5 Cara Mencegah Asam Lambung Yang Paling Efisien, Sudah Terbukti Lho!

5 Cara Mencegah Asam Lambung

Naiknya asam lambung tentu saja akan berakibat pada terganggunya berbagai aktivitas sehari-hari sang penderita. Biasanya kebanyakan orang akan mengatasinya dengan cara mengkonsumsi obat pereda asam lambung.

Namun, ada baiknya apabila anda mencegahnya dari pada harus mengkonsumsi obat-obatan pereda asam lambung setiap kali asam lambung tinggi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah asam lambung.

Cara Mencegah Asam Lambung

Cara terbaik untuk mencegah penyakit asam lambung yaitu dengan memodifikasi gaya hidup sehat terutama dalam hal makan. Berikut cara-cara untuk mencegah penyakit asam lambung:

1. Makan dalam porsi kecil setiap 2-3 jam sekali

Makan dalam porsi kecil setiap 2-3 jam sekali

Salah satu cara mencegah asam lambung adalah dengan mencoba makan dalam porsi yang kecil. Makan dalam porsi kecil sangat dianjurkan karena makan dalam porsi besar dapat berakibat pada perut yang akan meregang. Apabila perut meregang maka akan memberikan beban pada otot yang menghubungkan perut dan kerongkongan.

Pada saat kita makan atau pun minum, kerongkongan berfungsi sebagai pintu yang terbuka yang nantinya akan mengirim makanan atau minuman menuju perut. Setelah makanan atau minuman tersebut masuk ke kerongkongan maka secara otomatis kerongkongan akan menutup agar terhindar dari asam lambung. Apabila kerongkongan tidak tertutup dengan benar maka akan berakibat pada asam lambung yang akan naik ke kerongkongan.

Oleh karena itu, disarankan untuk makan dalam porsi kecil setiap 2-3 jam sekali lebih dianjurkan daripada makan dalam porsi besar dalam sekali waktu. Hal ini untuk menghindari pengeluaran asam lambung dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu.

2. Menunggu 2-3 jam setelah makan jika ingin berbaring

Tidur dengan sandaran kepala yang lebih tinggi

Adapun hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya asam lambung yaitu menghindari berbaring setelah makan. Biasanya ketika kita telah selesai makan maka secara otomatis akan mengantuk dan ada beberapa orang yang memilih untuk mengikutinya dan memilih untuk berbaring tanpa mengetahui dampak dari hal yang dilakukannya.

Apabila anda mengantuk ketika usia makan maka sebaiknya anda melakukan hal-hal yang dapat membuat mengantuk anda hilang, setidak-tidaknya anda berbaring setelah 2 hingga 3 jam setelah makan. Waktu 2-3 jam adalah waktu yang diperlukan untuk pengosongan lambung. Anda baru diperbolehkan untuk berbaring setelah lambung dalam keadaan kosong. Hal ini dilakukan agar asam lambung yang dikeluarkan saat mencerna makanan tidak naik ke kerongkongan.

Aturan ini juga berlaku untuk jadwal makan malam. Disarankan untuk makan malam maksimal 2-3 jam sebelum tidur malam untuk mencegah refluks asam lambung yang dapat terjadi. Seorang pakar kesehatan menyatakan bahwa apabila setelah makan langsung berbaring maka akan memudahkan isi lambung termasuk asam lambung, berbalik kembali ke arah kerongkongan.

Ketika anda langsung berbaring maka katup lambung akan terbuka sehingga hal tersebut memudahkan asam lambung keluar. Disarankan ketika setelah makan maka posisi badan sebaiknya tegak untuk memudahkan lambung mengolah makanan.

3. Menghindari/ membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menstimulasi peningkatan asam lambung

minuman yang dapat meningkatkan asam lambung

Salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah asam lambung yaitu dengan menghindari konsumsi makanan ataupun minuman yang dapat meningkatkan asam lambung. Alkohol, cokelat, jus jeruk, tomat, peppermint, kopi, dan makanan pedas dapat memicu peningkatan asam lambung yang lebih dari biasanya. Hal ini perlu dibatasi untuk menjaga asam lambung tetap dalam jumlah yang normal dan tidak melonjak secara tiba-tiba.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini makanan menjadi salah satu momok utama timbulnya berbagai macam penyakit baik itu penyakit yang masih dapat diatasi maupun yang dapat mengancam jiwa.

Sebuah penuturan pakar kesehatan menyatakan bahwa “we are what we eat” yang diartikan bahwa kita adalah apa yang kita makan sehingga dapat disimpulkan bahwa kesehatan kita tergantung dari diri kita sendiri. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran diri sendiri untuk tetap menjaga pola makan. Memilih makanan yang baik dan dapat menjaga serta menunjang kesehatan tubuh.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Menjaga berat badan tetap ideal

Asam lambung cenderung lebih tinggi pada orang-orang dengan berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi makanan secara berlebihan dapat menstimulasi asam lambung untuk secara otomatis diproduksi dalam jumlah yang lebih banyak.

Oleh karena itu penting untuk menjaga berat badan tetap pada rentang ideal yang dapat ditentukan dengan rumus: (tinggai badan – 100) + 10% dan juga dapat ditentukan menggunakan rumus indeks massa tubuh (IMT) berat badan (kg)/tinggi badan (m). Perhitungan berat badan menggunakan rumus IMT dikatakan ideal atau normal ketika hasilnya berada di antara 18,5 – 25,0.

Menjaga berat badan agar tetap ideal tidak hanya untuk mencegah naiknya asam lambung, namun juga dapat mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit mematikan seperti penyakit kardiovaskuler. Menjaga berat badan agar tetap dalam rentan yang dikatakan ideal bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan terutama untuk kalangan wanita yang sangat menjaga berat badannya.

Biasanya wanita akan melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badan tanpa mengetahui risikonya, oleh karena itu jangan terlalu memaksakan diri dan lakukanlah secara perlahan. Untuk tetap menjaga kondisi berat badan, anda dapat menjaga berat badan di mulai dari hal sederhana seperti menjaga pola makan, gaya hidup dan berolahraga teratur.

5. Tidur dengan sandaran kepala yang lebih tinggi

Tidur dengan sandaran kepala yang lebih tinggi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya asam lambung yaitu ketika sedang tidur usahakan sandaran kepala lebih tinggi. Tidur dengan sandaran kepala yang lebih tinggi + 20cm dapat mencegah refluks asam lambung. Hal ini akan membuat gaya gravitasi menarik asam lambung ke bawah sehingga tidak naik ke kerongkongan.

Hal ini sangat di sarankan kepada orang-orang yang memilih tidur setelah makan terutama untuk anda yang makan di tengah malam menjelang waktu untuk tidur. Biasanya hal ini akan terjadi pada seseorang yang bekerja hingga larut malam dan melupakan makan malamnya.

Mereka yang memilih untuk makan larut malam menjelang waktu istirahat dan setelah makan akan mengantuk serta memilih untuk segera tidur tanpa harus menunggu beberapa waktu agar makanan yang baru saja dikonsumsi dicerna oleh tubuh. Walaupun dapat dicegah namun, sebaiknya anda tidak tidur setelah makan untuk mengatasi berbagai kemungkinan lainnya yang dapat terjadi.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara mencegah asam lambung yang wajib anda ketahui. Pada dasarnya asam lambung dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan kita.

Apabila keduanya telah dilaksanakan dengan teratur dan tidak dilanggar maka akan menurunkan risiko untuk menderita penyakit asam lambung. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang aturlah kehidupan anda untuk kesehatan anda sendiri kedepannya.

loading...