10 Tempat Wisata di Makassar Ini Bakalan Membuat Anda Ingin Kesana Lagi dan Lagi

Ada banyak cara untuk menikmati liburan Anda, salah satunya adalah dengan menikmati berbagai destinasi yang menarik dan cukup membuat Anda kembali merasa segar dan bersemangat. Ada banyak destinasi wisata yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, entah itu wisata pantai, wisata gunung dan lain sebagainya, berbagai kategori objek wisata semuanya ada di Indonesia.

Daripada Anda memilih untuk menghabiskan masa liburan di negara orang, ada patutnya Anda mencoba untuk menikmati destinasi lokal yang ada di Indonesia, salah satunya adalah dengan menikmati keindahan alam di Makassar.

Rekomendasi Tempat Wisata di Makassar

Mau tahu destinasi wisata di Makassar yang indah, menarik dan bakalan menghilangkan penat pikiran Anda? Berikut 10 tempat wisata di Makassar yang perlu Anda sambangi:

1. Pulau Samalona

Pulau Samalona
Foto: @rahmadhenrian on Instagram

Tidak perlu jauh-jauh ke Maldives jika ingin menikmati indahnya lautan biru dan pasir pantai yang putih. Pulau Samalona yang berada di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan, merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Selat Makassar dan masih merupakan bagian dari kota Makassar. Untuk mencapai Pulau Samalona, Anda perlu menyewa perahu motor. Harga sewa perahu motor ini bervariasi, jika

Anda menyewanya secara pribadi (artinya Anda akan menggunakan perahu motor ini sampai kunjungan selesai) maka harga yang ditarik adalah sebesar Rp500.000, Anda masih dapat menawar harga ini sesuai kesepakatan. Sementara itu, jika Anda merasa budget Anda sedikit, Anda dapat melakukan perjalanan dengan menyewa perahu motor secara umum, yaitu menggunakannya dengan beberapa orang lain dan melakukan kunjungan sampai batas yang telah ditentukan.

Perahu motor yang membawa Anda ke Pulau Samalona ini dapat Anda jumpai di dermaga Kota Makassar yang letaknya tak jauh dari Pantai Losari. Dari sana, butuh waktu sekitar 30 menit untuk menempuh 2 km perjalanan menuju Pulau Samalona. Perjalanan itu akan berakhir di sebuah pulau kecil yang luasnya hanya sekitar 2 hektar. Meskipun begitu, pemandangan yang menakjubkan akan menyambut dan memanjakan mata Anda.

Lautnya yang biru kehijauan dan jernih membuat Anda dapat melihat eksotisme dari ekosistem di dalamnya. Berbagai terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni ini dapat Anda nikmati langsung dengan fasilitas diving dan snorkeling yang disediakan di pulau tersebut. Harga sewa alat-alat snorkeling ini pun relative murah, yaitu hanya berkisar Rp50.000 – Rp100.000.

Selain keindahan bawah lautnya, Anda pun juga akan dimanjakan dengan pasir putih pantainya yang bersih dan tidak tercemar sampah. Di pulau ini juga terdapat rumah-rumah warga yang dapat Anda jadikan tempat menginap sementara atau tempat untuk membersihkan tubuh Anda. Selain itu, Anda pun dapat mencicipi kelezatan olahan seafood buatan warga sekitar.

2. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung
Foto: @exploremakassar on Instagram

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (atau biasa disingkat TN Babul) merupakan salah satu taman nasional yang terletak di Sulawesi Selatan dan berada di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene. Di Taman Nasional Bantimurung ini Anda dapat menikmati air terjun dan alirannya yang deras dengan tepian batu yang indah dan memanjakan mata. Udaranya yang sejuk membuat Anda lebih segar dan tenang.

Taman Nasional Bantimurung dikenal mancanegara sebagai “The Kingdom of Butterfly”. Hal ini dikarenakan jumlah dan keanekaragaman habitat kupu-kupu yang begitu besar. Untuk melindungi habitat tersebut, Taman Nasional Bantimurung mengembangkan penangkaran kupu-kupu yang dikonsep sebagai Taman Kupu-Kupu. Selain berbagai jenis kupu-kupunya yang indah dan cantik, Taman Nasional Bantimurung pun dikenal karena kedua gua nya yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah. Kedua gua itu adalah Gua Batu dan Gua Mimpi.

Untuk dapat masuk ke Taman Nasional Bantimurung ini Anda akan diminta untuk membayar karcis seharga Rp20.000 per orang, sudah termasuk tiket untuk masuk ke gua dan juga Taman Kupu-Kupu serta menikmati fasilitas yang ada disana. Hm, murah kan?

3. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena
Foto: @muthiara_rahman on Instagram

Pantai Akkarena adalah pantai yang terletak di Kota Makassar dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 10 menit dari pusat kota. Pantai ini terletak tepat di depan Mall GTC Makassar dan hanya beberapa meter jauhnya dari Mall Trans Studio.

Pantai indah ini sering dikunjungi masyarakat Makassar untuk mendapatkan pemandangan yang memanjakan mata dan udara yang segar tanpa perlu jauh-jauh pergi dari pusat kota. Selain itu, pantai ini juga juga menyediakan sarana bermain dan belajar, serta juga menyediakan sarana untuk permainan air yang memacu adrenalin, misalnya banana boat, jet sky, sampai dengan penyewaan ATV.

Untuk menikmati keindahan Pantai Akkarena ini, Anda hanya perlu membayar karcis sebesar Rp5000 untuk masuk dan Rp2000 untuk biaya parkir mobil, atau Rp1000 untuk biaya parkir motor.

4. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate
Foto: @sansadhia on Instagram

Jika Anda menduga taman nasional yang satu ini sebelas dua belas dengan Taman Nasional Bantimurung, maka Anda salah besar. Taman Nasional Taka Bonerate ini merupakan taman laut yang atolnya menjadi kawasan terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

Sebagai kawasan yang dilindungi, Taka Bonerate ini terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Dari sekian pulau yang terdapat disana, hanya 7 pulau yang dihuni, yaitu Pulau Pasitallu Tengah, Pasitallu Timur, Rajuni Besar, Rajuni Kecil, Latondu Besar, Jinato, dan Tarupa Besar. Para penduduknya terdiri dari dua etnis utama, yaitu Bajo dan Bugis.

Untuk menuju ke Taman Nasional Taka Bonerate ini, Anda perlu ke Pulau Selayar terlebih dahulu. Kemudian menempuh perjalanan darat selama 1,5 jam menuju Pelabuhan Pattumbukang, baru kemudian menuju Pulau Tinabo, salah satu pulau di Taka Bonerate, dengan menempuh waktu sekitar 4-5 jam.

Meskipun harus menempuh akses yang lumayan jauh ini, sesampainya di tempat Anda akan langsung dimanjakan dengan kilauan laut berwarna biru yang bening dan desir angin yang sejuk. Anda pun dapat menikmati wisata bawah lautnya dengan sarana diving dan snorkeling yang sudah disediakan. Selain itu, Anda pun dapat mencoba untuk bermain dengan anak-anak hiu yang lucu bersama dengan ahlinya.

5. Tanjung Bira

Tanjung Bira
Foto: @gabriellie on Instagram

Salah satu tempat wisata di Makassar yang menarik adalah Tanjung Bira. Tanjung Bira merupakan pantai yang terletak di Kabupaten Bulukumba dan berjarak sekitar 200 km dari Makassar. Pantai Tanjung Bira ini merupakan pantai berpasir putih yang indah dan bersih, sehingga keindahan dan kenyamanannya sudah tidak dapat diragukan lagi. Pantai Tanjung Bira memiliki air laut yang memiliki 3 gradasi warna, yaitu putih, putih kebiruan, hingga biru jernih pada bagian yang semakin dalam. Dengan fasilitas peralatan diving dan snorkeling yang telah disediakan, Anda dapat menjelajah lautan Tanjung Bira yang eksotis.

Untuk mencapai Tanjung Bira dari Makassar, Anda perlu melakukan perjalan ke Bulukumba. Lantas dari Bulukumba, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum ke Pantai Tanjung Bira. Untuk biayanya pun cukup murah, yaitu sekitar Rp10.000 per orang.

Selain menikmati keindahan pantai dan lautnya, Anda pun dapat menikmati fasilitas lain di Tanjung Bira seperti berjemur, menikmati sunrise maupun sunset, serta sebagai bonus, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Liukang dan Pulau Kambing sebatas mata memandang ke laut lepas.

6. Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian Air Panas Lejja
Foto: @qqfitria on Instagram

Anda merasa penat setelah bekerja? Ada baiknya Anda mengunjungi pemandian air panas untuk merilekskan otot-otot tubuh Anda yang menegang dengan mengunjungi Pemandian Air Panas Lejja. Pemandian Air Panas Lejja berada di kawasan hutan lindung yang berada di Desa Bulu, Kecamatan Mariorawa, atau 44 km jauhnya dari Kota Watansopeng, Kabupaten Soppeng.

Pemandian Air Panas Lejja merupakan tempat yang nyaman untuk melepas penat Anda karena tempat ini menggunakan sumber air panas dengan suhu mencapai 60 oC dengan kandungan belerang yang tinggi, sehingga dapat menyembuhkan gatal dan menghilangkan rematik.

Selain khasiatnya, Pemandian Air Panas Lejja juga menyuguhkan lingkungan yang bersih dan asri. Berada di kawasan hutan lindung membuat pemandian air panas ini memiliki udara yang segar, sehingga meskipun Anda tidak ikut merendam diri di dalam kolam air panas, Anda masih dapat menikmati segarnya udara di tempat tersebut.

7. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan
Foto: @jengwidi on Instagram

Kayangan diartikan sebagai tempat tinggal para bidadari, dan nama itu sepertinya memang cukup layak untuk menjadi nama sebuah pulau pesisir kecil yang terletak di wilayah Kelurahan Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar. Berjarak sekitar 0,8 km dari Kota Makassar, Pulau Kayangan ini dapat ditempuh menggunakan perahu boat selama 15 menit.

Tidak jauh berbeda dengan pulau-pulau lain yang berada di sekitaran Makassar, Pulau Kayangan pun memiliki pantai yang indahnya memanjakan mata. Lautan yang biru memungkinkan Anda untuk melihat ekosistem bawah laut yang eksotis. Selain itu, pantainya pun cukup bersih dengan pasir putih yang mengilap ketika terpapar sinar matahari.

Untuk menikmati pemandangan di Pulau Kayangan ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp40.000 per orang untuk tiket masuk dan juga tiket perahu motor pulang pergi.

8. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke
Foto: @joevanka0 on Instagram

Sulawesi Selatan seolah menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi, salah satunya adalah Pulau Kodingareng Keke. Pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni yang berjarak sekitar 13,6 km dari Pantai Losari. Untuk mencapai Pulau Kodingareng Keke ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit menggunakan perahu motor yang disewa dari salah satu dermaga di sekitar Pantai Losari.

Pulau Kodingareng Keke merupakan pulau yang relatif kecil, bahkan hanya nampak seperti gusung atau sekumpulan pasir yang timbul diantara lautan yang biru. Namun meskipun begitu, pulau ini merupakan pulau yang menawarkan keindahan yang dapat memanjakan mata.

Anda pun dapat menikmati wisata bawah laut yang indah pada pulau ini. Berbagai terumbu karang dan ekosistem laut yang seimbang akan Anda jumpai bersama dengan gerakan-gerakan lincah ikan nemo. Selain menikmati bawah laut dengan diving dan snorkeling, Anda pun dapat menikmati senja dari ufuk barat bersama dengan orang-orang yang Anda cintai. Tempatnya yang tidak terlalu ramai pengunjung akan membuat suasana tenang dan romantis, cocok untuk Anda yang sedang liburan bersama orang terkasih.

9. Museum Balla Lompoa

Tempat wisata di Makassar
Foto: @dianzazigol on Instagram

Bagi Anda penikmat seni dan sejarah, mengunjungi Museum Balla Lompoa adalah hal wajib bagi Anda yang baru berkunjung ke Makassar. Museum yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa ini merupakan museum yang di rekonstruksi dari Istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada tahun 1936.

Museum Balla Lompoa dibangun diatas lahan seluas 1 hektar dan terdiri dari dua bagian, yaitu ruang utama yang berisi kamar pribadi raja, tempat penyimpanan benda bersejarah, bilik kerajaan, dan juga ruang teras yang digunakan sebagai ruang penerima tamu.

10. Pantai Losari

Pantai Losari
Foto: @dw1olivia on Instagram

Tak afdol rasanya jika berkunjung ke Makassar namun tidak mendatangi Pantai Losari yang terkenal. Sebagai akhir dari perjalanan Anda di Makassar, Pantai Losari sudah tentu harus menjadi salah satu destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan. Di pantai yang terkenal akan keindahan matahari tenggelamnya ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai makanan laut dan ikan bakarnya yang nikmat.

Selain itu, Anda pun dapat menikmati pisang epe, yaitu panganan khas Makassar yang terbuat dari pisang mentah yang dibakar, lantas dibuat pipih dan dicampur dengan air gula merah. Karena pesona Pantai Losari ini, warung-warung yang berjejer di pinggir pantai ini pun dijuluki sebagai warung terpanjang di dunia karena berjejer sampai 1 km.

Itulah tadi 10 tempat wisata di Makassar yang wajib Anda kunjungi. Pastikan liburan Anda menjadi berkesan dengan mengunjungi destinasi-destinasi yang telah disebutkan diatas. Happy traveling!

loading...