Viral Chat WA Warga Semarang Ingin Tularkan COVID-19 Berujung Penjemputan

COVID-19 chat WA orang sebar
Penelitian alat deteksi virus COVID-19-Pexels.com (Gustavo Fring)

Sebuah screenshoot chat percakapan WA dua warga positif COVID-19 bikin geger warga Semarang karena indikasi kesengajaan menularkan kepada orang lain. Kedua warga tersebut diduga berdomisili di Semarang, Jawa Tengah.

Dihasut

Tangkapan layar yang meresahkan warga tersebut diunggah akun Facebook milik MD. Di chat WA ini terlihat bahwa F menghasut L untuk tidak melakukan isolasi mandiri setelah positif COVID-19. F bahkan mengatakan bahwa meski positif COVID-19, dirinya bebas berpergian tanpa protokol kesehatan sekalipun.

Baca Juga: Geger Penemuan 5 Mayat ABK di Freezer Kapal Nelayan Indonesia

Percakapan F dan L yang diketahui positif COVID-19 ini beredar luas di Facebook dan membuat masyarakat khawatir.

Ketika dikonfirmasi seperti dilansir dari Kompas.com, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan bahwa L sebelumnya sudah diminta isolasi di tempat yang disediakan oleh pemerintah Kota Semarang. Namun, L menolak lantaran takut.

“Sebenarnya, beberapa waktu lalu, kami melalui Puskesmas Karanganyar sudah melakukan penanganan (COVID-19) kepada keluarga F dan L. L sendiri sebenarnya melakukan isolasi mandiri di rumah karena takut di Rumdin (Rumah Dinas tempat isolasi pasien COVID-19) dan pihak Puskesmas Karanganyar mengizinkannya dengan pemantauan ketat,” ungkap Abdul Hakam.

Dijemput

Akhirnya, karena membuat masyarakat resah, Gugus Tugas COVID-19 langsung menjemput L guna melakukan isolasi di rumah dinas yang disediakan oleh Pemerintah kota Semarang.

“Sudah sekitar pukul 17.00 WIB tadi dengan dibawa pakai ambulans siaga menuju Rumdin (Rumah Dinas tempat isolasi pasien COVID-19). L dan kedua anaknya saat ini sudah selesai melakukan pemeriksaan dan administrasi kemudian menempati tempat isolasi yang disediakan,” kata Abdul Hakam.

Tinggalkan Balasan