Yuk Kita Intip Beberapa Benda Yang Harus Diperhatikan Saat Pengereman

Pengguna motor perlunya memperhatikan pengereman, karena rem motor adalah hal yang paling penting dan wajib untuk diperhatikan. Jika rem sudah mengalami kerusakan maka harus diganti dengan yang baru karena jika tidak diganti maka akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Dari rem ini kita juga perlu tahu apa itu kampas rem motor dan tromol.

Tidak hanya kampas rem, tromol juga harus diperhatikan lebih sering karena tromol juga termasuk bagian penting dalam sebuah pengereman. Jika tidak ada tromol maka kampas rem tidak bisa berfungsi sesuai dengan tugasnya.

Saat ini sudah banyak bengkel motor yang menjual kampas rem dan tromol. Harganya pun cukup terjangkau tergantung kualitas atau keasliannya. Berikut adalah jenis-jenis kampas rem dan tromol yang wajib kamu perhatikan!

1. Kampas rem berbahan organik

Kampas rem berbahan organik

Sumber: Auto Expose

Sesuai dengan namanya kampas rem motor yang satu ini dibuat dengan bahan utama yang terbuat dari serbuk kayu, asbes, karon dan berbagai bahan organik lainnya yang memiliki tekstur lunak. Jenis kampas rem ini banyak dipakai untuk suku cadang  motor pabrikan.

Keunggulan utama dari kampas rem jenis ini yaitu, tidak terlalu berisik dan bahkan tidak menimbulkan suara. Selain itu karena teksturnya yang lunak kampas rem ini tidak akan merusak rotor disc atau disc brake.

Sedangkan kekurangan dari kampas rem organik yakni karena terbuat dari tekstur bahan yang lunak sehingga membuatnya cepat habis. Nah, yang lebih berbahaya lagi jika kampas rem ini sering mendapatkan suhu panas yang tinggi karena sering digunakan, maka akan menimbulkan kehilangan daya saat pengereman bahkan bisa membuat kampas rem ini lepas dan rontok. Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan yang ramai sangat cocok untuk memasang kampas rem ini di kendaraanmu.

2. Kampas rem semi mental / semi organik

Kampas rem semi mental / semi organik

Sumber: automotivexist

Kampas rem jenis ini adalah kampas rem berbahan semi metal atau disebut juga semi organik. Dimana jenis ini merupakan perpaduan antara bahan organik dan metal seperti serbuk besi, serbuk tembaga, serbuk aluminium dan serbuk metal lainnya. Dengan perpaduan antara logam metal sebesar 10% hingga 30% untuk berjenis low dan 30% hingga 60% untuk berjenis standar.

Dalam hal kemampuan untuk bertahan di suhu yang tinggi jenis kampas ini lebih cocok karena memiliki serbuk metal jika dibandingkan dengan kampas berbahan organik, kampas rem ini juga cocok dipasang pada kendaraan yang mengendarainya secara agresif bermanuver dan stop n go.

3. Kampas rem sinter / full metal

Kampas rem sinter / full metal

Sumber: automotivexist

Kampas rem jenis ini merupakan kampas rem yang terbuat dengan pencampuran antara serbuk metal dalam proses membuatnya. Harga yang ditawarkan kampas rem jenis ini cukup mahal karena kualitasnya yang bagus dan dapat bertahan di suhu yang tinggi.

Sedangkan kekurangan pada kampas ini yaitu bisa membuat komponen cakram standar pada mobil rusak. Jadi buat kamu yang ingin memasang kampas rem jenis ini kami sarankan untuk mengganti juga rotor disc dengan bahan keras. Tidak hanya kampas rem saja kami juga akan mengulas beberapa jenis-jenis tromol :

1. Leading and trailing shoes

Leading and trailing shoes

Sumber: iks otomotif

Leading and trailing shoes ini artinya  ada dua buah sepatu rem yang memiliki fungsi sebagai leading motor. Selain itu Leading shoes berfungsi untuk menghentikan kecepatan putaran sebuah tromol yang lebih kuat, dan trailing yang akan berfungsi untuk bantuan pengereman. Pengereman ini mempunyai dua buah piston yang digunakan untuk  mendorong sepatu rem ke arah pembuka.

2. Two leading shoes

Two leading shoes

Sumber: Iks otomotif

Two leading shoes yang artinya dua sepatu rem akan berperan sebagai leading shoes pada motor. leading and trailling yang berfungsi sebagai refleksi rem. Ketika rem tromol akan berputar ke arah jarum jam maka pada bagian atas sepatu rem yang ada di sebelah kanan akan bergerak secara perlahan. Tetapi jika rem di sebelah kiri akan mulai bergerak pada bagian bawahnya.

3. Duo servo

Duo servo

Sumber: Iks otomotif

Duo Servo ini mempunyai adjuster yang melayang, tapi rem ini mempunyai satu silinder dengan kedua piston. Sehingga jika diamati sekilas akan seperti tipe rem leading and trailing.

Tromol motor ini mempunyai kelebihan yaitu tidak terdapat kampas rem yang tidak rata dan kampas rem yang mengatung. Sebab tekanan yang diberikan oleh sepatu rem akan kembali diratakan ke dalam permukaan kampas rem untuk posisi adjuster yang dijadikan sebagai tumpuan yang bergerak bebas.

loading...