Mencari Tempat Wisata di Medan yang Menarik? Kunjungi 10 Destinasi Menarik Berikut Ini

Indonesia bukan hanya terdiri dari Pulau Jawa saja. Itulah mengapa terkadang kita perlu main ke luar pulau untuk melihat keindahan yang selama ini hanya bisa dipandang melalui layar TV saja.

Bicara soal keindahan Indonesia, juga bukan hanya perihal Pulau Derawan atau Kepulauan Raja Ampat saja. Atau, sisi sejarah tak melulu soal Candi Borobudur dan Museum Sejarah Sangiran. Berkunjunglah ke Medan, ibu kota Sumatera Utara ini juga salah satu kota di Indonesia yang masih malu-malu menyimpan pesonanya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan

Pariwisata di kota ini juga tak kalah menarik dibandingkan destinasi mainstream yang kerap direkomendasikan situs wisata di Indonesia. Kalau sudah menjejakkan kaki di Medan, coba beberapa tempat wisata di Medan berikut ini?

1. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Foto: @syahnasution on Instagram

Benarkah ini tempat di Indonesia yang memiliki salju tetapi panas? Tak perlu bingung. Salju panas yang dimaksud di sini sebenarnya adalah kawah putih. Sebuah destinasi wisata alam yang unik, memperlihatkan sebuah danau berisi air panas yang bersih berwarna biru dan mengeluarkan asap.

Sumber air panas yang ada pada danau tersebut diketahui memiliki suhu mencapai 90 derajat Celcius. Jangan heran jika anda bisa merebus telur hingga matang hanya dengan mencelupkannya ke dalam danau. Di area wisata ini, anda bisa mengunjungi dua obyek wisata, yaitu Bukit Kapur dan Karpet Alam. Mengapa disebut Karpet Alam? Keindahan aliran sungai berlumut yang bersedia dialiri air panas akhirnya membentuk lumut berwarna hijau keputihan layaknya sebuah karpet.

Keindahan Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini bisa anda nikmati dengan biaya retribusi yang murah. Hanya dengan membayar uang parkir kendaraan dan biaya sukarela yang ingin anda berikan pada pengelola yang merupakan warga setempat, tak lebih dari Rp 20.000 per kendaraan.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Foto: @nadiahtoshiya on Instagram

Alternatif wisata kedua yang ada di Medan adalah Air Terjun Sipiso-piso. Yang unik dari obyek wisata ini adalah karena Air Terjun Sipiso-piso diklaim sebagai air terjun paling tinggi yang berada di wilayah Indonesia.

Soal keindahan sudah tak perlu ragu lagi. Kawasan wisata Air Terjun Sipiso-piso ini dikelilingi oleh hutan pinus yang cantik. Pengelolaan dan perawatannya berada dalam tanggung jawab Pemda Kabupaten Karo. Jadi, jangan tanya jika obyek wisata ini relatif terjaga kecantikan dan kebersihannya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan lokasinya tak jauh dari obyek wisata legendaris, Danau Toba. Jika sudah puas bermain air di sekitar air terjun, cobalah berkunjung ke gardu pandang yang ada di puncak bukit. Keindahan Tanah Karo dan pemandangan Danau Toba yang cantik akan menjadi landscape tak terlupakan!

3. Danau Toba

Danau Toba
Foto: @beergembiraa on Instagram

Rasanya tidak afdol ke Medan kalau tidak menyempatkan diri berkunjung ke obyek wisata satu ini. Danau Toba yang terkenal dengan kisah Si Anak Durhaka Malin Kundang merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang memiliki daya tarik tersendiri.

Berkunjung ke Danau Toba tak hanya bisa mengunjungi danau cantik ini, lho. Ada beberapa tempat wisata di kawasan ini yang sekiranya bisa anda kunjungi. Misalnya Pulau Samosir yang letaknya tepat di tengah Danau Toba, kota Parapat yang terkenal akan kehidupan monyet-monyet liar yang lucu, Desa Tongging yang mempersilakanmu melihat hamparan keindahan area wisata di sekitar Danau Toba, atau Pantai Lumban Silitong Balige yang terkenal lihai memanjakan mata pengunjung dengan panorama yang unik.

Bagaimana dengan retribusi? Tenang saja, kawasan wisata ini sudah dicabut retribusinya alias anda bisa mengunjungi area wisata ini GRATIS!

4. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Foto: @tesaayus on Instagram

Tadi sudah ke Air Terjun Sipiso-piso, ternyata masih ada nih alternatif wisata air terjun lainnya yang tak kalah indah dan masih berada di kawasan Medan, Sumatera Utara. Mari berkunjung ke Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Memangnya benar ada dua warna air terjun di sini?

Yap! Namanya tidak menipu, kok. Memang ada dua warna air di sini. Air terjun yang tumpah berwarna biru muda sedang air yang tertampung justru memperlihatkan warna putih keabuan. Keunikannya bukan hanya itu, air terjun ini tidak hanya ada satu tetapi tiga sekaligus! Perbedaan warna air yang ada di tempat ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang. Itulah sebabnya ketika anda berkunjung ke tempat ini, jangan sampai meminum airnya ya.

Jika beberapa obyek wisata sebelumnya mengunggulkan biaya retribusinya yang relatif rendah, berbeda dengan obyek wisata satu ini. Untuk menikmati keindahannya yang unik, siapkan dana Rp 25.000 per orang sebagai biaya perawatan obyek wisata. Butuh pemandu? Bayar saja dengan tarif antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 tergantung banyaknya rombongan.

5. Danau Linting

Danau Linting
Foto: @haryanti_yantii on Instagram

Tidak hanya Danau Toba yang terkenal apik. Satu lagi obyek wisata danau yang sebaiknya dikunjungi adalah Danau Linting. Ada apa di Danau Linting?

Berjarak sekitar 70 kilometer dari Medan, danau ini menawarkan konsep wisata alam yang memadukan pemandangan hijau dan udara segar. Meskipun belum terlalu sohor seperti Danau Toba, tapi kualitas liburan di sini tidak akan kalah dengan wisata ke Danau Toba. Keunikan danau ini adalah kedalamannya yang masih menjadi misteri. Bahkan kabarnya, seorang peneliti asing yang mencoba mengukur kedalaman danau ini sudah menghabiskan hingga tiga gulung benang yang masing-masing memiliki panjang 100 meter. Itu pun belum sampai pada dasar danau. Jadi, demi keselamatan diri, hindari keinginan berenang di danau ini ya.

Meski tidak diperbolehkan berenang, pengunjung masih bisa menikmati danau ini dengan cara berendam. Air Danau Linting dikenal memiliki suhu mencapai 30 derajat Celcius. Suhu yang pas untuk berendam di tengah sejuknya udara area wisata. Untuk bisa memasuki dan menikmati wisata di sini, pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang.

6. Air Terjun Simempar

Air Terjun Simempar
Foto: @freddyandikamanalu on Instagram

Air terjun Simempar merupakan destinasi air terjun yang terletak di desa Simempar, kecamatan Gunung Meriah, Sumatra Utara. Tidak hanya indah dan menawan, air terjun ini memiliki keunikan yaitu memiliki 3 tingkat dimana setiap tingkatnya memiliki kedalaman air yang berbeda-beda. Tentu saja keunikan ini menjadi ciri khas tersendiri bagi air terjun Simempar.

Untuk para pengunjung yang ingin mandi atau hanya sekedar bermain air, di tingkat ketiga dari air terjun ini sangat pas untuk kegiatan-kegiatan tersebut. Di tingkat kedua beda lagi, aliran air di tingkat ini sangat deras meskipun kedalamannya tidak seberapa. Maka dari itu, di tingkat kedua ini, pengunjung tidak diperbolehkan mandi.

Lanjut di tingkat pertama. Pada tingkat ini merupakan pilihan favorit banyak traveler. Mengapa? Karena mereka dapat meletakkan barang-barang bawaan anda di tingkat ini sekaligus jika anda ingin berenang atau bermain air, sangat diperbolehkan pada tingkat ini. Disarankan untuk tidak menggunakan shampo atau sejenisnya ya, agar kejernihan air dari air terjun ini tetap terjaga.

7. Pulau Samosir

Tempat wisata di Medan
Foto: @randy_wkwk on Instagram

Mana lagi destinasi wisata di sekitar Medan yang wajib dikunjungi? Jawabannya adalah Pulau Samosir. Yap! Pulau Samosir menjadi salah satu pulau wisata terkenal di Medan yang punya banyak destinasi menarik. Di antaranya adalah Onan Runggu yang merupakan pondok untuk memandangi keindahan Danau Toba. Kalau bosan dengan wisata yang menawarkan keindahan, alternatif wisata lainnya yang ada di Pulau Samosir adalah Makam Tua Raja Sidabutar. Mistis sih, tapi lumayan untuk menambah pengetahuan tentang sejarah Kerajaan Batak.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Desa Wisata Tuktuk di Pulau Samosir ini. Bisa dikatakan, ini adalah pusat dari wisatawan asing. Tak heran jika di desa ini akan mudah ditemui kafe serta resort. Mau mandi air belerang? Coba kunjungi Aek Rangat Pangururan yang ada di wilayah Pusuk Buhit. Bukan hanya bisa menikmati rendaman air belerang, secangkir kopi hangat bisa menemanimu selama atau setelah berendam.

8. Pantai Sorake

Pantai Sorake
Foto: @atre7 on Instagram

Memang pantai tak akan sulit ditemui jika kita tinggal di wilayah Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke pun tersebar pantai-pantai indah yang menawarkan keunggulannya masing-masing.

Tapi, kalau sudah berada di daerah Sumatera Utara, jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Pantai Sorake, deh. Kenapa? Tahu kan kalau tidak semua pantai di Indonesia bisa dijadikan pantai yang asyik untuk bermain selancar? Nah, inilah keunggulan Pantai Sorake. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang mendukung kegiatan selancar bahkan mendapatkan predikat pantai terbaik setelah Hawaii.

Ombak di Pantai Sorake ini bahkan bisa mencapai ketinggian 5 meter, cukup menantang adrenalin bagi pecandu olah raga selancar. Bulan April hingga Oktober adalah waktu terbaik untuk menikmati tingginya ombak yang memfasilitasi selancar ini.

Perlu diketahui bahwa Pantai Sorake tak benar-benar berada di wilayah Medan, namun berada di kawasan Nias. Untuk mencapainya, anda bisa menggunakan minibus yang bertarif Rp 40.000 saja atau menggunakan opsi penerbangan perintis bertarif sekitar Rp 230.000 saja.

9. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Foto: @efri.putra on Instagram

Wisata gunung aktif juga bisa menjadi alternatif liburan yang menantang jika anda tipe orang yang memang suka dengan kegiatan yang memacu adrenalin. Datanglah ke kawasan wisata Gunung Sibayak. Mengapa lokasi ini menjadi alternatif yang disarankan?

Kawasan Gunung Sibayak terkenal sebagai surga para pendaki dan keindahan pemandangan matahari terbitnya yang luar biasa. Tentu saja, anda harus mulai mendaki pada pukul 02.00 waktu setempat. Meskipun selama perjalanan anda akan berteman gelap, jangan khawatir tidak mendapatkan momen terbaik. Gemerlap lampu penduduk akan menemani perjalanan sembari memanjakan mata dengan keindahannya.

Daya tarik lainnya selain sebagai gunung yang relatif aman untuk didaki dan akan pemandangan matahari terbitnya, Gunung Sibayak juga terkenal akan sumber mata airnya yang sangat jernih. Tidak mau kehilangan momen foto? Coba masuk dalam Kawah Gunung Sibayak yang kerap digunakan sebagai latar selfie. Hmm, menantang juga ya.

10. Pulau Nias

Pulau Nias
Foto: @bagenkzunko on Instagram

Alternatif terakhir yang bisa jadi opsi wisata adalah Pulau Nias. Pulau ini akan menjadi destinasi yang paling membahagiakan bagi anda pecinta alam. Perpaduan pemandangan yang masih cantik dengan keperawanan obyek wisatanya yang masih jarang dijamah orang menjadikan Pulau Nias sebagai madu pemikat wisatawan pecinta alam.

Beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi kalau sudah menjejakkan kaki di Pulau Nias adalah Pulau Asu — yang terkenal akan pantainya yang bersih dan biru, masih sangat alami, hingga suasana lautannya yang mendukung untuk kegiatan bersantai maupun olah raga air seperti diving.

Selain itu, wajib datangi Pantai Tureloto yang juga dikenal sebagai rekomendasi tempat liburan favoritdi Pulau Nias. Keunikan dari pantai ini adalah bebatuan yang mengelilingi pantai dan salah satu batu tersebut kabarnya bermotif otak manusia.


Itulah kesepuluh tempat wisata di Medan yang menarik dan sayang sekali jika tidak anda kunjungi. Terbukti kan kalau ternyata Medan juga tak kalah menarik dari sisi pariwisata? Makanya, jangan hanya terpukau begitu saja dengan gemerlap Pulau Jawa yang sarat dengan berbagai bentuk kemegahan. Pulau Sumatera — khususnya Sumatera Utara — juga sama memiliki pesona yang bisa disetarakan dengan obyek wisata mainstream Indonesia. Jadi makin bangga kan dengan negara kita ini?

loading...