10 Rekomendasi USB Flash Drive OTG Terbaik (Update 2022)

Flash drive OTG adalah perangkat penyimpanan portabel yang dapat digunakan dengan lebih mudah tanpa harus terhubung ke komputer atau laptop.

OTG (On The Go) sendiri merupakan standarisasi perangkat yang memungkinkan operasi transfer data dilakukan dari perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dll, tanpa harus terhubung ke perangkat komputer.

Bagi pengguna smartphone, kehadiran media penyimpanan seperti flash drive OTG dapat memenuhi berbagai kebutuhan. Misalnya, memeriksa catatan darurat untuk melihat apakah isinya benar atau mentransfer dokumen untuk dibaca melalui smartphone.

Untuk smartphone saja, saat ini sudah cukup banyak merk yang sudah melengkapi port USB OTG ini.

Rekomendasi USB Flash Drive OTG Terbaik

Berikut ini ada beberapa rekomendasi terbaik untuk USB Flash Drive OTG yang bisa kamu ketahui, yaitu :

1.  SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

USB Flash Drive OTG Terbaik

SanDisk adalah merk terkenal yang telah meluncurkan banyak produk handal untuk semua kebutuhan komputasi.

Selain menghilangkan banyak USB flash drive biasa, SanDisk juga memiliki perangkat penyimpanan flash OTG yang dapat kamu pilih. Flashdisk dari SanDisk ini memiliki kecepatan transfer data yang tinggi karena menggunakan USB Type C.

Kecepatan yang dimiliki USB TypeC Ultra Dual Drive SanDisk ini sendiri adalah membaca data hingga 150MB perdetik.

Dilengkapi dengan duo port koneksi, yaitu USB TypeC dan USB tradisional, memungkinkan transfer data antar smartphone, tablet, dan komputer menjadi lebih cepat dan mudah.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan flash drive OTG terbaik merk Sandisk ini berkisar antara 16GB hingga 256GB.

2.  Kingston DataTraveler microDuo USB 3.0

Kingston DataTraveler microDuo USB 3.0

Di Indonesia terdapat beberapa merk produk komputer ternama. Selain SanDisk, ada  Kingston sebagai pesaing lama.

Kingston telah merilis flash drive OTG bernama Kingston Data Traveler microDuo USB 3.0 yang di desain dengan bentuk minimalis sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Kapasitas transmisi produk buatan Taiwan ini mencapai 38 MB/s saat membaca dan 12 MB/s saat membaca. Kingston menawarkan berbagai kapasitas penyimpanan mulai dari 16 GB hingga 64 GB untuk memudahkan kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Desain produk ini sangat unik, pengguna hanya perlu menyalakan port USB 2.0 atau USB 3.0 saat ingin menggunakannya.

Produk ini dilengkapi dengan fungsi DTDUO Flash Drive yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file, foto, video dan lain-lain hanya dari  smartphone atau tablet.

3. Transcend JetFlash 890

Transcend JetFlash 890

Transcend JetFlash 890 adalah flash drive OTG terbaik yang dilengkapi dengan USB TypeC dan USB 3.1 Pada bagian USB 3.1 telah disediakan penutup hitam untuk melindungi konektor dari benturan dengan benda lain saat disimpan dalam tas atau yang lainnya.

Dua port koneksi yang disediakan Transcend pada flash OTG ini akan memudahkan pengguna untuk mentransfer data dari smartphone ke komputer atau sebaliknya.

Produk ini terbuat dari logam sebagai bahan utama yang dapat bersinar jika terkena cahaya. Material metal yang berkualitas membuat body stand ini lebih kuat dan kokoh, membuat kerja flashdisk lebih awet dan tahan lama.

Dalam hal kecepatan transfer, Transcend JetFlash 890 mencapai 90MB per detik. Kapasitas penyimpanan perangkat ini hanya 64 GB.

4.  Toshiba TransMemory-EX™ U382

Toshiba TransMemory-EX™ U382

Toshiba juga terlibat dalam produksi flash drive OTB berkualitas tinggi. Salah satu flash drive OTG terlaris Toshiba adalah Toshiba TransMemoryEX™ U382 yang hadir dalam desain standar dengan casing putih mengkilap.

Seperti produk lainnya, Toshiba juga menawarkan 2 pilihan port TypeC dan TypeA pada perangkat ini. Alasannya tentu agar pengguna dapat dengan mudah mentransfer data dari komputer ke smartphone atau sebaliknya. Toshiba TransMemoryEX™ U382 sendiri dikatakan memiliki kecepatan baca dari USB OTG hingga 95MB per detik dan kecepatan tulis hingga 80MB per detik.

Antarmuka USB 3.0 flash drive ini memungkinkannya mentransfer data hingga 5 kali lebih cepat daripada USB OTG menggunakan antarmuka USB 2.0. Toshiba telah merilis flashdisk ini dengan kapasitas data 32 GB.

5.  Samsung Duo Plus

USB Flash Drive OTG Terbaik dengan Speed Tinggi

Samsung tampaknya tahu betul apa yang biasanya ditakuti pengguna tentang sebagian besar perangkat penyimpanan ini. Samsung Duo Plus adalah bukti bahwa Samsung benar-benar mengutamakan kepuasan pelanggan.

Hal ini terlihat dari model lampu kilat OTG ini yang memungkinkan konektor aman dari segala macam bahaya seperti pecah atau tertekuk karena benturan dan tekanan. Produk ini dilengkapi dengan fungsi tahan air, magnet, dan tahan benturan.

Samsung sendiri menawarkan koneksi ganda, yaitu USB TypeC dan USB TypeA, yang dapat digunakan untuk keperluan transfer data antara smartphone atau tablet atau antara komputer dan komputer.

Dukungan teknologi USB 3.1 besutan Samsung membuat flash OTG ini mampu membaca data hingga 300MB per detik.

6. Corsair Flash Voyager® GTX USB 3.1

Corsair Flash Voyager® GTX USB 3.1

Corsair Flash Voyager® GTX USB 3.1 juga mampu menyediakan kecepatan transfer data PC SSD. Berbeda dengan perangkat FlashDisk umum, Voyager GTX Flash juga memiliki kinerja cepat dalam mengirim file ukuran besar, kecil atau dalam ukuran.

Meskipun dioptimalkan untuk USB 3.1 GEN 1, Corsair Flash Voyager GTX dapat beroperasi dengan port USB 2.0 dan USB 3.0 pada perangkat yang kompatibel tanpa menginstal driver.

Pencahayaan ini menggunakan memori 3D berkecepatan tinggi yang mampu menyajikan kecepatan pemutaran hingga 440 MB per detik dan kecepatan perekaman hingga 440 MB perdetik, memungkinkan Anda untuk menyalin file bahkan dalam hitungan detik bahkan dalam hitungan detik.

7.  Silicon Power Mobile

Silicon Power Mobile

Silicon Power Mobile adalah OTG Flashisk yang menyediakan tema yang terhubung ganda, antarmuka micro USB yang dapat dihubungkan ke smartphone standar dan port USB  untuk terhubung ke komputer, laptop atau notebook.

Produk ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang membantu, hanya menghubungkan flash ini tanpa perangkat atau driver tambahan. Desain Silicon Power Mobile termasuk bahan zinc alloy untuk memastikan tubuh eksternal perangkat ini lebih kuat.

Dikombinasikan dengan teknologi COB (chip on board) membuat lampu OTG tahan air, debu, goncangan dan getaran.

Bagi mereka yang takut kehilangan, Silicon Power Mobile ini telah menyediakan lubang kawat di bagian atas membuatnya tidak hanya lebih aman tetapi juga memberikan kesan trendi ketika dibawa.

 

8. Team M141 USB 2.0 OTG Micro Reader

Daftar USB Flash Drive OTG Terbaik

 

Team, sebagai produsen  perangkat memori terkemuka di dunia, akan selalu siap memberikan kemudahan akses bagi penggunanya. Salah satu flash drive OTG team adalah flash drive USB 3.0 OTG hitam mainstream.

Perangkat penyimpanan ini didukung dengan antarmuka USB 3.0 yang dapat digunakan untuk mentransfer data seperti lagu, foto, dokumen, dan lain-lain dengan kecepatan tinggi.

Kecepatan itu sendiri memberikan kinerja yang berbeda perperangkat. Jika digunakan untuk mentransfer data ke smartphone atau tablet, Team OTG Flash Drive USB 3.0 mampu melakukannya dengan kecepatan hingga 80 Mbps.

Meskipun penggunaannya pada komputer atau laptop, perangkat ini dapat mentransfer data dengan kecepatan 85 Mbps dan 20 Mbps (baca dan tulis). Kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh Team pada produk ini bervariasi dari 16 GB hingga 64 GB.

9. Kingston Flash Disk DataTraveler G4

Kingston Flash Disk DataTraveler G4

Salah satu kekuatan flash drive Kingston DataTraveler G4 adalah desain berbasis kapasitas yang penuh warna.

Sementara sebagian besar flash drive dalam daftar ini hadir dalam warna gelap, DataTraveler G4 hadir dalam warna putih sederhana yang menawarkan estetika minimalis yang bersih dengan kualitas modern.

Flash drive USB Kingston DataTraveler G4 dilengkapi USB 3.0 untuk transfer musik, dan video yang lebih cepat dan mudah.

USB ini memiliki gantungan kunci berwarna dan penutup praktis untuk melindungi soket USB dan data. DataTraveler G4 tersedia dalam tiga ukuran: 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

10. SanDisk Ultra Fit USB 3.1

 

Rekomendasi USB Flash Drive OTG Terbaik

Desain ringkas dan tipis adalah salah satu keunggulan SanDisk Ultra Fit USB 3.1. Dengan kecepatan membaca 130 MB perdetik, flash disk ini memiliki kemampuan untuk cepat mentransfer data dengan cepat.

Meskipun kecepatan penulisan yang dimiliki oleh SanDisk Ultra Fit USB 3.1 mencapai 15 kali lebih cepat dari USB 2.0 Standard Flashdisk. Flash disk ini kompatibel dengan port USB 2.0 dan USB 3.0.

Fitur lain yang dimiliki oleh SanDisk Ultra Fit USB 3.1 Anda dapat membuat folder pribadi dengan SanDisk SecureAccess Software. Jadi file penting Anda dapat dienkripsi dan dilindungi. SanDisk Ultra Fit USB 3.1 tersedia dari 16 GB hingga 512 GB.

Ini adalah beberapa opsi USB Flash Drive OTG terbaik yang dapat Kamu beli dan miliki. Jika Kamu menginginkan produk yang dapat digunakan dalam waktu lama, disarankan Kamu untuk membeli USB flash drive OTG yang tahan guncangan, tahan debu, dan tahan air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini