loading...

Lemon adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk tubuh kita. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat luar biasa lemon untuk detoksifikasi tubuh dan juga untuk mempercantik kulit Anda.

Buah berwarna kuning ini biasanya tidak hanya dikonsumsi sendiri, tapi juga terkadang dicampurkan ke makanan lain, misalnya dibuat saus, pelengkap salad, minuman, dan bahkan dessert.

Dilansir dari Medical News Today, pada tahun 1747, James Lind menemukan bahwa lemon dan jeruk efektif untuk memerangi penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang berfungsi memerangi radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga membantu pembentukan kolagen pada tubuh dan juga meminimalkan gejala asma pada penderita asma.

Khasiat dan Manfaat Lemon

Selain manfaat-manfaat diatas, berikut adalah 10 manfaat lemon lainnya yang akan membuat Anda semakin sehat dan menawan.

1. Melembabkan kulit Anda

Manfaat lemon untuk kecantikan

Komposisi utama lemon adalah air. Air adalah komponen utama dalam tubuh kita yang jumlahnya berkisar hingga 60% dari berat badan. Setiap sistem dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan normal apabila jumlah air dalam tubuh mencukupi. Air akan membawa racun keluar dari tubuh kita. Wanita harus mengonsumsi setidaknya 2,2 liter air per hari, sementara pria setidaknya 3 liter per hari.

Menambahkan lemon ke menu sehari-hari Anda akan membantu Anda mendapatkan sejumlah air untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda. Selain itu, dengan menambahkan lemon ke air minum, Anda akan memperoleh manfaat lemon ini, yaitu kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C diketahui baik untuk kulit. Selain mampu melembabkan kulit Anda, kandungan vitamin C pada lemon akan meremajakan kulit Anda dan membuat Anda tampak lebih muda.

2. Membantu menurunkan berat badan

Lemon memberikan berbagai manfaat pada tubuh. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, lemon juga mengandung 61 kalori, 3 gr protein, 6 gr gula, dan sejumlah vitamin dan mineral yang lain.

Salah satu komponen pada lemon, yaitu polifenol, diketahui membantu membatasi meningkatnya lemak tubuh. Sejumlah kalium yang terdapat pada lemon akan membantu proses metabolisme dan pencernaan pada tubuh Anda. Dalam satu buah lemon, terdapat seperempat vitamin C yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Nutrition and Metabolism, orang dengan vitamin C yang mencukupi pada tubuhnya, akan membantu tubuh untuk membakar lemak lebih efisien saat sedang berolahraga.

3. Membantu memperlancar pencernaan dan detoksifikasi tubuh

Khasiat lemon untuk pencernaan

Lemon merupakan buah asam, sama seperti jeruk. Buah-buahan asam ini mengandung pektin, yaitu serat yang mampu membantu pencernaan. Kandungan pektin pada lemon lebih banyak ketimbang buah jeruk, sama seperti kandungan asam sitrat di dalamnya. Asam sitrat juga membantu pencernaan.

Asam sitrat membantu mencerna makanan yang masuk ke dalam perut dan memperlama proses pencernaan tersebut sampai makanan benar-benar hancur. Sebuah studi mengungkapkan bahwa 5 gr pektin yang dicampur dengan jus jeruk akan membuat efek kenyang bertahan lebih lama. Hal ini akan membantu Anda mengurangi asupan makanan dan menurunkan berat badan.

Air lemon juga membantu kerja enzim dalam tubuh Anda untuk menstimulasi hati dan membuang racun. Karena merupakan diuretik ringan, selama Anda mengonsumsi air lemon Anda akan lebih sering ke toilet, membuang semua komponen yang tidak diperlukan tubuh Anda. Hal ini akan membantu mendetoksifikasi tubuh Anda.

4. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut atau halitosis menyerang hampir 25% orang di dunia. Meskipun bukan penyakit mematikan, bau mulut adalah salah satu penyebab hilangnya kepercayaan diri seseorang. Bau mulut biasanya disebabkan karena kurangnya kebersihan mulut, infeksi pada mulut, infeksi saluran pernapasan, atau sakit lainnya.

Dilansir melalui Home Remedies for Life, lemon diketahui dapat memerangi bau mulut. Hal ini dikarenakan komponen asam pada lemon yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Rasa asam yang kuat pada lemon akan membantu kelenjar sekresi untuk mensekresi lebih banyak air liur, sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon mampu mencegah masalah gigi dan gusi, serta membantu memperkuat gigi.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah bau mulut Anda dengan lemon, yaitu diantaranya dengan mengonsumsi minuman yang dicampur dengan lemon, atau juga langsung mengonsumsi lemon tersebut tanpa tambahan apapun.

5. Mencegah terbentuknya batu ginjal

khasiat lemon untuk kesehatan

Selain baik untuk kesehatan ginjal, vitamin C yang terdapat pada lemon diketahui dapat melarutkan batu ginjal. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon berkontribusi untuk mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal yang terjadi akibat penumpukan kalsium oksalat pada ginjal.

Asam sitrat yang terdapat pada air lemon mampu menurunkan keasaman pada urin, sehingga menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, lemon mengandung antiseptik alami yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri pada ginjal, sehingga dapat menurunkan risiko infeksi.

Global Healing Center menambahkan, konsumsi setidaknya 2 hingga 4 ons (setara dengan 12 hingga 24 sendok teh) air lemon segar sehari mampu menjaga kesehatan ginjal. Berbagai pengalaman dari penderita batu ginjal juga menyatakan bahwa mengonsumsi air lemon secara teratur membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri mereka.

6. Menurunkan risiko terserang stroke dan kanker

Stroke dan kanker merupakan penyebab terjadinya banyak kematian di Indonesia. Terdapat setidaknya 15.000 kasus stroke dan kanker setiap tahunnya di Indonesia. Meskipun keduanya bisa dikarenakan faktor genetik, stroke dan kanker masih dapat dicegah apabila seseorang tersebut memiliki gaya hidup yang sehat.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan berbanding terbalik antara konsumsi lemon dengan risiko stroke dan kanker. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat konsumsi lemon, maka akan semakin rendah risiko terserang stroke dan kanker.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi lemon lebih banyak secara teratur, mampu menurunkan hingga 19% risiko terserang stroke iskemik. Stroke iskemik adalah salah satu tipe stroke yang terjadi akibat tertahannya aliran darah menuju otak.

Berbagai studi juga mengungkapkan bahwa ekstrak lemon berhasil menghancurkan sel-sel berbahaya yang dapat menyebabkan kanker, termasuk diantaranya kanker payudara, kanker kolon, dan kanker paru-paru. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa lemon membunuh sel kanker lebih efektif ketimbang kemoterapi.

Sebuah studi yang dilakukan di Eropa membuktikan bahwa konsumsi lemon sebanyak 150 gr selama 4 kali atau lebih dalam satu minggu, membantu menurunkan risiko terserang kanker. dIlansir dari Hope4cancer, ketika Anda mengonsumsi lemon, maka jangan hanya mengambil air lemonnya saja, tetapi juga bulir dan kulitnya. Dengan cara ini, Anda bisa memanfaatkan lemon tanpa perlu membuang bagian lain yang sama bermanfaatnya.

7. Memperkuat sistem imun

Memperkuat sistem imun

Lemon kaya akan vitamin C dan kalium. Vitamin C diketahui baik untuk memerangi flu dan kalium berfungsi menstimulasi fungsi otak dan saraf serta membantu mengontrol tekanan darah.

Perpaduan antara jahe, lemon, dan teh madu dapat membantu seseorang tidak terserang flu pada musim dingin. Hal ini dikarenakan lemon mengandung antioksidan kuat dan juga kaya akan vitamin, sehingga membuat lemon dapat memerangi bakteri dan membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, madu dan jahe juga merupakan antiseptik alami yang dapat membantu melegakan tenggorokan.

Anda membutuhkan jahe segar, satu sendok makan madu dan air perasan 1 buah lemon serta 4 cangkir air. Campurkan semua bahan tersebut dan blender. Anda bisa menyimpan ramuan tersebut di kulkas dan mengonsumsinya satu gelas sehari.

8. Menghilangkan bau kaki

Meskipun bukan penyakit mematikan, bau kaki dapat menyebabkan hilangnya kepercayaan diri seseorang dan juga dapat menyebabkan infeksi.

Tubuh kita dilengkapi dengan lebih dari 2 miliar kelenjar keringat, dan 250.000 diantaranya berada pada kaki kita. Keringat yang keluar dari tubuh mengandung asam amino yang diproduksi oleh kelenjar epokrin. Asam amino adalah makanan kesukaan bakteri yang kemudian berakhir dengan bau tidak sedap sebagai hasil pencernaan mereka.

Komponen-komponen yang terdapat pada lemon dapat membantu memerangi bakteri. Disarankan bagi Anda untuk merendam kaki Anda dengan air lemon. Caranya, larutkan beberapa sendok baking soda dengan 8 gelas air. Lalu tambahkan setengah gelas air perasan lemon dan aduk sampai bercampur. Rendam kaki Anda dalam air rendaman tersebut selama 15 menit. Selain menghilangkan bau kaki Anda, air rendaman ini juga akan membuat kaki Anda terasa segar dan halus.

9. Meremajakan kulit

manfaat buah lemon

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada tubuh akan menurun. Menurunnya produksi kolagen ini akan menyebabkan kulit keriput dan kendor. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan membantu tubuh kita untuk memproduksi lebih banyak kolagen, yang akan membuat kulit kita lebih lembut dan kencang dan juga mencegah terbentuknya kerutan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon juga menyebabkan buah ini dapat mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas, sehingga dapat menjaga kulit Anda tetap terlihat bersinar. American Society for Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin C secara teratur akan terhindar dari kulit kering dan juga terbentuknya kerutan pada kulit.

10. Mengatasi masalah di wajah

Selain bisa meremajakan kulit, lemon juga mampu mengatasi berbagai masalah pada wajah, contohnya jerawat dan flek hitam.

Jerawat merupakan masalah wajah yang paling sering ditemui. Jerawat terbentuk dari kelebihan minyak pada wajah, pori-pori yang tersumbat, peradangan, dan juga disebabkan karena bakteri. Banyak cara untuk mengatasi masalah jerawat ini, tapi sebagian besar memerlukan biaya yang cukup banyak.

Lemon bisa dijadikan alternatif pengobatan bagi masalah jerawat Anda. Buah ini mengandung astringent alami dan komponen antibakteri yang berfungsi mengelupas dan membantu melepaskan sel kulit mati lebih cepat. Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah tersumbatnya pori-pori.

Untuk mengobati masalah wajah Anda, disaranakan bagi Anda untuk membasahi cotton ball dengan air perasan lemon dan kemudian menempelkannya pada bagian wajah yang bermasalah. Tunggu sampai air lemon meresap ke dalam kulit (kira-kira 10 menit), lalu bilas wajah Anda dengan air.

loading...