Inilah 10 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi dan Jangan Sampai Anda Melewatkannya

Bogor adalah salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata banyak orang ketika akhir pekan. Jika berbicara mengenai tempat wisata di Bogor, mungkin yang ada dalam pikiran kita adalah puncak pass, kebun raya Bogor atau Taman Safari. Padahal sebenarnya ada beberapa tempat wisata lain di Bogor yang tidak kalah menarik disbanding objek wisata yang sudah populer sebelumnya.

Memang belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui banyak tentang objek wisata di Bogor, tapi tidak ada salahnya mengunjungi sepuluh objek wisata yang ada di Bogor berikut untuk menambah pengetahuan dan mendapatkan pengalaman berwisata yang berbeda. Penasaran? Simak uraiannya berikut ini:

1. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Foto: @reggygiffari on Instagram

Taman wisata gunung pancar atau yang dikenal dengan nama gunung pancar saja, adalah salah satu taman wisata yang berlokasi di daerah Sentul tepatnya di desa Karang Tengah, Kecamatan Babaan Madang, Kabupaten Bogor. Objek wisata yang berada dekat dengan objek wisata modern The Jungle Land ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan udara yang begitu segar.

Jika kita menghirup udara didaerah ini, paru-paru kita akan terasa sangat segar dan bersih karena udara didaerah ini memang tidak mengandung kontaminasi. Gunung Pancar sendiri adalah sebuah gunung yang berada dikabupaten Bogor dengan ketinggian hanya 800 meter diatas permukaan air laut, sehingga gunung ini sebenarnya lebih tepat disebut bukit.

Lokasi taman wisata Gunung Pancar juga bisa dijadikan area untuk berkemah atau camping, bersepeda, hiking, dan aktifitas alam lainnya.

2. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort
Foto: @mellycrystal on Instagram

Berada di daerah Tamansari Bogor, tepatnya beralamat di Jalan Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Desa Sukajadi, Kec. Tamansari, Sukajadi, Tamansari, Bogor, resort yang satu ini bisa dibilang unik karena berbeda dengan konsep hoteldan resort pada umumnya, resort ini puna camp atau tenda-tenda unik khas tentara Mongolia atau tenda berbentuk kerucut ala suku Indian yang disebut dengan istila Teepee.

Tidak hanya memiliki kamar dalam tenda, The Highland Park Resort juga memiliki kamar dalam rumah pohon atau tree house. Dengan biaya menginap sekitar 1,6 hingga 2 juta permalam, ada banyak fasilitas yang bisa didapat seperti kamar berAC, toilet, wifi, resto, dan lain sebagainya.

Karena mengusung tema Park Resort, penginapan ini juga punya beberapa permainan yang disukai anak-anak. Jika ingin mengunjungi resort ini sebaiknya booking kamar jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

3. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang
Foto: @puputsnurhadayani on Instagram

Salah satu tempat wisata di Bogor yang menarik adalah kampung Budaya Sindang Barang. Penggemar wisata budaya harus mampir ke objek wisata yang satu ini jika mengunjungi Bogor. Terletak tidak jauh dari kota Bogor, yakni berada di desa Pasir Eurih, Tamansari, Kabupaten Bogor atau sekitar 5 KM dari kota Bogor, kampung Budaya Sindang Barang menawarkan wisata budaya sekaligus mengenalkan sejarah adat sunda.

Menurut referensi, kampung budaya ini adalah kampung tertua yang ada didaerah Bogor baik kota maupun kabupaten dan konon kampung ini tercatat dalam sejarah Babad Padjajaran sebagai salah satu daerah penting dimasa kerajaan Padjajaran tersebut. Di kampung ini pengunjung bisa melihat situs purbakala bangsa sunda seperti punden berundak dan juga kolam bersejarah berukuran 15 x 45 m yang dikenal dengan nama kolam Taman Sri Baginda.

Jika ingin merasakan kehidupan kuno ala penduduk kampung, kita bisa menginap dirumah penduduk atau istilah kerennya homestay da kita tidak perlu membayar mahal untuk menginap, cukup dengan mengganti biaya akomodasi atau listrik yang digunakan. Selain itu, untuk melastarikan kebudayaan sunda, dikampung ini juga diselenggarakan kursus menari gratis bagi para pemuda yang ingin belajar tarian tradisional suku sunda.

4. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung
Foto: @reidhodwinugroho on Instagram

Setiap daerah mungkin punya pesona air terjun atau curugnya masing-masing tak terkecuali Bogor. Akhir-akhir ini ada satu objek wisata air terjun yang cukup hits diinstagram yang dikenal dengan nama Curug Cibaliung. Curug ini sebenarnya masih berada satu lokasi dengan air terjun atau curug lainnya dikawasan Leuwi Hejo, Sentul, Bogor.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung atau wisatawan harus berjalan kaki atau trekking selama kurang lebih satu jam dari air terjun atau curug Leuwi Hejo karena lokasi curug Cibaliung ada dibagian curug yang paling dalam yang masih sepi pengunjung.

Daya tarik wisata alam ini ada pada air terjunnya yang indah dan airnya yang jenih dan segar. Jadi jangan khawatir, kelelahan kita selama berjalan akan terhapus sesaat setelah sampai dilokasi. Airnya yang jernih dan sejuk akan membuat penunjung betah berada dilokasi dan pastinya sangat cocok dijadikan background atau latar belakang berfoto atau berselfie ria.

5. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding
Foto: @rahmi_jamilah on Instagram

Fly Indonesia Paragliding adalah satu spot paragliding atau olahraga paralayang yang ada di Puncak, Bogor. Spot paragliding ini biasanya ramai dikunjungi saat cuaca sedang cerah karena tentunya untuk bisa terbang, suasana dan kondisi cuaca haruslah cerah dan berangin. Objek wisata ini biasanya jadi tempat berlatih bagi para atlit paragliding atau terbang layang diIndonesia.

Meskipun demikian jika pengunjung ingin merasakan sensasi terbang dengan menggunakan paragliding, tidak perlu khawatir jika tidak bisa menerbangkannya karena disini tersedia pilot tandem atau pilot paragliding berpengalaman yang akan mengajak kita terbangdan menikmati pemandangan alam kebun teh dan jalanan dari atas.

Tidak hanya wisatawan lokal, didaerah ini juga banyak dikunjungi para turis asing yang ingin mencoba sensasi terbang dari atas bukit diwilayah puncak Bogor.

6. Leuwi Lieuk Sentul

Leuwi Lieuk Sentul
Foto: @@r_uzy on Instagram

Satu lagi wisata alam yang bisa dikunjungi di Bogor, air terjun atau kolam Leuwi Lieuk Sentul. Objek wisata yang memiliki kolam indah berair hijau jernih ini masih satu area dengan air terjun atau curug leuwi hejo, bedanya curug ini masih cukup sepi pengunjung karena belum banyak diketahui dan letaknya yang lebih jauh kedalam.

Leuwi Lieuk terletak di daerah Babakan Madang Sentul dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki ke area lokasi dari tempat parkir. Selain bisa menikmati pemandangannya yang indah mirip Green Canyon di Pangandaran, pengunjung juga bisa uji adrenalin dengan cara melompat dari tebing tepian curug setinggi 7, 5 atau 3 meter.

Tapi jika ingin berenang atau melompat dari tebing, wisatawan atau pengunjung tetap harus berhati-hati dan pastinya harus pandai berenang karena tidak ada pengaman yang disediakan dikolam dengan kedalaman 4 hingga meter ini. Berniat untuk mencobanya?

7. Rumah pohon Curug Ciherang

Rumah pohon Curug Ciherang
Foto: @yogaprayoga99 on Instagram

Sejak adanya rumah pohon diobjek wisata ini, Curug Ciherang semakin populer dan banyak dipadati pengunjung khususnya saat liburan tiba. Curug ini terletak didesa Warga jaya, Kecamatan SukaMakmur, Bogor. Keunikan dan pesona alam curug Ciherang tentunya akan sangat disukai pengunjung khususnya bagi pecinta selfie dan fotografi.

Untuk mencapai lokasi air terjun dan rumah pohon, pengunjung hanya perlu berjalan kaki selama 20 menit dari loket masuk. Sedikit tips, jika mengunjungi objek wisata ini sebaiknya kunjungi atau bermainlah dirumah pohon dan jembatannya terlebih dahulu untuk menghindari keramaian, baru setelah itu pengunjung bisa bermain air dicurug Ciherang yang memiliki air yang jernih dan segar. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti jika ingin bermain dicurug yang satu ini.

8. Curug Bidadari

Curug Bidadari
Foto: @vincentphang45 on Instagram

Wisata alam di Bogor memang tidak ada habisnya terutama objek wisata curug atau air terjun. Curug Bidadari adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal didaerah sentul dan banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan alamnya.

Namun berbeda dengan curug yang disebutkan sebelumnya, curug Bidadari sudah dikelalola dengan baik oleh Sentul Paradise Park dan ada banyak fasilitas yang tersedia didalamnya. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan alam dan air terjun yang ada diobjek wisata ini melainkan juga bisa melakukan aktifitas outbond seperti flying fox, wisata air dan lain sebagainya.

Untuk masuk keobjek wisata ini pengunjung mesti membayar sejumlah biaya tiket masuk dan hanya buka dari jam 08..00 hingga pukul 17.00 saat weekdays, dan 07.30 hingga 17.30 saat weekend. Curug yang dulunya dikenal dengan nama curug Bojongkoneng ini dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan dan letaknya tidak jauh dari pintu tol selatan Sentul.

9. Kebun Durian Warso Farm

Kebun Durian Warso Farm
Foto: @yunikewirahmaningrum on Instagram

Kebun durian warso farm yang terletak di jalan KH Halimi, Cijeruk Bogor ini adalah objek wisata yang juga layak dikunjungi oleh para wisatawan khususnya penyuka buah durian. Bisa dibilang kebun durian warso ini adalah surganya pecinta durian, namun tidak hanya buah durian, diperkebunan ini pengunjung juga bisa menikmati jenis buah-buahan lain seperti buah naga, nangka dan sebagainya.

Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 900 varietas durian yang bisa dicicipi diperkebunan ini termasuk tujuh varietas durian unggulan seperti varietas durian montong, petruk, si mas, lay , tembaga dan sunan. Perkebunan ini buka setiap hari mulai pukul tujuh pagi hingga pukul tujuh malam tapi kalau ingin menikmati durian sepuasnya, datanglah ke perkebunan ini pada bulan Januari hingga Maret.

Disini pengunjung juga bisa melakukan aktifitas lain seperti bermain paint ball dan berfoto bersama keluarga dan teman dengan background pemandangan pedesaan yang asri.

10. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Foto: @viionita111 on Instagram

Objek yang satu ini tak boleh ketinggalan jika melintas didaerah Cianjur, Bogor. Sesuai namanya, taman bunga nusantara memiliki koleksi bunga yang cantik dan pastinya menarik hari para wisatawan. Suasanan di taman bunga ini jarang dijumpai di Indonesia karena jalanan dan tatanan taman ini sangat mirip dengan taman yang ada di Eropa.

Terletak di jalan Mariawati KM 7 Desa Kawung Luwuk, Sukaresmi Cianjur, dan berada didekat gunung Gede Pangrango taman Bunga Nusantara terlihat sangat cantik dengan ratusan koleksi bunga terutaman bunga anggrek dari berbagai macam spesies yang ditata secara eksotis. Suasananya yang sejuk dan indah pastinya akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di taman seluas 23 hektar ini.

Selain menikmati keindahan taman, pengunjung terutama anak-anak bisa bermain dengan menggunakan minicar atau bersantai direstoran yang berada disekitar taman.

Demikian sepuluh tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi dan semoga penjelasan diatas bisa menambah pengetahuan dan referensi wisata Anda khususnya di Indonesia.

loading...