10+ Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru 2022)

Novel, menjadi salah satu karya yang digemari oleh kebanyakan orang apalagi genrenya romantis. Tidak hanya orang introvert, tapi ekstrovert dan ambivert berlomba-lomba dalam membacanya di berbagai platform. Untuk itu, kita perlu tahu rekomendasi novel romantis terbaik agar tidak bosan.

Novel romantis identik dengan kemesraan dan keharu biruan dari tokoh di dalam cerita, membuat tipe melankolis dan romantis ini cocok untuk membacanya. Karakter lain juga bisa membaca ini, mengingat bacaan untuk umum juga

Daftar Rekomendasi Novel Romantis Terbaik

Berikut ini 10 rekomendasi novel romantis yang baik untuk dibaca, diantaranya:

1. Himpunan Himpunan

Himpunan Himpunan

Penulis dan judul novelnya juga sama, yaitu Himpunan. Dengan kisah yang diusung lebih ke cerita romantis pengurus himpunan di kampus, jadi bisa untuk mengenang masa lalu, atau kuliah. Kisah ini diangkat dari platform Wattpad.

Dengan menceritakan seorang mahasiswa bernama Dimas, yang aktif dalam himpunan karena ketua himpunan kampus di periode baru. Ia masih ragu dalam menentukan pendamping (wakil himpunan-nya), sehingga dengan pertimbangan cukup panjang akhirnya memilih Naya. Harga mulai 119 ribu-an.

2. Esti Kinasih Fairish

Novel Romantis Terbaik Esti Kinasih Fairish

Novel ini ditulis oleh Winna Efendi, seorang penulis yang terkenal dengan genre teenlit dan metropop-nya. Winna Efendi sebelumnya pernah jadi jurnalis di berbagai media, mulai dari situs hingga majalah Lifes. Cerita novel ini membawakan perjalanan cinta yang tidak ketinggalan jaman.

Karena remaja, jadinya bisa dibawakan dengan luwes. Dalam novel ini, tokoh utamanya bernama Fairish yang hidup sederhana, dan dipertemukan Davi, cowok cuek yang meminta ia untuk pura-pura jadi kekasihnya. Tetapi, muncul si Alfa yang suka Fairish, dan itu problema bagi mereka. Harga 102 ribu-an.

3. Ika Natassa The Architecture Of Love

Ika Natassa The Architecture Of Love

Novel ini diciptakan oleh Ika Natassa dengan tema novel yang berbobot, kehidupan masa lalu yang pahit antara 2 orang manusia.

Novel romantis ini bisa membawa perasaan pembaca untuk mengalaminya. Judul novel ini juga dilagukan. Bisa dibilang, dua orang yang dikisahhkan sama-sama terluka di masa lalu.

Ada Raia dan River yang siap memberikan kejutan dalam setiap kisahnya. Kedua tokoh dalam cerita ini dipertemukan di New York, dengan kota yang memunculkan kebahagiaan mereka berdua. Kemistri keduanya, tidak terbendung juga. Harga 72 ribu-an.

4. Sophie Kinsella Surprise Me

Sophie Kinsella Surprise Me

Novel ini, ditulis oleh Sophie Kinsella, dengan genre teenlit dan dewasa dengan novel yang dikemas secara manis, mampu membuat pembaca membaca ulang ceritanya. Kisah ini lebih menyuguhkan hal berbobot dan dewasa karena kita akan diingatkan tentang komitmen pernikahan.

Diceritakan, Sylvie dan Dan sudah menikah terhitung sepuluh tahun. Tetapi yang disayangkan, mereka tidak tahu hakikat cinta sesungguhnya. Mereka baru tahu bahwa menikah itu untuk waktu lama bukan sebentar. Dan novel yang paling bagus untuk dibaca ini dibandrol murah, hanya 87 rbu-an.

5. Ika Natassa Antologi Rasa

Rekomendasi Novel Romantis Terbaik

Di novel ini, ditulis oleh Ika Natassa seorang penulis best seller yang ahli dalam membuat genre romantis. Cinta dalam novel ini dibilang rumit, karena mengusung tema jatuh cinta pada sahabat sendiri. Akhir cerita juga diceritakan secara indah, mengingat cinta yang terjalin di 3 sahabat.

Alur cerita sama seperti novel roman lainnya yang judulnya sama, tetapi pembeda adalah konflik-konflik yang dihadirkan didalamnya sehingga membuat pembaca merasakan emosinya, terkuras. Novel ini kemudian diadaptasi ke film layar lebar dan dibandrol harganya mulai dari 73 ribu-an.

6. Karya Tere Liye – Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah

Karya Tere Liye - Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah

Karya Tere Liye ini banyak pembacanya, dengan genre yang banyak dicari pembaca tanpa bosan untuk dibaca ulang-ulang.

Dikisahkan dalam novel ini, ada seorang gadis yang dicari Borno karena angpau merahnya. Maksudnya adalah Borno seorang pengemudi supir yang menemukan angpau tersebut.

Ditemukan di bangku depan dan itulah hal yang mengawali cintanya dengan gadis si angpau itu. Namanya, Mei, anggap saja sebagai gadis misterius, dan perjalanan cinta mereka tidak mulus, perlu rintangan dan perjuangan. Harganya dimulai dari 93 ribu-an.

7. Soraya Nasution Progresnya Berapa Persen?

Novel Romantis Terbaik Soraya Nasution Progresnya Berapa Persen?

Bagi yang suka novel romantis tapi ada humornya, karya dari Soraya Nasution bisa dipilih. Bercerita tentang seorang bos yang sedang jatuh cinta dengan anak buahnya dengan office romance-nya menjadi balutan lokasi dalam tulisan ini.

Memang dari maksud cerita mainstream, tapi yang membedakan adalah ada racikan humornya yang tidak membuat bosan para pembacanya. Setiap percakapan yang ada, pasti ada terselip humor yang menggebu-gebu. Harga mulai dari 88 ribu-an.

8. Karya Winna Efendi – All That is Lost Between Us

Karya Winna Efendi - All That is Lost Between Us

Novel karya Winna Efendi ini bisa jadi rekomendasi novel romantis terbaik, yang bisa dibaca. Novel yang diceritakan lebih ke bagaimana seseorang bisa menerima (ikhlas) kemudian memaafkan masa lalu. Dengan masa lalu yang buruk, setidaknya memunculkan bekas luka yang masih ada.

Diceritakan Bee dan Bas yang sudah berpisah dengan cara yang tidak baik-baik saja, kemudian dipertemukan kembali setelah 10 tahun bercerai. Mereka dihadapkan pada dua pilihan, apakah harus mengubur masa lalu atau kembali memberikan kesempatan kedua?. Simak yah di harga mulai 64 ribu-an.

9. Fiersa Besari Catatan Juang

Fiersa Besari Catatan Juang

Novel ini cukup menarik untuk para pembaca, apalagi pembuatnya adalah Fiersa Besari, dengan judul Catatan Juang. Kisah ini lebih ke inti-intinya saja, sehingga membuat oranng tidak bosan saat membacanya.

Diksi dalam novel ini cukup berkelas, dengan bahasa Indonesia yang baik, setidaknya memiliki makna yang kuat. Terdapat kalimat-kalimat cinta yang manis, yang siap untuk dijadikan quote sehari-hari. Harga yang dibandrol dari buku ini mulai 74 ribu-an.

10. Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk

Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk

Karya dari Ahmad Tohari ini lebih mengisahkan tentang kisah cinta yang dibalut isu politik dan kemanusiaan. Cocok untuk cerita-cerita yang banyak alibinya. Terbit pertama pada tahun 1982, kemudian dicetak ulang sampai sekarang dengan berbagai bahasa. Jadi memang populer sekali.

Novel ini juga dijadikan film dengan piala penghargaan yang mengikutinya yaitu Piala Citra dengan judul Sang Penari. Kisah diceritakan seorang penari ronggeng, Srintil dan Rasus yang sudah berteman lama sejak kecil dan kehidupan mereka saat gejolak politik ada. Harga mulai dari 70 ribu-an.

Tips Memilih Novel Romantis

Adapun tips-tips yang bisa dicoba, dalam memilih novel romantis, diantaranya:

1. Tentukan Judul dan Alur Cerita yang Cocok dengan Hati

Sebagai pembaca, setidaknya kita perlu tahu, kebutuhan mata kita saat membaca. Ingin judul apa di genre romantis?, mempengaruhi mood kita dalam membaca. Saat kita enak membaca, maka alur cerita sampai habis akan dibaca.

2. Cari Novel Teenlit jika Suka Hal-hal yang Berbau Remaja

Bagi remaja atau yang masih ingin remaja, bisa nostalgia dengan membaca novel-novel romantis yang bergaya teenlit atau genrenya seperti itu. Walaupun memang ditujukan untuk remaja, pada akhirnya tergantung pembaca maunya bagaimana.

3. Cari Genre Romantis, dengan Gaya Bahasa yang Diinginkan

Ada novel romantis tapi kaku dalam menyajikan bahasa. Setidaknya, pembaca mau yang mana, itu pilihannya. Jangan sampai terlajur beli tapi tidak cocok bahasanya. Sehingga kita bosan untuk membacanya dan tidak mau lagi. Yang ada kalau selesai, ingin dibaca cepat, sudah itu saja.

4. Pilih Pengarang atau Penerbit yang selalu Karya-karyanya Best Seller

Dengan begitu, kita tidak akan ketinggalan dengan produk-produk terbaru yang alur ceritanyua lebih berbobot dan menyenangkan, apalagi romantis. Setidaknya, genre ini banyak penggemarnya, mengingat ringan, tapi mengena di hati.

Itulah penjelasan mengenai 10 rekomendasi novel romantis terbaik yang bisa dibaca di rumah. Selamat menemukan novel pilihan!.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini