10 Tempat Wisata Di Bandung Ini Sangat Keren dan Menarik, Sudah Pernah Kesana?

Sedang mencari tempat wisata di Bandung untuk kegiatan traveling Anda? Traveling atau bepergian kesuatu tempat untuk tujuan wisata atau tujuan lainnya memang tengah booming akhir-akhir ini dan akses traveling yang semakin mudah membuat kita bisa melakukan aktifitas ini kapan saja sesuai dengan budget dan selera.

Salah satu kota yang menarik sebagai destinasi wisata diIndonesia adalah kota Bandung. Kota yang merupakan ibukota provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya menyajikan wisata kota dan monumen, Bandung juga punya keindahan alam yang layak untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Sebagian besar wisata alam yang ada di Bandung biasanya ada dipegunungan dan berhawa sejuk. Ingin tahu lebih banyak tentang tempat wisata didaerah ini? Berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang kami rekomendasikan :

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Foto: @ridwan_fathuloh on Instagram

Kawah putih ciwidey adalah dalah satu objek wisata alam yang populer khususnya dikalangan pemuda. Tempat wisata ini memiliki ciri khas, yakni kawah dengan danau yang tanahnya berwarna putih sesuai dengan namanya. Warna air dari danau dikawah putih Ciwidei cenderung hijau dan kadang berubah tergantung kadar atau jumlah belerang yang terkandung didalamnya.

Terletak didaerah Ciwidey, sekitar 50 KM diselatan kota Bandung, kawah ini sering dijadikan objek fotografi dan sebagai latar belakang bagi mereka yang ingin melakukan foto prawedding. Berada 2400 km diatas permukaan laut, kawasan kawah putih yang terbentuk dari letusan gunung Patuha ini memiliki suhu yang cukup dingin yakni sekitar 8 derajat celcius. Jadi jika kita ingin mengunjungi kawah ini sebaiknya siapkan pakaian hangat terutama bagi Anda yang tidak tahan dengan hawa dingin.

Sejak dikembangkan ditahun 1987, fasilitas diobjek wisata ini terus dikembangkan dan tidak hanya bisa menikmati keindahan dan berfoto, pengunjung bisa melakukan aktifitas lainnya seperti menunggang kuda, melukis atau sekedar bercengkrama dengan teman atau keluarga.

2. Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang
Foto: @lidhiaoktalina on Instagram

Farmhouse susu lembang adalah salah satu tempat atau objek wisata yang terdapat di kota Bandung. Objek wisata yang terletak di jalan Raya Lembang no.108, Cihideung bisa jadi alternatif liburan yang menarik karena tidak hanya asri dan sedap dipandang, farmhouse lembang punya keunikan tersendiri, yakni deretan rumah kerdil atau ruah hobbit yang biasa kita saksikan dalam film Lord of The Ring.

Rumah-rumah unik ini didesain seperti rumah hobbit yang ada di New Zealand dan digunakan dalam syuting film tersebut. Tidak hanya memiliki rumah hobbit yang unik, farmhouse susu lembang bandung juga memiliki banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk berselfie ria misalnya bangku-bangku yang disusun cantik, air terjun buatan serta tangki susu yang berukuran besar.

Selain itu, kita juga bisa menyewa kostum ala gadis Eropa untuk berfoto bersama atau menyatakan cinta dilokasi gembok cinta yang mirip dengan jembatan Pont des art di Prancis. Pengunjung juga bisa mendapatkan segelas susu sapi gratis setelah membeli tiket masuk dan anak-anak bisa berinteraksi dengan hewan yang ada dalam peternakan mini farmhouse lembang seperti angsa, kelinci, iguana, burung, kambing, dan lain sebagainya.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata di Bandung
Foto: @ditra.ram on Instagram

Objek wisata gunung Tangkuban perahu mungkin adalah objek wisata yang paling terkenal dikota Bandung dan yang akan muncul pertama kali dalam pikiran kita jika kita membayangkan pariwisata dikota ini. Wisata Tangkuban perahu ini terletak di Gn. Tangkuban parahu sukajaya, Lembang, Kab Bandung Barat 40391. Objek wisata ini buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Gunung yang tebilang masih aktif ini adalah salah satu tempat diincar oleh para wisatawan karena selain panoramanya yang indah, gunung ini memiliki legenda yang terkenal yakni cerita Sangkuriang. Disana kita tentu dapat merasakan udara yang sejuk, kawasan yang merupakan salah satu deretan pegunungan terbaik ini memiliki rentang suhu 2 derajat pada saat malam hari, dan 17 derajat di siang hari.

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya anda membawa peralatan seperti pakaian hangat, payung ataupun penutup kepala untuk mengantisipasi paparan atau radiasi sinar matahari, gunakan sepatu yang terasa nyaman seperti hiking shoes, dan jangan lupa untuk membawa penutup hidung atau masker untuk antisipasi bau belerang atau gas sulfur yang menyengat.

4. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Foto: @abywans_inpra on Instagram

Tidak hanya sekedar manawarkan objek wisata alam, Bandung juga memiliki objek wisata berbasis seni seperti yang ada di “Saung Angklung Udjo”. Objek wisata seni dan pendidikan ini terletak dijalan Padasuka nomor 118, Bandung Timur. Saung yang awalnya digunakan untuk berlatih angklung dan sanggar pembuatan angklung ini didirikan oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uumb Sumiati pada tahun 1966.

Maksud dan tujuan Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati mendirikan Saung Angklung Udjo adalah untuk Melestarikan kasenian khas Jawa barat. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, saung ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Kini saung angklung udjo tidak hanya berfungsi sebagai temapt berlatih angklung murid kang udjo, melainkan juga sebagai temapt wisata dimana para wisatawan baik dalam negeri dan luar negeri dapat berkunjung dan belajar memainkan alat music angklung.

Pengunjung juga dapat menonton pertunjukan angklung yang dibawakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika ingin menonton pertunjukan angklung, kita bisa datang sesaat sebelum sore hari karena pertunjukan rutin disaung angklung udjo biasanya berlangsung disore hari.

5. Upside down world

Upside down world bandung
Foto: @upsidedownworldbandung on Instagram

Tempat wisata yang unik pastinya bisa menarik hati para wisatawan seperti halnya objek wisata yang satu ini, upside down world. Konsep museum yang dibuka pada tanggal 10 oktober 2016 ini sangat menarik, karena pengunjung bisa berfoto diruangan secara “terbalik”.

Maksudnya, semua ruangan yang ada diupside down world ini memang disetting terbelik sehingga pengunjung yang datang dan berfoto seolah-oleh sedang berjungkir balik. Upside down world terletak dijalan H Wasid no 31 Coblong, Bandung dan bisa dikunjungi setiap hari senin – jumat pukul 10.00 – 20.00 dan sabtu-minggu pukul 11.00 – 21.00.

Jika Anda suka berfoto dan berselfie, tempat ini adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi karena tidak hanya menarik, upside down world juga sangat populer dimedia sosial terutama instagram.

6. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Foto: @aprliaptrw on Instagram

Museum sebagai tempat menyimpan koleksi sejarah adalah salah satu alternatif berwisata khususnya dikota Bandung. Ada banyak museum dikota Bandung dan museum Geologi adalah tempat yang cocok untuk wisata edukasi khususnya bagi pelajar dan pemuda.

Di museum yang terletak di jalan Diponegoro nomor 57, Bandung ini kita bisa melihat berbagai sejarah geologi dan pertambangan di Indonesia dan juga koleksi tanah, batuan, barang tambang serta berbagai macam fosil. Di museum ini pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa replika fosil dinosaurus dan hewan purbakala lainnya. Museum geologi Bandung telah berdiri sejak tahun 1928 dan awalnya gedung museum ini dikenal dengan nama Geologisch Laboratorium dimasa penjajahan Belanda. Museum ini sempat mendapat bantuan dari Jepang dan mengalami renovasi pada tahun 1999, dan ditutup selama satu tahun.

Di tahun 2000 museum ini dibuka kembali oleh presiden Megawati Soekarnoputri dan terdapat tiga ruangan utama yakni Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia dan Geologi untuk kehidupan manusia. Pengunjung bisa melihat koleksi museum ini setiap hari senin hingga kamis pukul 09.00 – 15.30 dan sabtu minggu pukul 09.00 – 13.30. Museum ini tutup setiap jum’at dan libur nasional jadi sebaiknya ketahui jam buka museum sebelum mengunjunginya.

7. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Foto: @amboreynaldi on Instagram

Sendang geulis kahuripan bisa dibilang sebagai obajek wisata yang sedang ngehits baru-baru ini dan jadi destinasi wisata baru di Bandung. Sendang geulis kahuripan adalah sebuah mata air yang ada didaerah yang cukup tersembunyi di daerah Bandung Barat tepatnya di daerah Cikalong Wetan.

Sesuai namanya sendang atau mata air ini terlihat sangat geulis atau cantik dengan aliran air yang jernih disela-sela pepohonan yang rindang. Airnya yang jernih dan segar bisa jadi salah satu daya atraksi objek ini dimana pengunjung bisa berfoto dalam air dan berendam dikolam sendang geulis. Berbagai macam fasilitas juga telah tersedia ditempat ini antara lain toilet, tempat berganti pakaian, kantin, mushalla dan fasilitas lainnya yang membuat pengunjung semakin betah.

Objek wisata ini terletak diantara perkebunan jadi pengunjung harus sedikit bersusah payah untuk berjalan mencapai lokasi, tapi semuanya akan terbayar dengan pemandangan indah dan segarnya air dalam sendang.

8. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Foto: @fatmautamii on Instagram

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Bandung tanpa merasakan asyiknya bermain di dalam indoor theme park terbesar didunia. Ya, Trans Studio Bandung adalah wahana permainan dalam ruangan terbesar didunia yang memiliki berbagai jenis permainan dan fasilitas.

Taman bermain yang berlokasi ditempat yang sama dengan Bandung Supermall yang kini bernama Trans Studio Mall ini terletak di jalan Gatot Subroto nomor 289, Bandung. Ada tiga kawasan atau ruangan berbeda dalam trans studio Bandun yakni Studio Central yang memiliki suasana seperti Broadway di Amerika, The lost city yang bertemakan petualangan dan alam sekitar serta ruang magic corner yang memiliki suasana mistis, masing-masing studio punya permainan yang berbeda sesuai acara yang biasa ditayangkan dichannel Trans TV dan Trans 7 yang dikelola oleh Trans Corp.

Untuk dapat masuk ke wahana ini kita harus berusia minimal tujuh tahun atau memiliki tinggi badan minimum yang tercatat pada setiap wahana permainan. Taman bermain ini buka setiap hari dari senin sampai jumat pukul 10.00 hingga 21.00 sedangkan pada weekend dan hari libur nasional, wahana buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00.

9. Tebing Keraton

Tempat wisata di Bandung
Foto: @tadeoantonios on Instagram

Objek wisata tebing keraton mungin masih asing ditelinga sebagian orang tapi jangan salah, tebing ini adalah salah satu tempat wisata alam yang sedang hits dibeberapa sosial media seperti twitter, facebook dan instagram. Bahkan karena keindahan tebing ini sering menjadi perbincangan di instagram beberapa kalangan memberinya julukan tebing instagram.

Tak heran tebing ini menarik perhatian pengunjung, sejak Bapak Asep menemukan tebing ini didesa Ciburial, Dago Bandung, tebing yang tadinya dijuluki tebing jontor Ini punya view yang sangat menarik. Dari atas permukaan tebing, kita bisa melihat pemandangan alam hijau hutan Tahura Djuanda.

Jika ingin menikmati keindahannya, sebaiknya kunjungi tebing ini saat pagi maupun sore hari agar bisa menyaksikan keindahan sunrise maupun sunset dari atas tebing.

10. Situ Cileunca

Situ Cileunca
Foto: @evinurna on Instagram

Bandung tak pernah kehilangan pesona wisata alamnya meskipun kita mengenalnya sebagai satu kota besar di Indonesia. Satu lagi objek wisata yang populer di Bandung, Situ Cileunca, sebuah danau buatan seluas 1400 m2 yang juga berfungsi sebagai sumber PLTA.

Terletak di desa Wanasari, Pengalengan Bandung Selatan, situ caleunca memiliki pemandangan alam yang hijau dan asri serta air danau yang berwana biru, jelas pemandangan ini akan sangat menyejukkan mata siapa saja yang datang berkunjung.

Selain itu, suasana situ yang tenang dan udara yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama-lama. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, banyak aktifitas yang bisa kita lakukan didaerah ini, misalnya berkemah, memetik strawberry dan arbei, rafting dan wisata air lainnya.

Kesepuluh tempat wisata di Bandung yang kami rekomendasikan tersebut pastinya sayang dilewatkan untuk dikunjungi jika Anda bertujuan untuk menghabiskan liburan di Bandung.

loading...