Nadiem Makarim : Kembalilah Ke Tanah Air, Negara Butuh Anda

Nadiem Makarim Saat Pidato di Acara PPI
Nadiem Makarim Saat Pidato di Acara PPI

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan pidatonya saat acara Penutupan Simposium Internasional Online Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia 2020. Pidato Nadiem tersebut kemudian menjadi sorotan banyak pihak, karena permohonannya kepada para pelajar Indonesia yang menimba ilmu di negeri orang.

Nadiem Makarim memohon dengan tulus kepada para pelajar Indonesia yang sekolah di luar negeri, untuk bisa pulang kembali ke Tanah Air dan berkarya begitu studi mereka selesai. Permohonan itu cukup menarik perhatian, lantaran diucapkan oleh seorang Menteri Pendidikan.

“Mohon kembali ke Tanah Air, karena Indonesia membutuhkan anda,” pinta Nadiem.

Baca Juga : Jadi Sorotan, Puan Maharani Minta Sumbar Dukung Negara Pancasila

Menurut Nadiem, memang memilih untuk studi atau belajar di sekolah di luar negeri menjadi peluang bagi pelajar Indonesia untuk mendapatkan pendidikan, pengalaman, membangun jaringan serta mengenalkan budaya yang jauh lebih baik. 

Dirinya berharap para pelajar bisa memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan emas tersebut. Setelah mendapatkan pendidikan dan pengalaman itu, Nadiem memohon para pelajar untuk kembali dan berkarya di negeri sendiri untuk kemajuan bangsa. Pasalnya, bagi Nadiem dampak yang ditimbulkan akan sangat besar dan berpengaruh sekali.

Adapun alasan Nadiem memberikan harapan begitu tinggi kepada para pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri, karena melihat tren global yang mulai bergeser. Saat ini, dunia tidak lagi bergantung pada sumber daya alam seperti yang sudah menjadi paradigma selama ini. Namun, dunia lebih membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dan unggul. 

Bangsa-bangsa maju di seluruh dunia mulai menyadari jika kunci kemajuan bangsa kini terletak pada sumber daya manusia. 

Baca Juga : Timor Leste Disebut Ingin Kembali Bergabung Dengan Indonesia

“Kita saat ini perlu menyadari, bahwa tanpa adanya kerja cerdas, kita akan mengalami kesulitan untuk mengantarkan bangsa Indonesia menuju kemajuan itu,” tutur Nadiem. 

Nadiem pun juga membanggakan kiprah Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang mampu menjalankan dan menunjukkan tajinya sebagai perhimpunan terbesar pelajar yang ada di luar negeri. Dirinya pun berharap PPI akan terus konsisten dan semakin meningkatkan kontribusinya dalam berbagai bidang dan aspek guna kemajuan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here