10+ Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik dan Paling Manjur (Terbaru 2022)

Sariawan memang cukup menganggu aktivitas kamu sehari-hari. Adanya sariawan bisa menyulitkan kamu untuk makan, minum, ataupun berbicara.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya sariawan. Tanpa kamu sadari, dengan mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak saja bisa menyebabkan timbulnya sariawan.

Oleh karena itu, rekomendasi obat sariawan saat ini telah menjadi salah satu informasi yang sangat bermanfaat. Terutama untuk kamu yang sering mengalami permasalahan sariawan ini.

10 Daftar Obat Sariawan Terbaik & Paling Manjur

Sariawan merupakan penyakit umum yang bisa diderita oleh siapa saja. Apabila kekebalan tubuh kamu sedang menurun, maka sangat rentan sekali terkenal sariawan. Obat sariawan saat ini bisa mengobati sekaligus mencegah timbulnya sariawan di mulut dan gigi.

1. Enkasari

Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik

Enkasari adalah obat berbentuk cair yang dapat mengobati sariawan. Obat kumur ini mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak daun saga, ekstrak akar kayu manis, ekstrak daun sirih dan mentol untuk membantu mengatasi sariawan dan bau mulut.

Ekstrak daun saga dan daun sirih bersifat bakterisida untuk membunuh bakteri, ekstrak akar kayu manis menutupi bau mulut, dan mentol memberikan efek pendinginan yang menyegarkan pada mulut Anda.

Perpaduan bahan herbal dan alami ini diduga dapat membantu mengatasi sariawan, bau mulut dan penyakit mulut lainnya. Selain itu, obat ini cocok untuk orang-orang dari berbagai usia, termasuk anak-anak, orang dewasa, termasuk ibu hamil.

2. Aloclair Plus Gel

Aloclair Plus Gel

Alocair Plus Gel adalah salah satu obat sariawan yang dapat kamu pilih karena cocok untuk anak-anak dan bayi. Obat sariawan ini mengandung lidah buaya sebagai bahan utamanya. Di mana memberikan efek soothing pada sariawan.

Kamu juga tidak perlu khawatir, karena obat ini aman bila tertelan. Rasanya juga sangat manis, dan anak-anak sangat menyukainya.

Selain mengandung lidah buaya, obat ini juga kaya akan ekstrak kayu manis yang dapat menyembuhkan jaringan luka. Kamu bisa memberikan obat sariawan ini kepada anak sampai sariawannya sembuh. Tidak hanya itu, obat ini juga tidak menyengat dan bebas alkohol.

3. Cooling 5 Cool Mint

Obat Sariawan Terbaik Cooling 5 Cool Mint

Cooing 5 Mint merupakan sariawan yang bekerja langsung pada sasaran karena kamu tinggal menyemprotkannya pada area mulut yang terkena sariawan. Obat ini dibuat oleh Novell Pharmaceutical Lab yang tersedia dalam rasa cherry, cool mint, dan cappuccino.

Cooling 5 Mint mengandung hingga 1,4% phenol-christal, yang juga merupakan antiseptic. Kandungan ini membantu meredakan sariawan, sakit tenggorokan, dan membasmi bakteri penyebab sakit tenggorokan, bau mulut, iritasi ringan pada mulut, tenggorokan, serta bibir.

Sedangkan untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyemprotkan obat ini sebanyak 2-3 kali (bisa diulang setiap 3 jam sampai gejala mereda).

4. GOM

GOM

Salah satu sariawan di lidah yang bisa kamu gunakan adalah GOM. Obat ini dianggap sangat efektif dalam mengobati sariawan dan mengurangi rasa sakit. Obat ini mengandung borax glycerin yang bertindak sebagai desinfektan pada mulut, mengurangi rasa sakit, dan membunuh bakteri penyebab sariawan.

GOM juga digunakan sebagai antiseptik oles untuk membantu mengobati penyakit gusi ringan, bau mulut, eksim, luka bisul dan jamur kaki.

Boraks seperti yang biasa kita ketahui adalah pengawet, tetapi GOM tidak. Obat ini aman digunakan dan dapat digunakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Cara penggunaannya juga mudah, yaitu mengoleskan obat ini pada bagian mulut yang terkena sariawan. Namun, pastikan Anda tidak menelan obat ini.

5. Efisol Lozenges

Efisol Lozenges

Efisol Lozenges adalah obat sariawan pada gusi yang sangat efektif mengatasi peradangan. Dibandingkan dengan sariawan pada umumnya, produk ini berbentuk tablet yang mudah dimakan hanya dengan dihisap.

Produk ini kaya akan dequalinium chloride dan asam askorbat atau lebih dikenal dengan vitamin C. Selain bisa mengobati sariawan akut, obat ini juga bisa membantu melegakan mulut, gusi, lidah, tenggorokan, dan amandel.

6. Medijel Gel

Obat Sariawan Terbaik Medijel Gel

Medijel Gel adalah obat sariawan yang saat ini diklaim ampuh mengobati berbagai masalah kesehatan mulut seperti iritasi kawat gigi, gusi bengkak, termasuk sariawan.

Obat buatan inggris ini mengandung dua bahan aktif, Lidocaine Hydrochloride dan Aminoacridine Hydrochloride.

Lidocaine Hydrochloride termasuk dalam kelompok obat yang disebut anestesi lokal yang bekerja dengan memblokir sementara jalur sinyal rasa sakit di sepanjang saraf sehingga menyebabkan mati rasa dan mengurangi rasa sakit di daerah di mana luka berada.

Sedangkan Aminoacridine Hydrochloride merupakan antiseptik ringan yang membunuh bakteri penyebab kerusakan pada mulut.

Cara menggunakan obat ini juga mudah. Sebagai obat oles sariawan, Medijel Gel dapat dioleskan langsung pada luka dengan jari atau kapas. Gunakan kembali gel setelah 20 menit.

7. Osari

Osari

Jika kamu menginginkan obat sariawan herbal yang dibuat dengan bahan yang aman, maka obat sariawan Osari adalah salah satu pilihan yang tepat.

ProdukĀ  ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti propolis, madu, dan ekstrak edamame yang efektif melawan bakteri dan virus penyebab sariawan dan sariawan.

Obat ini berbentuk cair, yang bisa Anda teteskan langsung pada luka atau sariawan. Cara pemakaiannya juga sangat sederhana, yaitu cukup dengan teteskan sekitar 1 sampai 2 tetes setiap 2 jam sekali, dan gunakan sampai luka atau sariawan benar-benar sembuh.

8. Tantum Verde Oral Rinse

Tantum Verde Oral Rinse

Tantum Verde Oral Rinse adalah obat kumur yang membantu mengobati sakit mulut dan tenggorokan seperti radang amandel, sakit tenggorokan, pasca pencabutan gigi dan penyakit periodontal.

Kandungan dalam Tantum Verde adalah Benzydamine, yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri di mulut penyebab bau mulut dan sakit tenggorokan.

Selain itu, obat ini dapat digunakan untuk mengobati masalah mulut lainnya seperti sariawan dan bibir pecah-pecah. Termasuk dalam kelompok over-the-counter terbatas, produk ini sangat mudah digunakan.

Cukup aduk 15ml cairan ke dalam mulut Anda selama 1 menit, 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil terbaik. Penggunaan obat ini juga bisa dilakukan setelah pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, dan operasi mulut.

9. Plester Sariawan Ulceloocin

Obat Sariawan Terbaru Plester Sariawan Ulceloocin

Tidak seperti obat sariawan lainnya, Ulceloocin menyediakan obat sariawan dalam bentuk plester. Obat ini mampu mengobati sariawan tanpa rasa perih.

Ini karena plester sariawan bertindak sebagai covering agent yang dapat menutupi sariawan dan membiarkannya sembuh dengan sendirinya. Plester ini juga cocok untuk anak-anak karena aman jika tidak sengaja tertelan.

10. Cheng Sie Lung Hau Fung San

Cheng Sie Lung Hau Fung San

Obat sariawan ini adalah obat sariawan yang diformulasikan berdasarkan pengobatan tradisional China.

Obat ini tersedia dalam bentuk bubuk dan sangat mudah digunakan karena hanya ditaburkan pada mulut yang sakit (sariawan) atau tenggorokan. Kamu bisa memberikan kepada sariawan 2-3 kali per jam.

Komposisi dalam obat ini sangat dipikirkan dengan baik karena kemampuannya yang mengatasi berbagai masalah di mulut, dari tenggorokan gatal, sariawan, hingga gusi bengkak.

Selain itu, harganya yang relatif murah, dan bisa dijadikan salah satu obat alternatif untuk sariawan di rumah.

Itulah 10 rekomendasi obat sariawan yang bisa kamu gunakan. Berbagai obat sariawan memiliki sifat dan kemampuan yang berbeda-beda bagi penyembuhan sariawan setiap orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini