5 Peralatan Presentasi yang Perlu Kamu Kuasai dan Wajib Diketahui

Seperti yang kamu ketahui presentasi merupakan salah satu kegiatan terpenting dalam menyampaikan sebuah informasi untuk berkomunikasi bisnis di era global ini.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang sering melakukan presentasi diwajibkan untuk mengetahui beberapa peralatan penting ketika presentasi. Apa sajakah itu? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan artikel tentang beberapa alat yang diperlukan untuk presentasi yang wajib kamu ketahui. Yuk, simak baik-baik ulasan dari kami berikut ini!

1. Komputer

Komputer

Sumber : eksplorasi.id

Komputer merupakan salah satu alat yang dapat menyimpan file untuk disampaikan ketika presentasi. Tanpa adanya komputer kamu tidak akan dapat menyampaikan informasi dan tidak bisa membuat presentasi lebih efektif serta menarik dengan slide yang ditampilkan.

Agar lebih optimal ketika berpresentasi kamu perlu melakukan pengaturan khusus pada komputer supaya tidak ada kendala apapun sehingga presentasi bisa berjalan dengan lancar. Screen saver, power always on, online notification dan presenter view merupakan beberapa pengaturan yang perlu kamu optimalkan sebelum melakukan presentasi. Selain komputer kamu juga bisa menggunakan laptop, notebook atau netbook untuk presentasi kerja.

2. LCD proyektor

LCD Proyektor

Sumber : Shopee

Selain komputer, LCD proyektor merupakan salah satu alat presentasi terpenting yang perlu disiapkan. LCD proyektor ini bisa menampilkan slide dari komputer ke media yang berwarna putih dan bisa dilihat dengan jelas oleh para audiens.

Sebagai seorang presenter kamu tidak bisa menggunakan LCD proyektor ini dengan asal-asalan, karena hal ini berpengaruh pada penilaian dari audiens. Untuk itu, kamu perlu mengetahui kualitas proyektor yang akan digunakan presentasi agar gambar yang ditampilkan akan terlihat bagus sehingga tampilan menjadi jernih. Selain itu, hal ini juga akan memberikan kenyamanan kepada para audiens.

3. Remote Untuk Presenter atau Laser Pointer

Remote Untuk Presenter atau Laser Pointer

Sumber : adorama.com

Dengan menggunakan remote presenter atau laser pointer ini kamu akan memiliki penampilan yang berkesan lebih berkelas. Kamu bisa mengontrol penuh ketika ingin melakukan perpindahan slide saat presentasi. Selain itu dengan remote presenter ini kamu bisa bebas berjalan-jalan atau bergerak. Oleh sebab itulah, kamu juga perlu untuk mempelajari penggunaan laser pointer ini atau biasa yang disebut dengan remote presenter.

4. Mikrofon

Mikrofon

Sumber : elektonindo.com

Mikrofon merupakan peralatan presentasi dengan fungsi yang dapat membantu untuk menyampaikan informasi ketika presentasi. Biasanya mikrofon sering digunakan ketika para presenter sedang melakukan presentasi di ruangan yang besar serta jumlah audiensnya yang banyak. Kamu juga perlu mengetahui cara penggunaan mikrofon dengan baik meskipun caranya sederhana. Untuk mendukung keberhasilan kita ketika berpresentasi menggunakan mikrofon akan lebih efektif.

Mikrofon dibagi menjadi 2 jenis yang wajib kamu ketahui. Yang pertama mikrofon yang dapat dikaitkan entah itu di dasi atau kerah kemeja yang disebut dengan lavailer microphone. Kedua ada mikrofon yang biasa dan paling sering digunakan yakni, dipegang dengan tangan.

5. Papan tulis

Papan tulis

Sumber : papantulis.id

Alat presentasi yang satu ini memang sudah jarang digunakan, namun tidak ada salahnya bukan jika kita menyediakan papan tulis untuk mendukung presentasi supaya berjalan dengan sukses. Kamu bisa menggunakan papan tulis ketika kesulitan dalam menyampaikan suatu hal dan sulit menggambarkannya. Hal ini akan mempermudah dan memperjelas beberapa informasi yang dapat disampaikan oleh presenter.

Itulah beberapa peralatan yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan presentasi agar kamu bisa menguasainya dengan baik. Karena kami yakin ketika kamu sudah menguasai peralatan diatas maka presentasinya akan berjalan dengan lancar dan sukses!

loading...