10 Tempat Wisata di Lombok yang Indah dan Menarik untuk Dikunjungi. Ngetrip Kesana Yuk!

Selain Bali, Indonesia juga punya destinasi wisata alam eksotis lainnya yang tidak kalah menarik. Letaknya juga tak terlalu jauh dari Pulau Dewata ini. Ya, mari berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ada di sisi timur Bali, pulau dengna luas sekitar 4.725 kilometer persegi ini menawarkan berbagai keindahan alam dan wisata eksotis yang memiliki kesan tersendiri. Dijamin, ada perbedaan ketika mengunjungi Lombok dengan destinasi wisata lainnya.

Apa yang membuat banyak wisatawan tidak kapok mengeluarkan dana lebih hanya untuk kembali berwisata di sini? Ada karakter wisata yang unik dan mengukir kesan yang berbekas dalam bagi para wisatawan. Ya, Pulau ini mengutamakan wisata alamnya yang luar biasa.

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

Apa saja sih daftar tempat wisata di Lombok yang membuat banyak orang berkunjung satu kali saja nampaknya tidak puas? Langsung saja, cek daftarnya dibawah ini!

1. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Foto: @ratieh_cietrawatie on Instagram

Bukan cuma Bali yang terkenal akan banyaknya pura. Di Lombok, kita juga bisa menikmati pesona matahari terbenam dari sebuah pura eksotis bernama Pura Batu Bolong. Letaknya tak jauh dari Pantai Senggigi. Sekilas, memang pura ini mirip dengan Pura Tanah Lot yang ada di Bali, hanya saja di Pura Batu Bolong kita bisa melihat keunikan dari pasir pantai yang berwarna hitam dan memiliki lubang di tengah pasing sehingga kerap disebut batu bolong.

Apa yang unik dari pura ini? Dipercaya oleh para pemeluk agama Hindu, pura ini memiliki atmosfer spiritual yang kuat, sehingga mereka yang berdoa di sini dipercaya akan mendapatkan ketenangan batin dan kedamaian. Untuk bisa masuk dan menikmati pemandangan di sini atau sekaligus ini berdoa di Pura Batu Bolong, setiap wisatawan akan dikenakan biaya retribusi yang relatif murah, yaitu Rp 20.000 per orang.

2. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

Foto: @zharnd on Instagram

Terkenal dengan keasriannya yang benar-benar dijaga, membuat kekayaan alam di Lombok banyak yang termasuk dalam daftar ‘Wajib Dikunjungi’. Salah satunya adalah Pantai Sekotong yang terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, atau berjarak 60 km dari pusat kota Mataram. Keunikan dari pantai ini adalah perbukitan yang mengelilinginya berpadu dengan jernihnya air lepas pantai dan birunya langit yang belum banyak terkontaminasi asap kendaraan.

Pantai ini relatif baru dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Namun, mengingat keindahannya yang sangat mengundang, fasilitas pendukung seperti hotel dan penginapan mulai banyak dibangun. Pantai ini bisa jadi alternatif destinasi wisata di Lombok bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan pemandangan cantik.

Selain cantik, ternyata Pantai Sekotong juga menyimpan kekayaan alam bawah lautnya yang tak kalah menarik. Terbukti daerah ini dikenal memiliki terumbu karang yang sulit ditemukan di daerah lain. Belum lagi Anda akan dimanjakan pemandangan berbagai karang yang masih utuh melindungi penghuninya yang berenang bebas.

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Foto: @jojonmade on Instagram

Sudah pasti pantai satu ini harus masuk dalam jajaran tempat wisata di Lombok yang tidak boleh kelewatan. Pantai Senggigi terletak di daerah Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Inilah pantai yang paling dicari oleh wisatawan ketika menjejakkan kaki di Lombok.

Karena sudah relatif dikenal oleh wisatawan, maka fasilitas akomodasi pendukung di sekitar pantai ini relatif lengkap. Anda tidak akan sulit menemukan berbagai hotel dan penginapan, toko souvenir, restoran, hingga pusat hiburan.

Jika sudah sampai di Pantai Senggigi, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan yang umum dilakoni para wisatawan seperti berenang, berjemur (jika Anda ingin membuat kulit lebih eksotis), atau snorkeling dan bertemu makhluk laut yang jarang ditemui oleh para penduduk kota-kota besar.

Puas bermain dan berkeliling di Pantai Senggigi? Sempatkan waktu untuk mencoba hidangan khas Lombok yaitu Ayam Taliwang yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui restoran yang berjajaran di sekitar pantai. Bukan hanya hidangan khas lombok, wisatawan asing juga akan difasilitasi dengan adanya menu western yang dibanderol dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Foto: @adityadedet_ on Instagram

Lombok adalah pulau yang tepat untuk dikunjungi bagi para pecinta alam sekaligus mereka yang hobi menantang adrenalin dengan melakukan aktivitas mendaki gunung. Gunung apa di Lombok?

Tepat sekali! Gunung Rinjani adalah gunung yang wajib jadi obyek mendaki mengingat bukan hanya menantang dari segi ketinggian, tetapi juga menantang mereka yang ingin mengintip secuil keindahan surga tersembunyi di area ini. Mulai dari start pendakian, selama perjalanan, sampai pada puncaknya, para pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan yang benar-benar menggambarkan keindahan surga dunia.

Bukan hanya memanjakan para pendaki yang ingin mencoba menaklukkannya, kawasan Gunung Rinjani juga dikenal akan kehidupan flora dan faunanya yang bermacam-macam. Salah satu flora yang terkenal ada di sini adalah Bunga Edelweiss alias yang kerap disebut sebagai bunga keabadaian. Bagaimana dengan faunanya? Setidaknya 100 jenis burung dan monyet akan mudah ditemukan bersama dengan kehadiran landak maupun rusa.

5. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Foto: @themancung on Instagram

Pantai lagi, pantai lagi. Tapi tidak apa-apa karena meskipun destinasinya seputar pantai, Lombok tak pernah kehabisan stok pemandangan alam untuk memukau wisatawan yang berkunjung ke sini.

Pantai Tanjung Aan termasuk dalam daftar pantai yang sebaiknya dikunjungi ketika berada di Lombok, terutama jika Anda tipe orang yang hobi dengan olah raga air seperti snorkeling maupun diving. Pantai ini memiliki keunggulan perpaduan kedalaman laut yang dangkal dan juga ombaknya yang relatif tenang meski langsung berhubungan dengan Samudera Hindia. Tidak tertarik dengan olah raga ini? Bersantailah di gazebo beratapkan jerami yang banyak ditemukan di sekitar area pantai. Atau ketika Anda mulai lapar, silakan pilih mau menuju restoran mana yang banyak berjajar sembari menjajakan makanan khas Lombok.

Jika Anda tiba di Pantai Tanjung Aan pada sekitar bulan Februari, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan langsung acara adat berupa Ritual Bau Nyale yang berhubungan dengan mitos adanya Puteri Mandalika. Tokoh ini dikenal akan ceritanya yang melompat dari bukit di sekitar panti guna menghindari seorang pangeran yang berusaha menikahinya. Setelah melompat, warga sekitar percaya bahwa puteri telah melewati proses reinkarnasi menjadi Nyale atau cacing laut.

6. Desert Point

Desert Point

Foto: @alexandreribeiro_xandinho on Instagram

Hobi selancar? Kalau di Lombok, para peselancar pasti setuju untuk mengatakan bahwa Pantai Bangko-bangko atau Desert Point merupakan lokasi terbaik untuk melakukan selancar. Mengapa? Desert Poin dikenal sebagai spot surfing untuk surfers terbaik dunia karena memiliki ombak yang paling mendukung serta menantang dengan tinggi gelombang yang mampu mencapai 3 meter dan panjang dinding gelombang sekitar 300 meter.

Apakah di sini hanya bisa berselancar? Tentu tidak! Anda yang bukan seorang surfer bisa melakukan aktivitas lain seperti berjemur, memancing di tengah laut (menggunakan kapal sewa), menjelajahi hutan mangrove seluar lebih dari 2.000 hektar, dan juga snorkeling. Dijamin tidak akan mengecewakan, deh!

7. Pantai Mawun

Pantai Mawun

Foto: @syamsulhadi90 on Instagram

“Sekadar mau bersantai di pantai sembari menikmati pemandangan alam yang tenang, nih. Di mana ya?”
Oke! Langsung saja kita menuju Pantai Mawun, salah satu pantai yang direkomendasikan bagi para pecinta ketenangan. Yang membuat pantai ini istimewa adalah bibir pantainya yang luas, cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan di pinggir pantai dengan deburan ombak yang relatif ramah bagi para pengunjung.

Yang menjadi nilai tambah dari Pantai Mawun adalah lokasi ini belum banyak terjamah wisatawan sehingga masih tergolong asri dan tenang. Panorama Pantai Mawun tidak bisa ditolak begitu saja, bahkan kalau disandingkan dengan pemandangan di Pantai Kuta Bali juga bisa kok.

8. Tanjung Bloam

Tempat wisata di Lombok

Foto: @rizallukman701 on Instagram

Lagi-lagi pantai menjadi destinasi wisata yang diunggulkan oleh Lombok pada para wisatawan yang berkunjung ke sini. Setelah Pantai Sekotong, Pantai Senggigi, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Mawun yang direkomendasikan atas kelebihannya masing-masing, ternyata masih ada lagi pantai yang tak kalah menarik, yaitu Pantai Tanjung Bloam.

Namun, berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya yang menawarkan perpaduan lautan lepas dengan hamparan pasir putih yang luas, di Pantai Tanjung Bloam ini justru terlihat sebagai sebuah kolam alam yang begitu bersih dan asri. Memang tidak ada hamparan pasir pantai di sini, sebagai gantinya kita bisa menikmati keindahan lautan lepas di pantai ini dari tebing-tebing. Ciri khas dari Pantai Tanjung Bloam ini adalah adanya tebing yang menjorok ke tengah lautan, layaknya sebuah monumen atau tugu.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya Pantai Tanjung Bloam sendiri adalah tempat konservasi penyu yang ada di Lombok. Penyu-penyu ini memiliki habitat di sepanjang garis pantai. Keindahan dari pantai ini bisa Anda dapatkan setelah berjuang melewati hutan yang melindungi pantai ini dari sentuhan modernisasi perkotaan.

9. Pantai Seger Kuta

Pantai Seger Kuta

Foto: @adityak_94 on Instagram

Alternatif wisata pantai terakhir yang disarankan adalah Pantai Seger Kuta. Hmm, ada apa ya di pantai ini?

Pantai ini tergolong unik karena geografisnya yang sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai yang kita tahu. Jika dilihat dari atas, pantai ini justru terlihat sebagai danau raksasa yang seolah tak terhubung dengan lautan lepas maupun samudera.

Uniknya lagi, di sini terdapat dua sisi pantai yaitu Pantai Seger bagian luar dan dalam. Perbukitan, batu karang, pasir putih, dan langit biru adalah kombinasi keindahan dari Pantai Seger ini. Air lautnya juga relatif bersih terlihat dari pantulannya yang berwarna tosca dan biru. Akomodasi di Pantai Seger Kuta juga terbilang lengkap mulai dari hotel atau penginapan, restoran, kamar mandi dan toilet, serta toko souvenir.

10. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Foto: @virsulisdianti on Instagram

Kenal dengan Trio Gili? Jika sekarang yang ada dalam bayangan adalah Gili Trawangan, wah, berarti Anda butuh piknik lebih lama dan pelosok lagi kalau ada di Lombok. Bukan hanya Gili Trawangan saja yang terkenal unik. Salah satu anggota Gili lainnya juga ingin unjuk rasa kebolehannya memukau wisatawan. Perkenalkan, Gili Nanggu!

Gili Nanggu dikenal sebagai sebuah pulau yang relatif kecil dan masih sepi. Lokasi tepatnya ada di Selat Lombok dan berada di wilayah administratif Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Bagi yang baru saja mengunjungi Pantai Sekotong, bisa lah berkunjung ke Gili Nanggu. Di sini wisatawan bisa mendapatkan pengalaman liburan tenang dengan pemandangan pantainya yang sama-sama bisa memanjakan mata.

Keheningan adalah keunggulan Gili Nanggu, cocok bagi Anda yang butuh destinasi wisata yang jauh dari hiruk pikuk kesibukan masyarakat modern. Meskipun begitu, segala fasilitas akomodasi sudah terbilang lengkap mulai dari penginapan, resort, fasilitas diving dan snorkeling, hingga jogging track. Momen terbaik di sini adalah ketika matahari tenggelam. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan kesempatan makan malam di pinggir pantai dengan pemandangan terbaik di Gili Nanggu satu ini. Romantis!

Kesimpulan

Keren kan beberapa tempat wisata di Lombok diatas? Dijamin deh tidak akan menyesal datang ke sini. Daripada harus memperkaya negara lain dengan kedatangan kita yang hanya sebagai turis, bukankah lebih baik kita datang ke pelosok negeri sebagai saksi keindahan duniawi Ibu Pertiwi?

Ayo, kenali Indonesia mulai dari tempat-tempat mainstream sampai yang keberadaannya mungkin tidak pernah didengar masyarakat kita. Siap menyibak keindahan Indonesia yang mampu memukau mata dunia?