10 Tempat Wisata di Singapura yang Menarik dan Sangat Direkomendasikan untuk Dikunjungi

Alternatif wisata semakin beragam. Dengan biaya yang terjangkau karena kemajuan teknologi dan faktor persaingan, kita bisa menikmati perjalanan wisata yang lebih hemat dan menyenangkan.

Jangan heran jika terkadang ada orang yang mendapatkan tiket promo pesawat nol Rupiah untuk mencapai tempat-tempat yang relatif jauh. Tidak hanya sekadar wisata dalam negeri, wisata ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia menjadi pilihan yang banyak dijadikan alternatif wisata karena memang sudah tidak semahal dulu.

Destinasi Tempat Wisata di Singapura

Berbicara soal Singapura, memang negara ini relatif dekat dengan kita dan sering menjadi tujuan berkunjung, untuk liburan maupun tujuan studi. Nah, kalau kita punya kesempatan liburan kesana, di mana saja sih tempat wisata di Singapura yang menarik?

1. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay
Foto: @sofffchik on Instagram

Suka dengan keindahan alam? Meskipun Singapura terkenal memiliki lahan yang sempit, tapi bukan berarti negara ini tak punya pesona alam. Berkunjunglah ke Gardens by the Bay yang lokasinya ada di tepian Marina Bay. Taman ini akan memukau para wisatawan yang tadinya hanya berpikir Singapura sebagai ‘negara teknologi’ saja.

Ada beberapa area berbeda yang dibagi dalam kategori tertentu. Misalkan ada Dahlia Dreams Floral Display, Flower Dome, Cloud Forest Dome, OCBC Skyway, Super Tree — yang menjadi landmark Singapura, sampai fasilitas Taman Bermain Anak-anak yang tidak dikenakan biaya retribusi.

Berminat untuk mengunjungi tempat ini? Silakan siapkan uang retribusi sebesar S$28 per orang untuk kategori dewasa atau S$13 per orang untuk kategori anak-anak. Mengingat antrian masuknya yang relatif panjang, akan lebih membantu ketika Anda membelinya via online.

2. Jurong Bird Park

Jurong Bird Park
Foto: @idahbart on Instagram

Satu lagi alternatif wisata yang wajib dikunjungi kalau berada di Singapura. Adalah Jurong Bird Park yang merupakan taman burung yang dihuni oleh ratusan jenis burung dan menyuguhkan pertunjukkan atau atraksi dari hewan-hewan lucu ini. Sesuai dengan namanya, taman burung ini berlokasi di Jurong dan dikelola oleh Wildlife Reverse SIngapore. Luas area Jurong Bird Park sendiri diketahui berkisar 0.2 hektar.

Apa saja yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke sini? Selain menonton pertunjukkan atraksi yang jadi suguhan utama, pengunjung diperbolehkan melakukan interaksi dengan hewan-hewan ini dengan cara memberi mereka makan atau sekadar mengintip kehidupan penghuni taman dari mereka yang baru saja menetas sampai lakon di panggung hiburan. Jika tidak ingin melewatkan kesempatan event baru yang akan ditunjukkan, pengunjung bisa menginap di area penginapan yang disediakan pihak pengelola.

3. Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore
Foto: @the.frequent.flyer.vegan on Instagram

Tidak afdol kalau menginjakkan kaki di Singapura tapi belum pernah ke Universal Studios Singapore. Tempat ini bahkan menjadi kunjungan wajib hampir semua wisatawan yang datang ke Negeri Singa. USS adalah sebuah taman bertema yang lokasinya ada di Pulau Sentosa, Singapura.

Terdapat 24 atraksi dengan 7 tempat bertema tertentu di USS yang menjadi daya tarik pengunjung. Beberapa wilayah dibagi dalam zona berbeda, di antaranya Zona Hollywood, Zona New York, Zona Mesir Kuno, Zona The Lost World, Zona Madagascar, dan Zona Far Far Away.

Ada cukup banyak wahana permainan yang disediakan oleh pihak pengelola di sini. Di antara banyaknya wahana tersebut, yang sering menjadi wahana permainan favorit adalah Sesame Street Spaghetti Space Chase, Transformer the Ride 3D, Wahana Roller Coaster Battlerstar Galactiva, Revenge of the Mummy, sampai Jurassic Park Rapid Adventure.

4. Orchard Road

Orchard Road
Foto: @saidatulamin on Instagram

Hanya sebuah jalan, apa istimewanya? Meski hanya dikenal sebagai sebuah jalan, tapi kenyataannya Orchard Road tak pernah sepi pengunjung terutama wisatawan yang datang untuk liburan di Singapura. Ini adalah wilayah pusat perekonomian Singapura. Bahasa mudahnya, Orchard Road adalah kawasan berbelanja di Singapura. Jangan heran jika dari ujung ke ujung Anda hanya bisa mendapati bangunan tinggi menjulang nan megah yang menawarkan berbagai produk.

Karena dikenal sebagai lokasi belanja favorit, pemerintah setempat memberlakukan aturan Goods And Service Tax Refund. Program ini akan memberlakukan pengembalian pajak belanja dan pemberian layanan khusus yang diperuntukkan konsumen non warga Singapura dengan besar 7% dari harga total belanja.

Orchard Road juga dikenal sebagai salah satu public space yang nyaman bagi warga dan wisatawan. Trotoarnya yang lebar dengan fasilitas kursi taman umum dan beberapa spot cantik yang instagramable. Terlihat beberapa pedagang es potong yang siap melayani konsumen yang butuh sentuhan ice cream lembut. Yummy!

5. Singapore Zoo

Singapore Zoo
Foto: @marche_88 on Instagram

Alternatif wisata selanjutnya adalah Singapore Zoo. Ini adalah salah satu kebun binatang terbaik. Dengan penghuninya yang beragam — sekitar 300 spesies — dan terawat dengan baik, menjamin para pengunjung bisa menikmati suasana kebun binatang yang asri.

Ukuran kebun binatang ini cukup luas mengingat cukup banyak enclosure yang diperuntukkan berbagai jenis binatang besar. Jadi, untuk bisa menikmati jalan-jalan di Singapore Zoo, pastikan Anda mengenakan pakaian santai dan sepatu yang nyaman. Di kebun binatang ini Anda bisa melihat beberapa hewan yang tergolong jarang dirawat di kebun binatang yang ada di Indonesia seperti Polar Bear, Wolverine, Hamadryas Baboon, sampai Giant Tortoise.

Bukan sekadar bisa melihat kehidupan hewan-hewan yang dirawat, pengunjung akan dimanjakan juga dengan pertunjukkan dari hewan-hewan yang sengaja dilatih untuk memberikan hiburan. Setidaknya ada 4 jenis pertunjukkan di Singapore Zoo ini, yaitu Rainforest Fights Back, Elephants at Work and Play, Splash Safari, sampai Animal Friends Show.

6. Marina Bay Sands Skypark

Tempat wisata di singapura
Foto: @Eustaquio Santimano on Flickr

Merupakan salah satu obyek favorit yang letaknya ada di Marina Bay. Tempat ini merupakan sebuah mahakarya yang unik dari Moshe Safdie yang membentang di atas tiga tower hotel sekaligus!

Lokasi ini bisa menampung hingga 3.900 orang sekaligus dan membiarkan mereka menikmati pemandangan Singapura dari atas langit. Sands SkyPark ini bukan sekadar landmark biasa karena ia juga dilengkapi dengan taman bagi ratusan jenis flora yang terdiri dari pohon dan tanaman. Bukan hanya itu, fasilitas lounge dan restoran mewah juga disediakan di sini sebagai keistimewaan khusus bagi tamu eksklusif.

Bagi pengunjung yang terdaftar sebagai tamu Hotel Marina Bay Sands, mereka tidak dikenakan biaya retribusi untuk masuk ke tempat ini. Namun, jika Anda tidak menginap di sana namun tetap ingin mengunjungi Sand SkyPark, Anda akan dikenakan biaya retibusi sebesar S$23 per orang untuk dewasa dan S$17 per orang untuk anak-anak.

7. Singapore Flyer

Singapore Flyer
Foto: @les_trouvailles on Instagram

Satu lagi destinasi wisata di Singapura yang tidak boleh dilewatkan, Singapore Flyer! Wahana sekaligus daya tarik dari Singapura yang diklaim sebagai yang paling besar di Asia ini bisa dikatakan sebagai London Eye versi Asia. Dengan tinggi mencapai 165 meter, cocok sebagai spot untuk menikmati pemandangan Singapura. Singapore Flyer sendiri diketahui mampu menampung orang yang dikelompokkan dalam 28 ruang Capsule.

Bukan hanya Singapore Flyer yang wajib Anda kunjungi. Di sekitar lokasi wisata ini juga terdapat beberapa lokasi wisata lain seperti Yakult Rainforest yang dikenal sebagai hutan hujan buatan manusia yang berlokasi di tengah kota. Bukan hanya sekadar menikmati keindahannya, pengunjung juga bisa berbelanja dan menikmati makanan yang dijajakan di sekitar lokasi Singapore Flyer.

Untuk menikmati wisata di lokasi ini, pengunjung dibebankan biaya retribusi sebesar S$29.50 per orang untuk kategori di atas usia 60 tahun, $23.60 per orang untuk dewasa (di bawah 60 tahun), dan S$ 20.65 per orang untuk anak-anak usia 3 hingga 12 tahun.

8. Sentosa Island

Tempat wisata di singapura
Foto: @unique_singapore on Instagram

Sentosa Island atau Pulau Sentosa jadi lokasi yang cukup sering dijadikan destinasi wisata. Beberapa landmark dan tujuan wisata yang terkenal di Singapura letaknya juga ada di pulau ini. Di sini Anda bisa mengunjungi beberapa spot terkenal seperti Imbiah Lookout atau Siloso Point.

Meski Singapura terkenal sebagai negara yang cukup mahal, toh tetap ada beberapa spot wisata yang relatif hemat untuk para pelancong. Beberapa spot tersebut bahkan terletak di kawasaan Sentosa Island. Salah satunya adalah Bola Dunia Universal Studio Singapore yang letaknya ada di depan pintu masuk USS. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Lake of Dream dan Sea Aquarium. Merlion Walk juga jadi spot liburan yang hemat di Singapore dan ini bisa jadi bukti Anda sudah pernah ke Singapura.

9. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens
Foto: @dwi02pratiwi on Instagram

Mengapa Singapore Botanic Gardens masuk dalam daftar rekomendasi wisata Singapura yang tidak boleh Anda lewatkan?

Tempat ini merupakan kawasan untuk budidaya tanaman penting yang diberi predikat Veri Important Plants atau VIP. Anda juga bisa selfie dengan Tembusu, landmark berupa pohon yang paling ternama di Singapura. Pohon ini merupakan pohon asli yang sudah memasuki usia 157 tahun sekaligus menjadi tempat favorit untuk melakukan sesi foto pre wedding.

Bukan hanya sebagai tujuan rekreasi, hingga saat ini Singapore Botanic Gardens juga kerap dimanfaatkan sebagai area aktivitas umum semacam jogging, bersantap, atau bahkan sekadar bersantai dengan famili. Butuh hiburan lain? Pihak pengelola juga mengadakan fitur interaktif dan pameran multimedia yang bisa dinikmati. Atau sekadar biarkan anak bermain di area taman Jacob Ballas Children sembari mereka belajar mengenai keanekaragaman fauna di sini.

10. Waterfront Promenade

Waterfront Promenade
Foto: @catlosangeles on Instagram

Rekomendasi wisata terakhir di Singapura adalah Waterfront Promenade. Lagi-lagi, lokasinya ada di Marina Bay. Tempat ini dikenal sebagai area pertunjukkan yang tidak memungut biaya dari para pengunjung dan penontonnya. Sangat cocok direkomendasikan bagi pelancong dengan budget pas-pasan tapi ingin hiburan yang sama kerennya.

Biasanya tempat ini akan ramai dikunjungi di malam hari ketika lampu warna-warni dinyalakan sebagai bentuk atraksi cahaya laser dan media air. Inilah daya tarik utama dari Waterfront Promenade itu sendiri.

Di sekitar Waterfront Promenade ini ada beberapa kawasan wisata yang juga bisa dikunjungi, seperti Esplanade Theatres on the Bay, Lim Bo Seng Memorial, Bumboat River Tour, Indian National Army Monument, Cenotaph, Museum Peradaban Asia, bahkan Singapore Mass Rapid Transit.

Itu dia rekomendasi 10 tempat wisata di Singapura yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Sebagai saran, untuk bisa menikmati semua alternatif wisata ini, ada baiknya Anda mempersiapkannya jauh-jauh hari termasuk tiket akomodasi (perjalanan dan penginapan) serta kondisi fisik yang fit. Tidak enak kan liburan sambil sakit?

loading...