7 Penyebab Asam Lambung yang Wajib Anda Ketahui Sejak Dini, Dicatat Ya!

penyebab asam lambung

Apakah anda pernah bermasalah dengan asam lambung? Tentu semua orang pernah bermasalah dengan asam lambungnya. Untuk itu perlu diketahui penyebab apa saja yang menyebabkan asam lambung naik sehingga dapat mencegah terjadinya asam lambung kronis. Ketika seseorang mengalami kenaikan pada asam lambungnya maka akan terasa sakit dan merasa tidak nyaman terutama untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Asam lambung adalah cairan yang dikeluarkan oleh lambung untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Cairan ini bersifat asam sehingga dapat melumatkan makanan dan juga dapat mengikis lapisan lambung itu sendiri, bila asam lambung diproduksi dalam jumlah yang besar.

Asam lambung bukanlah sebuah penyakit melainkan memiliki berfungsi dalam organ pencernaan dan sistem tubuh. Apabila asam lambung tidak ada maka sistem metabolism tubuh tidak akan berjalan dengan baik. Namun, asam lambung dapat menjadi berbahaya dan menimbulkan penyakit ketika diproduksi melebihi batas normal. Akibatnya asam lambung akan naik ke atas, yaitu ke kerongkongan (esofagus).

Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Untuk selanjutnya, penyakit asam lambung yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah GERD.

Penyebab Asam Lambung

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui faktor-faktor penyebab asam lambung naik. Langsung saja, beberapa penyebab asam lambung (GERD) dapat anda simak dibawah ini:

1. Waktu Makan yang Tidak Teratur

penyebab asam lambung naik

Salah satu penyebab utama meningkatnya asam lambung yaitu waktu makan yang tidak teratur seperti halnya lebih memilih mengkombinasikan sarapan dan makan siang sehingga lambung kosong dalam waktu yang cukup lama.

Telah menjadi rahasia umum bahwa apabila frekuensi makan tidak teratur maka akan berdampak pada naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada lambung.

Seseorang yang makan tidak teratur dapat berakibat pada gangguan sistem pencernaannya. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya jarak antara waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu jauh sehingga hal tersebut berdampak pada naiknya asam lambung. apabila anda pernah didiagnosis menderita sakit lambung maka jangan sekali-kali anda mengabaikan waktu makan karena akan berdampak fatal untuk kesehatan anda.

2. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

penyebab asam lambung tinggi

Salah satu faktor yang menjadi penyebab meningkatnya asam lambung yaitu kebiasaan mengkonsumsi rokok dan juga minuman beralkohol. Dua hal tersebut memang sangat rentan terhadap gangguan kesehatan terutama bagi mereka yang mengkonsumsinya dalam jumlah dan frekuensi yang tidak terbatas.

Alkohol dapat mengakibatkan efek yang sangat buruk bagi lambung yaitu menghentikan sistem kerja sel dalam lambung sehingga lambung tidak akan bisa menghasilkan asam lambung. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tidak adanya asam lambung didalam tubuh dapat mengakibatkan sistem metabolism tubuh tidak akan bekerja dengan baik.

Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung dikarenakan beberapa kandungan di dalamnya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mulai dari sekarang berhenti untuk mengkonsumsi rokok maupun alkohol agar kesehatan anda tetap terjaga.

3. Kehamilan

Kehamilan

Selain beberapa faktor yang telah di sebutkan di atas, ternyata kehamilan juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung. sebagian besar ibu hamil pernah atau bahkan kerap kali mengalami gejala penyakit asam lambung.

Gejala asam lambung kerap kali parah seiring dengan bertambahnya usai kehamilan. Penyebab utama ibu hamil kerap kali mengalami asam lambung yaitu terjadinya perubahan hormon selama kehamilan yang menjadikan sistem kerja pencernaan melambat.

Asam lambung akan tertekan dan naik ke esophagus atau kerongkongan seiring dengan membesarnya janin dan rahim. Oleh sebab itu, untuk para ibu hamil lebih baik untuk mengatur pola makanannya guna menunjang kesehatan ibu dan juga janinnya. Selain itu, ibu hamil juga perlu melakukan berbagai macam pencegahan asam lambung dikarenakan perubahan hormon yang kerap kali tidak terduga.

4. Produksi asam lambung melebihi batas normal

kenali penyebab asam lambung tinggi

Penyebab utama naiknya asam lambung yaitu produksi asam lambung yang melebihi batas normal. Produksi asam lambung yang melebihi batas normal baik karena stimulus makanan, stress, atau obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan asam lambung ikut naik kembali ke kerongkongan.

Naiknya asam lambung pada batas di atas normal dapat mengakibatkan terjadinya peradangan pada lambung yang berakibat timbulnya rasa nyeri. Tentu saja hal ini sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Kelebihan asam lambung atau yang istilah medisnya: hypochlorhydria adalah kondisi dimana meningkatnya asam lambung hingga menjadi lebih tinggi dari batas normal atau pH lebih rendah sehingga sekresi lambung menjadi lebih asam. Oleh sebab itu, sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi untuk tetap menjaga kondisi asam lambung agar tetap dalam kondisi yang normal.

5. Keterlambatan pengosongan lambung

Keterlambatan pengosongan lambung

Salah satu hal yang dapat mengakibatkan naiknya asam lambung yaitu terjadinya keterlambatan dalam pengosongan lambung. Keterlambatan pengosongan lambung dapat menyebabkan asam lambung lebih lama tertahan di dalam lambung dan tak jarang mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan karena tekanan di dalam lambung yang lebih besar dari pada kerongkongan.

Pada umumnya, lambung akan kosong pada saat 2 hingga 6 jam setelah makan. Namun, pengosongan lambung akan mengalami keterlambatan seiring dengan apa yang telah kita konsumsi sebelumnya. Apa yang telah kita konsumsi menjadi faktor utama cepat atau tidaknya makanan diserap oleh lambung. Adapun makanan seperti karbohidrat dapat menghabiskan waktu yang cepat untuk dicerna sedangkan untuk makanan yang lebih lama dicerna yaitu makanan yang banyak mengandung protein.

Selain itu, pengosongan lambung akan sangat terlambat apabila anda mengkonsumsi lemak dan dalam jumlah yang besar karena proses cernanya akan sangat lama. Oleh sebab itu, sebelum mengkonsumsi makanan terlebih dahulu pikirkanlah apa yang akan terjadi pada organ anda.

6. Obesitas

Obesitas

Seseorang yang dikategorikan obesitas memiliki dampak terjadinya penyakit komplikasi. Tidak hanya berpusat pada kelebihan berat badan, namun juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit lainnya, salah satunya yaitu dapat mengakibatkan seringnya asam lambung meningkat.

Biasanya orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan erat kaitannya dengan masalah lambung. Beberapa studi telah membuktikan bahwa pada orang-orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan memiliki kecenderungan lebih besar untuk menderita penyakit asam lambung. Kedua hal ini telah terbukti saling berkaitan satu sama lain.

Seseorang yang memiliki berat badan yang berlebihan maka memiliki tekanan yang lebih di dalam tubuhnya sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kondisi asam lambungnya. Selain itu, orang yang di diagnosis obesitas biasanya erat kaitannya dengan makanan yang mereka konsumsi. Pada umumnya bahwa orang dengan kelebihan berat badan memiliki pola makan yang kurang sehat dimana pola makan dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung seseorang.

7. Kelainan katup otot bawah kerongkongan (esophageal sphincter)

Salah satu penyebab naiknya asam lambung yaitu terdapat kelainan pada katup otot bawah kerongkongan. Pada bagian bawah kerongkongan terdapat otot sfingter yang berfungsi sebagai pembatas antara kerongkongan dan lambung agar makanan yang sudah ada di lambung tidak kembali masuk ke dalam kerongkongan. Kelainan pada otot ini dapat menyebabkan makanan dan asam lambung dapat kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan esofagitis (peradangan pada kerongkongan).

Naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan disebut refluks asam (Refluks Gastroesofageal). Hal tersebut dapat berakibat rasa nyeri, peradangan hingga kerusakan pada tenggorokan. Adapun tingkat kejadian peradangan lambung tergantung pada isi dan volume lambung dalam kerongkongan serta kemampuan untuk mengeluarkan cairan dari kerongkongan.

Peradangan pada kerongkongan dapat berakibat sulitnya dalam menelan karena akan terasa sakit, tentu saja hal ini sangatlah mengganggu dan membuat penderitanya tidak nyaman. Oleh sebab itu, hindari untuk mengkonsumsi kopi, alkohol, serta makan-makanan yang dapat mengakibatkan naiknya asam lambung.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab apa saja yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Dari penjelasan mengenai penyebab asam lambung diatas diharapkan bahwa anda mulai untuk memperhatikan kesehatan anda dan mulai peduli seberapa pentingnya untuk tetap menjaga kesehatan. Selain itu, anda juga mulai untuk tidak lagi menyepelekan berbagai hal kecil yang dapat berdampak besar terhadap beberapa organ tubuh anda.

Pada umumnya, semua penyakit yang pernah menyerang tubuh diakibatkan oleh kebiasaan dan perilaku diri sendiri. Oleh sebab itu, apabila anda ingin tetap sehat dalam menjalani kehidupan anda maka sebaiknya mulailah dari diri sendiri. Pada beberapa orang seringkali mengabaikan kesehatannya dengan berbagai alasan sehingga di kemudian hari mereka akan mulai menyesal dengan perbuatan mereka sebelumnya.

loading...