10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kecantikan, Sudah Tahu Belum?

Binahong adalah tanaman obat yang tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman menjalar yang panjangnya bisa mencapai 5 meter ini memiliki hampir seluruh bagian yang berguna untuk terapi herbal. Tanaman ini memiliki nama lain di sejumlah daerah di Indonesia, yaitu gandoa (Sunda), lembayung (Minangkabau), uci-uci (Jawa), gondola (Bali), tatabuwe (Sulawesi Utara), dan kandula (Madura).

Daun dari tanaman binahong ini berbentuk menyerupai hati dan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dikutip dari Wikipedia, tumbuhan dengan family basellaceae ini memiliki khasiat mempercepat penyembuhan bekas luka, mampu mengobati berbagai masalah perut, mampu mengatasi masalah kulit, dan juga efektif untuk mencegah kanker dan tumor.

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Lebih jelas mengenai beberapa manfaat daun binahong dalam bidang kesehatan dan kecantikan, silakan simak penjelasannya dibawah ini:

manfaat daun binahong

Khasiat dan Manfaat Daun Binahong

1. Mengobati wasir (ambeien)

Tanaman binahong ini memiliki sejuta manfaat dan khasiat, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Banyak penyakit yang dapat diatasi atau disembuhkan oleh tanamin ini, salah satunya adalah wasir.

Apa itu wasir? Wasir atauĀ ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang menyebabkan penurunan terhadap bantalan anus. Beberapa penyebab yang mengakibatkan seseorang terkena wasir adalah mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, kurang minum air putih, duduk terlalu lama dengan posisi yang sama, sering menahan untuk BAB dan lain sebagainya.

Mengobati wasir dengan daun binahong sangat mudah, caranya cukup dengan mencuci bersih daun binahong (minimal 16 lembar). Masukkan daun binahong yang telah dicuci bersih ke dalam panci yang berisi air. Jika sudah mendidih, angkat dan saring. Masukkan air rebusan daun binahong dalam gelas, dan minum ramuan ini minimal 3 hari sekali.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Mempercepat penyembuhan luka

Image: LEAFtv

Salah satu manfaat daun binahong adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Luka disebabkan karena trauma yang terjadi akibat benturan fisik ataupun kegiatan mikroba. Meskipun terkesan sepele, luka yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan infeksi dan membahayakan nyawa seseorang.

Proses penyembuhan luka merupakan proses normal sebagai respon tubuh terhadap adanya cidera pada jaringan kulit. Daun binahong telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit serta peradangan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran membuktikan bahwa aplikasi pasta daun binahong terhadap luka membuat proses penyembuhan luka berlangsung lebih cepat.

Sebuah studi lain mengungkapkan bahwa daun binahong yang diekstrak dengan menggunakan etanol memberikan efek penyembuhan luka yang lebih baik ketimbang obat merah (povidone iodine).

Studi yang sama juga mengungkapkan bahwa daun binahong memiliki komponen anti-radang, antioksidan, antibakteri, dan efek analgesik. Komponen ini dikarenakan tingginya kandungan saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid, glikosida, dan triterpen yang merupakan kandungan-kandungan yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Mencegah stroke

Tanaman binahong merupakan tanaman obat yang masih jarang dikenal orang di Indonesia, berbanding terbalik dengan negara Vietnam yang telah menjadikan tanaman ini makanan wajib.

Kandungan saponin yang terdapat pada daun binahong memiliki komponen anti kolesterol. Komponen ini akan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah akibat menumpuknya lemak.

Stroke adalah penyakit yang terjadi akibat penyumbatan, penyempitan, serta pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga asupan darah dan juga oksigen menuju ke otak semakin menurun. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya kematian pada penderita.

Dengan kandungan saponin pada daun binahong, penyumbatan dan penyempitan yang terjadi akibat penumpukan lemak dapat dicegah. Saponin yang terkonsumsi dan bertemu dengan ligand potensial di dalam usus halus seperti kolesterol, kemudian akan menghambat serta menurunkan efektifitas kolesterol.

4. Mencegah tumor dan kanker

Mencegah tumor dan kanker

Image: Pesticide Action Network

Penyakit tumor ada dua macam, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak biasanya tidak berbahaya karena tidak tumbuh besar dan tidak menyebar ke jaringan lain. Berbanding terbalik dengan tumor jinak, tumor ganas disebut sebagai kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali, serta juga dapat merusak jaringan tubuh yang lain.

Menurut American Cancer Society, penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor (multifactorial), yaitu diantaranya terjadinya mutasi genetik, faktor keturunan, kebiasaan merokok, serta radiasi sinar UV. Sampai saat ini, masih belum diketahui pasti obat yang dapat menyembuhkan tumor dan kanker. Meskipun begitu, berbagai penelitian terus dilanjutkan untuk mengetahui bahan-bahan alami kaya antioksidan yang dapat digunakan untuk menurunkan risiko terkena tumor dan kanker.

Dalam Jurnal Ilmiah Farmasi yang diterbitkan oleh Universitas Sam Ratulangi Manado, radikal bebas merupakan suatu senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh dan merusak sistem imunitas. Radikal bebas merupakan suatu senyawa yang juga berkontribusi dalam terbentuknya tumor pada tubuh. Senyawa yang mampu menghilangkan, membersihkan, serta menahan efek radikal bebas tersebut adalah antioksidan.

Dari penelitian diketahui bahwa ekstrak etanol dalam daun binahong memiliki total antioksidan sebesar 3,68 mmol hingga 4,25 mmol dalam 100 gram daun binahong. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun binahong ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang terserang tumor dan kanker. Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui keefektifan daun binahong dalam mengobati tumor dan kanker.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain melakukan diet dan olahraga teratur, mengonsumsi daun binahong kini juga sepertinya harus dimasukkan ke menu makan Anda sehari-hari.

Pasalnya, kandungan senyawa bioaktif flavonoid dan alkaloid pada daun binahong ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat menjaga kestabilan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskuler. Tekanan darah tinggi dapat memicu munculnya penyakit lain, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, serta stroke.

Flavonoid yang terdapat dalam daun binahong merupakan antioksidan yang mempengaruhi Angiotensin Converting Enzyme (ACE) yang tugasnya mengatur volume ekstraseluler (seperti plasma darah, limfa, dan cairan jaringan tubuh). Fungsi utama enzim ini adalah untuk mengubah angiotensin (AT) I menjadi AT II. Flavonoid bertugas menghambat proses perubahan AT I dan AT II, sehingga akan menyebabkan Total Peripheral Resistance (TPR) turun dan kemudian berefek pada menurunnya tekanan darah.

6. Mengobati diabetes

manfaat binahong untuk kecantikan

Image: Changing Habits

Tingginya kadar gula darah akan menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan pemicu penyakit lain, seperti penyakit stroke dan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Tingginya kandungan alkaloid pada daun binahong baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki komponen hipoglikemik, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The National Library of Medicine (NLM) menyebutkan bahwa alkaloid dapat menurunkan kadar gula darah dalam seseorang. Alkaloid pada daun binahong ini bertindak dengan cara meregenerasi sel beta dan mensekresi insulin. Sekresi insulin berfungsi untuk menyirkulasikan glukosa pada aliran darah sehingga menghindari terjadinya penumpukan glukosa yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes dan berbagai penyakit komplikasi lainnya.

7. Melancarkan buang air besar dan buang air kecil

Buang air besar dan buang air kecil merupakan sebuah rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari. Meskipun kelihatannya sepele, kedua hal ini bisa menjadi indikasi terhadap tingkat kesehatan tubuh seseorang.

Apabila Anda mengalami gangguan buang air besar dan air kecil, rebus beberapa lembar daun binahong dengan 2 gelas air. Selanjutnya, minum air rebusan tersebut 1 kali sehari.

Kandungan anti bakteri yang terdapat pada daun binahong akan membantu menekan jumlah bakteri parasit yang terdapat dalam saluran kemih yang menyebabkan masalah buang air kecil dan juga mengatasi masalah buang air besar yang diakibatkan gangguan pencernaan.

Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan oleh FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta menyebutkan bahwa daun binahong mengandung sejumlah serat pangan potensial yang baik untuk percernaan dan menjaga keadaan tetap kenyang. Untuk itu, mahasiswa dari fakultas ini mengajukan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang mengusung pudding dengan bahan baku daun binahong.

8. Mengobati maag dan asam urat

manfaat binahong untuk kesehatan

Image: Bali Post

Maag merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Hampir 7 dari 10 warga Indonesia menderita penyakit ini.

Maag dapat muncul dikarenakan beberapa hal, misalnya terdapat luka terbuka di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS), dan juga stres. Selain itu, pola makan yang tidak sehat juga memicu terjadinya penyakit ini, yaitu seringnya mengonsumsi makanan pedas atau asam, terlalu sering minum kopi dan juga mengonsumsi minuman beralkohol.

Sementara itu, penyakit asam urat adalah penyakit yang timbul akibat kelebihan zat purin dalam tubuh. Purin berasal dari makanan dan minuman seperti jeroan, makanan laut, daging, makanan kaleng, dan sebagainya.

Pada proses normal, asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urin dengan mekanisme penyaringan pada ginjal. Namun, pada pasien asam urat, zat purin yang terdapat dalam tubuhnya sangat berlebih sehingga menyulitkan ginjal untuk melakukan fungsinya.

Untuk mengobati dua penyakit diatas, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun binahong 1 kali sehari. Kandungan asam askorbat atau vitamin C yang terdapat pada daun binahong akan menetralkan kelebihan zat purin yang terdapat pada tubuh Anda.

Daun binahong juga mengandung senyawa anti inflamasi yang baik untuk mengatasi maag serta mengurangi peradangan sendi otot yang terjadi akibat penumpukan zat purin.

9. Mengobati gatal-gatal

Khasiat daun binahong yang lainnya adalah untuk mengobati gatal-gatal. Gatal-gatal merupakan rasa tidak nyaman pada kulit yang membuat penderita ingin menggaruk area tertentu pada tubuh. Penyebab gatal-gatal ini bermacam-macam, diantaranya akibat kulit kering hingga disebabkan penyakit.

Meskipun zaman sudah semakin berkembang dan berbagai obat-obatan kimia untuk menyembuhkan gatal dapat dengan mudah dijumpai di apotek, menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan gatal akan lebih baik dan aman, serta juga tidak menimbulkan efek samping.

Kandungan anti bakteri yang terdapat pada daun binahong akan membantu menghilangkan bakteri yang dapat membuat Anda merasa gatal. Jika Anda merasakan gatal pada kulit, konsumsilah 15-20 lembar daun binahong yang telah direbus dengan 3 gelas air. Minumlah air rebusan ini secara rutin 1 kali sehari.

10. Menghilangkan jerawat

khasiat binahong

Image: Johns Hopkins Medicine

Segudang manfaat daun binahong sudah banyak yang telah terbukti. Daun binahong ini diketahui memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim, mengungkapkan bahwa ekstrak daun binahong mengandung anti bakteri yang dapat memerangi serta membunuh bakteri Staphylococcus aureus.

Bakteri S. aereus merupakan bakteri yang menjadi penyebab utama infeksi pada kulit. Bakteri ini akan menimbulkan nanah pada luka, serta juga menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Selain kandungan anti bakteri, kandungan asam askorbat atau vitamin C pada daun binahong ini juga menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat penyembuhan luka jerawat. Hal ini akan membuat jerawat pada kulit lekas sembuh dan juga akan membuat kulit tampak lebih sehat dan segar.