10 Penyebab Jerawat Ini Wajib Anda Ketahui Agar Terbebas dari Jerawat

penyebab jerawat yang wajib diketahui

Wajah adalah salah satu unsur penting dalam menunjang penampilan seseorang. Memiliki wajah indah dan bersih merupakan impian setiap manusia, namun bagaimana jika wajah terdapat jerawat ? JERAWAT. Hanya satu kata namun mampu membuat kepercayaan diri seseorang menurun drastis. Ada beberapa orang yang malu dan merasa tidak ingin tampil di depan publik ketika sedang berjerawat, terutama untuk para kaum hawa yang sangat sensitif dengan penampilan.

Jerawat dalam bahasa medis disebut akne. Salah satu penyakit kulit yang biasanya menyerang remaja dan dewasa muda. Hampir seluruh populasi di dunia pernah menjadi penderita jerawat. Angka kejadian jerawat yaitu 85% dan yang terbanyak berada pada usia muda, umumnya pada usia 14-17 tahun untuk perempuan dan usia 16-19 tahun pada laki-laki.

So, bagi anda yang ingin tampil tanpa jerawat dan memiliki kulit wajah yang indah sebaiknya mengetahui penyebab timbulnya jerawat sehingga bisa mengatasinya dan lebih percaya diri.

Penyebab jerawat

6 penyebab jerawat

1. Masa Pubertas

Ketika seseorang berada dalam masa pubertas maka tubuh akan mengalami banyak perubahan hormon terutama hormon seksual yang mulai bekerja secara aktif sehingga menstimulasi kelenjar minyak dan mempengaruhi penebalan kulit diseluruh tubuh.

Remaja yang berada pada masa pubertas sangat rentan dengan jerawat. Usia remaja pastilah sangat aktif dalam beraktivitas sehingga menyebabkan produksi miyak berlebih pada kulit wajah dan apabila tidak dirawat maka akan menimbulkan jerawat. Pada masa pubertas, seorang remaja sebaiknya lebih memperhatikan kebersihan wajahnya.

2. Faktor Genetik

Penyebab Jerawat
Image: ExtremeTech

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sejarah keluarga dapat menyumbang kemungkinan seseorang menderita jerawat. Apabila salah satu keluarga anda baik itu ibu, ayah, nenek maupun kakek anda ketika masih muda merupakan penderita jerawat maka tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat anda merupakan hasil keturunan genetik keluarga anda.

3. Kurang Tidur

Seseorang yang memiliki jam tidur yang kurang secara tidak langsung dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kurang tidur akan mengakibatkan peningkatan sitokin inflamasi yang berakibat meningkatkan kecenderungan terjadinya peradangan pada kulit. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan meningkatnya kadar insulin sehingga memaksa tubuh untuk memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Hal ini menyebabkan meningkatmya produksi komedo yang berakibat pada jerawat.

Kurang tidur tidak hanya memperikan dampak pada timbulnya jerawat saja. Menurut European Heart Journal bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur 48% akan berisiko pada penyakit jantung koroner dalam waktu 7 hingga 25 tahun dan dalam jangka waktu yang sama dapat menyebabkan serangan stroke sampai meninggal sebesar 15%.

Untuk itu, diperlukan waktu istirahat yang cukup untuk menunjang kesehatan. Bagi orang dewasa setidaknya perlu tidur selama 8 jam untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Proses metabolisme tubuh bekerja pada saat kita tidur sehingga memberikan energi pada saat bangun.

4. Bakteri

bakteri di ponsel
Image: Kafanews

Salah satu faktor utama penyebab jerawat yaitu bakteri, dimana bakteri yang ada dikulit akan berkembang biak di dalam kelenjar sehingga menghasilkan zat-zat yang membuat kulit iritasi. Kelenjar tersebut akan merus membengkak kemudian menyebar dan menyebakan peradangan. Hal inilah yang penjadi penyebab timbulnya jerawat batu.

Pada zaman modern ini, peralatan elektronik semakin canggih dan semua orang pasti telah memiliki telpon genggam atau handphone. Hampir setiap hari semua orang menggunakan telpon genggamnya baik hanya sekedar berselancar di sosial media atau menelpon. Banyak orang yang tidak menyadari betapa banyaknya bakteri yang ada disana.

Permukaan telpon genggam dapat menjadi media bakteri berkembang biak dengan baik, oleh karena itu usahakan membersihkan permukaan telpon genggam secara rutin dan jangan menempelkannya di pipi ketika sedang menerima telpon.

Selain itu, apabila sudah terlanjut timbul jerawat diwajah maka sebaiknya tidak diganggu atau dipegang secara terus menerus. Mengapa demikian? Karena tangan atau jari yang kita gunakan untuk memegang jerawat adalah salah satu sumber bakteri paling banyak. Otomatis terjadi perpindahan bakteri dari tangan ke wajah anda. Tidak hanya itu, jangan sekali-kali memencet jerawat dengan tujuan agar mengecil karena perilaku tersebut dapat memperparah kondisinya dan menyebabkan bekas luka dan meninggalkan bekas jerawat berwarna hitam.

5. Kosmetik

Menurut suatu penelitian bahwa penggunaan kosmetik merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Penggunaan kosmetik menjadi faktor risiko signifikan yang berhubungan dengan timbulnya jerawat di wajah, terutama bagi seseorang yang sering mengganti produk kosmetik.

Sebuah teori menyebutkan bahwa pelembab dan alas bedak merupakan faktor terbesar dalam timbulnya jerawat dikarenakan campuran bahan bersifat komedogenik. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak sesering mungkin mengganti produk kosmetik dan yang paling penting yaitu membasuh wajah setelah selesai menggunakan makeup untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, tidak menggunakan kosmetik saat tidur karena perilaku kebersihan diri dapat mengurangi jerawat

6. Faktor Makanan dan Minuman

Penyebab Jerawat
Image: MaltaToday.com.mt

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa makanan yang paling berpengaruh terhadap timbulnya jerawat yaitu berasal dari kacang-kacangan, gorengan, cokelat, susu, seafood.

Walaupun demikian, saat ini belum ada bukti secara akurat yang menyatakan bahwa makanan menajdi salah satu faktor timbulnya jerawat. Namun, makanan dapat mempengaruhi metabolism tubuh sehingga kelenjar pilosebase akan aktif dan menghasilkan komedo yang menjadi bibit munculnya jerawat.

7. Faktor Hormon

Salah satu penyebab timbulnya jerawat yaitu perubahan hormon seseorang. Hormon androgen akan merangsang kelenjar minyak di kulit sehingga menyebabkan produksi minyak di kulit secara berlebihan. Banyaknya produksi kelenjar minyak akan menyebabkan tersumbatnya folifekal dan pori-pori kulit yang kemudian dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat.

8. Stress

stress
Image: Smithsonian Magazine

Terdapat korelasi atau hubungan antara stress dengan timbulnya jerawat. National Institute Of Health America menyebutkan bahwa stress merupakan faktor penyebab jerawat, selain itu studi di Singapura pun menyatakan demikian. Kecemasan yang berlebih akan berdampak pada stress sehingga penderita akan memanipulasi jerawat secara mekanis sehingga terjadi kerusakan pada dinding folifekal dan timbul peradangan kemudian menjadi jerawat.

Semakin tinggi stress yang dialami maka kemungkinan untuk timbulnya jerawat pun semakin besar. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih mengontrol emosi anda dan lebih rileks lagi sehingga dapat mencegah timbulnya stress. Selain itu, cobalah melakukan hal-hal yang anda sukai seperti halnya melakukan perjalanan atau rekreasi dan lain-lain sehingga dapat meningkatkan mood anda menjadi lebih baik serta terhindar dari stress.

9. Kecanduan Merokok

Seseorang mulai merasa kecanduan merokok dimulai saat memasuki usia remaja dimana tubuh sedang mengalami banyak perubahan, salah satunya yaitu hormon yang dapat membuat ruam pada kulit. Nah, apakah merokok dapat menyebabkan jerawat ? kebanyakan perokok tidak menyadari hal tersebut. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asap rokok tidak hanya membuat kulit wajah mengerut tapi juga dapat menimbulkan jerawat.

Kandungan nikotin pada rokok dapat memperburuk keadaan kulit sehingga sulit untuk mendapatkan kulit yang indah. Nikotin menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga menggangu dan kulit tidak mendapatkan nutrisi serta memperlambat proses regenerasi sel.

Kecanduan merokok tidak hanya bersampak pada timbulnya jerawat namun juga dapat menjadi faktor risiko timbulnya penyakit kronis lainnya. Untuk itu, sangat disarankan untuk berhenti merokok mengingat efek yang ditimbulkannya. Namun, seseorang yang sudah terlanjur kecanduan cobalah berhenti secara perlahan dengan hanya mengkonsumsi 1-2 rokok perhari atau mengganti rokok dengan permen yang nantinya dari perilaku tersebut diharapkan menjadi jembatan untuk berhenti merokok.

10. Efek Samping Obat-obatan

obat-obatan
Image: DTS Spring Field

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping yang tidak terduga seperti timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat penghilang jerawat sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai obat tersebut atau pergi ke dokter dan mendapatkan resep dari dokter. Dengan demikian, anda akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terhindar dari efek samping obat-obatan yang anda konsumsi.

Baca juga: cara ampuh menghilangkan jerawat

Ada Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya jerawat di wajah, silahkan disimak :

1. Basuh wajah setelah beraktivitas

Membasuh wajah setiap selesai melakukan aktivitas dengan tujuan agar wajah bersih dan terhindar dari jerawat. Membasuh wajah tidak selalunya harus menggunakan facewash, cukup dengan membasuh muka menggunakan air bersih dan keringkan menggunkan handuk bersih atau dibiarkan mongering dengan sendirinya.

2. Rajin mengkonsumsi air putih

Air putih sangat berperan dalam mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk memberikan nutrisi ke kulit sehingga terhidar dari dehidrasi, mencerahkan kulit serta meningkatkan elastisitas pada kulit.

3. Gunakan perlindungan wajah dari paparan cahaya

Bagi seseorang yang sering beraktivitas dibawah sinar matahari sebaiknya menggunakan sun protection minimal dengan 10 SPV. Namun, Sun Protection tidak hanya untuk orang orang yang beraktivitas dibawah sinar matahari karena faktanya bahwa diruang tertutup pun sinar-sinar ultraviolet tetap ada dan menimbulkan kelainan pada kulit wajah.

4. Hindari gonta-ganti kosmetik

Bagi seorang wanita, make-up adalah hal yang penting guna menunjang penampilan. Saat ini, sangat banyak berbagai pilihan kosmetik yang diperjual belikan sehingga menjadi salah satu faktor wanita menggonta-ganti kosmetiknya tanpa mengetahui seberapa besar pengaruh kosmetik terhadap timbulnya jerawat.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak terlalu sering mengganti kosmetik dan tidak menggunakan kosmetik selama seharian penuh. Jangan lupa membersihkan wajah anda setelah selesai menggunakan kosmetik untuk menghindari reaksi-reaksi kimia dari kosmetik yang anda gunakan.

5. Gunakan masker wajah

Ada beberapa masker alami maupun produk masker yang dijual di pasaran yang dapat di gunakan untuk membuat wajah lebih segar dan terhindar dari jerawat. Namun bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang yang lebih, ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan seperti putih telur, campuran kopi dan susu, mentimun, kunyit dan masih banyak lagi.

6. Bersihkan wajah sebelum tidur

Hal ini penting dilakukan karena pada saat kita tidur maka kulit akan melakukan regenerasi sel. Apabila wajah kita kotor maka proses regenerasi sel akan terhambat. Setelah selesai membersihkan wajah, sebaiknya menggunakan cleanser dan toner sehingga sisa-sisa kotoran diwajah benar-benar bersih.

Walaupun jerawat bukanlah suatu hal yang berbahaya, namun patut diwaspadai dan tidak boleh di sepelakan. Sebaiknya anda tetap menjaga kebersihan wajah anda, selain itu hindari hal-hal yang dapat membuat timbulnya jerawat. Dengan mengenali bebragai penyebab jerawat, maka dengan demikian anda tidak perlu khawatir merasa tidak percaya diri.

loading...