10 Gejala Batu Ginjal Ini Mungkin Anda Alami, Namun Anda Tidak Menyadarinya!

Penyebab dan Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran kencing. Batu ginjal biasanya terjadi akibat zat-zat didalam urin mengendap di ginjal ataupun saluran kencing yang kemudian menempel dan membentuk batu kecil. Batu tersebut dapat menetap di ginjal ataupun langsung turun ke saluran kencing.

Ketika ukuran batu ginjal masih kecil maka dapat keluar dengan sendirinya pada saat membuang air kecil tanpa adanya indikasi rasa sakit. Namun, apabila batu berukuran besar maka batu tersebut akan menghalangi aliran urin yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Pada umumnya masyarakat mengetahui bahwa ciri-ciri penderita batu ginjal yaitu punggung bagian bawah akan terasa sakit, ketika buang air kecil juga akan terasa sakit. Ciri atau pun gejala batu ginjal tidak hanya itu, namun ada beberapa gejala lainnya yang dapat menyertai penderita batu ginjal. Pada pembahasan kali ini akan dijabarkan mengenai beberapa gejala batu ginjal.

[toc]

Gejala Batu Ginjal

Penderita batu ginjal akan mengeluhkan serangkaian gejala terutama rasa nyeri atau rasa tidak nyaman pada bagian pinggangnya. Dan pada kasus yang lebih parah, mereka akan mengeluh adanya darah yang keluar bersama dengan urin. Berikut penjelasan yang lebih lengkap mengenai gejala batu ginjal:

gejala batu ginjal

1. Nyeri pada pinggang belakang

Apabila seseorang menderita penyakit batu ginjal maka akan merasakan sakit pada bagian pinggang sebelah kiri. Nyeri yang dirasakan pada penderita batu ginjal disebut nyeri kolik ginjal, artinya nyeri tersebut bersifat tajam dengan intensitas nyeri yang sangat tinggi dan hilang timbul. Nyeri tersebut akan muncul ketika batu ginjal mulai terdorong melewati saluran kencing (ureter) dan akan sedikit mereda ketika batu tersebut diam.

Penderita batu ginjal akan mengalami nyeri pada pinggangnya ketika merasakan sakit dari daerah bawah iga hingga tulang panggul bagian atas. Tidak semua nyeri pada pinggang merupakan gejala batu ginjal, namun selain nyeri pinggang juga disertai dengan gejala-gejala lainnya. Nyeri pinggang pada penderita batu ginjal akan bertahan lama dan dalam posisi apapun.

2. Nyeri menjalar ke selangkangan dan alat kelamin

gejala batu ginjal pada wanita
Image: Dr. Weil

Persarafan yang menghantarkan nyeri dari pinggang sejalur dengan selangkangan dan alat kelamin. Hal ini mengakibatkan pada batu ginjal nyeri tersebut dapat dirasakan hingga ke selangkangan dan alat kelamin. Daerah selangkangan sangat rentan terhadap cedera dikarenakan adanya gerakan kuat, tertarik atau juga bisa diakibatkan oleh kecelakaan.

Penderita batu ginjal awalnya akan mengalami nyeri pada bagian pinggang belakang belakang atau perut bagian bawah setelah itu dapat menjalar ke daerah selangkangan dan alat kelamin sehingga terjadilah nyeri secara terus menerus.

3. Keringat dingin

Seseorang yang melakukan aktivitas fisik ataupun dalam keadaan udara yang panas, apabila berkeringat maka hal tersebut wajar terjadi. Namun lain halnya jika yang terjadi adalah keringat dingin. Keringat yang terjadi dapat diindikasikan sebagai salah satu tanda adanya masalah pada kesehatan tubuh. Keringat dingin dapat memicu kondisi yang berbahaya bagi penderitanya sehingga diperlukan pertolongan sesegera mungkin.

Keringat dingin merupakan kondisi yang tidak normal dan ditandai dengan keluarnya keringat secara berlebihan disertai tubuh yang terasa dingin. Ada beberapa kejadian yang menyebabkan keringat dingin salah satunya yaitu ketika seseorang mengalami batu ginjal.

Keringat dingin muncul sebagai respon tubuh terhadap nyeri hebat yang terjadi. Semakin besar batu ginjal maka semakin terasa pula rasa nyeri yang hebat sehingga hal tersebut yang menyebabkan tubuh akan mengalami keringat dingin. Namun hal ini tidak selalu muncul, bergantung pada respon setiap orang dalam menanggapi rasa nyeri.

4. Mual hingga muntah

muntah
Image: Why Dr. Rachna

Terdapat beberapa penderita batu ginjal yang mengaku mengalami mual hingga muntah-muntah. Salah satu penyebab muntah yaitu rasa sakit yang teramat sehingga penderita batu ginjal tidak dapat menahannya dan menyebabkan penderitanya muntah.

Muntah juga dapat pertanda bahwa tubuh berusaha untuk mengeluarkan racun. Apabila di dalam ginjal terdapat masalah, maka ginjal tidak akan dapat melakukan fungsinya secara baik sehingga akan memicu naiknya toksin dalam perut dan darah.

Pada 50% penderita batu ginjal mengalami gejala mual hingga muntah. Hal ini dikarenakan pada rongga panggul dan area ginjal terdapat saraf yang menghantarkan respon muntah ketika terjadi rasa nyeri atau rasa tidak nyaman pada bagian perut tersebut. Selain itu, rasa mual dapat diakibatkan oleh konsumsi obat pereda nyeri yang memiliki efek samping pada iritasi lambung.

5. Kencing tidak lancar

Pada saat anda akan melakukan buang air kecil namun terasa mengganjal pada saluran kemih anda maka hal tersebut dapat dicurigai sebagai batu ginjal. Pada saat anda buang air kecil dan kencing tidak lancar disertai rasa nyeri maka anda patut waspada terhadap batu ginjal. Batu ginjal tersebut akan mengendap dan menempel pada saluran kemih yang mengakibatkan kencing tidak lancar.

Batu ginjal akan menyumbat saluran kemih sehingga urin yang mengalir menjadi tidak lancar. Hal ini akan membuat kencing akan berhenti di tengah-tengah kemudian keluar lagi dan akan ada urin yang menetes di akhir berkemih.

6. Keluar kristal-kristal kecil saat berkemih

kristal batu ginjal
Image: OnHealth

Pada batu ginjal dengan ukuran kecil, masih dapat terdorong keluar oleh urin dan akan hancur karena gerakan meremas (peristaltik) dari ureter. Batu tersebut akan keluar berupa kristal-kristal saat kencing dengan rasa yang cukup nyeri pada alat kelamin. Kehadiran Kristal tersebut dalam urin dapat diindikasikan sebagai salah satu gangguan kesehatan.

Kristal dalam urin terbentuk dikarenakan beberapa hal seperti dehidrasi, perubahan nilai pH dan juga karena infeksi saluran kemih yang dapat berakibat pada pembentukan batu ginjal. Kristal dalam urin ketika berkemih terdeteksi ketika kencing batu terbentuk dalam tubuh. Selain itu, faktor lain penyebab terdapatnya Kristal pada urin yaitu ketika melakukan diet protein tinggi.

7. Rasa tidak lampias setelah berkemih

Ketika anda sedang buang air kecil dan merasa tidak lega dan masih ingin membuangnya namun pada saat anda hendak membuangnya tidak terdapat urin sama sekali yang keluar. Hal tersebut mengakibatkan rasa yang tidak puas dan merasa tidak lega serta masih merasa menjanggal maka anda patut waspada karena hal yang anda rasakan merupakan salah satu gejala ketika terdapat batu di saluran kemih anda.

Batu ginjal yang menyumbat pada saluran kemih juga menyebabkan rasa tidak lampias setelah berkemih. Hal ini dikarenakan tidak semua urin dapat keluar karena sumbatan tersebut.

Akibat dari penyumbatan tersebut maka ketika buang air kecil merasa seperti ada yang mengganjal dan harus segera dikeluarkan, namun tidak dapat anda lakukan. Apabila anda mengalami hal seperti ini maka segeralah memeriksakan diri ke dokter sehingga anda akan diberikan penanganan lebih lanjut.

8. Keluar darah saat berkemih

darah waktu berkemih
Image: Healthline

Apabila seseorang yang menderita batu ginjal, selain timbul rasa sakit maka frekuensi buang air kecil juga meningkat dan juga akan mendapati adanya perubahan warna dan kepekatan pada urin. Pada umumnya urin akan berwarna being ataupun kuning tapi pada penderita gagal ginjal akan berwarna cokelat bahkan berwarna merah dikarenakan telah bercampur dengan darah. Darah yang ada dalam urin disebut hematuria.

Darah yang keluar saat berkemih disebabkan oleh batu ginjal yang menggesek saluran kemih ketika terdorong. Hal ini akan melukai saluran kemih dan menimbulkan perdarahan yang keluar bersama urin.

Darah masuk ke dalam urin ketika batu ginjal tersangkut di saluran kencing sehingga mengikis lapisan permukaan saluran kencing. Semakin sakit yang anda rasakan maka semakin besar pula ukuran batu ginjal. Ukuran batu ginjal menjadi salah satu indikator untuk mengukur seberapa besar batu ginjal yang ada di dalam tubuh anda.

9. Demam

Pada umunya seseorang akan mengalami demam ketika organ didalam tubuhnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sama halnya dengan orang yang mengalami penyakit batu ginjal. Gejala demam disertai menggigil dan infeksi pada saluran kemih mulai dari ginjal, ureter hingga kandung kemih.

Apabila demam yang dialami terlalu tinggi maka dapat mengancam nyawa penderitanya. Kondisi seperti ini harus segera ditangani dan mendapatkan penanganan oleh dokter.

10. Nyeri Saat Berkemih

gejala batu ginjal pada pria
Image: WittyFeed

Merasakan nyeri pada saat anda sedang buang air kecil, maka hal tersebut merupakan gejala awal batu ginjal. Hal tersebut biasanya terjadi dikarenakan batu ginjal yang mulai bergerak dari kandung kemih menuju saluran kencing.

Adapun rasa sakit yang dirasakan seperti ditusuk tusuk. Selain merasakan nyeri, anda juga akan mengalami perubahan dalam frekuensi buang air kecil dimana akan lebih sering daripada biasanya.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai ciri dan gejala batu ginjal. Semoga dari penjelasan diatas maka anda dapat mengenali dan menambah pengetahuan mengenai penyakit batu ginjal dan mulai dari sekarang dapat merasakannya sendiri sehingga jika mengalami dapat melakukan pertolongan lebih awal untuk tetap menjaga kesehatan.

Jangan pernah meremehkan gejala-gejala diatas karena beberapa gejala tidak hanya merujuk pada penyakit batu ginjal namun juga dapat merujuk pada penyakit lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here