10 Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami dan Aman, Dijamin Ampuh!

cara mengecilkan perut buncit

Perut buncit dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu dan memalukan bagi banyak orang.

Area perut adalah tempat di mana lemak paling banyak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal. Selain itu, terdapat beberapa hal yang memicu terbentuknya perut buncit, di antaranya:

1. Kebiasaan makan camilan

sering makan camilan
Image: www.quickanddirtytips.com

Kebanyakan camilan yang mengandung gula dan lemak yang tinggi seperti coklat, kue, dan ice cream dapat membuat kalori dan lemak meningkat dan hanya akan tertimbun di perut. Apalagi bila kita mengkonsumsinya pada malam hari (tanpa aktivitas atau kegiatan apapun setelahnya), maka kalori dan lemak yang tertimbun akan semakin banyak.

2. Kurangnya aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat memicu terbentuknya perut buncit karena asupan kalori yang masuk tidak digunakan secara maksimal untuk diubah menjadi sumber energi sehingga banyak yang hanya akan tertimbun menjadi lemak di perut.

Tidak hanya itu, rutinitas harian di kantor yang cenderung lebih banyak duduk juga dapat mempercepat terbentuknya perut buncit.

3. Konsumsi minuman beralkohol dan bersoda

cara mengecilkan perut buncit
Image: beautytipadvice.wordpress.com

Minuman yang mengandung alkohol dan soda memiliki kadar gula dan kalori yang cukup tinggi. Jika Anda sering mengkonsumsinya terutama sehabis makan, Anda hanya akan menimbun kalori lebih banyak lagi tanpa dapat memetabolisme kalori tersebut.

Cara mengecilkan perut buncit

Seorang pria dikatakan memiliki perut buncit yang mengarah kepada obesitas bila lingkar perutnya >102cm dan parameter untuk wanita yaitu >88cm.

Selain bentuk tubuh menjadi tidak ideal dan sulit untuk menemukan pakaian yang pas untuk tubuh, seseorang yang memiliki perut buncit mempunyai faktor risiko yang lebih besar untuk terserang berbagai penyakit tertentu, seperti penyakit kolesterol, diabetes, dan juga penyakit jantung.

Oleh karena itu, perut buncit tidak boleh disepelekan begitu saja dan Anda harus mulai mengambil langkah untuk mengecilkannya. Olahraga atau aktivitas fisik yang teratur dan diet adalah dua poin penting yang harus dilakukan sebagai cara mengecilkan perut buncit. Mari kita kupas satu per satu kedua poin tersebut.

A. OLAHRAGA/ AKTIVITAS FISIK

Olahraga menjadi salah satu langkah penting untuk mengecilkan perut buncit. Dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat dimetabolisme dan diubah dengan baik menjadi energi sehingga tidak tertimbun menjadi lemak.

Seseorang disarankan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit. Beberapa olahraga atau aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit yaitu:

1. Senam Aerobik

Senam Aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan karena dapat membakar kalori secara bertahap dan konsisten.

Berbeda dengan olahraga lain yang menguras tenaga dalam seketika seperti sepak bola atau lari jarak pendek, senam aerobik mempertahankan unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang baik, yaitu berkesinambungan, memiliki ritme dengan intensitas yang teratur berupa gerakan pemanasan, klimas, dan pendinginan. Hal tersebut membuatĀ asupan oksigen yang dipakai tidak cepat habis dan dapat membakar kalori secara efektif.

Anda juga dapat melakukan latihan kardio untuk mengecilkan perut anda yang buncit. Berikut video latihan kardio dari fitnessblender.com yang bisa anda coba di rumah:

2. Berenang

Berenang adalah olahraga yang dapat mengecilkan perut buncit tanpa memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh.

Hal ini akan sangat membantu seseorang yang memiliki obesitas untuk dapat berolahraga dengan nyaman tanpa membebani kakinya untuk menopang badan. Prinsip pada olahraga renang tidak jauh berbeda dengan senam aerobik, dimana pembakaran oksigen dan kalori terjadi secara bertahap.

3. Jogging

cara mengecilkan perut buncit
Image: www.stepbystep.com

Jogging atau lari santai adalah pilihan olahraga paling sederhana untuk mengecilkan perut buncit. Setiap harinya Anda disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500-900 kalori dari tubuh Anda.

Jika Anda tidak memiliki waktu khusus untuk jogging, aktivitas seperti naik turun tangga atau memarkirkan kendaraan Anda jauh dari tempat kerja atau pusat perbelanjaan dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga aktivitas fisik Anda.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat membakar kalori secara bertahap dan dapat mengecilkan perut buncit dengan efektif.

Bersepeda 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran kalori sebesar 300 kalori. Selain perut buncit yang menghilang, kegiatan bersepeda juga dapat melatih otot paha dan tungkai Anda agar lebih kuat.

5. Olahraga pembentuk otot perut

Olahraga yang dapat membentuk otot perut diperlukan agar lemak yang tertimbun di perut dapat terbakar dengan baik dan tergantikan oleh masa otot. Beberapa olahraga pembentuk otot perut yang dapat Anda lakukan yaitu:

Tinggalkan Balasan