Inilah 10 Tempat Wisata di Jakarta yang Jangan Sampai Anda Lewatkan, Dijamin Gak Nyesel!

Tempat wisata di Jakarta sangatlah beragam dan menarik untuk dikunjungi mengingat ibu kota Indonesia ini merupakan megapolitan terbesar di dunia yang menawarkan berbagai destinasi wisata termasuk wisata budaya, belanja, sejarah dan jenis wisata lainnya. Banyaknya mall dan tempat hiburan di Jakarta membuat sebagian orang berpikir bahwa Jakarta hanya punya tempat wisata yang itu-itu saja padahal ada banyak objek wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi.

Sebagai kota besar yang padat penduduk, Jakarta memang punya banyak masalah seperti kemacetan tapi tidak berarti wisatawan tidak bisa menikmati keunikan kota ini. Ada banyak objek wisata yang menarik, memanjakan mata dan sayang sekali jika anda lewatkan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

Mau tahu tempat wisata di Jakarta yang bisa Anda jadikan referensi? Berikut ini daftar 10 objek wisata di Jakarta yang kami rekomendasikan kepada anda yang sedang atau memiliki rencana berlibur di Jakarta:

1. Taman impian Jaya Ancol

Ancol Taman Impian
Foto: @anindytaaa on Instagram

Ancol, objek wisata yang satu ini sudah sangat familiar bagi wisatawan di Indonesia. Taman Impian Jaya Ancol tepatnya, adalah sebuah komple wisata objek wisata yang berlokasi di Jakarta Utara dan masyarakat biasa menyebutnya dengan nama “Ancol” saja.

Ada banyak wahana atau taman bermain yang bisa dikunjungi dikomplek wisata ini seperti Dufan atau Dunia Fantasi, Pantai carnival, Atlantis Water Adventure, gelanggang Samudra , Sea World, Pulau Bidadari, Pantai Marina dan lainnya. kawasan Ancol biasa dipadati penduduk saat musim liburan tiba terutama anak-anak yang ingin bermain dibeberapa wahana yang disediakan di Ancol.

Pokoknya, Ancol adalah tempat yang tepat untuk wisatawan yang suka bermain dan bersenang-senang bersama teman ataupun keluarga. Selain itu dikawasan Ancol juga terdapat Gondola atau kereta gantung yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati kawasan taman impian jaya Ancol dari ketinggian.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata di Jogja
Foto: @hanifatiramadhani28 on Instagram

Ingin mengunjungi Indonesia dalam satu hari? Memang tidak mungkin, tapi di Taman Mini Indnesia Indah atau TMII ini kita bisa berkeliling Indonesia dalam waktu kurang dari satu hari. Jangan salah sangka, kita bukannya mengelilingi seluruh daerah yang ada di Indonesia akan tetapi kita akan menjumpai miniatur Indonesia dalam sebuah komplek taman wisata.

Di taman seluas 250 hektar ini pengunjung bisa melihat dan mengunjungi rumah rumah adat dan taman ini juga nampak seperti miniatur Indonesia. Ada sekitar 26 rumah adat dari setiap provinsi di Indonesia, dan didalam masing-masing rumah adat dilengkapi dengan segala hal yang meyangkut provinsi tersebut seperti baju adat, senjata dan alat musik tradisional.

Selain rumah-rumah adat, pengunjung juga bisa menonton film atau pertunjukan di teater tanah airku atau diteater IMAX Keong Mas, atau mengunjungi fasilitas lain yang juga disediakan di area taman.

3. Pulau Tidung

Tempat Wisata di Jakarta
Foto: @arnoldapriandi on Instagram

Jakarta sebagai kota yang juga ada dipesisir pantai juga memiiliki gugusan pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Seribu. Ada banyak pulau yang menyusun gugusan pulau tersebut, salah satunya adalah Pulau Tidung. Pulau ini menurut sebagian besar masyarakat dan traveller yang pernah berkunjung, adalah pulau yang punya daya tarik lebih dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya digugusan kepulauan seribu.

Hal ini mungkin dikarenakan panorama alam sekitar pulau yang cantik dan ikon pulau yang tak kalah menarik, Jembatan cinta pulau Tidung yang membentang sepanjang 700 meter ditepi pulau. Pulau Tidung juga dikenal sebagai pulau terbesar di kepulauan seribu dan saat ini banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri dan mancanegara.

Banyaknya wisatawan ini memang didukung oleh lengkapnya fasilitas dipulau ini dan berbagai aktifitas yang dilakukan seperti diving, snorkeling, banana boat dan lain sebagainya. Untuk mencapai pulau Tidung kita hanya perlu menyebrang dari kawasan Ancol ke gugus kepulauan Seribu.

4. Grand Indonesia Mall

Grand Indonesia Mall
Foto: @tiyaoktarini on Instagram

Tahukah Anda bahwa Jakarta adalah kota dengan jumlah mall terbanyak di dunia dengan 170 mall yang tersebar diseluruh penjuru kota. Mungkin predikat ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya jika mengunjungi Jakarta tanpa berbelanja disalah satu pusat perbelanjaan atau shopping mall.

Salah satu mall yang wajib dikunjungi saat mengunjungi Jakarta adalah Grand Indonesia Mall yang berdiri sejak tahun 2007 silam. Mall yang terletak di jalan Mh Thamrin atau dipusat kota Jakarta ini adalah satu dari beberapa mall terbesar dan termewah di Jakarta. Tidak heran jika para shoppaholic atau penggila belanja menyebut mall ini sebagai surga belanja karena mall ini punya banyak toko dan gerai dengan berbagai merek ternama.

Tidak hanya itu, Grand Indonesia juga memiliki berbagai fasilitas lain seperti restoran, cafe, bioskop, arena bermain dan fasilitas lain yang membuat pengunjung semakin betah dan nyaman berjalan-jalan dan shopping.

5. Monas

Monas
Foto: @lim.benjie on Instagram

Siapa yang tak kenal dengan ikon kota Jakarta yang satu ini? Ya, Monas atau Monumen Nasional adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Jakarta. Monumen yang mulai dibuka pada tahun 1975 ini terletak tepat ditengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Pengunjung bisa berkunjung ke Monas setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00 dan melihat-lihat bagian dalamnya yakni Museum Sejarah Nasional yang berisi sejarah bangsa Indonesia. Tidak sampai disitu, pengunjung juga bisa menaiki lift untuk sampai dibagian puncak monas yang tingginya 132 meter.

Dari puncak monas, kita bisa menyaksikan kota Jakarta dari ketinggian, dan pengalaman ini sulit untuk dilewatkan bagi para wisatawan. Sebagai ikon kota Jakarta, Monas tidaklah sulit ditemukan dan siapapun bisa sampai ke monas dengan menggunakan berbagai alternatif kendaraan umum maupun pribadi.

6. Monumen Selamat Datang

Monumen Selamat Datang
Foto: @sherlysnt on Instagram

Selain monumen nasional. Monumen yang satu ini juga tak kalah terkenal. Terletak di tengah Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, monumen selamat datang berdiri dengan kokoh dengan dua buah patung pria dan wanita yang melambaikan tangan dan menggenggam bunga.

Monumen yang didirikan tepat di depan Hotel Indonesia ini memang terlihat seperti orang yang sedang menyambut tamu yang datang dari arah monumen nasional atau monas. Memang jika menilik sejarahnya, monumen setinggi kurang lebih 7 meter ini dulunya memang dibangun dalam rangka menyambut atlit Asian Games IV yang datang ke Jakarta dan akan bertanding di Indonesia.

Jika lewat kawasan bundaran HI tidak ada salahnya berhenti dan mengabadikan foto didepan monumen yang juga dikelilingi air mancur ini. Daerah Bundaran Hi dan monumen Selamat Datang biasanya dipadati pengunjung saat Car Free Day atau saat akhir pekan di hari minggu.

7. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
Foto: @safone_id on Instagram

Museum Fatahillah atau yang secara resmi dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta merupakan salah satu museum yang ada di Jakarta. Dulunya atau sekitar tahun 1700an, museum ini adalah gedung pemerintahan atau Balai Kota batavia VOC. Museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah, Jakarta. Gedung museum Fatahillah terdiri dari dua lantai yakni lantai bawah dan lantai atas.

Di gedung bagian bawah atau lantai bawah, pengunjung bisa melihat koleksi peninggalan bersejarah seperti prasasti, keramik kuno, dan koleksi peninggalan budaya masyarakat Betawi kuno, sedangkan dilantai atas terdapat berbagai perabotan khas Bangsa Belanda seperti tempat tidur, kursi, lukisan dan lain sebagainya. dilantai atas bangunan ini juga terdapat jendela besar dimana pada zaman dahulu bangsa Belanda bisa menyaksikan tahanan yang dihukum mati.

Sebenarnya masih ada satu ruang lagi yang ada dalam bangunan ini yaitu ruang bawah tanah yang dulunya digunakan sebagai penjara. Di museum ini ada banyak program wisata yang ditawarkan seperti wisata kampung tua, jelajah malam museum, pentas seni, nonton film zaman dulu dan lainnya. Pastinya kegiatan di museum ini bisa memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung.

8. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia
Foto: @anitacempreng on Instagram

Terletak di jalan Merdeka Barat, Gambir Jakarta, Museum Nasional Indonesia juga bisa menjadi alternatif wisata sejarah di kota Jakarta. Bangsa Indonesia tentunya harus tahu dan setidaknya pernah berkunjung ke museum ini karena museum ini adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Museum yang didirikan pada tanggal 24 April tahun 1778 ini memiliki banyak koleksi bersejarah diantaranya benda-benda kuno yang berasal dari penjuru nusantara seperti prasasti, arca, lukisan, dan barang-barang kerajinan lainnya.

Museum ini juga dikenal dengan nama museum Gajah karena didepan museum ini terdapat sebuah patung gajah terbuat dari perunggu yang merupakan hadiah dari Raja Thalland pada tahun 1871. Gedung Museum Nasional yang memiliki arsitektur klasik gaya Eropa ini pastinya akan tampak cantik dijadikan background dalam foto Anda.

9. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
Foto: @setyomangun on Instagram

Bagi Anda pecinta satwa dan senang menghabiskan waktu bersama keluarga terutama anak-anak, kebun binatang ragunan adalah tempat yang cocok untuk berlibur sambil menyaksikan dan berinteraksi dengan satwa. Kebun Binatang ragunan, terletak didaerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Berbagai jenis satwa dari 295 spesies bisa kita temukan di kebun binatang dengan luas mencapai 140 hektar ini.

Satwa koleksi kebun binatang ragunan dipelihara dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Didirikan di tahun 1864, sebagai kebun binatang pertama di Indonesia, kebun binatang ini tidak henti dikunjungi oleh wisatawan dan buka setiap harinya, untuk mencapai objek wisata ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang langsung menuju area kebun binatang seperti Trans Jakarta dan atau kendaraan umum lainnya.

10. Kota Tua Jakarta

Tempat wisata di jakarta
Foto: @asrul_muis on Instagram

Satu lagi objek wisata yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, Kota Tua Jakarta. Sesuai namanya kawasan kota tua ini memiliki arsitektur bangunan tempo dulu seperti gedung arsip nasional, gedung Pecinan Glodok Pinangsia, Museum Fatahillah dan gedung bersejarah lainnya.

Di zaman penjajahan Belanda, kawasan kota tua adalah pusat perdagangan dan kini menjelma sebagai salah satu pusat wisata sejarah di Jakarta dan telah banyak mengalami renovasi. Disini pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas seperti mengunjungi museum, bersepeda, bermain bersama keluarga dan teman atau sekedar berfoto bersama. Lokasi kota tua yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat khususnya daerah Pinangsia, Roa Malaka dan Taman sari ini bisa dijangkau dengan mudah karena ada banyak kendaraan umum yang terhubung langsung ke lokasi ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Jakarta yang kami rekomendasikan. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Betawi jika berkunjung ke kota ini karena kunjungan wisata pastinya tidak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khas suatu daerah.

Leave a Reply