8 Cara Mencegah Sinusitis yang Wajib Anda Lakukan Sekarang Juga!

cara mencegah sinusitis

Penyakit sinusitis telah akrab di telinga masyarakat dengan persepsi bahwa penyakit tersebut berhubungan dengan sinus. Penyakit sinus terjadi apabila pada dinding sinus mengalami peradangan akibat bakteri maupun virus.

Penyakit sinusitis sering terjadi pada orang-orang yang memiliki sensitif tinggi terhadap udara dan debu sehingga akan berdampak pada alergi. Gejala yang ditimbulkan hampir mirip dengan gejala flu seperti demam, sakit gigi, hidung tersumbat serta kurang sensitif terhadap rasa.

Kebanyakan orang akan memilih jalan operasi ketika sudah terlanjur menderita sinusitis. Namun apabila anda telah melakukan operasi bisa saja sinusitis kembali kambuh jika anda tidak pandai menjauhi pemicu terjadinya sinusitis. oleh karena itu, diperlukannya pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah sinusitis.

Cara Mencegah Sinusitis

Dengan mengetahui berbagai penyebab dan pencetus sinusitis, maka kita dapat melakukan tindakan pencegahan. Berikut beberapa cara mencegah sinusitis yang wajib kita ketahui:

1. Mengindari faktor pencetus alergi yang menyebabkan pilek menahun

Cara Mencegah Sinusitis
Image: The Denver Channel

Alergi dapat dicetuskan oleh berbagai faktor seperti debu, serbuk bunga, bulu binatang, asap rokok, asap kendaraan dan sebagainya. Hal ini dapat diperparah dengan kondisi suhu yang terlalu panas atau dingin. Oleh karena itu, menghindari faktor pencetus alergi akan mencegah timbulnya pilek menahun.

Anda dapat memakai masker saat berkendara di jalan raya, rutin membersihkan perabot rumah dari debu, dan bahkan anda harus membatasi diri untuk bermain dengan binatang peliharaan anda jika memang bulu mereka dapat mencetuskan alergi pada anda.

Selain itu, anda dapat menggunakan filter atau penyaring pada pendingin atau pemanas udara yang ada di rumah anda untuk menghilangkan alergen udara. Polusi dan kontaminasi udara dapat berakibat iritasi pada saluran hidung dan akan memperparah kondisi sinus. Bahan kimia serta asap dapat mengganggu sinus. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk menghindari pencetus alergen.

2. Rutin memeriksakan gigi dan membersihkan gigi minimal 6 bulan sekali

Rutin memeriksakan gigi
Image: Dream Health

Pada umumnya bahwa kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting, oleh sebab itu dianjurkan untuk merawatnya dengan cara rutin membersihkannya terutama gigi dibersihkan setiap 6 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah gigi berlubang sebagai tempat tumbuhnya bakteri yang dapat menginfeksi gigi, sehingga sinusitis pun dapat dicegah.

Bakteri yang tumbuh didalam tubuh bisa menyerang kapan saja dan bersarang dimana saja di dalam tubuh kita misalkan saja pada gigi. Apabila pada gigi terdapat bakteri maka lambat laun bakteri tersebut dapat berkembangbiak dan menuju sinus sehingga hal tersebut dapat berdampak pada sinusitis. oleh sebab itu, disarankan untuk melakukan perawatan gigi sehingga bakteri tidak akan berani bertahan lama.

3. Meningkatkan sistem imun

Cara Mencegah Sinusitis yang ampuh
Image: Goodmain.ru

Salah satu cara untuk mencegah agar sinusitis tidak kambuh maka anda sebaiknya meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh anda dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin C. Jika sistem imun anda meningkat, risiko untuk menderita pilek, radang tenggorokan dan sinusitis juga akan menurun.

Selain itu untuk meningkatkan sistem imun anda dapat melakukan olahraga ringan rutin setiap 15 menit per harinya, menggunakan masker untuk melindungi dari potensi sumber penyakit yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan serat konsumsi air mineral akan tubuh tetap dalam keadaan sehat.

4. Segera memeriksakan diri ke dokter bila pilek tak kunjung sembuh

periksa ke dokter
Image: MediMetry

Kebanyakan orang apabila menderita pilek maka akan membiarkannya dan hanya mengkonsumsi obat pereda pilek. Walaupun telah mengkonsumsi obat namun tidak kunjung sembuh, hal tersebut dapat terjadi karena konsumsi obat yang bukan merupakan obat hasil saran dokter melainkan obat yang dibeli sendiri. Apabila hal tersebut terjadi maka segeralah menghubungi dan memeriksakan diri ke dokter.

Karena pilek yang tak kunjung sembuh adalah penyebab utama timbulnya sinusitis, maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat agar pilek yang anda alami tidak berlanjut menjadi sinusitis.

5. Dapatkan Vaksin Flu Tahunan

flu
Image: BT.com

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sinusitis yaitu dengan melakukan vaksin flu tahunan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa flu dan sinusitis memiliki hubungan yang sangat erat. Infeksi yang disebabkan oleh sinus juga dapat diatasi dengan pemberian vaksin. Vaksin flu bukan hanya untuk mencegah terjadinya sinusitis tetapi juga dapat melakukan perlindungan dari 3 hingga 4 macam penyakit.

Vaksin tidak hanya diberikan pada saat musim flu datang seperti pada musim penghujan namun, vaksin harus diberikan secara terus menerus. Vaksin flu membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk benar-benar bisa aktif di dalam tubuh. Melalui vaksin flu maka tubuh akan secara otomatis menghasilkan antibodi untuk melakukan perlindungan terhadap virus influenza.

6. Hindari Alergen di Lingkungan

pencegahan sinusitis
Image: Liver Doctor

Sinusitis tidak selamanya hanya berhubungan dengan flu namun juga dapat berhubungan dengan alergi. Apabila anda mengalami alergi dan tak kunjung sembuh maka dapat berisiko terkena penyakit sinusitis. Apabila anda mengalami alergi maka hal yang dapat anda lakukan adalah menghindari atau tidak mendekat pada sumber alergi yang ada disekitar kita. Alergi dapat berupa alergi pada makanan, alergi obat, maupun alergi suhu, udara dan cuaca.

Sebaiknya sebisa mungkin anda untuk menghindari sumber dari alergi yang dapat menimpa anda untuk menghindari terjadinya sinusitis dan juga penyakit penyerta lainnya. Hal ini tidak hanya untuk pencegahan sinusitis namun juga mencegah terjadinya penyakit komplikasi yang dapat menyerang kapanpun dan dimanapun.

7. Berhenti Merokok

berhenti merokok
Image: LloydsPharmacy

Rokok dapat menyerang siapa saja dan dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit baik itu penyakit biasa hingga penyakit yang bersifat kronis. Zat kimia dan berbagai kandungan di dalam rokok dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang. Bagi anda yang belum pernah merasakan rokok maka sebaiknya jangan pernah untuk mencobanya namun bagi anda yang sudah terlanjur maka cobalah untuk berhenti mulai dari sekarang.

Merokok dapat menyebabkan serangan penyakit pada sistem pernafasan. Merokok dapat merusak alat pernapasan secara perlahan dan dapat berakibat pada sinusitis. Oleh sebab itu, mulailah berhenti merokok sejak dini mungkin untuk menunjang kesehatan di kemudian hari dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh rokok ataupun menghirup asap rokok.

8. Jauhi Kegiatan yang Membuat Hidung Berair atau Tersumbat

hidung tersumbat
Image: Trd.by

Di dalam kehidupan sehari-hari tentunya setiap orang melakukan aktivitas yang berbeda-beda. Namun ada beberapa orang yang mudah sensitif terutama pada indra penciumannya.

Apabila kita hendak melakukan suatu hal, sebenarnya kita dapat melakukannya namun sinus kitalah yang tak kuat. Misalkan saja pada saat berenang, menyelam, terjun payung dan lain-lain. Sebenarnya kegiatan tersebut sangat disukai dan menyenangkan tetapi tanpa disadari kegiatan tersebut akan menimbulkan tekanan pada bagian kepala dimana dapat berakibat hidung tersumbat.

Oleh karena itu dianjurkan untuk seseorang dengan indra penciuman yang sensitif untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu hidung tersumbat. Dari pencegahan tersebut tidak hanya untuk hidung tersumbat namun juga dapat mencegah terjadinya penyakit sinus.

Penutup

Itulah berbagai macam pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sinusitis. Pencegahan yang telah dipaparkan diatas merupakan hal yang mudah dilakukan sehari-hari. Oleh sebab itu, lakukanlah sejak dini untuk mencegah terjadinya sinusitis.

Tidak hanya itu, dengan melakukan pencegahan diatas maka sama dengan anda melakukan pencegahan terhadap penyakit penyerta lainnya sehingga kesehatan anda kedepannya dapat terjamin.

loading...