Hoax Di Balik Kabar Boneka Annabelle Hilang Dari Museum

Boneka Annabelle Hilang Hoax
Boneka Annabelle Hilang Hoax

Boneka horor Annabelle dikabarkan hilang dari tempat dia disimpan di Occult Museum di Connecticut. Kabar ini ramai menghiasi lini masa Twitter dengan tagar yang sempat trending #AnnabelleEscaped. Namun sang pemilik yakni pasangan Ed dan Lorraine Warren menjelaskan jika kabar tersebut tidak benar. 

Keduanya menyatakan kabar hilangnya Annabelle dari museum tempat dia disimpan, adalah kabar tidak benar dan telah membuat banyak orang ketakutan. Selama ini boneka itu memang menyimpan kisah mistis yang cukup mengerikan, hingga akhirnya diangkat ke layar lebar. 

“Dunia bisa kembali aman sekarang, karena ternyata Annabelle masih di dalam brankasnya dengan kondisi terkunci rapat. Annabelle tidak pernah kabur, ini hanya gosip dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin menciptakan ketakutan,” tulis akun @irishpr39208654 di laman Twitter.

Akun tersebut berani berkata demikian karena telah mengecek sendiri ke museum dan memastikan Annabelle masih ada di tempatnya. Hal ini dia lakukan begitu mendengar kabar viral tersebut.

Tony Spera yang masih memiliki hubungan keluarga dengan Ed dan Lorraine pun juga akhirnya angkat suara. Dia membantah kabar bahwa boneka Annabelle hilang dari museum. 

“Annabelle hidup, mungkin saya tidak seharusnya berkata dia benar-benar hidup. Namun faktanya Annabelle masih di sini, di dalam semua kemuliaan yang membuat dia terkenal,” ungkap Tony Spera.

Usut punya usut, ternyata kabar yang menyebutkan bahwa boneka Annabelle hilang ini bermula dari kesalahan penerjemahan berita ke dalam bahasa Mandarin. Kekeliruan ini berawal dari sebuah video wawancara di Youtube yang dilakukan oleh aktris Annabelle Wallis saat ditanyai wartawan perihal filmnya bersama Tom Cruise.

Video Youtube tersebut kemudian diberikan judul “Annabelle Running With Tom Cruise”. Di sinilah kesalah itu kemudian terjadi. Ketika diterjemahkan dalam bahasa Mandarin, judul tersebut malah menjadi “Annabelle is Running”. Kesalahan fatal berlanjut dengan adanya berita yang dibuat berdasarkan judul yang salah terjemahan itu.

Berangkat dari judul yang salah, akhirnya tersebar berita bahwa boneka Annabelle hilang dan kabur dari museum tempat dia disimpan. Kesalahan pemberitaan semakin menjalar begitu liar, bahkan ada yang sampai mengatakan bahwa Annabelle ditemukan di East Coast (sebuah wilayah pantai Timur di Amerika). 

Kontan, orang-orang pun sempat dibuat geger, hingga akhirnya klarifikasi atas pemberitaan yang salah itu muncul. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here