10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Anda, Salah Satunya untuk Menghilangkan Kantung Mata

Menjadi cantik dan tampan adalah keinginan semua orang. Meskipun begitu, butuh modal yang cukup banyak apabila harus datang ke pusat kecantikan.

Untuk Anda yang ingin tampil sempurna dengan low budget, memanfaatkan minyak zaitun mungkin bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi Anda.

Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak zaitun biasanya digunakan untuk memasak atau sebagai salad dressing. Meskipun begitu, minyak zaitun juga dimanfaatkan di bidang kosmetik, farmasi, industri pembuatan sabun, dan sebagainya.

Minyak zaitun mengandung asam oleat sejumlah 83% dan sejumlah kecil asam lemak lain seperti asam linoleat (21%) dan asam palmitat (20%). Dalam satu sendok makan minyak zaitun terdapat kandungan sejumlah 119 kalori, 13,50 gram lemak, 1,9 mg vitamin E, dan 8,1 μg (mikrogram) vitamin K.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Dengan sejumlah kandungan yang terdapat pada minyak zaitun ini, tidak heran jika banyak orang menyukai dan menjadikan minyak zaitun sebagai bahan untuk memasak atau menggunakannya dalam bidang kecantikan. Berikut adalah 10 manfaat minyak zaitun untuk wajah yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Melindungi wajah Anda dari radikal bebas

Melindungi wajah Anda dari radikal bebas

Image: HealthyGuide

Radikal bebas merupakan sebuah molekul yang kehilangan satu buah elektron dari pasangan bebasnya. Radikal bebas bisa terbentuk akibat hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal (dari luar tubuh), misalnya asap rokok, asap kendaraan bermotor, sinar ultra violet (UV), zat pemicu radikal dalam makanan, dan polutan yang lain.

Meskipun tubuh dapat menetralisirnya, radikal bebas dalam jumlah berlebihan akan membuat tubuh rentan dan mengalami penyakit. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, diantaranya serangan jantung, gangguan penglihatan, kanker, dan menurunnya fungsi ginjal.

Vitamin E adalah senyawa antioksidan umum yang diketahui dapat melindungi kulit dari penuaan dini dan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Minyak zaitun diketahui mengandung beberapa senyawa antioksidan, diantaranya adalah vitamin E, polifenol, dan fitosterol. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung squalene dalam jumlah tinggi.

Adanya senyawa-senyawa pada minyak zaitun tersebut akan membuat kulit wajah kita terhindar dari radikal bebas, sehingga kulit terlindung dari sinar UV dan mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Membantu membersihkan wajah Anda

Membersihkan wajah merupakan step paling penting untuk mendapatkan wajah yang bebas dari bakteri dan jerawat. Bagi Anda yang menggunakan make-up, membersihkan sisa make-up secara merata merupakan sebuah keharusan.

Minyak zaitun dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan wajah apabila Anda tidak ingin menggunakan cleansing oil dari bahan kimia. Cukup tuangkan minyak zaitun ke kapas dan usapkan kapas tersebut ke bagian make-up yang ingin Anda bersihkan.

Beberapa sabun wajah mungkin tidak cocok bagi Anda. Menggunakan sabun wajah yang tidak sesuai dengan kriteria kulit Anda akan membuat kulit kering atau bahkan berjerawat.

Selain dapat digunakan sebagai cleansing oil, menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti sabun wajah Anda, akan membantu kulit Anda lebih lembab. Selain itu, kandungan anti bakteri pada minyak zaitun akan melindungi kulit Anda dari bakteri penyebab jerawat.

3. Menghilangkan sel-sel kulit mati pada wajah Anda

manfaat minyak zaitun untuk wajah berjerawat

Image: FashionLady

Sel-sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit Anda kusam dan mempercepat timbulnya tanda penuaan. Kulit yang nampak kusam tentu akan mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda.

Sel kulit pada umumnya berganti setiap 20 – 38 hari. Untuk itu, akan selalu ada sel kulit mati yang menempel pada kulit. Selain membuat kulit nampak lebih kusam, sel kulit mati yang tidak dibersihkan juga akan menimbulkan jerawat. Hal ini disebabkan tertutupnya pori-pori oleh sel-sel kulit mati.

Untuk kulit tubuh, Anda bisa membersihkan sel kulit mati ini menggunakan lulur. Sedangkan untuk kulit wajah, gunakan facial scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Sudah banyak jenis facial scrub yang beredar di pasaran, akan tetapi, tidak semuanya cocok untuk kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, cobalah menggunakan minyak zaitun sebagai facial scrub alami Anda.

Caranya cukup mudah, kombinasikan gula pasir dan minyak zaitun. Gunakan gula pasir dengan ukuran yang kecil agar tidak terlalu sakit saat bergesekan dengan kulit. Campurkan ½ cup gula pasir dengan 2 – 3 sendok makan minyak zaitun. Tambahkan juga 2 – 3 sendok the madu dan sedikit perasan air lemon. Gosokkan campuran ini ke wajah Anda pelan-pelan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat dan bersihkan.

Gunakan campuran ini sekali atau dua kali dalam seminggu dan dapatkan wajah yang lebih cerah dan segar.

4. Membersihkan dan membuat bibir nampak lebih merah

Membersihkan dan membuat bibir nampak lebih merah

Image: Pregnancy Blogs

Seperti yang tertulis sebelumnya, minyak zaitun bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini juga dapat diaplikasikan pada bibir Anda.

Bibir yang merah akan memberikan kesan menarik dan juga sehat. Seseorang dengan bibir berwarna hitam biasanya akan dikira sebagai seorang perokok. Selain itu, terdapat beberapa penyebab lain bibir berwarna hitam, yaitu diantaranya terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein dan menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Untuk mendapatkan bibir yang lebih merah, Anda perlu melakukan eksfoliasi, sehingga sel-sel kulit mati pada bibir akan terangkat. Campurkan sejumput gula merah dan 1 sdm minyak zaitun. Biarkan selama 1 menit dan kemudian gosok secara perlahan. Setelah itu, bilas bibir dengan air dingin, kemudian oleskan lip balm atau pelembab bibir agar bibir Anda tidak kering.

Selain melakukan eksfoliasi seperti cara diatas, Anda juga dapat mengoleskan minyak zaitun ke bibir Anda setiap Anda akan tidur. Melakukan treatment ini secara rutin akan membuat bibir Anda nampak lebih merah dan sehat.

5. Dapat menggantikan fungsi krim pencukur

Kegiatan mencukur dapat membuat kulit menghitam. Perubahan warna kulit ini akibat terjadinya iritasi dan juga aktivitas bakteri. Untuk itu, wajib sekali bagi Anda yang akan mencukur untuk menggunakan krim cukur. Penggunaan krim cukur akan meminimalisasi menghitamnya kulit wajah.

Apabila krim cukur Anda habis, maka Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun yang ada di rumah. Cukup oleskan minyak zaitun ke kumis ataupun jenggot Anda, lalu cukur seperti biasa.

Selain dapat digunakan sebagai pelicin, menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti krim cukur juga akan menutrisi wajah Anda. Minyak zaitun akan melembabkan wajah. Selain itu, kandungan vitamin E pada minyak zaitun akan membuat wajah Anda lebih segar dan cerah.

Selain dapat digunakan sebagai krim cukur, minyak zaitun juga dapat Anda manfaatkan untuk melebatkan alis dan bulu mata. Cukup oleskan minyak zaitun ke bagian alis dan bulu mata setiap malam sebelum tidur, kemudian bilas keesokan harinya. Melakukan hal ini secara rutin akan membuat alis dan bulu mata Anda lebih hitam dan tebal.

6. Mengandung anti bakteri yang dapat mencegah peradangan pada wajah Anda

khasiat minyak zaitun untuk wajah

Image: Sheknows

Aktivitas bakteri pada kulit akan menyebabkan peradangan dan kemudian memunculkan jerawat. Pada sebagian kasus, terdapat jerawat ringan yang dapat dengan mudah disembuhkan, tapi ada pula yang sulit dan memerlukan waktu lama.

Sebelum jerawat terbentuk, ada baiknya Anda melakukan pencegahan dengan merawat kulit wajah Anda sebaik mungkin. Salah satu cara paling mudah untuk menghindari terbentuknya jerawat adalah dengan mencuci wajah sebelum tidur.

Selain kotoran dan debu-debu, make-up juga dapat menjadi penyebab terbentuknya jerawat pada wajah Anda. Menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah akan mencegah terbentuknya jerawat pada tubuh Anda.

Minyak zaitun mengandung anti bakteri dan juga antioksidan. Anti bakteri yang terdapat pada minyak zaitun akan mengurangi aktivitas bakteri pada wajah Anda, sementara itu, antioksidan berperan untuk melindungi wajah Anda dari radikal bebas seperti asap dan sinar UV.

Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup tuang minyak zaitun ke kapas dan oleskan pada wajah Anda sepulang Anda dari luar rumah. Jangan lupa untuk membilasnya dengan bersih agar tidak ada minyak yang menempel. Minyak yang tersisa pada wajah justru akan membuat bakteri berkembang biak semakin banyak dan justru membuat wajah Anda meradang.

7. Mengobati eksim dan melembabkan kulit wajah

Eksim adalah keadaan kulit yang menjadi kering, pecah-pecah, gatal, dan berwarna kemerahan. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan kulit yang kering dan terasa gatal. Kulit akan memerah ketika digaruk. Dan apabila digaruk terlalu sering, maka kulit dari area yang gatal tadi akan menebal dan mengeluarkan cairan.

Minyak zaitun merupakan pelembab alami dan juga mengandung sejumlah vitamin E yang berfungsi menjaga kesehatan kulit. Dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin, kulit Anda akan terasa lebih lembab dan kencang. Selain itu, menggunakan minyak zaitun sebagai obat alternatif akan membantu mengurangi kering dan juga pecah-pecah pada kulit Anda.

Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun ini, gunakan minyak zaitun sebagai masker dengan mencampurkan 3 sdm minyak zaitun dan sedikit daging buah alpukat. Campurkan kedua bahan ini hingga membentuk bubur, lalu setelah itu aplikasikan pada wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya. Gunakan masker ini selama 15 menit setiap sekali atau dua kali dalam seminggu.

8. Menghilangkan bekas luka pada wajah Anda

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Image: Skintrium

Bekas luka pada kulit merupakan hal yang sulit hilang. Bekas jerawat misalnya, akan meninggalkan noda hitam dan juga flek-flek yang tidak dapat hilang dalam waktu pendek. Akan tetapi, kini Anda tidak perlu khawatir lagi.

Kandungan vitamin E dan juga antioksidan pada minyak zaitun akan membantu kulit Anda meregenerasi sel-sel kulit mati yang terdapat pada wajah dan menggantinya dengan sel-sel baru.

Caranya cukup mudah. Gunakan masker campuran antara minyak zaitun dan jeruk nipis. Ambil 1 buah jeruk nipis dan ambil air perasannya. Setelah itu, tambahkan 3 sdm minyak zaitun dan campur rata. Gunakan masker tersebut selama 30 menit sebelum tidur. Lakukan treatment ini secara rutin sebanyak 2 kali selama seminggu.

9. Mencerahkan wajah

Iklim tropis di Indonesia menyebabkan sebagian kulit kita berwarna gelap. Meskipun begitu, sebagian wanita dan pria tetap menginginkan kulit putih agar terlihat lebih bersih dan bersinar.

Kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah dan bersinar. Salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan kulit cerah adalah dengan menggunakan masker dari bahan campuran minyak zaitun dan lemon.

Pertama, campurkan 2 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm air perasan lemon. Aduk campuran itu sampai merata dan aplikasikan ke wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan masker selama 30 menit, lalu bilas bersih wajah Anda.

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun akan meregenerasi kulit Anda dan menjaga kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara itu, kandungan vitamin C pada lemon akan membuat wajah Anda nampak lebih segar dan cerah.

10. Membantu menghilangkan kantung mata dan mata panda

manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak

Image: Singapore Body Massager Shop

Kantung mata dan mata panda adalah hal yang paling sering dialami oleh seseorang dengan intensitas tidur yang kurang. Selain itu, munculnya kantung mata juga dapat disebabkan oleh kurang mengonsumsi air putih dan juga kekurangan darah.

Apabila Anda menderita kedua hal ini, maka mulai sekarang rajinlah mengonsumsi minyak zaitun. Selain itu, lakukanlah pijatan ringan di sekitar mata, kemudian diamkan 10 menit sebelum kemudian dibilas.

Itulah kesepuluh manfaat minyak zaitun untuk wajah Anda. Mulai saat ini gunakanlah minyak zaitun untuk perawatan wajah anda, lebih baik menggunakan bahan alami meskipun membutuh waktu yang sedikit lama untuk melihat hasilnya.