BI Rilis Uang Pecahan Rp75 Ribu Peringati HUT RI Ke-75

Uang Pecahan Baru Rp75 Ribu HUT RI
Uang Pecahan Baru Rp75 Ribu HUT RI

Menyambut HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Bank Indonesia mengeluarkan pecahan mata uang Rupiah baru 75 ribu. Penampakan pecahan mata uang Rp75 ribu itu sudah beredar di jejaring sosial dan pemberitaan media massa sejak kemarin. 

Bank Indonesia kemudian menyampaikan, perilisan mata uang pecahan Rp75 ribu itu akan dilakukan tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 sekitar pukul 11.00 WIB yang dilaksanakan secara virtual melalui akun Youtube Bank Indonesia.

Agenda acara yang disiarkan melalui kanal Youtube itu antara lain acara peresmian, penayangan, serta penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI. Penyerahan uang pecahan Rp75 ribu itu akan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan keluarga Proklamator.

Dari penampakan mata uang baru yang beredar di jejaring sosial itu, akan dihiasi dengan gambar foto Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno-Hatta. Sementara gambar di bagian lain mata uang Rp75 ribu itu menunjukkan sejumlah anak dengan pakaian adat dan baju tradisional dari berbagai daerah sebagai simbol Bhinneka Tunggal ika.

Adapun warna yang tertuang dalam mata uang baru tersebut yakni warna merah, putih, hijau dan emas. Corak warna merah putih mirip bendera kenegaraan, berada di sebelah kanan. Kemudian warna hijau menjadi latar belakang foto sang Proklamator Soekarno-Hatta. Sementara warna emas menjadi warna proses pengibaran Bendera Merah Putih.

Antusiasme masyarakat untuk bisa mendapatkan pecahan mata uang baru itu cukup tinggi. Namun pihak Bank Indonesia belum memberikan informasi bagaimana cara mendapatkan atau penukaran pecahan mata uang baru tersebut. Pihaknya hanya menjelaskan jika tata cara penukaran akan diinformasikan setelah peluncuran.

Rupanya Bank Indonesia tidak sekali ini saja meluncurkan bentuk pecahan mata uang baru sebagai momen memperingati kemerdekaan RI. Tercatat BI beberapa kali mengeluarkan mata uang pecahan dengan nilai nominal yang berbeda dengan nilai jualnya untuk momen-momen tertentu.

Untuk uang kertas, bentuknya pun sengaja tidak dipotong, namun masih berupa lembaran besar. Sehingga untuk satu lembaran besar itu, terdiri dari beberapa uang yang bersambung. Biasanya desainnya pun dibuat semenarik mungkin, sehingga bisa digunakan sebagai cinderamata.

Beberapa mata uang yang telah dirilis BI untuk peringatan momen-momen bersejarah itu antara lain, Edisi 25 tahun Kemerdekaan RI yang diterbitkan pada 1970. Kemudian seri 50 Tahun Kemerdekaan RI, Seri Perjuangan Angkatan 45 edisi penerbitan 1990. Pada tahun 1990 juga diterbitkan seri Save the Children. Ada juga seri Cagar Alam pada 1974, 1987 dan pada tahun 1999 untuk seri Children of the World.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here