Selebriti Hollywood Ramai Blokir Instagram dan Facebook, Ada Apa Ya?

Kim Kardashian blokir facebook Instagram selebriti hollywood
Kim Kardashian (Instagram @kimkardashian)

Sederet selebriti Hollywood, seperti Kim Kardashian, Katy Perry hingga Ashton Kutcher ramai-ramai blokir akun Instagram dan Facebook mereka pada Rabu, 16 September 2020. Wah, ada apa ya?

Stop Hate for Profit

Aksi blokir akun Instagram dan Facebook dilakukan sederet para selebriti Hollywood sebagai bagian dari gerakan Stop Hate for Profit. Gerakan ini merupakan protes masyarakat atas kebijakan Facebook dan Instagram mengenai ujaran keben ian dan disinformasi pada platform tersebut.

Baca Juga: Yah! Belanja di Shopee Akan Kena Pajak 10% Bulan Depan

“Misinformasi yang diabaikan di media sosial memiliki dampak serius terhadap pemilu kita (Amerika Serikat) serta merusak demokrasi kita (masyarakat),” tulis Kim yang diketahui saat ini suaminya, Kanye West sedang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat dalam pemilihan tahun ini.

Selain itu, Kim Kardashian juga membuat aksi memblokir Instagram dan Facebook selama 1 hari.

“Mari bergabung dengan saya besok. Saya akan ‘membekukan’ akun Instagram dan FB dan mengatakan kepada Facebook untuk #StopHateforProvit,” ajak Kim Kardashian.

Kampanye Stop Hate for the profit pertama kali digagas oleh organisasi Color of Change. Sebelum mengampanyekan Stop Hate for Public, Color of change juga pernah menyuarakan AntiDefamation League, NAACO dan banyak lagi.

Kampanye Stop Hate for the Proft sendiri dimulai pada bulan Juni lalu. Dalam gerakan ini, lembaga meminta perusahaan agar berhenti beriklan di Facebook sampai mereka bisa mengangani konten konten kebencian dengan serius.

Alhasil, perusahaan buatan Mark Zuckerberg harus bekerja ekstra keras, sejumlah perusahaan raksasa seperti Coca Cola hingg Microsift menarik iklan mereka dari Facebook dan Instagram.

Sederet artis Hollywood Blokir Instagram & FB

Sederet artis Hollywood pun akhirnya tertarik mengikuti langkah istri Kanye West tersebut. Sebut saja ada Katy Perry, Naomi Campbell, Leonardo DiCaprio hingga Mark Ruffalo mengikuti ajakan Kim Kardashian untuk menghapus akun FB dan Instagram selama 24 jam.

Tak heran memang, karena pentolan keluarga Kardashian ini punya koneksi luas ke masyarakat hingga kalangan selebritis papan atas, Kim sendiri saat ini sudah memiliki 188 juta followers dan merupakan salah satu dari 10 selebriti dengan followers terbanyak.

Baca Juga: Awal Pilkada Serentak 2020 Panas Karena Isu Pelecehan

Kendati demikian, Facebook menolak untuk berkomentar tetang aksi boikot Instagram dan Facebook yang menimpanya. Mereka menolak mendapat keuntungan dari ujaran kebencian. Terkait pengaturan ujaran kebencian yang harus dihilangkan, Facebook menyebut bahwa masih ada banyak langkah yang harus dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here