7 Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Sebaiknya Anda Lakukan Sekarang Juga!

cara mencegah gagal ginjal

Organ didalam tubuh memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing yang dapat menyokong kehidupan seseorang. Untuk tetap berfungsi dan menjalankan fungsinya dengan baik maka organ didalam tubuh harus tetap sehat dan tidak mengalami gangguan. Apabila ginjal mengalami kerusakan maka tidak hanya kedua ginjal saja yang mendapatkan akibatnya namun berakibat pada seluruh tubuh.

Salah satu ginjal yang memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh adalah ginjal. Gagal ginjal terjadi apabila ginjal sudah tidak dapat memproses cairan secara normal. Gagal ginjal akan sembuh secara total apabila melakukan transplantasi ginjal, namun untuk melakukan transplantasi dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu, lebih baik merawat dan menjaga ginjal sejak dini sehingga dapat mencegah terjadinya gagal ginjal dan ginjal tetap dalam keadaan sehiat dan berfugsi dengan baik.

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Oleh karena gagal ginjal sangat fatal akibatnya dan merupakan penyakit yang dapat dicegah, alagkah lebih baik jika kita melakukan tindakan pencegahan gagal ginjal sebagai berikut:

1. Penuhi kebutuhan cairan

Penuhi kebutuhan cairan
Image: ThoughtCo

Air adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh kita terutama untuk ginjal. Untuk memenuhi kesehatan ginjal maka konsumsilah air yang cukup untuk membantu proses kinerja ginjal untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh serta membantu tubuh mempertahankan volume dan konsentrasi darah.

Kebutuhan cairan seseorang per harinya adalah 30ml/kgBB. Namun, hal ini bukan suatu aturan baku. Jika anda sedang berolahraga atau menjalani aktivitas berat, mengalami diare atau muntah, cairan yang diminum harus lebih besar sesuai dengan jumlah yang keluar. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 1,5 liter. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan juga mengurangi risiko munculnya batu ginjal.

Lain halnya jika gagal ginjal sudah terjadi, anda harus membatasi asupan cairan anda sesuai dengan petunjuk ahli gizi atau dokter. Memenuhi konsumsi cairan setiap harinya sangatlah dianjurkan untuk menghindari dehidrasi sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan dan akan mendapatkan cairan yang cukup.

2. Kontrol tekanan darah

cara mencegah gagal ginjal
Image: LivingAhead

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 40% penderita gagal ginjal merupakan mereka yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang secara terus menerus mengalami kenaikan akan berdampak pada kerusakan glomerulus yang merupakan unit terkecil ginjal.

Selain itu, hipertensi juga dapat mengakibatkan kebocoran protein yang berakibat pada rusaknya ginjal. Apabila seseorang yang telah didiagnosis hipertensi namun tidak melakukan pengobatan maka dalam kurun waktu 10 tahun akan berakibat pada kerusakan ginjal. Oleh karena itu, jagalah tekanan darah anda agar tetap normal dan stabil untuk mencegah terjadinya hipertensi.

Lakukan cek tekanan darah secara rutin dan batasi asupan makanan yang terlalu asin atau mengandung lemak yang terlalu tinggi untuk mencegah terjadinya hipertensi. Selain itu, kendalikan tekanan darah anda dengan cara mengurangi asupan garam, menjaga aktivitas fisik, mengatur pola tidur, mengubah pola makan dan hindari makanan dalam kemasan.

3. Hentikan konsumsi suplemen dan minuman berenergi

suplemen
Image: 24hourhealthstore.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari sebagian orang memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen dan minuman berenergi untuk tetap menjaga stamina agar lebih kuat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semakin sering frekuensi mengkonsumsi suplemen energi maka semakin tinggi pula stadium penyakit ginjal kronik. Hal tersebut disebabkan karena suplemen yang berenergi mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti halnya bahan pengawet, pewarna makanan, perasa dan pemanis buatan.

Apabila mengkonsumsi suplemen secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama maka akan berakibat kematian pada sel glomerulus, kehancuran inti sel dan kapsula bowman akan berongga. Sehingga semakin sering anda mengkonsumsinya maka kerusakan ginjal akan semakin cepat serta mempengaruhi stadium gagal ginjal.

Berikan asupan vitamin pada tubuh sesuai dengan kebutuhan harian tubuh dan jangan menggunakan suplemen-suplemen atau minuman berenergi yang mengandung vitamin atau zat-zat lain yang terlalu tinggi. Jika memang anda memiliki suplemen yang rutin dikonsumsi, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

4. Atasi diabetes

Diabetes
Image: Partnershipforcaring.org

Di Indonesia penyebab utama seseorang mengalami gagal ginjal yaitu tekanan darah tinggi, namun berbeda dengan penyebab gagal ginjal skala dunia yaitu terletak pada seseorang yang menderita diabetes. Apabila seseorang yang menderita diabetes maka risiko untuk mengalami gagal ginjal akan tinggi.

Penderita diabetes akan mengalami komplikasi kronis diakibatkan oleh tingginya kadar glukosa didalam darah dimana kadar glukosa yang tinggi dalam darah akan menyebabkan darah mengental. Darah yang kental akan menyebabkan organ vital lebih bekerja keras, salah satunya yaitu ginjal. Ginjal akan mengalami kesulitan untuk menyaring racun didalam darah dan apabila dibiarkan secara terus menerus maka ginjal akan mengalami kerusakan yang bersifat permanen.

Jika anda sudah menderita penyakit diabetes, lakukan terapi rutin agar komplikasi gagal ginjal tidak terjadi. Jika anda belum menderita diabetes, pastikan anda mengurangi asupan gula yang terlalu banyak dan periksa kadar gula darah anda sesekali.

5. Hindari rokok dan minuman keras

Berhenti merokok
Image: Daily Mirror

Pada dasarnya, merokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi penyakit salah satunya yaitu pada ginjal. Merokok dapat menghambat aliran darah yang masuk ke ginjal yang menyebabkan terhambatnya kinerja ginjal yang berakibat pada gagal ginjal. Semakin tinggi intensitas seseorang merokok maka semakin tinggi mula kemungkinan untuk mengalami gagal ginjal. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari merokok.

Mengkonsumsi minuman keras seperti alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Apabila mengkonsumsi alkohol secara berlebihan maka akan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit yang menyebabkan terganggunya fungsi ginjal yang berakibat pada terjadinya gagal ginjal. Oleh sebab itu, usahakan untuk menghindari konsumsi minuman keras. Sebaiknya mengganti minuman dengan mengkonsumsi air mineral.

6. Olahraga teratur

cara mengatasi gagal ginjal
Image: CitraLand Celebes

Olahraga merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan seseorang untuk tetap menjaga kebugaran tubuhnya. Sudah menjadi hal umum bahwa olahraga yang teratur sangat penting bagi kesehatan dan dapat berdampak dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Olahraga yang dilakukan secara teratur merupakan salah satu cara mencegah gagal ginjal yang cukup efektif. Olahraga yang teratur dapat menstabilkan tekanan darah sehingga membantu dalam menghindari berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang berdampak besar apabila seseorang tidak melakukan olahraga yaitu kelebihan berat badan atau obesitas. Seseorang yang mengalami obesitas maka akan berdampak pada ginjal.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang mengalami obesitas maka akan berisiko dua kali lipat mengalami masalah pada ginjalnya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya anda melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit hingga 1 jam dalam sehari untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda.

7. Hati-hati mengkonsumsi obat penghilang nyeri

cara mencegah gagal ginjal
Image: Telenews

Sadar atau tidak sadar, seseorang akan mengkonsumsi obat penghilang nyeri ketika mengalami nyeri pada salah satu bagian tubuhnya. Namun tahukah anda bahwa mengkonsumsi obat penghilang nyeri dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal?

Apalagi jika ditambah dengan mengkonsumsi obat penghilang nyeri secara terus menerus maka lambat laun akan berpengaruh pada kerusakan ginjal. Mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri sebaiknya dibatasi karena kandung-kandungan yang terdapat dalam obat tersebut membuat beban ginjal semakin meningkat.

Tidak semua nyeri harus diobati dengan mengkonsumsi obat nyeri. Apabila anda sedang mengalami nyeri pada salah satu tubuh anda maka sebaiknya beristirahat atau anda dapat memijit bagian tubuh anda yang terasa nyeri. Dengan demikian hal tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri berkurang ataupun dapat sembuh.

Penutup

Untuk cara mencegah gagal ginjal, sebaiknya yang pertama kali harus anda lakukan yaitu merawat kedua ginjal anda dan mencegah terjadinya penyakit lain yang berakibat pada komplikasi pada gagal ginjal.

Selain itu, imbangi dengan pola hidup yang sehat seperti halnya mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta hindari mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang dapat berakibat pada kerusakan ginjal.

loading...