10 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh, Dari Mengobati Nyeri Sendi Sampai Meremajakan Kulit

Nama kolang kaling tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Kolang kaling merupakan biji dari buah pohon aren (arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

Dikenal sebagai salah satu bahan pengisi es buah, kolang kaling ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Kolang kaling memiliki kadar air yang sangat tinggi, yaitu mencapai 93,8% setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Dengan kandungan gizinya yang tinggi, tidak heran jika banyak orang yang mulai mengkonsumsi kolang kaling untuk menjaga kesehatan mereka. Inilah 10 manfaat kolang kaling yang wajib anda ketahui.

1. Dapat mengobati nyeri sendi dan mengandung kalsium tinggi

Nyeri sendi merupakan permasalahan yang sering dialami oleh orang dewasa. Lutut merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah mengalami radang sendi. Padahal, lutut merupakan sendi yang penting bagi kehidupan manusia. Namun sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi.

Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa kolang kaling terbukti mampu mengurangi rasa nyeri pada sendi. Kandungan galaktoman pada kolang kaling akan bekerja efektif dalam mencegah dan mengatasi peradangan pada sendi Anda.

Selain kandungan galaktoman pada kolang kaling, buah ini juga mengandung kalsium tinggi, yaitu sekitar 91 mg kalsium per 100 gram kolang kaling. Hal ini menunjukkan bahwa kalsium pada kolang kaling cukup memenuhi kebutuhan tubuh dan dapat dijadikan pengganti asupan kalsium bagi orang-orang yang alergi dengan susu.

Kandungan kalsiumnya yang tinggi pada buah kolang kaling ini akan membantu memperkuat tulang dan sendi Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir terserang nyeri sendi, radang sendi, atau bahkan osteoporosis.

2. Kandungan mineral yang tinggi akan memperlancar proses metabolisme tubuh Anda

memperlancar proses metabolisme tubuh Anda

Image: Oxygen Magazine

Proses metabolisme adalah proses kimia yang berlangsung dalam tubuh manusia, diantaranya adalah reaksi penguraian molekul senyawa organik untuk mendapatkan energi (katabolisme) dan juga reaksi merangkai senyawa organis dari molekul-molekul tertentu untuk diserap tubuh (anabolisme).

Proses metabolisme sangat penting untuk tubuh kita. Apabila metabolisme Anda terganggu, maka tubuh akan tidak terasa nyaman. Beberapa contoh gangguan metabolisme diantaranya adalah galaktosemia (pembesaran hati karena tubuh tidak mampu memecah gula galaktosa), kelainan mitokondria (dapat menimbulkan kerusakan otot), dan gangguan penyimpanan glikogen (yang dapat memicu rendahnya kadar gula darah, nyeri otot, dan kelemahan tubuh).

Meskipun kolang kaling merupakan buah yang kecil, buah ini nyatanya mengandung mineral yang tinggi. Kandungan mineral yang terdapat pada kolang kaling diantaranya adalah kalium, zat besi, dan juga kalsium yang berfungsi memperlancar proses metabolisme tubuh dan juga membantu tubuh Anda agar lebih bugar.

3. Kolang kaling akan menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda

Kolang kaling sebenarnya adalah biji dari buah aren. Biji ini merupakan protein albumin yang diperlukan benih pohon untuk persediaan makanan. Meskipun kandungan vitaminnya tidak sebanyak buah-buahan lain, kolang kali tidak kalah bermanfaatnya bagi tubuh jika dikonsumsi. Salah satu manfaat kolang kaling adalah memperlancar dan menjaga sistem pencernaan tubuh Anda.

Berbanding terbalik dengan kandungan vitaminnya, kandungan air dan serat pada buah putih ini justru sangat tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Asupan air dan serat yang cukup bagi tubuh Anda akan memperlancar pencernaan Anda dan menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Selain mengandung serat dan air yang tinggi, kolang kaling juga mengandung cukup karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang pada perut, sehingga mengonsumsi buah ini dapat membantu Anda menjaga diet Anda.

4. Getah pada kolang kaling dapat mengobati gatal-gatal

manfaat kolang kaling untuk kesehatan

Image: Shape Magazine

Gigitan serangga pada umumnya akan meninggalkan rasa gatal. Rasa gatal ini sebenarnya bukan diakibatkan oleh serangga, melainkan respon dari sistem imun tubuh. Gigitan serangga ini akan membawa masuk zat ke tubuh Anda yang kemudian akan menyebabkan reaksi alergi ringan yang berupa bentol dan rasa gatal.

Sistem kekebalan tubuh manusia akan merespon alergen tersebut dengan cara melepaskan senyawa yang bernama histamin. Senyawa inilah yang akan menimbulkan bentol merah di kulit. Histamin juga akan mengiritasi ujung-ujung saraf dalam kulit tubuh sehingga akan menimbulkan rasa gatal.

Getah dari buah aren dipercaya dapat mengobati gatal-gatal. Selain mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga, getah ini juga dipercaya dapat mengobati gatal akibat bakteri ataupun kuman. Bersihkan terlebih dahulu bagian tubuh Anda yang gatal, lalu oleskan sedikit getah tersebut pada bagian tubuh Anda.

5. Kolang kaling kaya akan vitamin sehingga akan mencukupi kebutuhan vitamin harian Anda

Kolang kaling mengandung sejumlah air yang tinggi, yaitu hampir mencapai 93,8% setiap 100 gram-nya. Meskipun kandungan vitaminnya yang tidak setinggi buah-buahan lain, kandungan vitamin yang terdapat pada buah kolang kaling cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

Vitamin yang terdapat pada kolang kaling adalah vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Vitamin-vitamin ini berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit dan juga meningkatkan serta menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Vitamin-vitamin ini memiliki fungsi yang berbeda, misalnya vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dan mata, sebagai antioksidan, dan juga sebagai pendukung perkembangan janin di dalam rahim. Defisiensi (kekurangan) vitamin A dalam tubuh akan menyebabkan katarak, daya tahan tubuh melemah, dan juga penuaan dini.

Sementara itu, vitamin B1 berfungsi mencegah penyakit beri-beri, menjaga kesehatan fungsi saraf dan jantung. Vitamin B2 berfungsi untuk perkembangan sistem tubuh dan kesehatan kulit. Sedangkan vitamin C berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, membentuk sel darah merah, dan antioksidan.

6. Cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes

dikonsumsi oleh penderita diabetes

Image: Healthline

Diabetes (diabetes mellitus) merupakan penyakit jangka panjang yang terjadi karena kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal (di atas angka 200 mg/dl). Kondisi ini dapat disebabkan karena tubuh tidak menghasilkan cukup insulin ataupun terjadi resistansi insulin pada tubuh.

Penderita diabetes tidak dianjurkan mengonsumi karbohidrat seperti nasi putih, roti putih, kentang goreng, dan juga sereal. Sebagai pengganti, konsumsilah beras merah, ubi jalar, atau makanan yang terbuat dari jagung. Selain karbohidrat, penderita diabetes juga perlu membatasi asupan protein dan produk susu.

Kolang kaling merupakan buah yang mengandung karbohidrat sebesar 4 gram dan 0,69 gram protein. Di dalam 100 gram kolang kaling, terkandung hanya sekitar 50 – 60 kalori. Jumlah kalori ini menjadikan kolang kaling makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain kandungan kalorinya yang rendah, kolang kaling tinggi akan serat, sehingga tidak menaikkan gula darah secara drastis. Akan tetapi, perlu diperhatikan pengolahan kolang kaling sebelum dikonsumsi. Untuk penderita diabetes, hindari mengonsumsi kolang kaling dengan sirup tinggi gula. Sebaiknya, konsumsilah kolang kaling menggunakan gula atau sirup rendah kalori.

7. Baik untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan

Kolang kaling mengandung banyak kandungan gizi. Dalam 100 gram kolang kaling, terdapat energi sebanyak 27 kal, 91 mg kalsium, serta 243 mg fosfor. Sementara itu, terdapat kandungan lain pada kolang kaling yaitu diantaranya protein, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, serta air.

Bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mengonsumsi kalsium penting bagi pertumbuhan tulang mereka. Susu merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan kalsium yang tinggi, akan tetapi, tidak semua orang dapat mengonsumsi susu.

Bagi sebagian orang yang alergi terhadap laktosa, mengonsumsi kolang kaling bisa menjadi alternatif untuk memperoleh kalsium. Kalori rendah yang terdapat pada kolang kaling akan membantu Anda mempertahankan diet Anda, ketimbang mengonsumsi susu sapi dengan kalori tinggi.

Jika pada 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium, maka pada 100 gram susu sapi mengandung 125 mg kalsium. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kolang kaling dapat menjadi alternatif asupan kalsium bagi tubuh Anda.

8. Kolang kaling akan membantu mempercepat proses penyembuhan pasca luka

khasiat kolang kaling

Image: Wound Care Centers

Luka adalah hilang ataupun rusaknya sebagian dari jaringan tubuh. Luka dapat muncul akibat trauma benda tajam atau tumpul, ledakan, perubahan suhu, sengatan listrik, zat kimia, ataupun gigitan hewan.

Aspek paling penting pada proses penyembuhan luka adalah bagaimana cara mempercepat pengeringan luka dan juga mempercepat proses perbaikan sel. Untuk dapat melakukan kedua hal tersebut, tubuh membutuhkan nutrisi, yaitu protein.

Kebutuhan protein normal pada manusia tiap harinya adalah sekitar 0,8 gram per kilogram berat badannya setiap harinya. Pada pasien yang sedang dalam proses penyembuhan luka, kadar protein yang dibutuhkan bisa berkembang hingga 1,5 – 2 gram per kilogram berat badan setiap harinya.

Kolang kaling merupakan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi. Pada 100 gram kolang kaling, terdapat sekitar 0,69 gram protein. Dengan sejumlah protein yang terdapat pada kolang kaling, dapat disimpulkan bahwa kolang kaling dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain protein, kolang kaling juga mengandung vitamin C yang juga dapat membantu proses penyembuhan luka.

9. Dapatkan tubuh ideal Anda dengan diet kolang kaling

Memiliki berat badan berlebih tentu membuat diri kita tak nyaman. Selain membuat tubuh menjadi susah bergerak, memiliki berat badan berlebih akan membuat Anda lebih rentan menderita penyakit, seperti penyakit jantung dan kardiovaskuler, diabetes, dan sebagainya.

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa pada 100 gram kolang kaling mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, dan 0,95 gram serat kasar.

Kandungan gizi yang terdapat pada kolang kaling ini menjadikan kolang kaling cocok sebagai makanan diet Anda. Karbohidrat dalam jumlah sedikit yang terdapat pada kolang kaling akan membuat karbohidrat ini mudah dicerna, sehingga tidak menumpuk menjadi lemak pada tubuh Anda. Sementara itu, kandungan airnya yang tinggi, yaitu sebesar 93,8%, akan membuat Anda segar dan menjaga agar Anda tetap merasa kenyang.

10. Kolang kaling akan meremajakan kulit Anda

manfaat kolang kaling untuk diet

Image: Reliv Asia Pacific Training

Kulit yang sehat merupakan kecantikan yang alami dan aset jangka panjang pada diri Anda. Menjaga kesehatan kulit tentu bukanlah hal yang gampang, membutuhkan ketelatenan dan juga ketekunan.

Kolang kaling merupakan makanan yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit Anda. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini akan membantu kulit Anda nampak lebih bersih dan bersinar. Selain itu, sejumlah vitamin A yang terdapat pada kolang kaling juga akan membantu Anda memelihara keremajaan kulit.

Kolang kaling juga mengandung senyawa gelatin. Senyawa gelatin ini berfungsi untuk menjaga keremajaan sel-sel pada tubuh Anda, terutama pada kulit, kuku, dan rambut Anda.

Itulah manfaat kolang kaling yang perlu Anda ketahui, karena mempunyai khasiat positif bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya dalam bidang kesehatan, ada beberapa khasiat kolang kaling yang berguna dalam bidang kecantikan, contohnya untuk meremajakan kulit.