10 Tempat Wisata di Malasyia Ini Bakalan Membuat Liburan Anda Tidak Terlupakan

Masa liburan adalah masa yang paling ditunggu oleh anak-anak sekolah maupun para pekerja. Inilah kesempatan untuk melakukan piknik dan refreshing sejenak dari penatnya rutinitas harian. Liburan juga menjadi salah satu alternatif yang baik untuk mengembalikan semangat dan fungsi otak yang lebih segar sehingga lebih siap dan lebih baik ketika sudah memasuki minggu-minggu kerja biasa.

Mau kemana liburan kali ini? Beberapa orang mungkin akan memilih ke kampung halaman, sementara lainnya mengunjungi tempat baru. Di Indonesia sebenarnya terdapat ratusan destinasi wisata yang indah dan menarik, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin menjajal liburan ke mancanegara, contohnya ke Malaysia.

Rekomendasi Tempat Wisata di Malaysia

Kali ini kami akan membahas 10 tempat wisata di Malaysia yang menarik dan sayang sekali kalau dilewatkan. Simak selengkapnya dibawah ini!

1. Petronas Twin Towers

Petronas Twin Towers
Foto: @Simon_sees on Flickr

Landmark-nya Malaysia yang wajib jadi kunjungan kalau ke sini. Petronas Twin Towers adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang difungsikan sebagai kantor bagi Petronas Company (di Tower I) dan beberapa perusahaan nasional dan internasional di Tower II.

Karena dikenal sebagai landmark Malaysia yang tiada duanya, tidak heran jika banyak wisatawan yang memanfaatkan gedung pencakar langit ini sebagai background selfie atau wefie mereka, bukti sah sudah menginjakkan kaki di Malaysia.

Apa hanya selfie yang bisa dilakukan di area ini? Ada beberapa destinasi wisata rekomendasi yang letaknya tak jauh dari Petronas Twin Towers ini, di antaranya Suria KLCC yang merupakan pusat retail sekaligus mall terbesar di sini. Mall ini memiliki luas hingga 140.000 meter persegi yang siap menjajakan berbagai bahan kebutuhan terutama bagi para pelancong yang mengunjungi Petronas Twin Towers.

Selain itu juga ada KLCC Park sebagai taman yang direkomendasikan untuk bersantai sembari menikmati suasana Malaysia dan Skybridge yang merupakan jembatan antara Tower I dan II.

2. Sipadan National Park

Sipadan National Park
Foto: @mvc_travel on Instagram

Rekomendasi tempat wisata di Malaysia selanjutnya adalah Sipadan National Park. Sipadan sendiri merupakan sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 600 meter persegi. Lokasinya ada di Laut Selebes. Pulau ini terbentuk oleh karang-karang yang tumbuh pada cone gunung vulkanik yang sudah berusia ribuan tahun. Yang menjadi daya tarik utama di sini adalah adanya keanekaragaman hayati, terutama kehidupan alam bawah lautnya yang sangat cantik dengan kondisi laut yang bersih terjaga.

Jika Anda berkunjung ke sini, beberapa hewan yang akan paling sering ditemukan adalah kura-kura hijau dan kura-kura hawksbill, barakuda, parrotfish, ikan pari manta, sampai hiu martil!

Karena yang menjadi daya tariknya adalah kehidupan bawah laut, tak heran jika pengunjung yang datang kemari bertujuan untuk melakukan kegiatan air seperti snorkeling dan diving. Namun, karena statusnya sebagai pulau yang dilindungi, maka untuk bisa menikmati alam bawah lautnya, pengunjung harus melakukan reservasi dengan pihak pengelola apakah pengajuan penyelaman itu disetujui.

3. Kilim Karst Geoforest Park

Kilim Karst Geoforest Park
Foto: @okennasodyssey on Instagram

Malaysia juga terkenal kaya akan destinasi wisata alamnya. Salah satunya adalah Kilim Karst Geoforest Park yang terletak di Langkawi. Kilim Karst Geoforest Park adalah sebuah cagar alam dengan luas mencapai 100 kilometer persegi dan diketahui memiliki koleksi penghuni flora dan fauna. Kilim Karst Geoforest Park juga dikenal sebagai tempat dengan formasi geologi yang menakjubkan.

Area ini dilindungi dan dikelola oleh Peninsular Malaysia Forestry Department — bahasa indonesianya adalah Departemen Kehutanan Malaysia. Untuk bisa mencapai Kilim Karst Geoforest Park, Anda harus menyeberangi sungai Kilim dengan menyewa perahu motor melewai hutan mangrove.

Selama perjalanan, wisatawan akan diberi pertunjukkan alam kehidupan binatang liar yang dilindungi seperti tupai, monyet, dan mud crabs. Jika beruntung, Anda akan memperoleh kesempatan langsung melihat buaya yang tinggal di sekitar sini atau bahkan lumba-lumba dan otter.

4. Langkawi Sky Bridge

Sky Bridge Langkawi
Foto: @whitemillion on Instagram

Inilah salah satu jembatan gantung yang menakjubkan di dunia. Anda yang berkesempatan ke Malaysia harus coba untuk berada di atas jembatan sepanjang 125 meter dengan tinggi 100 meter dari permukaan tanah ini.

Penopangnya adalah dua bukit di tiap sisi dengan keunggulan pemandangan keren. Gugusan hutan tropis menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Masih ditambah dengan pemandangan lautan luasnya. Kalau Anda jeli, Anda bisa melihat keberadaan Pulau Tarutao yang letaknya ada di area lepas pantai Thailand.

Jembatan ini menghubungkan Gunung Mat Chinchang dengan Pulau Langkawi. Untuk bisa menaikmati pemandangan dengan bantuan kereta kabel, setiap orang yang berkunjung harus membayar sekitar 30 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp100.000 per orangnya. Tidak perlu merasa keberatan untuk membayar harga ini karena Anda akan disuguhkan pemandangan salah satu jembatan terbaik dunia.

Kabarnya, jembatan ini diklaim memiliki ketinggian lebih dari Triff Bridge yang ada di Swiss atau Jembatan Gantung Ghasa di Nepal. Bagi pengunjung yang memiliki ketakutan berlebihan atau fobia terhadap ketinggian, wisata ini sangat tidak disarankan karena wisata di Langkawi Sky Bridge sebenarnya lebih menantang mereka yang ingin menguji adrenalin.

5. Pulau Redang

Pulau Redang
Foto: @aflinaanuar on Instagram

Mendambakan liburan jauh dari hiruk pikuk kota? Coba berangkat ke negeri seberang, dan cari Pulau Redang. Iya, Pulau Redang. Bukan Rendang. Pulau ini termasuk dalam wilayah adminstratif Malaysia. Dikenal sebagai pulau wisata yang menyenangkan karena air lautnya yang benar-benar bersih dan bisa menunjukkan gradasi dari busa air di bibir pantai yang berwarna putih, menjadi tosca, dan lama-kelamaan berubah menjadi biru gelap.

Jajaran tenda terpasang di pantai, siap memanjakan wisatawan yang butuh suasana rileks ala pantai. Bagi mereka yang tidak bisa diam, snorkeling adalah kegiatan air yang wajib dilakukan karena Pulau Redang juga terkenal akan kebersihan laut dan kehidupan biota laut yang sehat.

Ada beberapa kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini seperti bermain kayak, voli pantai, jungle trekking, bahkan golf. Jangan khawatir soal akomodasi karena di pulau ini sudah dilengkapi berbagai jenis penginapan mulai dari yang relatif murah sampai yang bisa menghabiskan dana liburan. Tergantung pilihan Anda.

6. Kota Kinabalu

tempat wisata di malaysia
Foto: @mooon_sy on Instagram

Terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang tidak bisa ditolak jika berkunjung ke Malaysia. Kota Kinabalu harus masuk dalam daftar kota wisata!

Ada beberapa tempat yang menjadi alternatif jika berada di sekitaran Kinabalu, tergantung pada keinginan Anda ingin tipe wisata yang seperti apa. Jika Anda masih menginginkan suasana pantai, datanglah ke Semporna Archipelago yang menawarkan keindahan lautan lepas dengan pantai pasir putih yang bersih. Atau ketika Anda menginginkan tipe wisata di desa juga bisa mengunjungi Monsopial Cultural Village.

Wisata alam yang berbeda dan bukan berhubungan dengan pantai? Crocer Range National Park and Danum Valley wajib jadi destinasi kunjungan. Atau jika masih mau disibakkan dengan keindahan pemandangan keajaiban alam, datanglah ke kawasan Gunung Kinabalu yang berbeda dengan gunung-gunung di Indonesia.

7. Kota Melaka

Kota Melaka
Foto: @ranselman.wordpress.com

Melaka juga menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan ini lebih banyak menawarkan destinasi sejarah dibandingkan tipe wisata lainnya. Jika Anda tipe orang yang tidak mau rugi, artinya liburan sekaligus menambah pengetahuan, Melaka bisa jadi alternatif wisata yang tepat.

Ada beberapa tujuan di sini yang bisa dikunjungi, pertama adalah Gereja Malaka yang dibangun awal periode pendudukan Belanda dan kerap menyuguhkan atraksi wisata. Selain itu juga ada Cheng Ho’s Cultural Museum yang menampilkan perjalanan sejarah dari Laksamana Cheng Ho dalam bentuk peninggalan Dinasti Ming. Masih ada destinasi lainnya seperti A Famosa yang merupakan spot foto favorit wisatawan di Melaka.

Butuh hiburan rakyat ala Malaysia? Berkunjunglah ke Dutch Square Malacca yang letaknya ada di persimpangan Jonker Street, Chinatown, Melaka River, dan Gereja Melaka tadi. Landmark utama yang ada di sini adalah Tang Beng Swee Clock Tower yang hingga saat ini masih berdenting. Wow!

8. Pulau Tioman

tempat wisata di malasyia
Foto: @Irim Malasyia Mag

Bisa dikatakan sebagai pulau yang paling lengkap yang ada di Malaysia. Pulau Tioman wajib masuk daftar kunjungan wisata Anda!

Letaknya ada di sekitar pesisir timur Negeri Jiran ini. Pulau Tioman mulai dikenal sebab keindahan alamnya luar biasa. Sebenarnya, ini merupakan spot singgah kapal nelayan. Namun karena keindahannya yang menghipnotis, justru menjadikan Pulau Tioman sebagai area wisata.

Perpaduan pasir putih, ombak, dan tarian pohon adalah secuil surga dari Malaysia. Tak berhenti sampai di situ, Pulau Tioman menawarkan keindahan biota laut yang harus disaksikan langsung meski tak memaksa pengunjung untuk berenang karena jernihnya air lautan di sini. Akomodasi di Pulau Tioman relatif lebih sederhana dibandingkan dengan pulau wisata lainnya. Inilah mengapa wisatawan dengan budget pas bisa menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata low budget namun tetap tawaran alam yang tinggi.

9. Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park
Foto: @_zermina_ on Instagram

Jika berlibur ke Malaysia sembari membawa serta putra dan putri, cobalah menjadikan Kuala Lumpur Bird Park ini sebagai alternatifnya. Ini adalah rumah bagi ribuan burung yang terbagi dalam sekitar 200 spesies baik asing maupun lokal. KL Bird Park merupakan tujuan wisata edukasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Burung-burung yang hidup di taman ini relatif jinak dan ramah terhadap orang baru. Anda bisa memberinya makan khusus sembari mengajaknya berfoto dengan membiarkan mereka bertengger di bahu.

Berlokasi tak jauh dari KL Bird Park, Anda juga bisa mengunjungi Butterfly Park yang mengusung konsep taman serupa, namun binatang di sini tentu saja adalah kupu-kupu. 5000 ekor kupu-kupu berterbangan dan melukis pemandangan unik yang tidak bisa ditolak begitu saja.

10. Langkawi Cable Car

tempat wisata di malaysia
Foto: @whitemillion on Instagram

Ingin merasakan bagaimana memandangi Malaysia dari langit? Cukup sederhana, Anda bisa mencoba wisata Langkawi Cable Car. Ada tiga jenis cable car atau gondola yang ditawarkan di sini, yaitu Gondola Biasa, Gondola Kaca Kristal, dan Gondola VIP. 15 Gondola Biasa disewakan dengan kapasitas per ruangan mencapai 6 orang dengan total berat 480 kg.

Untuk Anda yang hobi dengan sesuatu yang ekstrim, coba Gondola Kaca Kristal yang 80% materi pembentuknya terbuat dari kaca. Sementara untuk tipe orang yang lebih senang dengan sesuatu yang ekskulsif, tipe VIP siap memanjakan Anda.

Menyenangkan bukan berlibur ke negeri Jiran? Dunia ini dipenuhi oleh keindahan, begitu lah ketika kita sanggup membuka mata dan pikiran agar lebih terbuka untuk menerima keindahan tersebut. Tertarik untuk berlibur di beberapa tempat wisata di malaysia yang telah disebutkan diatas? Lebih baik, menabung dari sekarang dan rajin mencari promo tiket pesawat murah yang akan menekan budget liburan Anda.

loading...