loading...

Jeruk nipis adalah salah satu spesies jeruk yang juga memiliki rasa asam. Tidak seperti lemon yang masih memiliki sedikit rasa manis, rasa jeruk nipis lebih dominan dengan asam. Meskipun begitu, bukan berarti buah yang satu ini tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita, lho.

Penelitian mengungkapkan bahwa dalam satu buah jeruk nipis mengandung hingga 30 kcal. Vitamin C menjadi komponen paling banyak pada buah ini, yaitu mencapai hingga 35% atau setara dengan 29,1 mg.

Air yang terdapat dalam buah ini mencapai 88,3 gr dalam satu buahnya. Selain mengandung air dan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung vitamin lain seperti vitamin B kompleks dan juga berbagai macam mineral.

Komponen-komponen tersebut selain berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, juga berguna untuk menjaga kesehatan wajah. Berikut adalah 10 manfaat jeruk nipis untuk wajah:

1. Memerangi bakteri

manfaat jeruk nipis untuk wajah
Gambar: Acne Einstein

Wajah yang kotor, berminyak dan menumpuknya sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat adalah penyebab berkumpulnya bakteri pada wajah. Bakteri yang terperangkap di wajah akan menyebabkan peradangan yang kemudian akan membuat kulit wajah memerah dan terasa sakit.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa hanya dengan sebuah jeruk nipis, seseorang dapat memerangi bakteri berbahaya yang menyerang tubuhnya.

Jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan lemon. Sebuah studi mengungkapkan bahwa jeruk nipis memiliki pH antara 1,8 hingga 2. Hal ini lah yang membuat jeruk nipis memiliki kemampuan memerangi bakteri.

Cukup aplikasikan jeruk nipis ke wajah Anda yang sudah dicuci bersih untuk menghindari terbentuknya jerawat akibat aktivitas bakteri.

2. Memperkecil pori-pori

Terdapat beberapa produk kesehatan yang beredar secara meluas untuk mengecilkan pori-pori. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika Anda mulai berpindah ke bahan alami sekarang untuk mempercantik diri Anda.

Kandungan astringent yang terdapat pada jeruk nipis akan membantu mengetatkan otot. Astringent telah digunakan secara meluas di industri kesehatan untuk mengecilkan pori-pori. Selain itu, astringent yang terdapat pada jeruk nipis juga bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, sehingga wajah akan menjadi lebih segar.

Untuk mengecilkan pori-pori Anda, Cuisine and Health memberikan sebuah resep dengan bahan dasar tomat dan air perasan jeruk nipis. Cukup campurkan sejumlah air tomat dengan 2-4 tetes air jeruk nipis. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu basahi cotton ball dengan campuran tersebut. Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut ke wajah Anda dan tunggu selama 15 menit.

Kandungan asam dari jeruk nipis dan tomat akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, serta mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

3. Menghilangkan kulit mati

manfaat jeruk nipis untuk wajah
Gambar: Boldsky

Asam membantu mengelupas sel kulit mati. Pengobatan kecantikan ini telah menjadi hal wajib dan digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Jeruk nipis adalah jeruk dengan kandungan asam yang tinggi. Asam yang terdapat pada jeruk adalah asam sitrat. Asam sitrat dalam jeruk nipis ini diketahui dapat menghilangkan sel kulit mati dari wajah Anda.

4. Menyamarkan bercak hitam

Bercak hitam merupakan masalah wajah yang paling sering muncul pada orang pra-dewasa yang berumur 20-an. Bagi beberapa orang, bercak hitam mungkin masih bisa disamarkan dengan mengaplikasikan concealer, akan tetapi bagi sebagian yang lain, concealer sudah tidak bisa membantu.

Bercak hitam biasanya muncul karena bertambahnya usia dan juga kerusakan akibat sinar matahari. Seberapa baikpun Anda merawat wajah, bercak hitam bisa muncul kapanpun dan mengganggu penampilan Anda.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Sebuah studi mengungkapkan bahwa air perasan jeruk nipis mampu menyamarkan dan bahkan menghilangkan bercak hitam pada wajah Anda. Jeruk nipis yang mengandung vitamin C, juga merupakan buah yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Vitamin C baik untuk kulit karena menjadi antioksidan dan membuat kulit dapat memproduksi lebih banyak kolagen. Sementara itu, kandungan asam yang tinggi pada jeruk nipis akan membuat wajah Anda menjadi tidak berminyak lagi.

Meskipun begitu, Dr. Jessica Weiser, seorang ahli dermatologi dari New York Dermatology Group mengungkapkan bahwa tingkat keasaman pada jeruk nipis dapat membuat kulit mengalami phytophotodermatitis, yaitu iritasi pada kulit yang terjadi akibat reaksi dari cahaya matahari. Akan tetapi, jika Anda masih mau mencoba resep ini, Dr. Jessica menyarankan Anda untuk mencampur air jeruk nipis dengan bahan yang memiliki komponen anti-radang, misalnya madu dan yogurt.

5. Mengobati jerawat dan komedo

Mengobati jerawat dan komedo
Gambar: Acne(dot)com

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid. Kedua komponen ini mengandung antioksidan, antibiotik dan disinfektan yang bermanfaat untuk membuat wajah nampak lebih segar. Mengaplikasikan buah ini secara teratur ke wajah akan menghilangkan sel kulit mati dan juga membuat kulit lebih elastis.

Jika Anda berniat mengobati jerawat dan komedo Anda secara cepat, maka Anda bisa menggunakan masker air perasan jeruk nipis. Air jeruk nipis merupakan antibakteri alami dan juga akan membantu pengelupasan kulit mati Anda. Dengan menggunakan masker ini, jerawat dan komedo Anda akan hilang dalam waktu 2 hingga 3 minggu.

Aplikasikan masker ini selama 10-15 menit hingga airnya mengering pada wajah Anda. Asam sitrat dalam air perasan jeruk nipis akan membantu pengelupasan bagian kulit teratas Anda untuk kemudian menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru.

Selain mengaplikasikan masker ini ke wajah Anda, Anda juga dapat mengonsumsi air jeruk nipis. Mengonsumsi air jeruk nipis akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Pengeluaran racun ini akan membantu mengobati jerawat pada tubuh Anda. Selain itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi juga akan membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak kolagen.

Buat satu buah air perasan jeruk nipis dan campurkan bersama segelas air hangat. Minum minuman ini setiap pagi dan jangan makan atau minum apapun selama 20-30 menit sesudahnya. Setelah 2-3 minggu, Anda akan melihat perbedaan pada tubuh Anda.

6. Meremajakan kulit

Semua bagian jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Dilansir melalui The Trent Online, kulit jeruk nipis mengandung komponen yang dapat mencegah pembentukan melanin pada kulit.

Seiring bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang membantu terbentuknya pigmen pada kulit, akan membentuk bercak-bercak hitam pada kulit Anda. Melakukan masker dengan kulit jeruk nipis dapat membantu mengurangi terjadinya hyperpigmentation (peningkatan melanin pada tubuh).

7. Memutihkan kulit

Melanin adalah warna alami kulit yang merupakan hasil dari sintesa melanosit. Melanin membentuk sejumlah reaksi oksidasi yang melibatkan asam amino tirosin yang kemudian menghasilkan enzim tirosinase.

Komponen pemutih kulit bertugas menghalangi aktivitas enzim tirosinase. Sebagai contoh, komponen ini akan menghalangi aktivitas enzim untuk berkatalis, beregenerasi, dan bahkan mempercepat degradasi enzim ini.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis akan menekan produksi pigmen melanin pada kulit. Selain itu, jeruk nipis mengandung 5 hingga 8 persen asam sitrat. Para dokter merekomendasikan pengobatan kulit menggunakan buah ini untuk mengatasi kulit terbakar. Dengan kandungan asam dan antioksidan yang tinggi, jeruk nipis terbukti dapat memutihkan dan mencerahkan kulit.

Jeruk nipis juga digunakan sebagai bahan untuk memutihkan kulit. Meskipun begitu, jeruk nipis hanya bisa digunakan dalam konsentrasi rendah karena dapat menimbulkan iritasi kulit apabila digunakan dengan dosis tinggi.

8. Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit
Gambar: Bella Skin Care

Selama ini, kita tahu bahwa pemanfaatan sehari-hari jeruk nipis hanya untuk dikonsumsi. Sebenarnya, jeruk nipis telah lama digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan dan juga untuk kosmetik.

Buah kecil yang rasanya sangat masam ini mengandung banyak vitamin, diantaranya A, C, E, dan K, serta mineral seperti folat, kalsium, fosfor, magnesium, betaine, kolin, dan kalium.

Beberapa produk kosmetik memanfaatkan jeruk nipis sebagai bahan baku utama produk mereka, diantaranya saja sabun jeruk nipis. Sabun jeruk nipis ini akan membantu memutihkan dan juga mencerahkan kulit Anda. Selain itu, sabun jeruk nipis ini juga dapat membantu mengobati masalah jerawat dan komedo. Komponen antibakterinya akan menyingkirkan bakteri yang menyebabkan terjadinya peradangan pada wajah Anda.

Campuran antara air perasan jeruk nipis, madu, dan air hangat, akan menjadi minuman luar biasa yang dapat membantu Anda mencerahkan kulit Anda dari dalam. Mulai sekarang, batasi pemakaian obat-obatan kimia untuk kulit wajah Anda dan mulailah beralih ke bahan alami seperti jeruk nipis ini.

9. Melindungi kulit dari infeksi

Dilansir melalui WebMD, selain digunakan untuk mengobati disentri, minyak jeruk nipis juga berguna untuk membunuh bakteri pada kulit. Dalam industri kosmetik, minyak jeruk nipis digunakan sebagai bahan campuran produk untuk memberikan aroma yang lebih menyegarkan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis menjadikan jeruk nipis buah dengan tingkat antioksidan yang tinggi. Selain kaya antiosidan, buah ini juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Bakteri pada umumnya cenderung tinggal pada tempat dengan pH basa atau tingkat keasaman yang rendah. Dengan mengaplikasikan vitamin C pada kulit Anda, bakteri-bakteri yang terdapat pada kulit Anda akan mati sehingga mencegah aktivitas bakteri yang dapat membuat infeksi terjadi pada kulit Anda.

10. Terhindar dari kulit berminyak

Terhindar dari kulit berminyak
Gambar: StyleCraze

Memiliki kulit yang segar, bersih, dan lembut adalah impian setiap orang. Kebanyakan produk pelembab yang beredar di pasaran akan membuat kulit kita menjadi lengket dan berminyak.

Kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki jumlah nutrisi yang seimbang dengan kandungan minyak, vitamin, dan antioksidan. Dengan jumlah yang seimbang tersebut, kulit akan nampak terlihat lebih segar dan sehat.

Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang paling sering digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Kandungan vitamin C dan asam sitratnya yang tinggi akan membantu mencerahkan kulit dan menurunkan jumlah minyak pada wajah. Karena konsentrasi asam sitratnya yang tinggi, Anda harus melarutkan air perasan jeruk nipis tersebut dengan beberapa sendok air. Aplikasikan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan sampai mengering selama 15 menit.

Itulah tadi 10 manfaat jeruk nipis untuk wajah Anda. Selain baik untuk mengobati berbagai masalah kulit, jeruk nipis ternyata memiliki manfaat lain yang tidak kalah menakjubkan. Meskipun ukurannya yang kecil, jeruk nipis ternyata mengandung kalsium dan folat, dua nutrisi yang penting untuk wanita yang sedang dalam masa post-menopausal dan juga wanita yang baru saja melahirkan.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung komponen anti-kanker dan juga dapat menghindarkan dari terbentuknya batu ginjal pada tubuh. Buah yang satu famili dengan jeruk nipis ini juga mampu menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

loading...