Cara Cek Nama Penerima BSU Rp 600 Ribu Tahap 3 Via WA dan SMS

Bantuan Subsidi Upah Rp 600 ribu tahap 3
Bantuan Subsidi Upah Rp 600.000 -Pixabay

Minggu ini, Pemerintah Indonesia kembali akan mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 3 senilai Rp 600 ribu selama 4 bulan dengan total penerima 3,5 juta orang. Apakah nama Anda termasuk sebagai salah satu penerima BLT Rp 600 ribu tersebut? Cek nama Anda melalui WA atau SMS dengan cara di bawah ini.

BSU Rp 600 Ribu Tahap 3

Pada Senin, 7 September 2020 Kementerian Ketenagakerjaan sudah menerima data calon penerima dana bantuan subsidi gaji Rp 600 ribu tahan ketiga sebanyak 3,5 juta pekerja. Setelah data diterima, pihak Kemenaker akan memeriksa ulang data tersebut selama empat hari agar data calon penerima BSU tahap 3 sesuai dengan Permenaker.

Baca Juga: Lebih Pilih Temani Suami Ketimbang Manggung, Ternyata Segini Uang Jajan Syahrini

Ini berarti, bantuan subsidi upah untuk para pekerja dengan total nilai Rp2,4 juta akan disetorkan langsung ke rekening penerima pada pekan ini. Lalu, apakah Anda termasuk salah satu penerima BSU? Pertama, hal yang harus dilakukan adalah memastikan apakah Anda sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan Pasal 3 Permenaker No. 14 Tahun 2020 sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK) di KTP.
  2. Terdafatar sebagai peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan dengan kepersertaan sampai bulan Juni 2020.
  3. Pekerja/buruh penerima gaji/upah di bawah Rp 5 juta sesuai dengan laporan terakhir yang diberikan oleh pemberi kerja.
  4. Memiliki rekening bank akitf.

Cara Cek Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan

Lalu apakah Anda masih bingung apakah sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau belum? Sebenarnya caranya mudah. Anda bisa mengetahuinya melalui aplikasi BPJSTK. Jika tak memiliki aplikasi ini di perangkat ponsel cerdas, tak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara lain untuk mengeceknya yakni melalui laman BPJS Ketenagakerjaan hingga WA dan SMS.

  • Melalui laman BPJS Ketenagakerjaan

 

Buka laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id kemudian registrasi diri Anda dengan mengeklik menu ‘Registrasi’. Apabila telah melengkapi data diri hingga ID BPJS Ketenagakerjaan, Anda akan mendapatkan PN yang dikirim melalui email dan SMS dari nomor posel yang didaftarkan. Di sini, Anda bisa langsung melihat saldo JHT dan mengetahui apakah status BPJS Ketenagakerjaan Anda aktif atau tidak.

  • Melalui SMS

Untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan lainnya bisa melalui SMS. Caranya, Anda tinggal mengetik DAFTAR(spasi)SALDO#NOKTP#TGL_LAHIR#NOMORPESERTA#EMAIL kirim ke 2757. Setelah terdaftar, Anda ketik pesan dengan format SALDO(spasi)nomor peserta dan dikirim ke 2757 lagi. Di sini, akan terlihat berapakah saldo terakhir JHT Anda.

Baca Juga: Setelah Tahun Ini Ditiadakan, Rekrutmen CPNS 2021 Dibuka Kembali Namun Terbatas

  • Melalui Whatsapp

Jika Anda tak punya pulsa sms, bisa dengan menggunakan Whatsapp saja. Caranya mudah yakni dengan menghubungi nomor 08119115910 atau 08851500910.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here