Kenali 20 Manfaat Jeruk Nipis Ini untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda

manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis atau dalam istilah ilmiahnya disebut citrus aurantifolia adalah salah satu varian jeruk yang notabenya adalah anggota marga Rutaceae. Jeruk nipis biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kekuningan dan memiliki sari buah yang kadar keasamannya lebih kuat daripada varian jeruk lainnya.

Jeruk nipis tidak hanya digunakan untuk memasak tetapi juga sebagai obat tradisional. Sari buahnya yang asam biasa digunakan untuk menghilangkan amis pada ayam atau ikan, menambah rasa pada makanan seperti hidangan soto, acar, salad maupun minuman seperti teh, soda dan lainnya.

Kandungan jeruk nipis

Seperti varian jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung kadar vitamin C yang tinggi serta kandungan biokimia lain yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Sari jeruk nipis mengandung air dan minyak volatil yang didalamnya terkandung nutrien, vitamin dan mineral. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari 100 gram jeruk nipis :

kandungan nutrisi jeruk nipis
Tabel nutrisi dari 100 gr jeruk nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis yang perlu anda ketahui :

1. Meredakan asma

mencegah asma
Gambar dari www.huffingtonpost.com

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernafasan bagian atas yang dipicu oleh reaksi alergi. Setiap tahun, jumlah penderita asma di dunia semakin meningkat. Meskipun penyakit asma tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dicegah dan diredakan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jeruk nipis.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam World Journal of Pharmacy and Pharmacheutical menjelaskan bahwa ekstrak sari buah jeruk nipis dapat mencegah timbulnya asma sekaligus meredakannya. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengurangi kontraksi otot halus pada sistem pernafasan, khususnya pada bagian bronkus.

Jika anda seorang penderita asma, anda dapat menjadikan jeruk nipis sebagai obat traditional untuk mencegah dan meredakan kambuhnya asma.

2. Mencegah kanker

Seperti jenis jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mencegah efek radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Sebuah riset yang dimuat dalam Journal of Food chemistry menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam jeruk nipis dapat merangsang proses apoptosis sel kanker.

Apoptosis adalah mekanisme bunuh diri yang dilakukan sel jika tubuh menganggap sel tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Jadi jika anda ingin meningkatkan asupan vitamin C dan antioksidan, maka anda bisa menambahkan jeruk nipis pada hidangan sehari-hari atau mencampurnya dengan air hangat untuk diminum.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit yang sangat menyebalkan. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang timbul akibat infeksi bakteri P acne, produksi minyak berlebih, pori-pori yang tersumbat dan wajah yang kotor. Membersihkan wajah dengan menggunakan jeruk nipis yang dilarutkan dalam air dapat membantu untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda.

Anda juga bisa mencampur sari jeruk nipis dengan madu, lalu mengoleskannya pada jerawat selama beberapa menit kemudian bilas. Campuran jeruk nipis dan madu akan mengurangi peradangan pada kulit wajah dan mencegah timbulnya noda bekas jerawat.

4. Menghilangkan ketombe

menghilangkan ketombe
Gambar dari thelifesquare.com

Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sering kita melihat iklan di Tv menayangkan suatu produk perawatan rambut yang mengandung jeruk nipis, terutama shampo penghilang ketombe. Pada dasarnya ketombe yang muncul pada kulit kepala diakibatkan oleh infeksi jamur.

Selain mengandung anti bakteri, jeruk nipis juga mnegandung senyawa aktif yang dapat menghilangkan jamur serta meredakan infeksi pada kulit kepala. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga mampu mengurangi produksi minyak pada kulit kepala sehingga ketombe tidak gampang muncul.

5. Mencegah flu

Kadar vitamin C yang tinggi dalam jeruk mampu melindungi tubuh dari seranagn virus influenza. Berdasarkan riset yang dipublikasikan dalam Journal of Pharmacheutical, kandungan vitamin C dan antioksidan jeruk nipis mampu menangkal infeksi virus influenza dan mencegah virus bereplikasi di dalam tubuh.

Mengkonsumsi jeruk nipis saat tubuh terserang flu mampu membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan dan membantu proses penyembuhan.

6. Meredakan konstipasi

meredahkan konstipasi
Gambar dari www.ivfclinicsindia.com

Jeruk nipis dapat digunakan untuk meredakan konstipasi atau susah buang air besar. Jeruk nipis mengandung asam alami yang dapat membersihkan dinding usus halus dan melancarkan proses defekasi atau proses pembentukan tinja.

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai laksatif atau perangsang buang air besar dengan mencampur sari jeruk nipis dengan air hangat dan sedikit ramuan garam. Jika anda memiliki masalah sulit buang air besar, maka cobalah ramuan jeruk nipis tersebut.

7. Melancarkan pencernaan

Buah yang terdapat kandungan asam didalamnya seperti jeruk nipis bisa merangsang produksi saliva atau air liur yang tentunya berguna untuk memecah zat makanan dalam sistem pencernaan. Mendengar kata jeruk nipis atau membayangkannya saja, air liur akan lebih banyak dihasilkan didalam mulut karena saat membayangkan makanan asam, otak merangsang kelenjar dalam mulut untuk memproduksi lebih banyak air liur.

Selain itu, flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis juga dapat memicu gerakan peristaltik dalam lambung sehingga lambung dapat dengan mudah mencerna makanan.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat sering membuat acar dengan jeruk nipis dan menghidangkannya saat makan siang ataupun makan malam.

8. Mengurangi peradangan pada kantung kemih

Peradangan pada kandung kemih disebabkan karena adanya infeksi bakteri maupun efek senyawa berbahaya yang tidak tersaring oleh ginjal dan ikut masuk ke dalam urin yang melewati kandung kemih. Jeruk nipis mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membersihkan darah dari senyawa atau racun berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih khususnya kandung kemih.

Tidak hanya itu, jeruk nipis juga dapat mempermudah kerja organ ginjal dalam menyaring zat sisa di dalam darah dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

9. Menjaga kesehatan kulit

menjaga kesehatan kulit
Gambar dari www.skinreviews.org

Tinggalkan Balasan