Mau Tukar Uang Rp 75.000 Edisi Terbatas Bareng Teman? Begini Cara Mudahnya!

Tingginya minat masyarakat untuk menukar uang Rp 75.000 edisi terbatas membuat Bank Indonesia (BI) membuka penukaran secara kolektif. Ini artiknya, penukaran uang edisi Kemerdekaan Indonesia ini bisa dilakukan secara berkelompok. Wah, bisa ajak teman nih!

Tukar Uang Rp 75.000 Secara Kolektif

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim menjelaskan bahwa bank sentral membuka penukaran secara kelompok  namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Kelompok kolektif ini minimal sebanyak 17 orang.

“Untuk Kementrian atau Lembaga siapa yang dapat menukar yakni pegawai kementerian lembaga. (Lembaga/kementrian) dapat menyertakan kolega minimal 17 orang. Jadi 1 orang bisa mengajukan permohonan lebih dari satu dan kedua instansi ini termasuk pemda,” terang Marlison dalam konfrensi pers pada Senin, 24 Agustus 2020.

Marlison menjelaskan bahwa penukaran kolektif pun bisa dilakukan pegawai korporasi mulai dari BUMN hingga swasta. Asosiasi dan perkumpulan juga bisa mendaftar untuk penukaran uang RP.75.000 ini. Perkumpulan yang dimaksud di sini bisa siapa saja misalnya ikatan alumni hingga perkumpulan ibu-ibu rukun tetangga (RT).

“Perkumpulan semua bisa masuk misalnya perkumpulan masyarakat Minang di Jakarta, ibu pengajian hingga (perkumpulan) RT,” imbuh Marlison.

Syarat Penukaran

penukaran uang Rp 75.000
UPK 75 RI – Instagram @bank_indonesia

Meski bisa dilakukan secara kolektif, Marlison menekankan bahwa penukaran UPK (Uang Peringatan Kemerdekaan) tetap harus mencantumkan KTP masing-masing. Karena satu KTP untuk satu UPK.

“Masyarakat juga bisa melakukan (penukaran) kolektif jika ingin mendapatkan uang kemerdekaan ini. Minimal 17 orang untuk 17 fotokopi KTP,” tegasnya.

Nah, jika Anda ingin menukarkan uang Rp 75.000 bersama teman-teman, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Minimal mewakili 17 orang
  4. Satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK (Uang Peringatan Kemerdekaan) 75 RI.

Selain penukaran secara kolektif, sebelumnya BI membuka penukaran perorangan langsung di BI atau bank tertunjuk resmi dan juga melalui aplikasi PINTAR. Buat kalian yang ingin menukarkan uang Rp 75.000 edisi terbatas ini sendirian, maka bisa melalui di acara tersebut.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini