10 Universitas Terbaik Di Indonesia Yang Recommended Untuk Calon Maba

Universitas Terbaik Di Indonesia

Halo kalian para calon mahasiswa. Kalian pasti bingung untuk mencari kampus yang tepat untuk pilihan untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya, bukan? Di Indonesia memang banyak universitas, namun ada beberapa universitas terbaik yang lebih unggul dan menarik.

10 Universitas Terbaik Di Indonesia

Berbagai perguruan tinggi atau universitas tersebut memiliki berbagai keunggulan tersendiri. Berikut merupakan 10 universitas terbaik di Indonesia yang direkomendasikan bagi para calon mahasiswa baru atau maba:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gajah Mada (UGM)
Universitas Gajah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan masyarakat. Letak Universitas Gadjah Mada atau UGM di Kota Yogyakarta yang tepatnya di Kabupaten Sleman. UGM memiliki 18 fakultas yang terdiri dari Fakultas Biologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Filasafat, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pertanian.

Selain itu ada juga Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Fakultas Geografi, Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. UGM juga memiliki 2 sekolah yang terdiri dari sekolah vokasi dan sekolah pascasarjana.

Selain memiliki kawasan yang luas, UGM memiliki pepohonan yang rindang membuatnya semakin asri. Universitas ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin mengejar pengalaman belajar lebih tinggi. Keunggulan lainnya, universitas ini memiliki riset berkelas dunia yang memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan-kegiatan penelitian yang mendorong dosen dan mahasiswa untuk melakukan dan mengembangkan berbagai penelitian.

Universitas ini cocok untuk kalian yang menyukai lingkungan Pulau Jawa yang kalem dan terkenal murah biaya hidupnya. Selain itu, kalian juga bisa menemukan banyak beasiswa seperti bidikmisi dan lain-lain dengan mudah di UGM.

2. Universitas Indonesia (UI)

universitas terbaik di Indonesia (UI)
Universitas Indonesia (UI)

Universitas ini terletak di Kota Depok, Jawa Barat. Kawasannya yang mencapai 320 hektar dan 25% dari kawasannya merupakan lahan yang digunakan untuk sarana akademik, riset dan kemahasiswaan yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi yang modern dan tenang.

Selain itu, UI memiliki jaringan global yang memperkuat kerja sama dengan beberapa asosiasi pendidikan dan riset seperti APRU (Association of Pacific Rim University) dengan peran sebagai Board of Director, AUN (Asean University Network), dan ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning).

Selain memiliki nuansa modern, kampus ini juga difasilitasi oleh kafe dengan waralaba tingkat internasional yaitu Starbucks yang bisa kalian gunakan untuk sekedar nongkrong atau mengerjakan tugas. Untuk kalian yang suka menggunakan bahasa gaul dan biasa dengan gaya hidup yang tinggi, kalian mungkin cocok untuk masuk Universitas Indonesia.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP)
Universitas Diponegoro (UNDIP)

Kampus yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah ini termasuk dalam kategori ke-3 universitas terbaik di Indonesia. Kampus ini memiliki 2 Universitas yang berbeda yaitu UNDIP Pleburan dan UNDIP Tembalang.

Perbedaannya adalah UNDIP Tembalang digunakan untuk kegiatan perkuliahan jenjang D3 dan S1. Sedangkan UNDIP Pleburan mayoritas digunakan untuk kegiatan perkuliahan di jenjang S2 dan S3. Fasilitas seperti laboratorium operasi membuat kampus ini lebih lengkap.

Tak hanya itu, kampus ini juga dilengkapi oleh rumah sakit yang bisa digunakan untuk mahasiswa melakukan KKN.  Ikon dari kampus ini adalah Pangeran Diponegoro yang siap menyambut kalian jika mengunjungi kampus ini.

4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas ini terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Kampus UPI ini masuk dalam rekomendasi kampus terbaik yang ada di Indonesia menurut 4ICU pada tahun 2019. Dengan akreditasi A yang membuat kampus ini lebih diminati.

Selain itu, kampus UPI merupakan kampus yang terluas dan terbesar di Jawa Barat. Bukan hanya menyediakan kampus, UPI juga memiliki cakupan jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Mulai dari PAUD sampai bangku kuliah. Kampus ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin berprofesi sebagai guru.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengasah moral disini. Karena, UPI memiliki julukan yang jika dipanjangkan dapat diubah menjadi Universitas Pesantren Indonesia. Selain memiliki fasilitas yang lengkap untuk umat Muslim, UPI juga menyediakan banyak kegiatan agama yang bisa kamu ikuti selama menjadi mahasiswa.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

universitas terbaik di Indonesia (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Memiliki tempat yang berdekatan dengan UGM. Kampus ini memiliki daya tarik tersendiri yang tak kalah menarik dari UGM. Kampus ini dilengkapi dengan IKIP yaitu Fakultas Keguruan yang telah berkembang sejak lama dan akhirnya memustuskan untuk berdiri sendiri.

Untuk kamu yang merupakan orang Jawa Tengah maupun Jawa Timur jika ingin mencari sekolah untuk pendidikan guru yang terjamin penerimaannya, kamu bisa memasuki universitas ini.

Selain itu, kampus UNY dekat dengan lingkungan Githa Shaba Pramana (GSP) yang bisa kamu gunakan untuk jogging agar tubuhmu tambah sehat dan bisa digunakan untuk melepas stress.

6. Universitas Brawijaya (UNBRAW)

Universitas Brawijaya (UNBRAW)
Universitas Brawijaya (UNBRAW)

Untuk kalian yang suka dengan jalan-jalan maupun travelling saat kuliah mungkin kalian menyukai universitas yang satu ini. Pasalnya, kampus ini berada di Kota Malang yang memiliki banyak tempat wisata alam maupun buatan. Universitas Brawijaya ini tercatat memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia.

Selain itu, kampus ini meengimplementasikan pasal 31 ayat 2 yang berisi “warga negara berhak mendapatkan pendidikan”. Kampus Brawijaya juga berusaha melakukan pemerataan pendidikan dengan menampung mahasiswa sebanyak-banyaknya.

Untuk kalian yang bingung untuk melanjutkan pendidikan dimana, kalian bisa datang ke Universitas Brawijaya karena peluang diterimanya lebih besar.

7. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR)
Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas yang satu ini memiliki persaingan yang ketat untuk masuk kedalamnya. Selain kursi yang terbatas, rangkaian tes masuk yang diselenggarakan memang tidaklah mudah.

Universitas ini juga melahirkan tokoh besar Indonesia seperti Muhammad Hatta dan Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, universitas ini memiliki segudang prestasi yang tidak ain-main, salah satunya memenangkan juara 1 kategori folksong choir.

Lokasinya yang berdekatan dengan Kota Surabaya akan membuatmu menjadi generasi milenial sesungguhnya. Selain itu, bangunan kampus kedokteran di universitas ini merupakan peninggalan jaman belanda yang memiliki sejarah dan memiliki nuansa klasik.

8. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Sebelas Maret (UNS)

UNS merupakan universitas yang terletak di Kota Solo. Memiliki pemandangan yang asri dan teduh. Selain itu, UNS juga dilengkapi hotel yang bisa digunakan wali mahasiswa untuk menginap dan menikmati suasana Universitas Sebelas Maret.

Selain itu, UNS memiliki fasilitas free wifi yang bisa kalian digunakan di area sekitar kampus. Selain biaya hidup yang murah, kota Solo tidak sepadat dengan kota besar yang lain bisa membuatmu lebih tenang dan nyaman untuk tinggal disini.

9. Institut Pertanian Bogor (IPB)

universitas terbaik di bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus ini masuk dalam urutan 200 kampus terbaik se-Asia. Sebanyak 91,9 persen departemen yang ada di IPB memiliki akreditasi A yang membuatnya tidak diragukan di kancah internasional. Inovasi dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 2016 sebesar 32 persen.

Selain itu, suasana Kota Bogor yang sejuk membuat kalian lebih semangat untuk belajar. Untuk kamu yang ingin benar-benar mengasah kemampuan di bidang kedokteran kalian bisa masuk ke IPB. Karena rektor IPB menyatakan bahwa ¼ dari 800 dokter yang ada di Indonesia berasal dari IPB.

10. Universitas Lampung (UNILA)

Universitas Lampung (UNILA)
Universitas Lampung (UNILA)

Seperti namanya, UNILA terletak di kota Lampung. Dengan menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT) membuatmu tidak terbebani dengan biaya yang ada.

Selain itu, kampus ini memiliki peluang agar kamu bisa ke luar negeri dengan cara study exchange tanpa dipungut biaya. Meskipun terletak di pulau jawa yang biasanya memiliki gaya hidup tinggi, kamu bisa makan di lingkungan kampus ini dengan dana terjangkau.

Itulah beberapa rekomendasi universitas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih. Dari kesepuluh universitas yang telah kami sebutkan, mana yang ingin kalian pilih? Jika sudah memilih, jangan patah semangat dan terus berjuang ya. Semoga kalian diterima di kampus yang kalian inginkan!

Leave a Reply