10 Film Korea Terbaik Dari Tahun 2016 Hingga 2020 (Wajib Ditonton)

Familinia - film korea Peninsula
Familinia - film korea Peninsula

Bagi sebagian orang, menonton film Korea terbaik adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Terlebih kegiatan menonton film Korea bisa menjadi hiburan di kala penat dan lelah menyerbu pikiran dan fisik.

Perlu Anda ketahui, tahun 2016 hingga tahun 2020 menjadi tahun-tahun penting bagi para pecinta film Korea, karena banyak sekali film Korea terbaik sepanjang masa yang keluar pada tahun-tahun tersebut. Penasaran akan film Korea apa saja yang kami rekomendasikan pada Anda? Ikuti informasi selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

Film Korea Terbaik Dari Tahun 2016 – 2020

1. The Handmaiden (2016)

Familinia - film korea terbaik The Handmaiden
Film korea terbaik The Handmaiden

Salah satu sutradara yang sangat berpengaruh di Korea Selatan, Park Chan Wook, untuk ketiga kalinya menjadi perhatian dunia ketika membereskan proses produksi The Handmaiden tahun 2016 yang berhasil berangkat ke festival film Cannes.

Film Korea terbaik romantis ini memang menampilkan kemampuan mengolah naskah menjadi suatu film yang sangat menawan. Pada awal cerita penonton akan mengira ini adalah kisah mistis dengan alur cerita yang mencekam, namun di tengah cerita mereka akan menyadari plot twist berupa kisah cinta Sook Hee dengan Hideko. Film yang satu ini berhasil masuk dalam jajaran film terbaik Korea, dengan rating yang cukup tinggi di portal online.

2. Train To Busan / Busanhaeng (2016)

Familinia - film korea terbaik Train to Busan
Film korea terbaik Train to Busan

Salah satu film dengan kisah yang epik dan sayang sekali untuk dilewatkan adalah Train to Busan (Busanhaeng) yang dirilis pada tahun 2016. Train to Busan berhasil memperoleh banyak sekali capaian di dunia film, seperti Blue Dragon Film Award.

Tak hanya itu, film Train to Busan juga berhasil lolos seleksi Cannes, dan mendatangkan banyak sekali penonton pada hari rilisnya. Film yang satu ini dibintangi oleh Gong Yoo, yang mengisahkan zombie attack secara mendadak di Korea Selatan. Kualitas film ini benar-benar bagus dan rating-nya pun sangat tinggi.

3. Ayla : The Daughter of War (2017)

Familinia - film korea Ayla : The Daughters of War
Film korea Ayla : The Daughters of War

Film yang satu ini termasuk dalam film korea terbaik tahun 2017 yang wajib Anda ketahui. Didasarkan pada kisah nyata yang tokoh aslinya juga ada yang masih hidup, film Ayla : The Daughter of War sangat menarik perhatian dunia.

Film yang satu ini merupakan hasil kerjasama negara Turki dan Korea Selatan untuk mengangkat suatu cerita nyata antara Sersan Suleyman Dilbirligi dari Turki dan Ayla, seorang gadis kecil berkebangsaan Korea.  Ayla : The Daughter of Wars merupakan film terbaik bertemakan keluarga tahun 2017 yang berhasil mendapat peringkat tinggi dan wajib Anda tonton.

4. Midnight Runners (2017)

Familinia - film korea Midnight Runners
Film korea Midnight Runners

Film Midnight Runners berhasil menjadi salah satu film dengan genre action yang patut direkomendasikan. Film ini dibintangi oleh Park Seo Joon dan Kang Ha Neul, idola sejuta umat yang memiliki paras menawan dan badan kekar. Mereka diceritakan sebagai sahabat yang masuk kepolisian serta memiliki rasa penasaran tinggi.

Karena rasa penasaran tersebut, akhirnya mereka bisa menumpas kejahatan berupa penjualan sel telur wanita-wanita yang diculik secara ilegal. Film yang satu ini menyuguhkan aksi tempur mereka tanpa visualisasi kekerasan yang berlebihan dan justru agak kocak. Namun begitu, film ini justru mampu menarik banyak sekali perhatian penonton.

5. Gonjiam : Haunted Assylum (2018)

Familinia - film korea Gonjiam : Haunted Assylum
Film korea Gonjiam : Haunted Assylum

Pada tahun 2018, sutradara yang sudah berpengalaman menggarap film horror, Jung Bum Shik, menggarap film Korea terbaik bergenre horror yang fenomenal bertajuk Gonjiam : Haunted Assylum.

Film yang satu ini menggunakan latar tempat Rumah Sakit Jiwa Gonjiam yang merupakan salah satu dari 7 tempat paling angker di dunia. Keseruan film ini berhasil meraih lebih dari 190 ribu penonton pada hari pertama rilis, sehingga dinobatkan sebagai film horor terbaik tahun 2018 yang harus Anda tonton.

6. Along With the Gods : The Last 49 Days (2018)

Familinia - film korea Along With the Gods : The Last 49 Days
Film korea Along With the Gods : The Last 49 Days

Along With The Gods : The Last 49 Days adalah salah satu film Korea bergenre fantasi yang menarik perhatian dunia tahun 2018. Film yang satu ini bercerita tentang seseorang yang meninggal dan menghadapi berbagai peradilan di dunia. Banyak adegan flashback pada film ini, namun banyak juga adegan yang sangat tidak disangka.

Perjuangan seseorang dalam menghadapi berbagai hal agar dapat melakukan reinkarnasi ditunjukkan dengan detail dalam kemasan cerita yang unik. Walaupun memang tidak masuk akal bagi sebagian besar orang, namun film ini berhasil mengingatkan bahwa kita sebaiknya melakukan berbagai hal baik di dunia. Kehidupan harus dihargai, karena kehidupan itu singkat.

7. Parasite / Gisaengchung (2019)

Familinia - film korea Parasite
Film korea Parasite

Film yang berhasil menggegerkan dunia film pada tahun 2019 yang satu ini juga wajib Anda ketahui. Film ini berjudul Parasite, yang merupakan garapan dari sutradara Bong Joon Ho.

Film ini mengisahkan latar kondisi ekonomi masyarakat kelas bawah, yaitu kondisi keluarga Kim yang serba pas-pasan. Namun menginjak ke pertengahan dan akhir cerita, penonton akan dibuat kaget dengan plottwist berupa pembunuhan yang dilakukan secara cepat dan gila.

Dengan segala setting cerita film yang sempurna dan tidak seperti film Korea biasanya, Bong Joon Ho and team berhasil menyabet predikat Jawara Cannes 2019 dan Best Pictures Oscar tahun 2020.

8. The Dude In Me (2019)

Familinia - film korea The Dude in Me
Film korea The Dude in Me

Jung Jin Young B1A4 menunjukkan bakatnya bermain peran melalui film terbaik asal Korea Selatan, The Dude In Me yang dirilis pada tahun 2019. Film yang satu ini berhasil menyabet banyak sekali perhatian, dan memperoleh jutaan penonton di bioskop dalam waktu sekejap. The Dude in Me atau The Man Inside Me merupakan film dengan alur yang sangat menarik.

Ceritanya, ada seorang pemuda yang pingsan dan bertukar jiwa dengan kepala gangster. Pemuda yang tadinya sering di-bully akhirnya menjadi ganas setelah dirasuki jiwa kepala ganster tersebut. Seiring waktu, satu demi persatu hal terkuak dan mereka bisa kembali ke tubuh masing-masing.

9. The Battle of Jangsari (2019)

Familinia - film korea The Battle of Jangsari
Film korea The Battle of Jangsari

Film Korea yang satu ini juga berhasil menduduki puncak Box Office setelah melalui proses syuting film yang menguras tenaga dan biaya. The Battle of Jangsari mengisahkan pasukan gerilya yang beranggotakan 772 orang pelajar.

Mereka dilatih dadakan untuk mendarat di daerah Jangsari, dan berusaha untuk menipu pihak oposisi. Banyak sekali pemuda yang menjadi tokoh dalam film tersebut, salah satunya adalah Minho yang merupakan seorang idol dan anggota dari boyband Shinee. Film yang satu ini mengisahkan kisah hidup tentara pelajar dengan solidaritas tinggi.

10. Peninsula / Train to Busan 2 : Bando (2020)

Familinia - film korea Peninsula
Film korea Peninsula

Film yang merupakan sekuel dari Train To Busan yang diperankan oleh Gong Yoo dan kawan-kawan pada tahun 2018 ini muncul sebagai pemenang Cannes 2020. Diperankan oleh Kang Dong Won, film Peninsula berhasil meraih sekitar lebih dari 1 juta penonton dalam selang waktu 4 hari setelah perilisan film.

Bahkan rumah produksi yang menyelesaikan proses pembuatan film ini mendapatkan undangan untuk seleksi film pada festival Cannes, yang hasilnya Peninsula berhasill meraih predikat jawara Cannes 2020. Film yang menjadi film terbaik Korea tahun 2020 ini wajib Anda tonton keseruannya.

Itulah beberapa film Korea terbaik yang berhasil memuaskan rasa penasaran para pecinta film dari seluruh dunia. Dengan banyaknya film Korea yang berkualitas tinggi, tidak heran jika karya dari negara ini selalu dinanti. Jadi, mana yang ingin Anda tonton?

Leave a Reply