10 Film Detektif Terbaik Layak Tonton 2020, Penuh Misteri dan Teka-Teki!

Rekomendasi Film Detektif Terbaik

Menonton film thriller dengan tema detektif punya daya pikat tersendiri berkat jalan cerita yang sukar ditebak ditambah misteri yang menyelimuti sepanjang durasi. Nah, jika Anda termasuk orang yang suka dengan film seperti itu, ini adalah artikel yang pas untuk Anda baca.

Sebab, di sini akan dibahas 10 film detektif pilihan dengan berbagai genre seperti thriller, misteri hingga neo-noir misteri yang dijamin bikin para penonton penasaran. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi Film Detektif Terbaik

  1. Death on the Nile

Death on the Nile film detektif pembunuhan kriminal gal gadot IMDb
Death on the Nile-IMDb

Pertama, ada film Death on The Nile yang diangkat dari novel misteri dan pembunuhan karya Agatha Christie dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang pembunuhan gadis kaya raya bernama Linnet Ridgeway (Gal Gadot) di sebuah kapal pesiar yang berlayar di Sungai Nil.

Dikisahkan Linnet merupakan gadis yang memiliki segalanya mulai dari rupa menawan hingga harta berlimpah. Ia bertemu dengan teman masa kecilnya, Jacqueline de Bellefort (Emma Mackey) dan tunangannya, Simon Doyle (Armie Hammer). Ternyata Linnet menyukai Simon hingga akhirnya keduanya menikah.

Keduanya pun memutuskan untuk berbulan madu dengan sebuah kapal pesiar mewah menyusuri sungai Nile. Ternyata Jacqueline mengikutinya. Yang mencengangkan, tak hanya Jackie, Linnet pun dikelilingi oleh orang-orang yang menginginkan kematian sang pewaris keluarga Ridgeway itu.

Di suatu malam, Linnet benar-benar tewas terbunuh dalam tidurnya. Kepalanya ditembak dan ada sebuah tulisan “J” di dinding kapal yang terbuat dari darah Linnet. Kasus ini pun ditangani oleh detektif Poirot (Kenneth Branagh). Akankan detektif berhasil mengungkap pelaku pembunuhan sang gadis?

  1. Black and Blue

Black and Blue film detektif polisi pembunuhan 2020 kriminal IMDb
Black and Blue-IMDb

Selanjutnya ada film aksi thriller Amerika Serikat berjudul Black and Blue. Film yang disutradarai oleh Deon Taylor ini mengisahkan tentang seorang polisi muda bernama Alicia West (Naomie Harris) yang menyaksikan pembunuhan soerang pengedar narkoba oleh rekan kerjanya sendiri bersama beberapa polisi korup lainnya. Kejadian tersebut pun ternyata terrekam dalam kamera yang dipasang di tubuhnya.

Sayang, kini ia justru diburu oleh kelompok polisi yang ia kenal bahkan polisi tempat ia bekerja tak bersedia membantunya. Keadaan Alicia semakin terhimpit karena nyawanya pun diincar oleh sekelompok gang lokal.

  1. Knives Out

Knives Out film detektif terbaik pembunuhan kriminal 2020 IMDb
Knives Out – IMDb

Knives Out lebih tepat disebut sebagai film anti-detektif karena ceritanya berpusat pada seorang pengasuh bernama Marta (Ana de Armas) yang hendak menghindari tuduhan detektif swasta bernama Blanc (Daniel Craig). Blanc hendak menginvestigasi sebab kematian Harlan (Christopher Martell), majikan Marta.

Karena memiliki konsep cerita yang tak biasa, plot cerita yang dihadirkan dalam film yang dirilis tahun 2019 ini juga bisa dikatakan memiliki banyak kejutan. Selain kekuatan ceritanya, penonton juga dimanjakan oleh kehadiran bintang Hollywood ternama seperti Chris Evans dan Daniel Craig.

  1. Night Hunter

Night Hunter film detektif pembunuhan 2020 kriminal IMDb
Night Hunter – IMDb

Film Night Hunter mengisahkan tentang Marshal (Henry Cavill) yang ingin menegakkan keadialn dengan caranya sendiri. Ia bekerja sama dengan seorang wanita cantik bernama Rachel (Alexandra Daddario) guna sebagai umpan untuk memburu para pelaku kekerasan. Namun keadaan menjadi genting ketika Rachel justru diculik oleh soerang penjahat psikopat yang terkenal di Amerika Serikat. Mau tak mau, Marshal pun harus bekerja sama dengan kepolisian untuk menyelamatkan Rachel sekaligus mengungkap kejahatan sang penjahat psikopat.

Film yang dirilis di tahun 2018 ini awalanya memiliki judul Nomis. Namun sang sutradara, David Raymond memutuskan untuk mengganti judulnya menjadi Night Hunter menjelang perilisannya.

  1. The Poison Rose

The Poison Rose film detektif terbaik pembunuhan kriminal 2020 IMDb
The Poison Rose-IMDb

Carson Philips (John Travolta), seorang detektif swasta mendapatkan klien yang memintanya menyelidiki kasus pembunuhan di kota asalnya Texas. Carson ragu menerima permintaan tersebut karena itu berarti ia akan dihadapkan pada kenangan masa lalunya.

Di sana ia bertemu dengan Jayne Hunt (Famke Janssen) yang ternyata adalah cinta lamanya. Jayne meminta Carson untuk menyelidiki pembunuhan yang mencurigakan. Mau tak mau, ia menyelidiki kasus tersebut. Ia harus mempelajari kembali lingkungan yang sudah ia tinggalkan selama 20 tahun.

The Poison Rose terinspirasi oleh film klasik noir dengan judul yang sama. Film yang dirilis tahun 2019 ini sendiri merupakan film pertama di mana John Travolta beradu akting dengan Morgan Freeman.

  1. City of Lies

City of Lies film detektif kriminal thriller pembunuhan 2020 IMDb
City of Lies – IMDb

Masih ingatkah Anda tentang kasus pembunuhan Christopher Wallace alias Notorious B.IG atau juga dikenal sebagai Biggie Small yang hingga kini kasusnya belum terpecahkan? City of Lies merupakan film yang terinspirasi dari kasus yang menimpa sang rapperdi tahun 1997.

Berkisah tentang hilangnya dua rapper yaitu Tupac Shakur dan juga The Notorious BIG DI Las Vegas pada 13 September 1996 dan di Hollywood Barat tanggal 9 Maret 1997.

Russell Poole (Johnny Depp) yang merupakan seorang detektif terobsesi memecahkan kasus hilangnya dua rapper tersebut. Saking terobsesinya, ia bahkan harus kehilangan jabatannya di kepolisian karena ia hanya fokus untuk menyelidiki kasus tersebut.

  1. Motherless Brooklyn

Motherless Brooklyn IMDb film pembunuhan kriminal detektif 2020
Motherless Brooklyn – IMDb

Motherless Brooklyn adalah film kriminal yang diadaptasi dari novel karya Jonathan Lethem dengan judul yang sama di tahun 1999. Berkisah tentang seorang detektif swasta bernama Lionel Essrog (Edward Norton) yang menderita Sindrom Tourette.

Ia memberanikan diri untuk mengungkapkan kasus pembunuhan temannya sendiri meski tanpa bantuan. Ia hanya memiliki beberapa petunjuk dengan teka-teki rumit dihadapannya. Meski begitu, ia sudah memantapkan hati untuk mengungkap rahasia yang dijaga ketat pihak tertentu guna menjaga nasib seluruh kota.

  1. Murder on the Orient Express

Murder on the Orient Express film detektif pembunuhan kriminal 2020 IMDb
Murder on the Orient Express – IMDb

Murder on the Orient Express merupakan karya lain dari penulis legendaris Agatha Christie. Secara garis besar, film ini mengisahkan seorang detektif yang menyelidiki pembunuhan di atas kereta api the Orient Express. Masih mengambil peran utama yakni detektif Hercule Poirot, sama seperti Death on the Nile, film ini juga menghadirkan plot twits unik di akhir cerita.

  1. Gone Girl

Gone Girl film detektif kriminal pembunuhan 2020 IMDb
Gone Girl – IMDb

Film Netflix bergenre psikologi thriller, Gone Girl adalah salah satu film yang sayang apabila dilewatkan. Film garapan David Fincher ini menghadirkan sisi gelap dari kehidupan rumah tangga Nick Dunne (Ben Affleck) dan Any Dunne (Rosamund Pike) yang kerap dilambangkan sebagai pasangan sempurna.

Namun siapa sangka, Nick dan Amy justru menyimpan rahasia dari orang terdekat mereka. Hingga di titik puncak, Amy menghilang di hari ulang tahun pernikahannya. Polisi pun menginvestigasi rumah keluarga Dunne dan menemukan banyak kejanggalan. Nick pun menjadi tersangka utama meski menyangkalnya. Apakah Nick benar-benar tega menyakiti istrinya?

  1. Prisoners

Prisoners film detektif terbaik tentang pembunuhan thriller kriminal 2020IMDb
Prisoners-IMDb

Terakhir, film Prisoners yang berkisah tentang pencarian anak yang diculik seseorang tak dikenal menjadi tayangan yang wajib ditonton para moviegeeks. Film ini berkisah tentang penculikan dua gadis Anna (Erin Gerasimovich)  dan  Joy (Kyla-Drew Simmons) di malam Thanksgiving. Anna adalah putri dari Keller Dover (Hugh Jackman) sementara Joy merupakan anak dari Franklin Birch (Terrence Howard). Kasus hilangnya Anna dan Joy pun ditangani oleh detektif Loki (Jake Gyllenhaal). Akankah mereka berhasil menyelamatkan Anna dan Joy?

Itu dia 10 film detektif terbaik dengan kisah teka-teki yang bikin penasaran. Sudahkah Anda menemukan film detektif-kriminal yang akan ditonton di akhir pekan nanti?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here