4 Cara Menurunkan Kolesterol yang Terbukti Ampuh. Anda Harus Menerapkannya!

cara menurunkan kolesterol

Pada umumnya kebanyakan orang akan menyebut kolesterol sebagai salah satu jenis penyakit tetapi perlu diketahui bahwa semua orang memiliki kolesterol. Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang terdapat di membran sel dan akan akan diedarkan dalam plasma darah.

Kolesterol akan disebut penyakit apabila kadarnya telah melampaui batas normal. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi penyebab timbulnya berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya bagi tubuh, misalkan saja penyakit kardiovaskuler.

Kadar kolesterol dalam tubuh akan melampaui batas normal apabila anda tidak dapat menjaga asupan makanan yang anda konsumsi setiap harinya, terutama makanan yang mengandung lemak tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak anda mengkonsumsi lemak maka penumpukan lemak dalam tubuh akan memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh anda. Ketika anda sudah terlanjur menderita kadar kolesterol tinggi maka berikut ini akan dipaparkan mengenai cara untuk menurunkan kadar kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol

Peningkatan kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah dapat mengakibatkan serangkaian dampak buruk bagi tubuh. Berbagai penyakit dapat ditimbulkan akibat kolesterol yang tinggi, seperti penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, upaya pencegahan perlu untuk dilakukan agar kolesterol tidak membawa dampak buruk bagi tubuh kita. Beberapa cara menurunkan kolesterol bisa ana simak dibawah ini:

1. Makan banyak sayur dan buah

Makan banyak sayur dan buah
Image: Pulse Headlines

Salah satu cara menurunkan kolesterol yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sayur dan buah mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu mengikat kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat ini dapat meningkatkan kadar HDL dalam tubuh untuk dapat melakukan upaya pembersihan terhadap kolesterol jahat yang masih berkeliaran di dalam tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam sayur dan buah juga bermanfaat dalam membantu melarutkan lemak dan kolesterol.

Hal ini akan membuat lemak mudah dicerna dan dikeluarkan melalui saluran pencernaaan.
Sebaiknya anda rajin mengkonsumsi brokoli, dimana brokoli mengandung serat tinggi yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Dengan mengkonsumsi brokoli maka akan membantu proses detoksifikasi tubuh sehingga penyakit didalam tubuh bisa segera dibasmi dan anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Konsumsilah brokoli secara rutin, anda dapat mengolahnya dengan cara merebus serta hindari mengolah brokoli dengan minyak.

Ahli kesehatan mengungkapkan bahwa sebesar 5% kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat diturunkan apabila anda memenuhi kebutuhan serat. Pakar kesehatan menyatakan bahwa seseorang dengan kadar kolesterol tinggi sebaiknya mendapatkan serat 25 hingga 35 gram per harinya namun, pada kenyataannya orang dewasa hanya mendapatkan sekitar 12 gram serat per harinya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menambah mengkonsumsi makanan dengan kadar serat yang tinggi.

Anda dapat mendapatkan serat dari sayur-sayuran maupun buah-buahan seperti pepaya, jagung, alpukat, buah pir, apel, tomat, mangga. Selain itu, serat juga dapat didapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang hitam dan kacang putih. Tidak hanya itu kandung serat tinggi juga terdapat pada beras merah dan oatmeal.

2. Membatasi asupan lemak, minyak, dan produk-produk hewani

Membatasi asupan lemak, minyak, dan produk-produk hewani
Image: Okezone News

Mengkonsumsi makanan sehat sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh, namun tidak semua orang mampu untuk melakukannya karena faktanya bahwa sangat susah untuk melakukan hal tersebut terutama bagi anda yang memang menyenangi wisata kuliner. Pada zaman modern ini, telah banyak berbagai variasi macam makanan baru yang mengandung asupan lemak tinggi. Apabila anda mengkonsumsinya secara terus menerus maka secara sadar akan telah menambah kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Makan makanan berlemak, berminyak, dan berlebihan dalam mengkonsumsi daging, jeroan, kuning telur, dan susu akan menyebabkan kolesterol meningkat. Tidak hanya kolesterol LDL, tetapi juga trigliserida yang terkandung pada makanan berminyak.
Oleh karena itu, dianjurkan untuk membatasi jenis makanan tersebut.

Lemak, minyak, dan makanan dari produk hewani tetap diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga. Namun, jumlah yang dikonsumsi perlu dibatasi dengan perbandingan antara sayur dan buah dengan lauk tersebut adalah 2:1 dan sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Anda dapat mengolah makanan anda dengan merebus, mengukus untuk mengurangi penggunaan minyak.

Selain itu, sebaiknya anda mengurangi konsumsi daging dan anda dapat menggantinya dengan ikan. Ikan salmon, tuna dan sarden merupakan jenis ikan yang memiliki lemak esensial omega-3 dan rendah lemak jenuh. Apabila anda hendak mengkonsumsi ikan maka sebaiknya diolah dengan matang dengan cara dibakar atau dipanggang. Di sarankan untuk tidak mengolahnya dengan minyak karena lemak yang sebelumnya baik akan berubah menjadi lemak jahat.

3. Lakukan olahraga secara teratur

Lakukan olahraga secara teratur
Image: Loop

Kebanyakan orang memiliki persepsi bahwa olahraga hanya diperlukan untuk menurunkan berat badan saja. Namun, faktanya bahwa olahraga diperlukan tubuh agar otot-otot tidak kaku dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan olahraga maka kadar kolesterol baik yang ada dalam tubuh akan meningkat. Oleh karena itu, penderita kolesterol sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga sehingga kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya akan menurun.

Olahraga yang baik adalah olahraga yang dilakukan secara teratur dengan gerakan yang ritmis. Dalam 1 minggu dianjurkan untuk berolahraga minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing 30-60 menit. Dengan aktivitas fisik yang teratur, kadar HDL dalam darah dapat meningkat dan peningkatan kadar kolesterol LDL dapat dicegah.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa melakukan aktivitas fisik atau pun melakukan olahraga secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat karena faktanya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebaiknya ada melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari serta setidak-tidaknya lima kali dalam seminggu.

4. Hindari merokok

Hindari merokok
Image: Reader’s Digest

Saat ini, masih banyak orang yang bergantung dengan rokok yang bahkan mereka dengan sadar tahu akan bahayanya tetapi masih setia mengkonsumsi rokok. Sebuah studi menyatakan bahwa seseorang yang berhenti merokok akan menikmati keuntungan dari apa yang telah ia lakukan seperti halnya terhindar dari penyakit kolesterol tinggi dan berbagai macam penyakit lainnya akibat merokok atau bahkan akibat menghirup asap rokok.

Rokok mengeluarkan zat yang dapat menurunkan kadar HDL dalam tubuh sehingga HDL tidak dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menghindari rokok. Zat tertentu yang terkandung dalam rokok dapat berakibat pada terjadinya peradangan dan kerusakan pada dinding pembuluh darah sehingga hal inilah yang menyebabkan kolesterol mudah menempel.

Racun yang terkandung dalam rokok akan mengubah susunan kimia kolesterol jahat menjadi lebih jahat lagi sehingga kemampuan tubuh lebih besar untuk menimbulkan peradangan.

Semoga dengan penjelasan mengenai beberapa cara menurunkan kolesterol diatas membuat anda terhindar dari penyakit ini. Mari kita selalu terapkan gaya hidup sehat untuk menghindari penyakit kolesterol dan menghindari segala dampak buruk yang mungkin terjadi.

loading...