidak perlu ragu untuk mulai mengkonsumsinya dari sekarang terutama jika anda memiliki masalah dengan kesehatan.

loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*