10 Film Hacker Terbaik dan Wajib Ditonton, Jangan Sampai Dilewatkan!

Familinia - Who Am I (2014)

Pernah dengan istilah cybercrime bukan? Ya, istilah satu ini merujuk pada sistem kejahatan di dunia maya. Dan lebih sering dilakukan oleh sosok-sosok yang mengerti betul seluk beluk mengenai komputer dan sistemnya.

Inilah yang sering kita sebut sebagai hacker. Ragam cerita seorang hacker dalam meretas sebuah sistem kini menjadi sumber inspirasi yang menjanjikan bagi para sineas film dunia.

Terlebih perkembangan digitalisasi yang terus bergerak cepat akan menciptakan persoalan-persoalan baru. Jadi, dijamin tidak akan kehabisan stok ide cerita.

10 Film Hacker Terbaik dan Wajib Ditonton

Sambil menunggu keseruan-keseruan film tentang dunia per-hacking­-an selanjutnya, 10 Film Hacker terbaik ini jangan sampai dilewatkan sebelum menghadapi rumitnya masalah di film lainnya.

1. Who Am I (2014)

Familinia - Who Am I (2014)
Who Am I (2014) – IMDb

Diurutuan pertama dimulai dengan kisah seorang Benjamin dari Jerman yang hidup di tengah hiruk pikuk kota.

Keramaian nyatanya tak lantas membuat Benjamin ikut dikenal dunia. Kehidupan yang acuh kemudian membawa dirinya mencicipi dunia retas-meretas.

Kelihaiannya ini menjadi dasar yang memukau perhatian Max, mengantarkannya pada dunia hacker yang jauh lebih profesional. Lalu bersama dua kenalan lainnya, Benjamin tak ragu menciptakan gerakan tersembunyi CLAY untuk mempermainkan Badan Intelijen Jerman. Dan di titik inilah dinamika hidupnya bermula.

Rasa sebagai bagian terpenting suatu aksi hingga rasa dicintai seseorang kini terus tumbuh dalam dirinya, menjadi sensasi yang begitu berharga. Namun disaat yang bersamaan, Benjamin juga harus berani menjadi orang yang paling dicari oleh Interpol Eropa.

2. The Italian Job (2003)

Film Hacker Terbaik - The Italian Job (2003)
The Italian Job (2003) – IMDb

Italia menjadi sasaran yang tepat bagi sekelompok pencuri emas untuk melancarkan misi terakhir mereka. Menyatukan kerja sama John Bridger dan Charlie Croker sebagai ketua, mereka mampu membobol sistem keamanan tingkat tinggi hingga batangan emas berhasil dalam genggaman.

Tapi nyatanya, tak semua anggota kelompok satu rencana. Di tengah jalan, Steve membelot dari kesatuan misi dengan kabur menuju Los Angeles bersama emas curian sekaligus membunuh seluruh rekannya.

Melihat pengkhianatan ini, Charlie dan anggota bertahan lainnya segera menyusun misi pembalasan dendam. Dibantu oleh Stella dan Lyle yang ahli dalam teknik peretasan, rencana besar ini pasti berlangsung menakjubkan.

Benar-benar bukan pilihan yang salah untukmu pecinta aksi menantang.

3. Untraceable (2008)

Familinia - Untraceable (2008)
Untraceable (2008) – IMDb

Jika memilih film satu ini sebagai alternatif hiburanmu, siapkan nyali untuk mengikuti alur permainan si pemilik situs web kejahatan di sini.

Situs ini dibuat secara sengaja untuk menampilkan secara Live pembunuhan demi pembunuhan yang dilakukannya di tempat tersembunyi. Hingga tak ada satupun bahkan FBI mampu melacak keberadaannya.

Lebih mengerikan lagi, pembunuhan akan terus berlangsung semakin kejam dan menyiksa saat total pengunjung situs merangkak naik.

Kasus ini menjadi satu kasus yang harus dipecahkan oleh Jennifer Marsh, seorang agen FBI yang sebelumnya tak sengaja mengakses. Niat menelusuri kejahatan ini malah berubah menakutkan ketika akhirnya Jennifer harus perang teror dengan si pemilik situs.

Peran Jennifer yang gigih mencari pelaku ini sempurna menyajikanmu aksi laga terencana khas taktik intel.

4. Blackhat (2015)

Film Hacker Recommended - Blackhat (2015)
Blackhat (2015) – IMDb

Kali ini Chris Hemsworth menjajal peran dalam laga action berbalut kesan dunia hacking di film Blackhat.

Mengambil peran sebagai Nick Hathway, seorang hacker berpengalaman, ia berhasil lepas dari hukuman penjara berkat tawaran menarik FBI. Misinya adalah harus mampu membongkar mafia peretas sistem pembangkit nuklir China.

Dan tanpa disangka, keputusan ini membawanya bertemu dengan teman semasa kuliah dulu, Da Wai. Dengan kerja sama keduanya bersama adik Da Wai, Lein, penelusuran musuh pun memaksa mereka untuk berkeliling negara. Mulai dari Los Angeles hingga Jakarta.

Lengkap dengan kemampuan tembakan para mafia, aksi mengejar musuh dijamin semakin menegangkan.

5. Gamer (2009)

Familinia - Gamer (2009)
Gamer (2009) – IMDb

Konsep cerita film ini terbilang cukup unik dengan membangun alur dari seorang pengusaha pengembang game, Ken Castle. Keunikan terlihat dari bagaimana Ken memanfaatkan manusia sebagai karakter game menggunakan teknologi mutakhir ciptaannya.

Karena idenya ini game berhasil diminati banyak pemain yang ingin terjun langsung dalam permainan hingga membawa keuntungan besar baginya.

Namun tidak bagi Kable dan karakter tertindas lainnya. Di dalam permainan, Kable telah diatur untuk musnah di waktu tertentu meski telah bertahan diri dari gempuran karakter lain.

Dan suatu saat penindasan ini akan Kable bayar dengan kehancuran sempurna rencana jahat Castle dari tangannya sendiri.

Dengan menggabungkan aksi baku tembak dan peran teknologi, lengkapnya cerita ini menjadi sangat layak untuk kamu ikuti.

6. Hacker’s Game (2015)

Film Hacker Terbaru - Hacker's Game (2015)
Hacker’s Game (2015) – IMDb

Hacker’s Game bisa jadi pilihan menontonmu saat lelah dengan aksi kuat yang mendebarkan. Karena film ini akan lebih menonjolkan kisah perjalanan dua orang ahli dengan dalam menyelesaikan suatu kasus.

Keduanya, Soyan dan Loise, dipertemukan dalam sebuah permainan virtual. Dari pertemuan ini, hubungan keduanya beralih semakin dalam hingga saling jatuh cinta.

Namun, Soyan yang bekerja untuk perusahaan rahasia pelindung klien-klien besar dunia harus siap untuk memilih antara cinta atau kewajibannya sebagai hacker. Di satu sisi Soyan amat mencintai Loise, tapi di sisi lain ia harus mampu mencegah si detektif Loise menangkap kliennya.

Porsi adegan action yang tak begitu banyak akan sangat cocok untukmu yang ingin lebih santai menikmati alur cerita profesi hacker. Ditambah bumbu romansa yang kental membuat film ini terlihat begitu manis.

7. Firewall (2006)

Familinia - Firewall (2006)
Firewall (2006) – IMDb

Jika film hacker lainnya lebih memusatkan latar belakang pada tuntutan profesi, Firewall juga akan mengajakmu lebih dalam pada usaha keras seorang kepala keluarga melindungi keluarganya.

Jack Stanfield yang juga seorang ahli komputer bekerja untuk sebuah bank dengan menciptakan sistem keamanan yang tangguh. Sampai suatu hari Bill datang memberondong keluarga Jack ke tempat terpencil demi mensukseskan ambisinya mencuri dana bank.

Nasib keluarga Jack kini di ujung tanduk jika ia memilih memberontak Bill menolak meretas sistem.

Tapi bukan Jack namanya jika kehilangan seribu akal. Berbagai cara ia coba demi menyelamatkan istri dan anaknya meski harus terlibat dalam aksi mematikan.

Dengan strategi yang cerdas dan adegan beradu kekuatan dijamin menyajikan cerita yang begitu ciamik.

8. Sneakers (1992)

Familinia - Sneakers (1992)
Sneakers (1992) – IMDb

Cerita ahli hacker satu ini bermula dari seorang Martin Bisthon yang berhasil lepas dari bayang-bayang kriminal masa lalu. Dan kini memulai hidup baru dengan membangun perusahaan penguji keamanan sistem di Amerika Serikat.

Sebagai perusahaan jasa, Martin mengandalkan kemampuannya untuk menangani permasalahan klien, termasuk dua orang oknum NSA. Namun project  kali ini tampak tidak senormal sebelumnya. Dimana Martin harus mengambil paksa sebuah kotak hitam dari seorang matematikawan.

Kewajibannya untuk meneliti kotak tersebut memberikannya jawaban mengejutkan betapa kotak tersebut menyimpan kode rahasia yang begitu berisiko.

Rentetan kematian mengerikan selanjutnya terus terjadi pada setiap orang yang berani berhubungan dengan kotak hitam tersebut, selain Martin. Hingga pada akhirnya penonton akan dibuat terperangah dengan plot yang dipersiapkan. Penasaran bukan?

9. Swordfish (2001)

Familinia - Swordfish (2001)
Swordfish (2001) – IMDb

Diperankan oleh Hugh Jackman, Swordfish memulai cerita dari kehidupan Stanley Jobson yang kini dilarang mengoperasikan komputer ataupun internet. Semua ini disebabkan oleh kesalahannya menggunakan keterampilannya untuk mengacau sistem digital FBI.

Penderitaan terus menimpanya silih berganti. Dan kini waktunya Melissa, istri Jobson, beserta anak mereka yang meninggalkan pria ini dan menikah dengan seorang sutradara.

Ditengah fase terendah hidupnya, Ginger datang membawa tawaran saling menguntungkan. Ginger menjanjikan pertemuan Jobson dengan anak dan mantan istrinya berikut dengan imbalan tinggi jika ia berhasil meretas sistem keamanan bank.

Misi ini nyatanya bukanlah rangkaian yang sederhana. Dibalik perintah Ginger, Stanley harus menyelesaikan rencana yang jauh lebih besar di tangan Gabriel, sang Anti-Pemerintah.

10. WarGames (1983)

Familinia - WarGames (1983)
WarGames (1983) – Prime Video

WarGames mungkin pantas dinobatkan sebagai salah satu pencetus diangkatnya persoalan tentang hacker ke dalam layar lebar.

Padahal latar belakang cerita dibuat secara cukup sederhana. Menggambarkan kemampuan seorang anak muda dalam mengoperasikan sistem komputer.

Namun hobinya ini tanpa disengaja menyasar hingga terhubung dengan jaringan program militer. Dan tanpa ia tahu, semakin terus menelusuri semakin dekat tindakannya pada meletusnya perang dunia ke-3.

Mau tak mau ia harus mengembalikan keadaan demi mencegah terjadinya perang dengan segala usaha peretasan yang dikuasainya.

Sebagai pelopor, rasanya tepat menempatkan WarGames sebagai Film Hacker terbaik. Bahkan alur cerita ini mampu membuat pimpinan militer Amerika Serikat curiga dengan kemungkinan peretasan seperti ini dalam sistem internet Amerika.

Leave a Reply