10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru 2022)

Nyamuk menjadi masalah bagi sebagian masyarakat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk, salah satunya menggunakan tanaman pengusir nyamuk. Bagi kamu yang suka menanam, merawat tanaman pengusir nyamuk bisa menjadi solusinya.

Saat ini ada banyak jenis tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu gunakan. Beberapa diantaranya memang efektif untuk mengusir nyamuk. Ada 10 tanaman pengusir nyamuk terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang bisa kamu beli di marketplace Indonesia pilihan.

1. Tanaman Serai Wangi

Benih Herbal Lemon Balm

Rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang pertama adalah tanaman serai wangi. Tanaman yang satu ini sudah terkenal efektif soal mengusir nyamuk. Maka dari itu, tanaman serai wangi seringkali dijadikan sebagai bahan dasar dari lotion antinyamuk.

Tanaman serai wangi mampu beradaptasi dengan berbagai iklim dan jenis tanah sehingga sangat mudah untuk dirawat.

Bentuk tanaman ini panjang, bahkan dapat memanjang hingga kurang lebih 100 cm untuk tanaman dewasa. Kamu bisa menyimpan tanaman ini di depan rumah atau di tempat yang kamu inginkan untuk mengusir nyamuk.

2. Benih Herbal Lemon Balm

Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik

Selanjutnya rekomendasi tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu coba adalah benih herbal lemon balm. Tanaman yang satu ini bisa kamu taruh di post karena bentuknya yang cenderung kecil. Selain itu, tanaman yang satu ini juga terlihat cantik.

Sesuai dengan nama tanamannya, tanaman yang satu ini juga mampu menghasilkan aroma yang segar. Aroma yang segar inilah yang disukai oleh manusia namun sangat dibenci nyamuk.

Ukurannya bisa mencapai 70 hingga 140 cm untuk tanaman dewasa. Benih Herbal Lemon Balm ini cenderung mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang esktra. Kamu yang perlu rajin menyiram tanaman ini.

3. Tanaman Neem

Tanaman Neem

Selanjutnya, rekomendasi tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu coba adalah tanaman neem atau mimba.

Tanaman yang satu ini berasal dari India, di negara asalnya, Mimba dikenal sebagai “apotek desa” yang sering digunakan untuk bahan makanan dan obat-obatan tradisional.

Tanaman Neem atau Mimba juga dapat digunakan sebagai pestisida alami. Kamu bisa mengekstrasi daunnya menjadi spray untuk mengusir serangga.

Selain itu juga, tanaman yang satu ini bisa mengusir hama tanaman lain. Jadi, jika kamu memelihara banyak tanaman, kamu bisa memelihara tanaman neem untuk menjadi pengusir hama sekaligus pengusir nyamuk di rumahmu.

4. Pennyroyal Mint

Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik

Pennyroyal Mint adalah salah satu rekomendasi tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu coba tanam di rumah.

Tanaman yang satu ini memiliki warna yang cantik dan aroma yang membuat refreshing sebagai tanaman hias. Bukan hanya itu, dengan menanam tanaman ini, rumahmu akan terbebas dari nyamuk.

Tanaman dewasa dari Pennyroyal ini bisa mencapai 80 hingga 100 cm. Kamu bisa menanam tanaman yang satu ini di tempat yang kamu inginkan.

Pilihan lainnya, kamu juga bisa menyeduh ekstrak sarinya. Namun, kamu harus berhati-hati agar tidak menelan tanaman yang satu ini karena dapat membahayakan tubuh.

5. Bibit Tanaman Selasih

Bibit tanaman selasih

Bibit tanaman selasih adalah salah satu tanaman yang bisa kamu tanam untuk mengusir nyamuk. Cara menanamnya pun sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu menebarkan biji tanaman ini di tanah yang gembur dan siram setiap hari dan tidak butuh perawatan khusus lainnya.

Tanaman yang satu ini cocok dijadikan tanaman di halaman depan rumah. Ini akan membuat nyamuk tidak akan masuk ke rumah. Rumah kamu pun akan terbebas dari nyamuk dan tampak lebih hijau dan segar jika menanam tanaman bibit selasih di depan rumah.

6. Tanaman Citronella

Tanaman Citronella

Selanjutnya, rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik adalah tanaman citronella. Tanaman yang satu ini juga sangat cocok ditanam di tanah tropis.

Cara merawatnya pun sangat mudah, hanya dengan disiram dan diberi sinar matahari, tanaman yang satu ini akan tumbuh rimbun dalam waktu 2 minggu.

Aroma dari tanaman yang satu ini juga tergolong lembut dan sedikit masam, aroma inilah yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga efektif untuk mengusir nyamuk.

Simpanlah tanaman yang satu ini di dekat pintu masuk rumahmu sehingga akan menghalau nyamuk untuk masuk ke dalam rumah. Tanaman yang satu ini bisa ditanam di dalam pot, jika sudah dewasa ukurannya bisa mencapai 60 cm.

7. Tanaman Zodia

Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik

Selanjutnya, tanaman Zodia yang satu ini mampu mampu mengusir nyamuk sekaligus mengobati bekas gigitan nyamuk.

Tanaman yang satu ini seringkali digunakan oleh masyarakat Papua untuk mengusir nyamuk. Kamu bisa meletakkan tanaman yang satu ini di dalam ruangan agar terhindar dari nyamuk.

Kamu bisa menanam tanaman Zodia di dalam pot karena tanaman ini cenderung kecil dan tumbuh ke atas. Tanaman Zodia dewasa mampu tumbuh hingga 70 cm.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari mengobati bekas gigitan nyamuk, kamu hanya perlu menggosokkan tanaman ini ke bagian tubuh yang terkena bekas gigitan nyamuk.

8. Bibit Bunga Lavender

Bibit bunga Lavender

Tanaman lavender sudah tidak asing lagi di telinga kita, sebab tanaman yang satu ini biasanya digunakan sebagai bahan baku utama dari lotion antinyamuk. Aroma yang lembut dari bunga yang satu ini sangat efektif untuk mengusir nyamuk.

Keunggulan lainnya dari tanaman yang satu ini yaitu aroma yang tetap melekat meskipun sudah dikeringkan.

Jadi, selain menanam tanaman lavender, kamu juga bisa mengeringkan bunga lavender dan menggantungnya di kamar sehingga kamar kamu terbebas dari nyamuk sehingga membantu meningkatkan kualitas hidup kamu.

9. Bibit Bawang Putih

Bibit bawang putih

Selanjutnya, tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu gunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk adalah bibit bawang putih.

Kamu hanya perlu mengiris dan menaruhnya di wadah untuk disimpan di area rumah. Bibit bawang putih dewasa mampu tumbuh hingga 40 cm.

Tanaman yang satu ini sangat mudah ditanam karena bisa ditanam dengan metode hidroponik. Siramlah sehari sekali agar tanaman tetap tumbuh. Simpanlah di area yang berpotensi banyak nyamuk. Aroma tanaman bibit bawang putih inilah yang mampu mengusir nyamuk.

10. Tanaman Pink Rose Geranium

Tanaman Pink Rose Geranium

Terkahir, rekomendasi tanaman pengusir nyamuk adalah tanaman pink rose geranium. Siapa sangka tanaman yang cantik ini ternyata mampu mengusir nyamuk dengan efektif.

Jadi, tanaman yang satu ini bukan hanya digunakan sebagai penghias rumah namun juga sebagai tanaman pengusir nyamuk yang efektif. Simpanlah tanaman hias ini di dekat pintu rumah agar nyamuk enggan untuk masuk ke rumah.

Selain itu, fakta menarik lainnya, aroma geranium ini mampu meredakan stress. Sementara, bunganya sendiri dapat dijadikan teh herbal yang berfungsi mengurangi peradangan. Namun, perlu kamu ketahui, hanya tipe rose geranium saja yang dapat dikonsumsi.

Itulah 10 tanaman pengusir nyamuk terbaik yang bisa kamu temui di marketplace Indonesia.

Dengan harga yang sangat terjangkau, 10 rekomendasi tanaman pengusir nyamuk ini efektif dapat mengusir nyamuk di rumahmu. Selain itu, cara merawatnya pun sangatlah mudah. Bagaimana? Tertarik untuk membelinya bukan?

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini