Berikut Rekomendasi 10 Film Thailand Terbaik yang Wajib Ditonton!

Film Thailand Terbaik

Film Thailand Terbaik – Setelah berbulan-bulan menjalani berbagai kegiatan dari rumah saja, mungkin sebagian dari kita merasa bosan dan ingin mencari alternatif hiburan yang menyenangkan.

Nah, jika Anda sudah merasa bosan menonton tayangan dari Barat atau menonton drama korea romantis, ini saatnya untuk mencoba menonton film atau serial drama dari Thailand.

Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang cukup produktif dalam memproduksi film-film berkualitas. Banyak judul film Thailand dari berbagai genre yang bahkan mendapatkan rating bagus dari IMDb. Berikut rekomendasi 10 film Thailand terbaik untuk menemani Anda/

1. The Gifted

The Gifted Film Thailand Terbaik
The Gifted – IMDb

Bosan dengan cerita manusia super dari film Barat? Coba untuk menonton salah satu serial drama Thailand berjudul The Gifted yang tayang pada tahun 2018 lalu. Film ini bercerita tentang sekumpulan murid berkekuatan super di SMA Rithda High School, sekolah yang menerapkan sistem kelas berdasarkan kemampuan akademis murid.

Pang (Nanon Korapat Kirdpan) masuk ke dalam sekolah bergengsi tersebut dan ditempatkan pada kelas kedelapan yang merupakan level terendah. Namun, ada satu program Rithda High School yang diciptakan untuk menjaring anak-anak berbakat benama The Gifted. Anak-anak yang berharil masuk ke dalam The Gifted akan diberikan berbagai fasilitas spesial di sekolah tersebut.

Tertarik, Pang mencoba tes masuk program The Gifted dan tak disangka ternyata ia justru lolos seleksi dan bergabung dengan The Gifted. Dari sana Pang baru mengetahui bahwa The Gifted ternyata dibuat untuk mengumpulkan murid yang memiliki potensi kemampuan super.

Kemudian Pang menyadari ada agenda tersembunyi di balik pembentukan The Gifted. Ia dan anggota The Gifted lainnya pun mencoba mengungkap rahasia tersebut dan menruntuhkan hierarki yang selama ini ada di sekolah tersebut. Apakah mereka berhasil mencapai tujuan mereka?

Drama berjumlah 16 episode ini banyak digemari para pecinta drama. IMDb sendiri memberi rating drama ini tinggi yakni sebesar 8.6.

2. TharnType

TharnType BL Drama Thailand yaoi homo korea
TharnType – My Drama List

Thailand dikenal cukup terbuka untuk LGBT. Tak heran jika banyak serial hingga film Thailand yang dibuat bertema BL (Boys Love), salah satunya adalah TharnType. Alkisah, Type (Kanawut Traipipattanapong) yang merupakan mahasiswa tahun pertama di jurusan ilmu olahraga di sebuah kampus, merupakan seorang yang mudah marah dan amat membenci gay.

Kemudian Type tinggal di asrama laki-laki dan berbagi kamar dengan mahasiswa tampan dari jurusan musik, Tharn. Ternyata, Tharn adalah seorang gay. Meski begitu, Tharn tidak mengganggu Type dan bertindak selayaknya teman. Namun, begitu mengetahui bahwa teman sekamarnya adalah seorang gay, Type berusaha melakukan berbagai cara untuk mengusir Tharn.

Di sisi lain, Tharn merasa seksualitasnya adalah bukan kesalahan. Ia pun berusaha melawan dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi kepada Type.Drama Thailand yang dirilis pada Oktober 2019 dan tamat pada awal Januari tahun ini ini pun mendapat rating sebesar 8.5 di IMDb.

3. 2gether

2gether bl Film Thailand Terbaik dan Romantis
2gether – IMDb

Suka drama dengan tema BL bertabur aktor tampan? Tonton drama 2gether yang diperankan oleh dua aktor Thailand yang jadi idola anak muda saat ini, Bright Vachirawit dan Win Metawin Opasiamkajorn.  Drama yang baru tamat pada bulan Mei lalu ini mendapat rating sebanyak 8.0 dari IMDb. Penasaran seperti apa kisahnya? Berikut sinopsis singkatnya.

Tine (Win Metawin) yang memiliki pengagum gay bernama Green (Gun Korawit Boonsri). Untuk menghentikan kejaran Green, teman-teman Tine memberi tahunya untuk membuat pacar bohongan. Sarawat (Bright Vachirawit) adalah pria yang dipilih teman-temannya untuk menjadi pacar bohongan Tine.

Sayangnya, tak semudah itu mendapatkan persetujuan Sarawat. Tine sampai harus bergabung dengan klub musik yang diikuti oleh Sarawat guna membujuknya hingga akhirnya Sarawat mengiyakan tawaran Tine. Lambat laun, muncul berbagi konflik dari hubungan keduanya.

4. Girl From Nowhere

Girl from Nowhere drama thailand horror drakor
Girl from Nowhere – IMDb

Drama ini merupakan salah satu tayangan Thailand yang cukup difavoritkan pecinta drama. Secara garis besar, Girl from Nowhere mengisahkan Nanno (Chicha Amatayakul), seorang gadis misterius yang kerap berpindah dari satu sekolah ke sekolah lain. Selain pintar, gadis ini memiliki kemampuan untuk membongkar kebohongan yang terjadi di SMA tempatnya bersekolah.

Girl from Nowhere ini sendiri merupakan serial bergenre misteri dengan 13 episode. Jika ingin menontron drama dengan rating 7.7 di IMDb ini, Anda bisa menontonnya lewat aplikasi streaming Netflix.

5. The Legend of Muay Thai: 9 Satra

The Legend of Muay Thai 9 Satra - IMDb kartun thailand animas
The Legend of Muay Thai 9 Satra – IMDb

Siapa bilang Thailand hanya bisa memproduksi drama saja, film animasi dari Negeri Gajah Putih ini pun tak kalah keren. Adalah The Legend of Muay Thai: 9 Satra, film animasi yang dipadu dengan aksi ciamik yang wajib masuk ke dalam daftar tontonan.

Berkisah tentang petualangan Ott yang sejak kecil dipaksa mempelajari Muay Thai, ilmu bela diri khas Thailand oleh sang ayah dan gurunya. Awalnya ia tak mengetahui sebab ia harus berlatih Muai Thai sekeras itu di kala anak lain bebas bermain. Ternyata ini berhubungan dengan takdirnya sebagai ‘sang penyelamat’.

Tak hanya jalan cerita yang matang, kolaborasi 3 sutradara Thailand, Pongsa Kornsri, Gun Phanduwon dan Nat Yoswatanont melahirkan adegan-adegan action dalam bentuk animasi. Rating untuk animasi ini sendiri dari IMDb yakni 7,7.

6. One Day

One Day drama thailand romantis bagus
One Day – IMDb

Kini giliran rekomendasi film Thailand terbaik yang layak ditonton di akhir pekan, salah satunya, One Day yang memiliki rating sebesar 7,7 di IMDb. Bercerita tentang Denchai (Chantavit “Ter” Dhanasevi), seorang karyawan IT yang tak peduli penampilan kemudian jatuh cinta dengan rekan kerja barunya yang bernama Nui yang sangat fashionable.

Sayangnya Nui justru mencintai bosnya sendiri yang ternyata memiliki istri dan anak. Namun karena cintanya terlalu besar, ia pun rela menjadi wanita simpanan dengan iming-iming sang bos akan menceraikan istrinya.

Suatu ketika, dalam sebuah outing kantor di Hokaido, Jepang, Nui mengalami kecelakaan hingga membuatnya kehilangan ingatan selama satu hari. Denchai pun tak ingin menyianyiakan kesempatan dan mengaku sebagai kekasih Nui

7. Bad Genius

Bad Genius film thailand drama korea terbaik
Bad Genius – IMDb

Bad Genius mungkin menjadi salah satu film Thailand yang cukup memiliki banyak penggemar. Bagaimana tidak? Film bertema pendidikan dengan rating sebesar 7.6 dari IMDb ini memiliki alur cerita padat disertai berbagai konflik hingga akhir cerita.

Fokus cerita film ini berada pada dua mahasiswa cerdas, Lynn (Chutimon Chuengchariensukying) dan Bank (Chanon Santinatornkul) tetapi berbeda karakter. Lynn merasa pekerjaan sebagai joki ujian merupakan peluang yang bagus sementara Bank amat anti dengan sistem contek-mencontek.

Karena terpepet situasi, akhirnya mereka berdua bekerja sama dengan Grace (Eisaya Hosuwan) dan Pat (Teeradon Supapunpinyo) untuk memanipulasi sistem seleksi penerimaan mahasiswa ke perguruan tinggi Amerika Serikat. Yang menarik, terdapat sedikit plot twist di akhir cerita. Tak pelak, film Thailand terbaik ini mendapat ulasan sempurna di lama aggregator Rotten Tomatoes.

8. Happy Old Year

Happy Old Year film thailand drama korea
Happy Old Year – IMDb

Membuang barang pribadi ternyata tak semudah yang dikira. Inilah yang menjadi gambaran untuk film Thailand berjudul Happy Old Year. Jean (Chutimon Chuengchariensukying), hendak menata ulang kembali rumahnya menjadi kantor bergaya minimalis.

Namun, rumahnya yang dulu merpakan toko servis alat-alat musik penuh dengan barang-barang sehingga mau tak mau ia harus membuang barang-barang tersebut.  Ternyata Jean menemukan berbagai masalah pelik ketika menemukan beberapa barang yang berasal dari masa lalunya hingga ia pun tenggelam pada kisah yang tak menyenangkan.

Happy Old Year termasuk salah satu film Thailand terbaik yang paling ditunggu di Indonesia. Sayang, karena pandemi Corona COVID-19, rencana tayang pada akhir Maret 2020 terpaksa ditunda. Namun film ini sudah masuk ke situs streaming Netflix Thailand dan mendapat rating sebesar 7.4 dari IMDb.

9. Pee Mak

pee mak film thailand drama korea mario maurer
Pee Mak – IMDb

Pee Mak merupakan film Thailand bergenre horor dan komedi cukup legendaris dan mungkin sudah banyak orang Indonesia yang menontonnya. Cerita film ini diadaptasi dari cerita masyarakat Thailand bernama Mae Nak Phra Khanong.

Mak (Mario Maurer) dan Nak (Davika Hoorne) adalah pasnagan suami istri yang cukup romantis. Namun Mak harus meninggalkan sang istri karena ikut berperang. Padahal saat itu, Nak sedang mengandung anaknya. Nak yang ditinggal sang suami berperang ternyata meninggal dunia saat berjuang melahirkan bayinya seorang diri di dalam rumah.

Bersamaan dengan meninggalnya Nak, Mak juga tertembak tetapi tak sampai mengacam nyawanya. Akhirnya ia pun kembali ke rumah dengan keempat temannya. Namun saat Mak pulang ke rumah, Nak dan anaknya masih ada di rumah tersebut. Rupanya Nak masih belum mampu menerima kenyataan bahwa dirinya sudah meninggal karena ingin hidup bersama suaminya.

10. Ong-Bak: The Thai Warrior

ong bak film thailand tony jaa
Ong Bak – IMDb

Terakhir, film Ong-Bak: The Thai Warrior yang dirilis pada tahun 2003 silam menjadi salah satu film Thailand legendaris yang wajib ditonton.

Film dengan rating 7.2 di IMDb ini menceritakan tentang seorang ahli bela diri bernama Ting (Tony Jaa) yang berpetualang mencari sebuah kepala patung Budha sakral yang dicuri. Diperjalanan, ia pun harus melawan musuh-musuhnya dengan menggunakan seni bela diri Muay Thai.

Itu dia 10 rekomendasi drama dan film Thailand terbaik yang sayang apabila dilewatkan. Sudahkah Anda menemukan judul drama atau film Thailand yang hendak ditonton di akhir pekan?

Leave a Reply