loading...

Minyak zaitun telah lama digunakan sebagai bagian dari diet sehat terutama bagi masyarakat Mediterania. Jika anda pernah mendengar istilah diet mediterania, maka anda tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun. Diet mediterania adalah salah satu metode diet yang menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan sebagai pengganti minyak nabati lain seperti minyak kelapa sawit.

Minyak zaitun diperoleh dari ekstraksi biji buah tanaman zaitun atau yang dikenal dengan nama ilmiah Olea europaea L. Biji buah zaitun mengandung asam lemak terutama asam oleic yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis dan kandungan minyak zaitun

Ada dua jenis atau kategori utama minyak zaitun yang dapat ditemukan di pasaran. kedua jenis minyak zaitun tersebut adalah :

1. Minyak zaitun murni atau Extra Virgin Olive Oil (EVOO)

Minyak zaitun jenis ini adalah minyak zaitun kualitas terbaik dan yang paling mahal diantara jenis minyak zaitun lainnya. Minyak zaitun kualitas terbaik biasanya masih memiliki rasa dari buah zaitun yang asli.

2. Minyak zaitun standar

Minyak zaitun jenis ini telah mengalami proses pemurnian dan biasanya tidak memiliki rasa, warna dan aroma dari buah zaitun.

Minyak zaitun yang banyak beredar di pasaran biasanya merupakan minyak zaitun jenis standar yang dicampur dengan sedikit minyak zaitun tipe extra virgin olive oil. Berikut ini adalah nutrisi yang terkandung dalam 100 gram minyak zaitun murni :

kandungan nutrisi minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat yang telah dibuktikan dengan berbagai riset ilmiah. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun yang perlu anda ketahui :

1. Menjaga kesehatan sistem peredaran darah

menjaga kesehatan peredaran darah
Gambar dari en.bcdn.biz

Masyarakat mengenal bahwa minyak zaitun memiliki fungsi utama dalam menjaga kesehatan organ kardiovaskular atau peredaran darah khususnya jantung dan pembuluh darah.

Pengaruh minyak zaitun dalam menjaga kesehatan sistem peredaran darah meliputi mekanisme sebagai berikut :

1. Minyak zaitun mampu meningkatkan elastisitas arteri dan pembuluh darah sehingga dapat mencegah peningkatan tekanan darah yang menyebabkan pecahnya pembuluh arteri

2. Di dalam tubuh manusia terdapat dua macam lemak yakni lemak baik atau yang disebut dengan HDL ( High Density Lipoprotein) atau lemak jenuh dan lemak jahat atau yang disebut dengan LDL (Low Density Lipoprotein) atau lemak tidak jenuh. Minyak zaitun mampu meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh dan mengurangi lemak jahat yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung

3. Sebuah penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa diet kaya akan asam oleic dapat mengurangi resiko struk hingga 50%, terutama pada orang tua

4. Penelitian lain pada tahun 2008 juga menyebutkan bahwa diet kaya akan minyak zaitun dapat menekan resiko penyakit jantung koroner pada wanita dan pria hingga 82%

5. Minyak zaitun juga dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mengurangi kadar asam nitrit di dalam tubuh. Asam nitrit adalah senyawa yang dapat merangsang naiknya tekanan darah terutama pada pasien penderita hipertensi

Selain melindungi pembuluh darah dan jantung, asam lemak dalam minyak zaitun juga dapat melindungi sel darah merah dari kerusakan yang diakibatkan oleh pengaruh radikal bebas.

2. Meningkatkan fungsi otak dan mencegah Alzheimer

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Massachusetts Amherst menunjukkan bahwa minyak zaitun mampu meningkatkan kemampuan memori otak hingga 25% dan melindungi sel otak dari kerusakan.

Minyak zaitun juga dipercaya mampu mencegah penyakit alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya.

3. Mencegah dan mengobati kanker

mencegah dan mengobati kanker
Gambar dari www.dddmag.com

Manfaat lain minyak zaitun yang luar biasa adalah kemampuannya dalam mencegah dan melawan penyakit kanker. Selain itu, Penyakit kanker merupakan salah satu penyumbang angka kematian terbesar di dunia.

Minyak zaitun mengandung senyawa phitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian yang dimuat dalam jurnal “Alternative Medicine Review” menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat membunuh sel kanker dan menekan mutasi gen kanker dalam tubuh.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa wanita yang tinggal di daerah mediterania dan rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit kanker panyudara. Minyak zaitun juga efektif dalam mencegah penyakit kanker lainnya seperti kanker kolon dan kanker pankreas.

4. Mencegah penyakit maag

Siapa sangka bahwa minyak zaitun bisa mencegah dan mengobati penyakit maag. Sebuah riset yang dilakukan oleh Romero et al menemukan bahwa minyak zaitun memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori.

Bakteri ini adalah salah satu penyebab radang lambung atau maag yang bisa memicu produksi asam lambung. Mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur mampu mengurangi infeksi bakteri H pylori dan membunuh bakteri penyebab penyakit maag.

5. Membantu mengurangi berat badan

Minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan dan senyawa lainnya yang dapat menekan sinyal rasa lapar di otak sehingga tubuh akan lebih cepat merasa kenyang walau makan dalam porsi kecil.

Minyak zaitun sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh.

6. Menghilangkan jerawat

melawan jerawat
Gambar dari squarespace.com

Memang terdengar aneh jika minyak zaitun bisa digunakan untuk mengurangi jerawat karena biasanya jerawat muncul pada kulit yang berminyak. Minyak zaitun mengandung senyawa antibakteri yang dapat mengurangi infeksi bakteri P. Acne pada kulit sekaligus dapat menghilangkan bekas jerawat.

Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada jerawat secara rutin sebelum tidur, maka jerawat akan segera menghilang.

7. Menenangkan kulit yang terbakar

Kulit yang terbakar matahari akan terasa panas dan cukup menyakitkan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar dengan cara mengoleskannya pada area yang terasa sakit.

Kandungan nutrisi pada minyak zaitun akan meresap hingga lapisan terdalam kulit dan meredakan rasa sakit dan panas akibat sengatan panas matahari. Campuran minyak zaitun dan air dingin juga dapat digunakan sebagai spray anti sengatan matahari.

Paket Lengkap Pemutih Kulit Fair N Pink Original

8. Melembutkan bibir

Jika anda punya masalah dengan bibir pecah-pecah dan kering, minyak zaitun bisa membantu melembutkan dan melembabkan bibir.

Oleskan minyak zaitun murni pada bibir setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan bibir yang lembut dan lembab. Minyak zaitun juga diyakini bisa menghilangkan warna kehitaman pada bibir.

9. Menutrisi dan melembabkan rambut

menutrisi rambut
Gambar dari special-hairstyles.com

Rambut yang kering dan kasar bisa diatasi dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun dapat membantu mengembalikan kelembaban rambut dan membuatnya nampak berkilau.

Tak heran jika para wanita Itali dan Yunani memiliki rambut yang indah dan lebat karena mereka rajin mengoleskan minyak zaitun pada rambutnya setelah mandi atau berkeramas.

10. Mencerahkan dan melembabkan kulit

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bahan pencerah kulit alami. Minyak zaitun mampu mengikis sel kulit mati yang menumpuk pada lapisan epidermis kulit dan membuatnya nampak lebih cerah.

Untuk membuat scrub dari minyak zaitun, campurkan minyak dengan sedikit garam dan pijat pada kulit selama beberapa menit kemudian bilaslah dengan air hangat. Scrub ini juga bisa digunakan untuk melembabkan area kulit yang kering seperti siku dan tumit.

11. Mencegah penuaan

Selain melembabkan dan menyehatkan kulit, minyak zaitun dapat mencegah timbulnya keriput pada wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya. Minyak zaitun mengandung senyawa squalene yang dapat menjaga kekencangan dan keelastisan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki kulit yang lebih muda daripada mereka yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

12. Menghilangkan selulit

menghilangkan selulit
Gambar dari huffpost.com

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan selulit atau stretch mark pada kulit. Kandungan squalene pada minyak zaitun mampu mengembalikan kondisi alami kulit dan menghilangkan selulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurlah minyak zaitun dengan bubuk kopi dan pijatkan scrub pada area selulit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dua kali dalam seminggu.

13. Mengurangi gejala arthritis

Rheumatoid arthritis adalah salah penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang disebut penyakit autoimmune. Sel imun yang normal seharusnya melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme namun sel pada pasien autoimmun justru menyerang sel tubuh lainnya termasuk persendian dan menyebabkan arthritis.

Penderita arthritis akan sering mengalamai rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi. Minyak zaitun mengandung senyawa antiradang yang dapat mengurangi rasa sakit pada persendian dan mencegah timbulnya gejala arthritis lainnya.

14. Mencegah diabetes

Diabetes adalah salah satu penyebab tingginya angka kematian di dunia dan menempati peringkat ke 6 setelah penyakit jantung dan kanker. Diabetes atau yang biasa disebut sebagai penyakit kencing manis adalah penyakit yang timbul karena tubuh tidak dapat mengendalikan kadar gula dalam darah dan menyebabkan kerusakan organ tubuh lainnya.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak zaitun mampu meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

15. Meningkatkan kekebalan tubuh

kekebalan tubuh
Gambar dari www.megacurioso.com.br

Minyak zaitun mengandung kadar antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel dari infeksi dan serangan penyakit maupun radikal bebas.

Antioksidan dalam minyak zaitun juga dapat menguatkan fungsi sel sistem imun dalam mengurangi peradangan serta mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh.

16. Meningkatkan libido

Sejak zaman romawi kuno, minyak zaitun sudah digunakan sebagai aprodisiak atau senyawa yang bisa meningkatkan gairah seksual pada pria maupun wanita.

Mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi hormon seksual.

17. Mengurangi rasa sakit akibat infeksi

Minyak zaitun mengandung senyawa yang disebut oleocanthal yang dapat mengurangi rasa sakit yang timbul akibat infeksi atau peradangan. Efek dari senyawa olechantal sama dengan efek yang ditimbulkan oleh ibuprofen atau obat pereda nyeri.

Baik oleochantal maupun ibuprofen dapat menekan produksi enzim cyclooxygenas yang merupakan pemicu rasa sakit akibat peradangan.

18. Mempertahankan kekuatan tulang

 

menguatkan tulang
Gambar dari tunies.com

Berdasarkan penelitian, minyak zaitun yang dikonsumsi bersama makanan dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang dan mempertahankan kepadatan tulang. Minyak zaitun dipercaya dapat mencegah osteoporosis atau penyakit tulang pada usia lanjut.

Efek samping minyak zaitun

Meskipun mengandung banyak nutrisi yang memberikan manfaat pada tubuh, minyak zaitun harus digunakan sesuai takaran.

Penggunaan minyak zaitun yang berlebihan dapat menyebabkan alergi kulit dan diare ringan karena minyak zaitun memiliki. Dosis minyak zaitun murni yang dianjurkan adalah antara 25-40 ml atau 8-70 g setiap hari.

Tips menggunakan minyak zaitun

Jika anda tertarik untuk mengkonsumsi dan menggunakan minyak zaitun secara rutin dan mendapatkan manfaatnya, simak tips berikut ini :

1. Jika anda ingin membeli minyak zaitun murni pastikan anda membaca labelnya terlebih dahulu dan pastikan minyak zaitun tersebut tidak dicampur dengan bahan lain. Periksa juga tanggal produksi dan kadaluarsa dari produk minyak zaitun tersebut.

2. Minyak zaitun sangat sensitif terhadap cahaya matahari dan paparan cahaya tersebut dapat menurunkan kualitas minyak zaitun tersebut sehingga sebaiknya pilihlah minyak zaitun yang dikemas dalam botol gelap.

3. Simpanlah minyak zaitun dalam botol gelap dan letakkan pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan bertemperatur normal atau sejuk. Setelah botol dibuka, kualitas minyak zaitun murni dapat bertahan antara 8 hingga 12 minggu.

4. Pastikan anda menutup kemasan minyak zaitun dengan rapat karena kontak udara dapat menurunkan kualitas minyak zaitun.

5. Hindarkan minyak zaitun dari panas dan jangan menyimpan minyak zaitun dekat dengan kompor atau sumber panas lainnya seperti di atas lemari pendingin, karena panas bisa merusak kandungan alami dalam minyak zaitun.

6. Minyak zaitun dapat ditambahkan pada makanan saat memasak, akan tetapi hindari penggunaan panas berlebih. Tambahkan minyak zaitun sedikit demi sedikit pada masakan dengan menggunakan api kecil.

7. Meskipun minyak zaitun murni bisa digunakan untuk memasak, namun manfaat minyak zaitun akan lebih terasa jika langsung ditambahkan pada makanan tanpa dimasak seperti langsung menambahkannya pada salad atau makanan lainnya.

Beberapa manfaat minyak zaitun yang telah disebutkan diatas bisa anda aplikasikan agar dampak positif dari minyak zaitun tersebut dapat anda peroleh.

loading...