Besok Cair, Segini Besaran Gaji Ke-13 PNS Yang Dicairkan

Gaji Ke-13 PNS Cair
Gaji Ke-13 PNS Cair

Gaji ke-13 para pekerja di instansi dan lembaga pemerintahan seperti Polisi, TNI, PNS, Pensiunan hingga pegawai non-PNS di lembaga struktural, akan diberikan pada hari Senin, 10 Agustus besok. Aturan pemberian gaji ke-13 ini sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2020 tentang pemberian gaji, tunjangan, pensiun, atau penghasilan ke-13.

Pihak Kementerian Keuangan mengatakan bahwa gaji ke-13 itu nantinya akan langsung masuk dalam rekening masing-masing penerima, seperti pembayaran gaji ke-13 pada tahun-tahun sebelumnya. Besaran gaji ke-13 itupun juga sudah memiliki aturan sendiri seperti yang tercantum pada Pasal 5 ayat 1 PP Nomor 44 Tahun 2020. 

Berapa besaran Gaji Ke-13 PNS??

Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa besaran gaji ke-13 yang diterima para pekerja di instansi pemerintahan itu adalah sebesar penghasilan pekerja terkait pada bulan Juli. Sementara untuk PNS, anggota TNI maupun Polri yang meninggal, maka jumlah besaran gaji ke-13 mereka adalah sebesar 1 bulan gaji terusan pada bulan Juli. Nantinya, anggarannya akan diambilkan dari lembaga atau instansi tempat mereka bekerja.

Kemudian bagi para penerima pensiun, jumlah gaji ke-13 tersebut adalah paling banyak terdiri dari nilai pensiun pokok, tunjangan keluarga dan tambahan penghasilan. Sementara untuk mereka yang masih dalam status Calon PNS, maksimal besaran gaji ke-13 yang diberikan adalah 80 persen dari gaji pokok, tunjangan keluarga, jabatan dan umum.

Tinggalkan Balasan