Kontroversi Kata Anjay, Awal Mula dan Akhirnya Lutfi Agizal Minta Maaf

Lutfi Agizal dan Kontroversi Anjay
Lutfi Agizal dan Kontroversi Anjay

Netizen diramaikan dengan kontroversi penggunaan kata Anjay yang kini disebut-sebut bisa dipidanakan. Kata yang biasa digunakan dalam interaksi di sosial media maupun di dunia nyata oleh kalangan muda itu, dinilai memiliki konotasi negatif. Bahkan Komnas Anak sampai turun tangan dan menyebut jika pengucapan kata Anjay bisa berujung ke penjara.

Awal Mula Kontroversi Kata Anjay

Kontroversi kata Anjay ini bermula dari sosok Youtuber Lutfi Agizal yang di kanalnya itu membahas mengenai penggunaan kata Anjay yang dianggap berkonotasi negatif. Lutfi membicarakan soal kata Anjay yang artinya merupakan kata plesetan atau serapan baru yang berasal dari kata Anjing.

Adapun mengapa Lutfi Agizal membahas kata Anjay itu setelah Rizky Billar dan Lesti Kejora mengucapkannya. Seperti yang sudah diketahui hubungan antara Lutfi Agizal dan Rizky Billar memang tidak baik. Sehingga dari situ Lutfi Agizal mengangkat kata Anjay yang dinilai banyak pihak sebagai cara untuk menyerang Rizky Billar.

Baca Juga : Pakai Kata ‘Anjay’ Bisa Dipidana, Nikita Mirzani dan Umay Buka Suara

“Wahai kaum Anjay skakmat kau! Bagaikan setan yang kepanasan melihat sebuah edukasi dari bahaya kata anjay,” tulis Lufti di akun Instagramnya.

Tidak sampai disitu, Lutfi Agizal yang merupakan pacar anak Iis Dahlia tersebut mengadukan penggunaan kata Anjay oleh salah seorang netizen di komentarnya itu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 

“Anak di bawah umur bisa ngomong gini gara-gara apa sih? Apa perlu saya kirimkan materinya ke KPAI dan Komnas Anak untuk mengkaji ini?” ungkap Lutfi di IG Story-nya.

Respon dari KPAI dan Komnas PA

Laporan dari Lutfi itupun mendapatkan tanggapan dari KPAI. Menurutnya laporan dari Lutfi soal penggunaan kata Anjay itu memang tidak relevan jika diucapkan oleh anak-anak. Apalagi jika kata itu digunakan menyangkut masalah amoral atau seksualitas. Namun pihaknya akan terlebih dahulu melakukan kajian untuk membahas masalah ini.

Sementara itu Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyebut ada unsur jeratan pidana dalam penggunaan kata anjay meski dilontarkan untuk sekedar candaan. Menurutnya alasan bisa dipidana adalah kata anjay bisa masuk dalam kategori perundungan atau bullying sehingga membuat orang lain merasa dirugikan.

Dicemooh dan Minta Maaf

Mendengar jika penggunaan kata anjay bisa dipidana, publik pun beramai-ramai menyindir dan menghujat Lutfi Agizal sebagai pihak yang melaporkan masalah itu ke Komnas PA dan KPAI. Sosial media pun ramai dan bahkan banyak selebriti serta tokoh terkenal dengan sengaja menuliskan kata anjay di akun mereka sebagai bentuk sindiran. Tak luput juga hujatan yang diarahkan ke Lutfi Agizal.

Tak hanya mendapat hujatan di sosial media, masalah ini juga menjalar ke kehidupan pribadi Lutfi. Adik dari pacar Lutfi yang juga anak dari pedangdut Iis Dahlia, Devano Danendra juga turut memberikan komentar terkait polemik kata anjay. 

Bahkan dengan terang-terangan dalam membalas komentar netizen, Devano menyebut dia tidak mau memiliki kakak ipar seperti Lutfi Agizal. Netizen pun mendukung pernyataan dari Devano itu.

Melihat kegaduhan yang ditimbulkan oleh tindakannya, pada akhirnya Lutfi pun meminta maaf ke publik. Dia tidak menyangka jika konten yang dia buat guna edukasi mengenai masalah kata anjay itu menyita begitu banyak perhatian. 

Lutfi memberikan klarifikasi bahwa konten yang dia buat itu semata-mata hanya untuk mendidik generasi bangsa agar terhindar dari bahaya kata-kata yang merusak atau menjadikan sebuah kebiasaan yang buruk. Dirinya tidak bermaksud memecah belah bangsa dengan tindakannya itu.

Baca Juga : Pamer Logo RANS di Pesawat Garuda Indonesia, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Viral

Anjay Merupakan Bahasa Sansekerta

Kata anjay yang sering digunakan oleh kaum muda saat ini, merupakan plesetan dari kata Anjing yang memiliki artian ungkapan kekesalan kepada orang lain. Namun tidak banyak yang tahu, jika sebenarnya kata Anjay berasal dari Bahasa Sansekerta. 

Arti Anjay dalam Bahasa Sansekerta pun sebenarnya juga sangat bagus, yang berarti “Tak Terkalahkan”. Oleh karenanya tidak sedikit juga orang tua yang kemudian memberi nama anaknya dengan kata Anjay yang berasal dari Bahasa Sansekerta itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here