15 Strategi Pemasaran Produk yang Paling Efektif, Sudah Tahu?

Strategi Pemasaran Produk

Pemasaran produk adalah salah satu hal yang bisa menggambarkan tampilan suatu perusahaan. Sedangkan strategi pemasaran produk lebih kepada suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk secara lebih luas kepada masyarakat.

Strategi pemasaran produk sendiri juga bisa dibilang sebagai rencana lengkap bagaimana cara menjual produk atau layanan secara efektif agar diterima oleh masyarakat luas dengan target tertentu.

Strategi pemasaran merupakan salah satu kunci berhasilnya suatu penjualan produk karena berkaitan dengan jumlah penjualan. Banyak pelaku usaha yang masih belum mencoba strategi pemasaran produk ini karena masih banyak yang belum tahu dan lebih memilih strategi pemasaran yang konvensional saja.

Strategi Pemasaran Produk

Berikut ini adalah strategi-strategi pemasaran produk yang bisa para pebisnis gunakan untuk mempromosikan dan menjual produknya agar bisa mencapai target tertentu, antara lain:

1. Menggunakan Media Sosial

Menggunakan Media Sosial

Sosial media sekarang banyak digunakan dalam mempromosikan produknya. Sosial media ini juga sekarang banyak keuntungannya yang didapat karena sekarang zaman dimana semua orang menggunakan media sosial.

Biaya untuk menggunakan media sosial pun murah tergantung menggunakan media sosial yang mana. Yang penting masih ada keuntungan banyaknya.

2. Memberikan Tawaran Produk secara Gratis

Menawarkan produk secara gratis juga ampuh dalam memperoleh konsumen. Anggap saja sebagai permulaan agar konsumen mengenal produk yang sedang ditawarkan. Dalam penawarannya, biasanya pengusaha atau suatu perusahaan ikut dalam event untuk mempromosikan dan memberikan tawaran secara gratis tentang produknya.

Hal ini digunakan untuk memasarkan produknya.

3. Memilih Tempat yang Strategis dalam Penjualan Produk

Strategi Pemasaran Produk Online

Dalam suatu penjualan, pasti setiap pengusaha atau perusahaan memilih tempat yang strategis dalam menjualkan dan mempromosikan produknya. Dengan tempat penjualan yang strategis, diharapkan penjualan produk bisa tercapai sesuai dengan target yang diinginkan.

Pemilihan tempat strategis bisa dipilih berdasarkan tempat ramai dan dekat dengan lingkungan yang seperti apa dan pastinya semua kritera tersebut masuk ke dalam produk apa yang dijualkan, contoh bisa dilihat dalam usaha fotocopyan dekat dengan kampus, dan lain-lain.

4. Mempertahankan Hubungan Baik dengan Pelanggan maupun Konsumen

Dalam suatu penjualan produk pasti mempunyai pelanggan dan konsumen. Dalam hal ini, pelanggan juga aspek utama dan bisa dibilang seperti raja, karena dengan adanya pelanggan yang setia maka produk anda bisa dibilang mempunyai kualitas yang bagus.

Setidaknya, pelanggan juga kadang diberikan reward atau penghargaan agar pelanggan tersebut tetap dihargai dan terus berlangganan di perusahaan atau usaha anda.

5. Menggunakan Jasa Influencer atau KOL

Menggunakan Jasa Influencer atau KOL

Dalam menjual suatu produk maka kita perlu jasa yang bernama influencer (KOL). Bisa lewat orang yang terkemuka, artis, atau orang yang berpengaruh dan cocok dalam lingkungan produk anda. Misalnya bisa dilihat dalam paid promote, endorsement, adanya mikro, makro, brand ambassador, dan yang lainnya.

6. Menjalin Kerja Sama dalam Hal Menjual Produk (Afiliasi)

Afiliasi sendiri digunakan untuk mempromosikan produk anda agar tercapai suatu target pasar melalui kerja sama dengan partner-partner terpercaya dan pastinya bisa diandalkan dan berpengaruh positif terhadap penjualan produk anda.

7. Membuat Video Tutorial

Membuat Video Tutorial

Jika produk yang anda pasarkan membutuhkan video tutorial sebaiknya buatlah dari sekarang agar bisa lebih menarik dan mendapatkan konsumen maupun pelanggan yang semakin banyak.

8. Membuat Blog atau Website berbasis SEO

Ternyata zaman sekarang banyak orang yang menjual produknya lewat pembuatan blog dan website yang berbasis SEO atau bisa dibaca oleh search engine. Sehingga dengan hal tersebut maka tulisan yang berisikan produk anda akan banyak dibaca di media sosial berupa web atau blog. Tidak salah mencoba cara ini yang bisa dibilang cukup ampuh.

9. Kenali Dulu Kondisi Pasar dan Pelanggan Anda (Research Market)

Begini Strategi Pemasaran Produk

Pertama sebelum masuk ke dalam pemasaran suatu produk, maka coba kenali dulu yang namanya kondisi pasar dan pelanggannya seperti apa. Analisislah dulu siapa saja kalangan yang akan membutuhkan produk anda dan bagaimana produk tersebut terjual di pasar. Apakah banyak untungnya, biasa, atau tidak, dan lain-lain.

10. Promosi Melalui Konvensional atau Secara Langsung

Promosi selain lewat media sosial juga mumpuni jika lewat juga dengan menyebarkan brosur-brosur produk. Dari mulut ke mulut atau promosi lewat marketing juga bisa.

11. Tingkatkan Kualitas Produk Anda

Tingkatkan Kualitas Produk Anda

Ternyata tidak hanya gencar-gencar saja dalam promosi, hal penting lainnya adalah kualitas produk anda yang dari hari ke hari kualitasnya harus semakin bagus. Karena percuma jika produk anda terkenal tetapi kualitas produk anda tidak sesuai ekspektasi dan kualitasnya masih rendah maka konsumen maupun pelanggan anda lama kelamaan akan habis.

12. Membuat Acara yang Menarik

Buatlah acara yang menarik dan acara tersebut masih bisa relevan mengundang banyak orang. Dengan acara tersebut produk anda bisa disisipkan untuk dipromosikan ke masyarakat yang ikut dalam acara tersebut.

Misal dalam hal konser, jalan sehat, acara musik, panggung, audisi, dan lain-lain. Salah satunya juga harus ada pihak sponsor agar acara anda terlaksana dengan baik. Tidak lupa juga dengan susunan acara yang bagus serta pelaksanaan yang tepat.

13. Menjadi Sponsor dalam Suatu Acara

Menjadi Sponsor dalam Suatu Acara

Kadang menjadi sponsor dalam suatu acara juga perlu agar produk anda bisa dipasarkan, dijual, dan dibahas dalam sesi-sesi suatu acara.

Dengan adanya sponsor di atas diharapkan produk anda semakin terkenal. Apalagi dalam suatu acara, sponsor anda berupa pengenalan produk baru di perusahaan anda juga bisa menjadi alternatif agar produk anda segera terkenal dan banyak yang memakainya.

14. Pemasaran dengan Menggunakan Reseller dan Dropship

Reseller dan dropship bisa menjadi cara yang efektif agar produk anda cepat terkenal di pasaran dan banyak pembelinya. Apalagi dengan merek-merek yang masih baru. Tugas anda sebagai pemilik produk hanyalah memberikan katalog atau produk-produk yang akan dipasarkan maupun yang paling laku dalam pasar produksi maupun konsumen.

15. Pemasaran dengan Memberikan Kupon Belanja

Pemasaran dengan Memberikan Kupon Belanja

Memberikan kupon belanja pada konsumen juga dapat mengurangi harga yang ia beli sehingga konsumen akan berpikir bahwa produk anda harganya bersahabat dengan para konsumen sehingga dari pendekatan seperti itulah produk anda cepat dikenal dan diterima oleh masyarakat banyak.

Tambahan informasi, bahwa agar strategi pemasaran produk semakin baik, maka perlu ada usaha-usaha tambahan agar produk anda semakin lancar dan jaya dikenal oleh masyarakat luas. Bisa melalui produk yang kuat dalam hal kualitas.

Selain itu, anda juga harus memahami karakteristik dari pelanggan akan kebutuhannya terutama. Harus mempunyai komunikasi yang efektif dengan pihak manapun. Strategi keuangan juga perlu dalam memanajemen keuangan anda. Agar usaha anda tetap berjalan dan bisa secara terus menerus melakukan produksi.

Pada akhirnya, dalam suatu bisnis diperlukan mempromosikan produknya melalui strategi-strategi pemasaran produk yang cocok dan sesuai dengan kriteria produk anda agar bisa tercapai sesuai dengan apa yang dicapai targetnya.

Nah, itulah 15 strategi pemasaran produk yang bisa anda coba. Siapa tahu cocok dan bisa beruntung dalam hal produk anda. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply