10 Tempat Wisata di Gunungkidul Ini Sangat Indah dan Menarik, Sudah Pernah Kesana?

Berbagai tempat dengan pesona alamnya yang indah menjadi tempat yang banyak dicari dan ramai dikunjungi pada zaman sekarang. Menikmati pemandangan alam yang mempesona ini, bukan hanya menjadi kepuasan tersendiri, tapi juga menjadi ajang pengenalan ke publik.

Informasi mengenai destinasi wisata yang baik dan recommended disebarkan secara mudah melalui berbagai media sosial yang kian menjamur di kalangan masyarakat. Segala penyampaian informasi ini bukan hanya dari mulut ke mulut, namun hanya dengan satu kali klik, semua orang pun bisa mengetahui tempat wisata baru dengan pesonanya yang apik.

Foto-foto pemandangan indah pun berlomba-lomba disebarluaskan, memberitahu masyarakat bahwa masih tersisa pesona menawan di negeri Indonesia. Sementara untuk Anda yang berada di Kota Yogyakarta, tidak perlu takut ketinggalan zaman karena tidak memiliki banyak waktu luang untuk berlibur dan mem-posting sesi liburan Anda.

Tempat Wisata di Gunungkidul

Berikut adalah 10 tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta yang cocok untuk Anda kunjungi dan bakalan membuat momen liburan Anda menjadi lebih berkesan.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk
Foto: @hendriseptiani on Instagram

Berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Air Terjun Sri Gethuk ini layak untuk mendapatkan sebutan sebagai Havasu Grand Canyon versi Indonesia.

Pasalnya, Air Terjun Sri Gethuk ini berada pada ngarai terjal dan berada di kawasan yang tandus dengan gugusan bukit kapurnya. Air terjun ini terus mengalir tak kenal musim sekalipun tempat sekitarnya sedang kesulitan air. Penamaan Air Terjun Sri Gethuk (atau disebut juga Air Terjun Slempret) berasal dari sebuah mitos yang mengatakan bahwa di tempat tersebut merupakan pusatnya para jin dengan Jin Anggo Menduro sebagai pemimpinnya dan di tempat itulah mereka menyimpan kethuk, yaitu alat musik gamelan milik Jin Anggo Menduro.

Beberapa masyarakat mengatakan bahwa sampai saat ini mereka terkadang bisa mendengar alunan gamelan dari arah lokasi Air Terjun Sri Gethuk. Terlepas dari mitosnya, air terjun ini sangat direkomendasikan bagi Anda.

Terlebih karena aksesnya yang tidak terlalu sulit. Dari Kota Yogyakarta, Anda dapat mengambil arah ke Wonosari, kemudian mengikuti jalan tersebut sampai tiba di pertigaan Gading dan mengikuti papan petunjuk jalan sampai ke daerah Playen. Dari Playen, sebaiknya Anda mengambil jalan yang paling aman, yaitu jalan beraspal dan kemudian terus mengikuti papan petunjuk sampai tiba di lokasi.

2. Pantai Jogan

Pantai Jogan
Foto: @imamsafrudy on Instagram

Ada banyak tempat wisata di Gunungkidul Yogyakarta yang eksotis, salah satunya adalah Pantai Jogan. Berbeda dengan pantai-pantai lain, Anda tidak akan menemui pasir putih mengilat di tempat ini, melainkan sebuah air terjun di tebing curam yang airnya jatuh ke bibir pantai penuh dengan karang.

Pantai Jogan ini berada di kawasan yang sama dengan Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Jadi, hanya dengan membayar satu tiket masuk sebesar Rp10.000 per motor, Anda dapat masuk ke area ini dan menikmati pesona 3 pantai sekaligus. Di Pantai Jogan ini, Anda dapat menikmati pemandangan air yang turun dari air terjun ke bibir pantai.

Anda pun dapat turun ke bibir pantai dan menikmati guyuran air terjun yang deras dan menyegarkan. Ada dua cara untuk turun dari tebing, yang pertama dengan tehnik canyoning atau rappelling dengan menggunakan peralatan yang memadai; sementara teknik kedua yaitu dengan menapaki turunan kecil yang basah. Anda harus berhati-hati karena turunan ini licin, apalagi ketika arus air sedang deras-derasnya.

3. Pantai Timang

Pantai Timang
Foto: @shendymp on Instagram

Yogyakarta memang memiliki panorama dan keindahan pantai yang melimpah. Ada banyak pantai di Yogyakarta dan masing-masing memiliki keindahannya tersendiri, khususnya Pantai Timang yang terletak di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Timang merupakan pantai yang menjadi batas antara lautan dan daratan di Gunungkidul, Yogyakarta. Akses menuju pantai ini memang masih agak sulit karena tempatnya yang terpencil, namun begitu Anda sampai ke tempat ini, Anda akan mendapatkan pemandangan indah dengan paduan suara debur ombak dan sapuan angin yang menenangkan.

Di Pantai Timang ini, Anda dapat menikmati wisata kereta gantung yang akan membawa Anda melewati lautan yang membatasi dua batu karang besar. Pantai Timang memang tidak akan menawarkan sebuah pemandangan pasir putih mengilat, namun akan memukau Anda dengan pemandangan batu karang besar yang terletak di lautan.

4. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun
Foto: @farhan_taufik99 on Instagram

Seperti sebuah teluk, Pantai Ngetun yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini menawarkan sebuah pemandangan pantai diantara tebing-tebing tinggi nan curam.

Tempatnya yang terpencil dan sulit dijangkau membuat Pantai Ngetun ini bersih. Air lautnya berwarna biru jernih yang diapit oleh tebing berwarna hijau. Keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Biota lautnya masih sangat terjaga dan Anda pun akan melihat berbagai keong-keong kecil di atas pasir putih mengilatnya.

Meskipun begitu, butuh perjuangan ekstra bagi Anda yang berniat mengabadikan tempat indah ini di ponsel Anda. Hal ini dikarenakan akses jalannya yang masih sulit dan tidak memungkinkan bagi Anda untuk membawa kendaraan roda empat.

5. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran
Foto: @tifanimaulidza on Instagram

Bukan hanya pesona pantainya, Yogyakarta pun memiliki keindahan alam sebuah pegunungan. Gunung Nglanggeran ini merupakan satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang terbentuk dari pembekuan magma sekitar 60 juta tahun silam.

Gunung Nglenggeran yang merupakan gunung batu raksasa yang memiliki dua puncak, yaitu puncak barat dan puncak timur. Demi menuju puncak, tentu saja Anda harus melakukan pendakian yang lumayan membutuhkan tenaga.

Meskipun begitu, Anda akan terpukau dengan pemandangan dari puncak gunung tersebut. Pemandangan akan lebih menakjubkan jika Anda melihat sunrise dan menikmati Kota Yogyakarta di malam hari yang dari kejauhan nampak seperti ribuan kunang-kunang berterbangan.

6. Pantai Pok Tunggal

Tempat wisata di Gunung Kidul
Foto: @widyaaysa on Instagram

Berada di dekat laut selatan menjadikan Yogyakarta memiliki banyak pantai-pantai indah, salah satunya adalah Pantai Pok Tunggal.

Dinamakan Pantai Pok Tunggal karena terdapat sebuah pohon di pinggir pantai tersebut. Pohon ini adalah Pohon Duras dan hanya tumbuh satu di pantai tersebut. Karena langka, masyarakat setempat melarang pengunjung untuk memanjat atau bergelayut di pohon tersebut. Meskipun akses jalannya yang tidak mudah, Anda masih dapat menuju pantai ini dengan kendaraan roda empat. Pasir pantainya yang kuning kecoklatan masih sangat bersih dari kotoran.

Selain itu, Anda pun akan disambut dengan angin kencang khas pantai selatan dan juga suara deburan ombak yang menenangkan. Air pantainya pun bersih dan bening, cukup menyegarkan bagi Anda yang berniat menceburkan diri ke dalamnya.Lepas dari segala panorama alam yang begitu luar biasa disana, Anda akan mendapati beberapa anak kecil dan orang dewasa yang masuk ke laut demi mengumpulkan ikan dan kerang.

7. Pantai Sundak

 

Rekomendasi Tempat wisata di Gunung Kidul
Foto: @naranariswari on Instagram

Dari namanya yang terdengar sedikit familiar, rupanya Pantai Sundak memiliki cerita asal muasal penamaan pantai tersebut. Adalah asu (anjing) dan landak yang bertengkar, lantas si anjing tersebut masuk ke dalam gua demi mengejar landak. Kemudian, ketika keluar gua, tubuh anjing tersebut dalam keadaan basah. Pada kala itu masyarakat sedang dilanda kekeringan parah, sehingga kejadian tersebut menjadi berkah.

Dulu sekali, pantai ini nyaris tidak ada karena keseluruhannya terendam air laut. Namun seiring waktu, air laut makin turun sehingga muncullah karang yang di dalanya terdapat gua. Sama seperti pantai-pantai lain di Yogyakarta, begitu menginjakkan kaki disini, Anda akan disambut dengan angin sejuk dan juga pepohonan yang rimbun. Selain itu, apabila Anda memiliki drone, Anda mungkin bisa menerbangkannya disini untuk melihat keindahan gradasi warna air laut dan juga buih-buih ombak berwarna putih.

Pantai yang berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus ini dapat Anda tempuh dengan perjalanan selama 2 jam dari Kota Yogyakarta. Dari sana, Anda akan melewati wilayah Wonosari kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

8. Goa Pindul

Goa Pindul
Foto: @wennisetiawan on Instagram

Bukan hanya pantai dan gunungnya yang unik, namun Yogyakarta juga memiliki gua yang bagian dalamnya berisi dengan air. Namanya Goa Pindul, berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter, lebar 5 meter, serta kedalaman air mencapai 5-12 meter. Selain itu, tempat ini juga memiliki 3 zona, yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Untuk dapat menyusuri gua ini, Anda akan membutuhkan waktu 45 menit hingga 1 jam.

Untuk menikmati pemandangan di dalam gua ini, Anda harus menyewa jasa tour guide. Perjalanan Anda di dalam gua ini nantinya akan disebut sebagai cavetubing. Jika rafting (arung jeram) menggunakan perahu sebagai transportasinya, maka cavetubing menggunakan ban dalam untuk membawa Anda menyusuri Goa Pindul.

Berbagai pemandangan yang menakjubkan akan Anda temukan disana, misalnya stalaktit yang menyatu dengan stalagmite sehingga membentuk seperti sebuah pilar, Stalaktit ini merupakan stalaktit terbesar keempat di dunia. Selain itu juga terdapat sebuah lubang besar yang memungkinkan sinar matahari menyinari bagian dalam gua tersebut, masyarakat sekitar menyebutnya sumur terbalik.

9. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Foto: @kangenmantan_ on Instagram

Ingin berenang namun Anda bosan dengan tempat renang yang begitu-begitu saja?

Anda harus mencoba mengunjungi Pantai Wediombo. Pantai yang terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul ini menyediakan kolam renang alami untuk Anda. Kolam renang di pantai ini terbentuk akibat kumpulan bebatuan karang besar yang kemudian menahan aliran air laut sehingga membentuk layaknya kolam renang.

Pantai Wediombo masih relatif sepi, sehingga bisa menjadi destinasi yang wajib Anda kunjungi untuk mendapatkan suasana tenang yang bercampur dengan udara segar pantai serta deburan ombak. Jika Anda tidak tertarik untuk mencoba “kolam renang” alaminya, Anda pun dapat mencoba untuk memancing ikan dari atas batuan karang yang memang terdapat banyak di pantai ini.

10. Pantai Krakal

Pantai Krakal
Foto: @armekaa on Instagram

Selama berada di Pantai Krakal, sejauh mata memandang, Anda akan menemukan barisan batu karang hijau yang menawan mengelilingi, kontras dengan pasir putihnya yang mengilat.

Selain menawannya batu karang hijau ini, Anda pun akan terkesima dengan bibir lautnya yang airnya berwarna hijau disebabkan batuan karang di bawahnya. Warna ini akan semakin biru seiring mendekatnya ke lautan.

Pantai Krakal ini menjadi salah satu dari banyak pantai favorit di Yogyakarta. Selain panorama alamnya yang indah, ombak di Pantai Krakal ini sangat baik untuk kegiatan surfing. Biasanya, para peselancar pro selalu menanti datangnya ombak Reef Break, yaitu jenis ombak yang cukup ganas dan menantang.

Itulah tadi 10 tempat wisata di Gunungkidul yang cocok untuk Anda abadikan di ponsel dan akun media sosial Anda. Selamat mengeksplor!

Leave a Reply